Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
65
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60953baee6b11f6b540390e2/kue-kering-ekonomis-hanya-dari-1-adonan-tercipta-3-jenis-kue-loh
Karena saya termasuk orang yang harus memanfaatkan waktu sempit alias tidak bisa santai akibat direcoki anak-anak. So, saya memilih resep kue kering yang berasal dari satu adonan dan menghasilkan 3 jenis kue.
Lapor Hansip
07-05-2021 20:07

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kue kering satu adonan jadi tiga jenis kue

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!

Assalamualaikum Sahabat Kaskus ....

Menjelang akhir Ramadhan ini rasanya tak afdol jika di rumah tidak menyediakan aneka kue terutama kue kering untuk menyambut hari raya iedul Fitri. Ibarat sayur tanpa garam jika rumah tak dihiasi kue yang bakal disuguhkan kepada tamu atau keluarga yang bersilaturahmi.

Sebelumnya saya melihat berbagai resep kue kering yang berseliweran di medsos rasanya tangan sudah gatal ingin mengeksekusi. Kebetulan tahun lalu belum ada mikser jadi tahun ini lumayan bisa mudah membuat aneka kue karena sudah terbantu kehadiran mikser 😁.


Nah, karena saya termasuk orang yang harus memanfaatkan waktu sempit alias tidak bisa santai akibat direcoki anak-anak. So, saya memilih resep kue kering yang berasal dari satu adonan dan menghasilkan 3 jenis kue.

Penasaran, mau tahu praktek pembuatan kue kering versi saya?


Quote:
Kita siapkan dulu bahannya ya:

Terigu protein sedang: 700 gram
Mentega: 500 gram
Gula halus: 200 gram
Maizena: 30 gram
Susu bubuk: 30 gram
Kuning telur: 2 butir

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!

Bahan-bahan: dokpri

Isian coklat:

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
Dokpri

Mentega: 1 sdm
Coklat bubuk: 70 gram
Susu kental manis: 2 sdm
Gula halus: 2 sdm
Terigu: 50 gram
Air sedikit
Coklat batang: 50 gram

Cara membuat isian coklat:

Cairkan margarin masukkan coklat bubuk dan skm aduk hingga tercampur. Masukkan terigu yang telah diaduk dengan air, gula halus,dan coklat batang yang telah disteam. Aduk semua hingga kalis di atas kecil. Hingga bisa dibuat bulatan kecil alias dipulung.


Adonan ini dibuat untuk 3 jenis kue ya.

1. Nastar gulung isi coklat
2. Putri salju
3. Thumbprint

Adonan dasar:

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
Dokpri

Mikser gula halus dan mentega hingga tercampur dan kental. Masukan kuning telur. Kocok lagi hingga tercampur. Masukan terigu, susu bubuk dan maizena aduk dengan spatula lalu aduk dengan tangan hingga kalis.

Bagi 3 adonan


Proses pembuatan Nastar gulung isi coklat:


1. Ambil adonan dan bulatkan lalu pipihkan di piring plastik atau di plastik. Masukan isian bulatan coklat gulung. Lakukan hingga habis.

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
Dokpri

2. Tata di atas teflon yang telah dioles mentega. Nyalakan api kecil.

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
Dokpri

3. Setelah 10 menit oles dengan adonan kuning telur, skm dan mentega. Panggang lagi selama 15 menit. Angkat stelah mulai kecoklatan.

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
Dokpri


Proses pembuatan putri salju:

1. Ambil adonan buat satu bulatan besar. Ratakan dengan tangan lalu rapihkan dengan botol atau gelas agar ketebalan merata. Kalau punya roll pin lebih bagus.

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
Dokpri

2. Cetak adonan membentuk bulan sabit. Saya tidak punya cetakan yang dari stainless. Saya menggunakan tutup botol kemasan teh botol plastik. Cetak setengah lingkaran membentuk bulan sabit.

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
Dokpri

3. Tata di sarangan panci yang diolesi mentega. Taruh di teflon dan tutup. Biarkan selama 15 menit usahakan selalu cek api. Api kecil ya supaya tidak cepat gosong.

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
Dokpri

Angkat jika sudah kecoklatan lalu masukan ke wadah berisi gula halus aduk gula agar tercampur dengan kue. Usahakan aduk selagi hangat agar gula menempel.

Setelah selesai tata di toples.

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
Dokpri

Proses pembuatan kue thumbprint:

1. Ambil adonan sekira ujung jempol. Bulatkan lalu tekan sedikit hingga setengah rata membentuk bulatan pipih.

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
Dokpri

2. Tekan tengahnya dan isi dengan isian coklat

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
Dokpri

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
Dokpri

4. Celupkan di putih telur lalu taburi kacang tanah iris. Saya tidak punya kacang almond😁. Kalo mau polos boleh.

3. Panggang di sarangan panci yang dioles mentega. Lalu panggang di teflon sekitar 20 menit.

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
Dokpri

4. Angkat setelah kue matang. Dan tata di toples.

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
Dokpri

Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
Jadi tiga stoples dengan kue berbeda: dokpri

Lumayan loh gansis. Bahannya tidak mencapai 40 ribu rupiah. Bagi emak-emak emang lebih suka yang hemat dan hasilnya tetep ok😁.

Selamat mencoba gansis😘.

Salam nguprek❤️

Opini pribadi
Gambar: dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
enyahernawati dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
07-05-2021 20:08
Kuker ekonomis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
07-05-2021 20:08
Kuker teflon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
07-05-2021 20:09
Kreasi hari ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
07-05-2021 20:10
@dalledalminto nih udah jadi 😁😁
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
07-05-2021 20:12
Keren 🤩 dari 1 adonan jadi 3 macam kue
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
07-05-2021 20:14
Mantaaab. Masih anget
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
07-05-2021 23:19
Lebaran panen ini kue hahahaha bodo amat tetangga dah hapal ama ane
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
08-05-2021 06:39
Kwren ini👍👍
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
08-05-2021 07:13
Klo kue putri salju enaknya pake kacang halus gitu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
08-05-2021 08:25
Mantulll pisan ini mah👍
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
08-05-2021 11:37
kue kering dengan harga terjangkau mantapppp.
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
08-05-2021 12:47
Sekali ngadon bisa dapat 3 jenis kue yang berbeda rasa dan tampilan, irit waktu,ekonomis, dan tentunya aman dikonsumsi.
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
08-05-2021 12:52
Keliatannya enak
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
08-05-2021 20:05
waw enak itu emoticon-Matabelo praktis ya adonannya sama dah bisa bikin 3 cookies
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
08-05-2021 20:31
Sis nanya, gimana sih bikin adonan kalis?! Aku kok gagal terus ya emoticon-Big Grin
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
08-05-2021 22:31
Kreatif banget ini sih yang buatnya
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
09-05-2021 14:56
auto berasa lebaran
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
09-05-2021 20:37
Wah praktis ekonomis satu adonan bisa jadi 3 kue sekaligus sih mantul sih. Bisa banget ya dipraktekin, jadinya bikin sekali langsung bikin adonan banyak ntar tinggal dibagi mau bikin kue apaan. Nastar isi selai nanas sih paling favorit
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kue Kering Ekonomis, Hanya Dari 1 Adonan Tercipta 3 Jenis Kue, Loh!
09-05-2021 20:42
Adonannya emang samaaa cuma ada beberapa tambahan ajaa yg bikin beda dari setiap kuenya hahaa.... thankssss sharing resepnya. Ane contek dulu buat di rumah
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia