• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mengapa Kebanyakan Truk & Bus Memakai Rem Tromol? Ini Dia 2 Alasannya

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Mengapa Kebanyakan Truk & Bus Memakai Rem Tromol? Ini Dia 2 Alasannya
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia. Kali ini, ane bakal bahas seputar alasan mengapa kebanyakan truk dan bus masih memakai drum brake atau rem tromol.




Jikalau melihat spesifikasi sebuah truk dan bus, seperti HIno FG 235 TI, Fuso FN Series, dan Hino RK8 R260, Gansis akan menemukan bahwa truk dan bus tersebut memakai rem tromol di semua rodanya.

Sementara, jika melihat LCGC zaman sekarang seperti Karimun Wagon R atau Toyota Agya yang notabene adalah mobil-mobil "murah", diketahui bahwa LCGC-LCGC tersebut sudah memakai rem cakram di bagian depan.




Lantas, mengapa sebuah LCGC sudah memakai rem cakram di bagian depan sementara truk dan bus yang sudah ane sebutkan tadi menggunakan rem tromol di keempat rodanya? Nah, oleh karena itu ane akan menjawabnya di thread ini.

1. Kekuatan Pengereman





Sudah tak bisa dibantah lagi kalau truk dan bus punya G.V.W yang jaaaauhhh lebih berat dari mobil-mobil biasa. Misalnya, Karimun Wagon R yang memiliki bobot kosong sekitar 850-875 kilogram dan memiliki G.V.W sekitar 1,35 ton.

Sementara, truk-truk medium duty 4x2 memiliki G.V.W sekitar 15-16 ton. Tentunya, ini saja sudah melebihi 11x lipat G.V.W dari LCGC seperti Suzuki Karimun Wagon R. Belum lagi, apabila di-overload, tahu sendiri kan kalau mobil barang sering di-overload bahkan hingga dimuat 20 ton untuk 4x2.




Untuk mencapai pengereman yang optimum, dibutuhkan rem yang lebih kuat. Nah, ini dia alasan utama mengapa truk dan bus memakai rem tromol. Rem tromol memiliki kekuatan pengereman yang lebih baik daripada rem cakram karena cakupan kampas dari rem tromol itu sendiri lebih banyak. 

2. Efisiensi





Perlu diketahui bahwa biaya pembuatan rem tromol lebih murah daripada rem cakram. Yup, itu faktanya. Biaya pembuatan yang lebih murah membuat harga dari truk dan bus tersebut yang digunakan buat "cari duit" lebih murah pula.

Tentu, hal ini mengakibatkan investasi yang diperlukan untuk sebuah truk maupun bus akan lebih kecil. Alhasil, balik modal pun akan diraih dengan waktu yang lebih singkat Gansis.




Bukan hanya itu saja. Setahu ane, rem tromol membutuhkan perawatan yang lebih efisien daripada rem cakram. Pastinya, hal ini juga menambah untung pengusaha, sehingga pengusaha bisa makin sukses dengan waktu yang lebih singkat.

Nah, itu dia 2 alasan kenapa kebanyakan truk dan bus masih memakai rem tromol. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: 12
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

Diubah oleh KS06 09-05-2021 14:30
koi7Avatar border
nowbitoolAvatar border
catrosAvatar border
catros dan 30 lainnya memberi reputasi
29
7.8K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.