News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
138
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6095438f03dd0d7c5b7a2155/pegawai-kpk-ditanya-bersedia-lepas-jilbab-jika-tidak-dianggap-egois
https://mobile.1390645268089958403 Jakarta -  Ada lagi pertanyaan janggal dalam tes alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN) yang mencuat ke publik. Apa lagi? Salah seorang sumber detikcom di KPK yang merupakan pegawai perempuan mengaku ditanya perihal jilbab. Bila pegawai perempuan itu enggan melepas jilbab, dianggap lebih mementingkan diri sendiri. "Aku ditanya bers
Lapor Hansip
07-05-2021 20:41

Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois

Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois

https://mobile.




Jakarta - 

Ada lagi pertanyaan janggal dalam tes alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN) yang mencuat ke publik. Apa lagi?

Salah seorang sumber detikcom di KPK yang merupakan pegawai perempuan mengaku ditanya perihal jilbab. Bila pegawai perempuan itu enggan melepas jilbab, dianggap lebih mementingkan diri sendiri.

"Aku ditanya bersedia enggak lepas jilbab. Pas jawab nggak bersedia, dibilang berarti lebih mementingkan pribadi daripada bangsa negara," ucap pegawai KPK itu, Jumat (7/5/2021).

Pegawai perempuan KPK lainnya mengaku ditanya urusan pribadi. Dia pun heran dengan ragam pertanyaan itu.

Baca juga:Apa Pentingnya Pegawai Perempuan KPK Ditanya 'Bersedia Jadi Istri Kedua?'

"Ditanya kenapa belum punya anak," ucap pegawai KPK perempuan itu.

"Ditanya kenapa cerai," imbuh pegawai lainnya.

Selain itu, ada pewawancara yang disebut meminta pegawai KPK lain membaca ulang syahadat sebagai seorang muslim. Ada pula permintaan untuk membaca doa makan.

"Ada yang disuruh syahadat ulang, ada yang disuruh baca doa makan," ucapnya.

Perihal anehnya pertanyaan-pertanyaan untuk pegawai KPK itu sempat dimunculkan oleh mantan juru bicara KPK Febri Diansyah. Dia tak habis pikir hal ini ditanyakan dalam tes alih status pegawai KPK.

"Apakah pertanyaan ini pantas dan tepat diajukan pada pegawai KPK untuk mengukur wawasan kebangsaan?" kata Febri dalam cuitannya di Twitter. Febri mengizinkan detikcom mengutip cuitannya.

"Kalaulah benar pertanyaan itu diajukan pewawancara pada Pegawai KPK saat tes wawasan kebangsaan, sungguh saya kehabisan kata-kata dan bingung apa sebenarnya yang dituju dan apa makna wawasan kebangsaan. Semoga ada penjelasan yang lengkap dari KPK, BKN atau KemenPAN RB tentang hal ini," imbuh Febri.

Berkaitan dengan tes wawasan kebangsaan ini sudah disampaikan KPK dalam konferensi pers pada Rabu, 5 Mei 2021. Ketua KPK Firli Bahuri menyebut aturan tes wawasan kebangsaan itu berdasar pada Peraturan Komisi (Perkom) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengalihan Status Pegawai Menjadi ASN.

Baca juga:Ketua Wadah Pegawai KPK Heran Ditanya Ucapan Selamat Natal ke Rekan Kerja

Ketua KPK Firli Bahuri mengaku tidak tahu materi pertanyaan dalam tes itu. "Mohon maaf, itu bukan materi KPK, karena tadi sudah disampaikan yang menyiapkan materi siapa, penanggung jawabnya siapa, kan jelas tadi," ucap Firli.

Berikut penjelasan lengkap KPK seperti dibacakan oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam jumpa pers itu.

1. KPK bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar Tes Wawasan Kebangsaan (selanjutnya disingkat TWK) yang dilaksanakan pada 18 Maret 2021 hingga 9 April 2021 terhadap 1.351 pegawai tapi 2 orang di antaranya tidak hadir saat tahap wawancara.

