• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mengenal Mitsubishi Fuso 220PS, Truk Oranye Legendaris Andalan Untuk Angkutan Barang

ulungrinjani
TS
ulungrinjani
Mengenal Mitsubishi Fuso 220PS, Truk Oranye Legendaris Andalan Untuk Angkutan Barang
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar Mitsubishi Fuso bermesin 220PS, truk berwarna oranye legendaris andalan untuk angkutan barang.




Siapa coba yang tak kenal dengan "kocheng oren" bermesin 220PS satu ini? Yup, Mitsubishi Fuso 220PS Series yang memang sudah sangat lumrah ditemui di jalanan, baik jalanan utama maupun poros.

Truk ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1985. Tetapi, pada masa itu masih menggunakan mesin bertenaga 190PS saja belum 220PS. Barulah pada tahun 90an diganti mesinnya menjadi 6D16 220PS, yang masih bertahan hingga saat ini.




Semenjak Fuso Fighter terbaru dengan mesin 270PS diluncurkan, varian dari Fuso 220PS dikurangi oleh KTB. Tetapi, hingga saat ini, KTB masih menjual 2 model dari medium duty truck, yang terdiri dari Fuso 220PS dan 270PS terbaru.

Mitsubishi Fuso 220PS ini sangat mudah untuk dijumpai di jalanan. Tak percaya? Coba saja lintasi tol dalam kota Jakarta misalnya untuk Gansis yang tinggal di kota Jakarta, tol yang merupakan bagian dari tol Transjawa Merak-Probolinggo. Pasti bertemu dengan truk satu ini.




Tentunya, spesifikasi dari truk yang tak berubah sejak lama ini sederhana saja. Tak ada yang terlalu spesial dari spesifikasinya. Spesifikasi Fuso 220PS adalah:

- Mesin 6D16-3AT2 Euro 2 7.545cc 6 silinder segaris direct injection turbo intercooler bertenaga 220PS dan bertorsi 637nm.
- Transmisi Eaton S-11109 8 gigi maju+crawler gear+gigi mundur (tipe tertentu), M8S6 6 gigi maju+1 gigi mundur (tipe tertentu).
- Dimensi panjang beragam, lebar beragam antara 2,4 meter hingga 2,5 meter, tinggi kabin 2,74 meter, wheelbase beragam.
- Suspensi depan laminated leaf spring dengan shock absorber, suspensi belakang inverted & laminated leaf spring dengan trunnion base dan radius rods.
- Final Gear Ratio 6,666 & 6,166, mungkin ada yang lain juga (kalo agan-agan tau, komeng dunkemoticon-Embarrassment)




Sebenarnya, Fuso 220PS ini ada sangat banyak variannya. Dahulu sempat ada varian sasis busnya, Mitsubishi RM dan BM, tetapi sekarang sudah hilang. Bisa dipasangkan mulai bak dump, tangki, box, dan lain sebagainya. Untuk yang varian bus seharusnya bisa dipasangkan sampai body HD.

Teknologi yang disematkan? Jangan ditanya, karena masih hampir tak berubah sejak tahun 90an lalu. Paling, hanya perubahan-perubahan minim saja, seperti ban OEMnya, emisi, dan lain sebagainya. Setir, speedometer, kabin, body, dan lainnya masih menggunakan tampilan khas Mitsubishi Fuso yang hampir tak berubah sejak 1985 (hanya ada di warna perubahannya). Memang, jika dilihat, desain depan kabinnya sudah sangat modern pada masanya, dan kini masih enak untuk dilihat.




 Truk legendaris satu ini sudah menjadi salah satu andalan dengan jumlah terbanyak untuk angkutan barang. Bagaimana tidak, jika melihat truk medium duty di jalanan, kalau bukan Hino 500 Series ya Fuso 220PS ini. Dengan segala spesifikasinya, Fuso 220PS memang sudah menjadi andalan sejak zaman Bapak H. Soeharto masih menjabat sebagai presiden NKRI.

Perawatannya juga tergolong mudah. Teknologinya sangat sederhana, ane yakin hampir semua bengkel truk di Indonesia mampu menangani Fuso 220PS bermesin 6D16 ini. Sparepart mulai dari KW, KW super sampai asli banyak tersedia di pasaran. Terlebih lagi, diler Mitsubishi yang sudah sangat banyak jumlahnya di Tanah Air.




Kapasitas tangkinya ya so-so, cukuplah kalau menurut ane, sebab Fuso 220PS semua memiliki tangki berkapasitas 200 liter. Jika konsumsi BBM adalah 1:4, maka Fuso 220PS ini dapat menempuh jarak 600 kilometer tanpa harus mampir ke SPBU. 

Harganya sendiri mencapai 620-840 jutaan rupiah. Harga tersebut tergantung varian, karena seperti yang ane bilang tadi, Fuso 220PS ini sangat banyak variannya, ada yang 4X2, 6X2, dan 6X4 pun ada, pilihan sasis juga beragam. Tetapi, jangan kuatir karena dengan harga tersebut sudah termasuk kabin berwarna oranye jadi sudah bisa dibawa buat ngantor. Hanya saja hanya cabin+chassis jadi tak termasuk biaya pembuatan bak belakang.




Tak seperti saudara kecilnya, Mitsubishi Colt Diesel Series yang sangat sering dimodifikasi mulai dari Umplung, Ragasa dan Canter, Fuso sangat jarang dimodifikasi "ekstrim" dengan variasi-variasi. Tak hanya Fuso saja, tetapi truk-truk medium dan heavy duty lainnya. Tampaknya, orang yang suka memodifikasi truk lebih suka light duty truck karena lebih praktis untuk dimodifikasi "ekstrim" dengan variasi-variasi beragam. 

Jadi, gimana pendapat Gansis seputar Mitsubishi Fuso 220PS ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 123
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

n.h3Daniswara92pulaukapok
pulaukapok dan 27 lainnya memberi reputasi
26
11K
83
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.