2. Rangkaian TWK dibagi sebagai berikut:
- Tes Tertulis Indeks Moderasi Bernegara (IMB) dan Integritas pada 9-10 Maret 2021
- Profiling pada 9-17 Maret 2021
- Wawancara pada 18 Maret-9 April 2021

3. KPK dan BKN melibatkan 5 instansi dalam TWK yaitu Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI, Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat, Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat, dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

4. Kelima instansi itu memiliki peran sebagai berikut:
- Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat dan BAIS TNI berperan dalam pelaksanaan Tes Indeks Moderasi Bernegara-(68) dan Integritas;
- BIN dan BNPT berperan dalam pelaksanaan Profiling;
- BAIS TNI, Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat, dan BNPT berperan dalam pelaksanaan wawancara pegawai KPK;
- BKN bersama BIN, BNPT, , Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat; dan
- Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat menjadi tim observer hasil asesmen TWK pegawai KPK.

5. Total dari 1.351 pegawai KPK yang menjalani tes, terdapat 75 orang yang disebut tidak memenuhi syarat termasuk penyidik senior KPK Novel Baswedan. Berikut rinciannya:

Pegawai yang memenuhi syarat: 1.274 orang
Pegawai yang tidak memenuhi syarat: 75 orang
Pegawai yang tidak mengikuti tes: 2 orang

(dhn/tor)

https://news.detik.com/berita/d-5561...box=1620372000

https://mobile.



https://mobile.


https://mobile.


https://mobile.



https://mobile.


Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois

Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
Diubah oleh ikardus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 20:49
Awalnya gw bahagia pas tau nopel gak lolos...
Eh, diikutin nih peristiwa malah makin konyol ya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 20:51
asn itu harus nasionalis bisa masuk sana sini, luwes melayani berbagai sektor, bisa ditempatkan dimana saja, daerah dengan berbagai latar agama.. harus bisa menyesuaikan. kalo sudah fanatik dengan suatu agama jadinya bisa mengganggu kinerja.. di tni polri mah dah dari awal masuk seleksi sudah disaring biar ga ada yg terpengaruh ekstrim kanan kiri..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Lihat 33 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 33 balasan
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 20:53
Penanggung jawab ?emoticon-Bingung
Pegimane jika negara bakal tersebar virus jombi dan klean mengutus seseorang untuk bertanggung jawab ngebom di kandang jombi2 yg ternyata dya malah ngakak ngebom balik markas klean karena dya org yg gak dapat dipercaya. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 20:55
gue sih kaga percaya ama pimpinan yg ada p**i....yg bener penyidik dr aparat dites wawasan anti korupsi lulus nga tuh..nah yg tes kpk hongkong..👍..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 20:58
Apakah anda bersedia minta ceban
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 20:59
"Aku ditanya bersedia enggak lepas jilbab. Pas jawab nggak bersedia, dibilang berarti lebih mementingkan pribadi daripada bangsa negara," ucap pegawai KPK itu, Jumat (7/5/2021).

nah pegawai itu lulus atau tidak ?emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 20:59
lha tinggal dijawab aja baper amat.
masalah jilbab memang ada banyak pekerjaa yang mengharuskan itu ato tidak untuk wanita.
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 21:09
Kalo d kasih pertanyaan.. bersediakah mengusut dugaan korupsi saudara nya.. Kira2 jawabannya bersedia ato tidak ya??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
14145 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 21:09
ya cuma nanya mau lepas ga, bukan nanya lepas selamanya kan? emangnya situ pas tidur ga lepas jilbab? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 21:16
Pertanyaan2 konyol dan ga ada hubungannya dengan "wawasan kebangsaan" ataupun integritas kinerja pegawai. Malah pertanyaan-pertanyaan yang bersifat pribadi dan pegawai punya hak tidak menjawab.

Kalo ybs gak mau buka jilbab, trus berarti dia qadrun dan anti pancasilak? Luar biasa penyesatan info oleh para bajerp katak pembina.


Quote:Materi Tes Wawasan Pegawai KPK Diduga Lecehkan Perempuan

Jakarta, CNN Indonesia --

Materi asesmen tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai syarat alih status pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) masih menjadi sorotan publik.

Satu per satu pertanyaan yang dianggap janggal, terungkap. Mantan Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menuturkan ada pegawai lembaga antirasuah yang mendapat pertanyaan cenderung mengarah kepada bias gender dan melecehkan.

Di antaranya seperti, 'Kenapa belum menikah?' 'Bersedia tidak menjadi istri kedua?' 'Kalau pacaran ngapain aja?' hingga 'Apakah masih punya hasrat?'.

"Saya bingung, apa sih yang dicari sebenarnya," ujar Febri kepada CNNIndonesia.com melalui pesan tertulis, Kamis (6/5) malam.
Lihat juga: Saling Lempar Nasib Pegawai KPK Tak Lolos Tes ASN

Febri mengaku tak habis pikir dengan materi asesmen TWK tersebut. Ia lantas meminta KPK, Badan Kepegawaian Negara (BKN) ataupun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk membuka rekaman tes ujian tersebut.

"Sungguh saya kehabisan kata-kata dan bingung apa sebenarnya yang dituju dan apa makna wawasan kebangsaan. Semoga ada penjelasan yang lengkap dari KPK, BKN atau Kemenpan-RB tentang hal ini," pinta dia...

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...HCd3DI0GPaNyxM


Kalau berani coba dibuka macam apa pertanyaannya.

Jangan mau di-qibulin bajerp parpol dan katak pembina. Jadilah waras, apresiasi kalau berprestasi, kritik kalau nyeleweng.

Diubah oleh wiry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
damel88 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 21:22
pokoknya uclim terjolimih udah titik....
emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
14145 dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 21:26
Krn gw gak pernah ikut tes pns, jadi gak tau bnr atau gak, tapi apa pantas ditanya hal kaya gitu? Klo tes psikologi mungkin ada hubungannya dgn kejujuran peserta tes. Tapi klo tes wawasan kebangsaan gak ada hubungannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 21:27
gabung dengan psikotes kali... kan biasa itu

lah gue cari sekolah s2 aja pake psikotes, tes tulis dan wawancara langsung, nanyanya juga macam macam, bahkan ditanya abis sekolah ntar lu kerja mau di gaji berapa... gue nyari sekolah loh.. bukan cari kerjaemoticon-EEK!

... apalagi yg mau jadi abdi negaraemoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
14145 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 21:31
kali ajah disuruh mengintai target ke diskotik

masa sih tuh jilbaban masuk ke diskotik
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 21:32
Mana tau mau dijadikan mata2, mesti nyamar jadi kapir wkwkkwwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
14145 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 21:34
Apa susah nya jawab itu? Alasan aja ga lulus....perbandingan lulusnya lebih banyak, yg ga lulus secuil
profile-picture
hajigabin memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 21:37
Masih wajar sih pertanyaan cenderung menjebak gitu, utk mengetahui psikologi yg dites dan juga jd pegawe KPK kan gajinya gede masa mau pertanyaan receh. emoticon-Hammer2

Ane juga ditanya "Sanggup anda lepas jilbab?" Ane jawab "Ashhhiaappp pak".

Beda kalo yg ditanya'in "sanggup anda lepas perawan?", ane jawab juga "ya siap.. tergantung lawan mainnya".
profile-picture
profile-picture
profile-picture
14145 dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 21:42
Jilbab ditanyake. Kl cadar msh masuk coy..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
damel88 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pegawai KPK Ditanya 'Bersedia Lepas Jilbab?', Jika Tidak Dianggap Egois
07-05-2021 21:51
Kalau ente cerdas tentu jawabanya iya

Wong ente kan pas mandi dan tidur lepas jilbab
Sama suami di rumah pasti mau dong lepas jilbab
emoticon-Traveller

Selamat terjebak-jebak emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia