Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
6
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60924dde83fe3c5c197192a9/inilah-orang-dibalik-suara-conan-edogawa-sang-detektif-cilik-nan-jenius
Conan Edogawa (bukan nama sebenarnya). Sebetulnya Dia ini adalah seorang cowok remaja yang memiliki nama Shinichi Kudo. Namun, karena suatu hal yang buruk terjadi kepadanya, tubuhnya pun menyusut menjadi seukuran anak-anak. Shinichi a.k.a Conan pada akhirnya dibawa oleh sang "Kakak", yaitu Ran Mouri, seorang putri dari detektif swasta bernama Kogoro Mouri.
Lapor Hansip
05-05-2021 14:48

Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Abis bahas JoJo, di 3 postingan ke depan (termasuk yang sekarang) Ane bakalan bahas 3 karakter anime yang ikonik dan juga Seiyuu nya. Kita mulai dari yang pertama...

Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius


Siapa yang gak kenal sama karakter bocil yang satu ini? Dia dikenal dengan kecerdasannya yang bisa dibilang "di atas rata-rata", karenanya Dia berhasil menciptakan segudang alat-alat canggih dan mampu memecahkan ribuan misteri juga kasus kriminal yang ada. Siapa lagi kalau bukan Conan Edogawa (bukan nama sebenarnya). Sebetulnya Dia ini adalah seorang cowok remaja yang memiliki nama Shinichi Kudo. Namun, karena suatu hal yang buruk terjadi kepadanya, tubuhnya pun menyusut menjadi seukuran anak-anak. Shinichi a.k.a Conan pada akhirnya dibawa oleh sang "Kakak", yaitu Ran Mouri, seorang putri dari detektif swasta bernama Kogoro Mouri. Dibalik semua kehebatan yang dimiliki oleh Paman Mouri, ada Conan yang berhasil membantunya di belakang layar.

Conan sendiri adalah salah satu karakter anime legendaris yang dibuat oleh seorang mangaka bernama Aoyama Gosho lewat manganya yang berjudul Detective Conan. Serial manga ini sudah berjalan sejak tanggal 19 Januari 1994 sampai sekarang. Serial manga "Detective Conan" sendiri sudah terjual sebanyak lebih dari 230 juta kopi di seluruh dunia, sekaligus menjadikannya sebagai "Manga Terlaris Sepanjang Sejarah" di posisi kelima. Gak cuma manga, serial anime dan filmnya pun masih berlangsung sampai sekarang. Untuk animenya sendiri udah tayang dari tanggal 8 Januari 1996 sampai sekarang. Baru-baru ini, film terbaru "Detective Conan" yang berjudul Detective Conan : The Scarlet Bullet udah dirilis pada tanggal 16 April 2021 kemaren. Per tanggal dibuatnya postingan ini (5 Mei 2021), film ini sendiri sudah masuk box office di Jepang dengan pemasukan sebesar 38,5 juta US Dollar (sekitar 560 Miliar Rupiah).

Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius


Sekarang, kita move on ke inti pembahasan dari postingan kali ini. Di Indonesia, karakter Shinichi Kudo atau Conan Edogawa ini disulih suarakan oleh 2 orang, yang pertama dan yang paling populer adalah Mas Ahmad Zulkifli Lubis atau yang lebih dikenal sebagai Iphie Lupis. Beliau adalah orang yang mengenalkan sekaligus mempopulerkan karakter detektif cilik yang satu ini sejak awal penayangan anime "Detective Conan" di stasiun Televisi Indosiar. Selain Conan, beberapa tokoh lainnya yang pernah Beliau sulih suarakan adalah Krilin (Dragon Ball), Ben Tennyson (Ben 10), Carl (Jimmy Neutron) dan yang terbaru adalah Spongebob Squarepants.

Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius

Mas Ahmad Zulkifli "Iphie" Lubis


Setelah sekian lama "disudahi" penayangannya di stasiun TV Indo, anime "Detective Conan" kembali ditayangkan di stasiun Televisi NET. Untuk "Detective Conan" versi NET TV, Dia disuarakan oleh Mbak Leni M. Tara atau biasa dikenal dengan nama Etho. Selain Conan, Beliau juga menjadi pengisi suara Ozora Tsubasa (Captain Tsubasa versi 2018 yang tayang di RCTI), Chase (Paw Patrol) sampai Kevin McAllister (Home Alone).

Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius

Mbak Leni "Etho" Tara
Sumber


Sekarang yang jadi pertanyaannya adalah : "Siapakah pengisi suara original dari Conan Edogawa?" Jawabannya adalah...

Quote:
Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius

Ini Dia, sosok Ibu satu inilah yang jadi pengisi suara original dari Conan Edogawa. Nama Doi adalah Minami Takayama, seorang Seiyuu dan penyanyi asal Tokyo, Jepang, kelahiran 5 Mei 1964. Sejak kecil, Doi sudah menekuni bidang seni, mulai dari menari sampai menyanyi. Di sisi lain, karena Doi adalah orang yang suka menegakkan hukum dan keadilan, Doi bercita-cita menjadi seorang Polisi. Namun, kedua orang tuanya menginginkan Minami kecil untuk fokus di dunia seni, agar suatu saat nanti Ia bisa terjun ke industri hiburan Jepang. Akan tetapi, Doi merasa kalau orang tuanya "terlalu memaksakan kehendaknya". Biar begitu, Doi mau tidak mau harus mengikuti kemauan orang tuanya. Alhasil, pada saat Doi masuk bangku SMP, Doi didaftarkan oleh orang tuanya ke sebuah grup teater bernama Himawari Theatre Group.

Pada saat Doi masuk SMA, Doi sempat memenangkan sebuah kontes menjadi seorang penyiar radio. Setelah cita-citanya sebagai Polisi tak dapat terwujud, akhirnya Doi berhasil menemukan jalan hidupnya yang baru dengan berprofesi sebagai seorang penyiar radio. Sayangnya, baru saja Doi mencoba profesinya sebagai seorang penyiar, Doi merasa kalau itu bukanlah bidangnya. Dan akhirnya, setelah lulus SMA di Tokyo Adachi Nishi High School, Doi kembali menekuni dunia seni. Dan untuk mematangkan bakatnya, Doi pun masuk ke Nihon Kogakuin College jurusan Seni. Sedari awal, Doi memang merasa kurang sreg dengan dunia seni. Akibatnya, Doi memutuskan untuk langsung bekerja tanpa menyelesaikan kuliahnya alias drop out.

Dari sinilah Doi mulai mendapatkan jalan hidupnya yang baru (lagi). Ketika Doi sedang bekerja, ada salah satu kliennya yang mengagumi karakter vokal dari Minami Takayama. Si klien pun menyarankan agar Doi mencoba profesi baru sebagai seorang pengisi suara. Barulah pada tahun 1985, Doi meninggalkan pekerjaannya sebagai pegawai kantoran dan mulai ikut audisi pencarian pengisi suara yang baru. Kala itu, Doi mengikuti sebuah audisi yang diadakan oleh Sun House Music. Setelah mendapatkan hasil yang...bisa dibilang kurang memuaskan, tiba-tiba Dia didatangi oleh seorang manajer dari salah satu agensi Seiyuu ternama, 81 Produce. Sang manajer pun menawarkan pekerjaan kepada Doi dan tentunya Doi pun menerimanya.

Per tahun 1987, Doi pun memulai debutnya sebagai seorang Seiyuu. Dan ternyata, jalan hidupnya yang baru inilah yang justru membawanya ke jalan kesuksesan. Faktanya, begitu Doi debut jadi Seiyuu, Doi langsung dapet peran utama. Kala itu, anime yang Doi perankan berjudul Mister Ajikko dengan karakter Ajiyoshi Yoichi sebagai perannya.

Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius

Ini animenya

Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius

Ini karakternya

Selang setahun kemudian, di anime Shōkōshi Ceddie, Doi bekerja sama untuk pertama kalinya dengan Orikasa Ai. Nantinya, mereka berdua akan menjadi rekan kerja tetap di serial anime "Detective Conan". Pasalnya, Orikasa Ai ini adalah pengisi suara dari salah satu temannya Conan yang namanya Mitsuhiko Tsuburaya. Barulah pada tahun 1989, karier Doi semakin melejit usai memerankan tokoh Nabiki Tendou dari anime Ranma ½.

Oh ya, ada yang pernah nonton film karya Studio Ghibli yang ini...

Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius

Judulnya Kiki's Delivery Service. Film yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki ini rilis tanggal 29 Juli 1989. Buat yang udah nonton, boleh dong kasih impression nya, soalnya Ane masih belum sempet nonton sih...walaupun filmnya tersimpan rapi di dalam hardisk Ane 😅. BTW, di film ini, Minami Takayama menjadi orang dibalik suara dari 2 karakter yang ada di film ini, Kiki & Ursula.

Itu tadi beberapa peran Doi di periode 1987-1989. Sekarang kita masuk ke dekade 1990-an. Membuka dekade ini, di tahun 1990 Doi menggantikan posisi Kyōko Kishida sebagai pengisi suara dari Moomintroll. Setelah 3 tahun berlalu sejak memerankan tokoh Moomintroll, untuk pertama kalinya Doi bertemu dengan Aoyama Gosho, sang pencipta "Detective Conan". Namun, bukan anime "Conan" yang mereka kerjakan bersama, melainkan adaptasi anime dari serial manga karya Aoyama Gosho lainnya, yakni Kenyuu Densetsu Yaiba. Serial anime "Kenyuu Densetsu Yaiba" sendiri ditayangkan pada periode 9 April 1993 sampai 1 April 1994. Disini, Minami Takayama memerankan sang tokoh utama, yaitu Yaiba Kurogane. Bersamaan dengan perannya sebagai Yaiba, Doi juga mendapatkan salah satu peran tetapnya yang masih bertahan sampai sekarang, yaitu Inadera dari anime Nintama Rantarō (Ninja Boy kalo di Indo dulu).

Barulah di tahun 1996, Doi mendapatkan peran paling ikonik dalam kariernya sebagai Seiyuu, yakni Conan Edogawa. Perannya sebagai Conan, berhasil membawanya sebagai pemenang kategori Synergy Award di ajang Seiyuu Awards 2011. Oh ya, ada sedikit fakta unik soal Minami Takayama sama Aoyama Gosho. Setelah sekian lama bekerja sama di serial anime yang sama sejak tahun 1993, ternyata mereka berdua ini terlibat cinta lokasi a.k.a cinlok. Alhasil, pada 5 Mei 2005, Minami Takayama dan Aoyama Gosho pun resmi menikah. Namun sayang seribu sayang, mereka berdua harus bercerai pada 10 Desember 2007. Meski begitu, hubungan mereka masih baik-baik saja kok, baik dalam pekerjaan maupun di luar pekerjaan. Masih di tahun 1996, Doi mendapatkan salah satu peran tetapnya di serial anime Escaflowne sebagai Dilandau Albatō.

Sekarang, kita masuk ke dekade 2000-an. Di tahun 2001, lagi-lagi Doi mendapatkan 1 peran tetap yang masih Doi perankan sampai sekarang, yaitu Hao Asakura dari anime Shaman King. Selain di versi yang tahun 2001, Doi juga kembali memerankan Hao di anime "Shaman King" versi 2021 yang lagi tayang sekarang. Loncat ke tahun 2005, Doi mendapatkan beberapa peran, diantaranya Train Heartnet (Black Cat), Dorumon (Digimon X-Evolution) sampai Mama Suneo (Doraemon). Selain Dorumon, Doi juga muncul di serial anime "Digimon" lainnya sebagai Taiki Kudō (Digimon Xros Wars).

Masuk ke tahun 2007, Doi menjadi pengisi suara baru dari karakter Kitarou (Gegege no Kitarō), menggantikan Seiyuu Yōko Matsuoka. Gak cuma Kitarou, Doi juga mendapatkan peran sebagai Kati Mannequin di serial Mobile Suit Gundam 00. Di penghujung dekade 2000-an (tepatnya tahun 2009), Doi terpilih sebagai pengisi suara dari karakter Envy di anime Fullmetal Alchemist. Dari semua peran Doi yang dapetin di dekade 2010-an, ada 2 nama karakter yang cukup ikonik, Child Emperor (One Punch Man) dan Sachiko Fujinuma (Boku Dake ga Inai Machi).

Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius

Peran-Peran Minami Takayama di dunia anime

Oke...dunia anime udah beres...sekarang kita lanjut ke dunia game. Ada 5 karakter yang menjadi peran ikonik dari Minami Takayama, antara lain Pai Chan (Virtua Fighter series), Mia (.hack series), Axl (Megaman series) dan 2 karakter dari series Danganronpa, yaitu Hajime Hinata dan Izuru Kamukura. Selain 5 karakter tadi, ada 7 karakter game lainnya yang diisi suaranya sama Minami Takayama. Mereka adalah Pit, Dark Pit & Mii Fighters (Super Smash Bros, BTW karakter "Mii Fighters" itu ada 3 orang ya? Jadi total karakter yang Doi perankan di series Super Smash Bros ada 5), Threo (Granblue Fantasy) dan Fu Hua (Honkai Impact).

Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius

Karakter-Karakter Game yang diperankan oleh Minami Takayama

Terakhir, di dunia serial TV dan Film, Doi adalah pengisi suara tetap dari Alex Munday (Charlie's Angels) yang diperankan oleh aktris Lucy Liu dan 2 peran ikonik dari aktris Michelle Rodriguez, yaitu Letty Ortiz (Fast and Furious) dan Rain (Resident Evil). Doi juga muncul di versi Jepang dari film Scorpion King (sebagai Cassandra, diperankan oleh Kelly Hu) dan serial TV The Simpsons (sebagai Adil Hoxha) serta The Land Before Time (sebagai Littlefoot). Oh ya, di serial Tokusatsu, Doi muncul sebagai pengisi suaranya Jingi di serial Tokusō Sentai Dekaranger.

Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius

Sebelumnya Ane sempet nyebutin kalo Doi juga berprofesi sebagai penyanyi. Di tahun 1995, Doi bersama Shiina Nagano membentuk sebuah duo grup musik yang dinamakan Two-Mix. Grup beraliran J-Pop ini sudah merilis puluhan karya, diantaranya ada 7 album, 4 mini album, 9 album kompilasi dan lebih dari 20 single. Pada tahun 2007, mereka menambah personel baru, yaitu Joe Rinoue. Dengan adanya anggota ketiga, grup tersebut pun sempat mengubah namanya menjadi II MIX⊿DELTA. Selama menggunakan nama "II MIX⊿DELTA", grup tersebut sudah menelurkan 2 album dan 9 single

Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius

Two-Mix

Ada 1 cerita menarik yang pernah dialami oleh Minami Takayama. Pada tanggal 16 April 2011, film ke-15 "Detective Conan" yang berjudul Detective Conan: Quarter of Silence akhirnya resmi dirilis. Bersamaan dengan dirilisnya film itu, tentunya diadakan pula gala premiere filmnya. Nah, di tengah-tengah sambutan Doi sebelum filmnya diputar, tiba-tiba terjadi sebuah gempa bumi yang mengguncang seisi bioskop. Akibatnya, para penonton, Seiyuu dan staff lainnya pun panik. Nah, diantara para penonton itu ada juga anak-anak yang ingin melihat aksi sang detektif cilik. Untuk menenangkan para penonton kecilnya, Minami Takayama pun berinisiatif untuk berkata :

"Tenanglah wahai gempa bumi! Semuanya, jangan khawatir! Karena Conan ada disini".

Tentunya Doi mengatakan itu dengan suara khasnya sebagai Conan. Beruntung, cara tersebut terbukti ampuh untuk menenangkan anak-anak.


Source :
Minami Takayama
My Anime List
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doobey dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius
05-05-2021 14:49
Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius

Quote:
Yuk, Kenalan Sama Mizuki Nana & Hara Yumi, Seiyuu Hinata & Albedo

Yuk, Kenalan Sama Om Toshiyuki Morikawa, Seiyuu Sang Hokage Keempat, Minato Namikaze

Yuk, Kenalan Sama Akane Fujita, Seiyuu dari Izumi Sagiri

Yuk, Kenalan Sama Om Hiroshi Kamiya, Seiyuu dari Levi Ackerman

Yuk, Kenalan Sama Seiyuu Cantik Ayane Sakura

Yuk, Kenalan Sama Seiyuu Ryo Horikawa & Mao Ichimichi

Yuk, Kenalan Sama Ozora Naomi, Seiyuu Uzaki Hana

Yuk, Kenalan Sama Haruka Tomatsu, Seiyuu "Waifu Sejuta Umat"

Yuk, Kenalan Sama Hosoya Yoshimasa, Seiyuu Reiner Braun

Yuk, Kenalan Dengan Makoto Shinkai

Video Podcast milik Seiyuu Kayano Ai ini Dihapus sama YouTube

Yuk, Kenalan Sama Irino Miyu, Sang Eyeshield 21

Yuk, Kenalan Sama Nakamura Yuichi, Seiyuu "Husbu Sejuta Umat"

Yuk, Kenalan Sama Kana Hanazawa, Seiyuu Favorit Sejuta Umat

Yuk, Kenalan Sama Showtaro Morikubo, Seiyuu Nara Shikamaru

Yuk, Kenalan Sama Rie Takahashi, Seiyuu Megumin di Anime Konosuba

Yuk, Kenalan Sama Hondo Kaede, Seiyuu Elaina Si Penyihir Cilik

Yuk, Kenalan Sama Trio Seiyuu Ini

Yuk, Kenalan Sama Noriaki Sugiyama, Seiyuu Uchiha Sasuke

Yuk, Kenalan Sama Seiyuu Cantik Nao Touyama

Yuk, Kenalan Sama Om Miki Shinichiro

Yuk, Kenalan Sama Yuu Asakawa

Yuk, Kenalan Sama Kenichiro Oohashi a.k.a. KENN

Yuk, Kenalan Sama Seiyuu Cantik Mikako Komatsu

Yuk, Kenalan Sama Yusuke Kobayashi, Seiyuu dari Natsuki Subaru

Yuk, Kenalan Sama Atsushi Abe, Seiyuu Yamanaka Inojin

Inilah Orang Dibalik Suara Kakashi Hatake

Yuk, Kenalan Sama Seiyuu Cantik Yuuki Aoi

Yuk, Kenalan Sama Om Keiji Fujiwara

Yuk, Kenalan Sama Om Suwabe Junichi

Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto

Yuk, Kenalan Sama Daisuke Namikawa

Yuk, Kenalan Sama Seiyuu Cantik Asami Seto

Inilah Orang Dibalik Suara Uzumaki Naruto

Yuk, Kenalan Sama Akira Toriyama, Sang Bapak "Dragon Ball"

Inilah Orang Dibalik Suara Kazuma Kiryu di Series Game "Yakuza"

Yuk, Kenalan Sama Yuu Shimamura, Seiyuu dari Annie Leonhart

Yuk, Kenalan Sama Shimono Hiro

Yuk, Kenalan Sama Katsuyuki Konishi

Yuk, Kenalan Sama Jouji Nakata


Yuk, Kenalan Sama Saitou Souma



Yuk, Kenalan Sama Yoshihiro Togashi, Sang Bapak "Hunter X Hunter"


Yuk, Kenalan Sama Manaka Iwami

Inilah Orang Dibalik Suaranya Uchiha Madara

Yuk, Kenalan Sama Hikaru Midorikawa

Yuk, Kenalan Sama Rina Satou

Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"

Daisuke Ono, Sang Jotaro Kujo

[/URL=https://kask.us/iJaXG]Koyasu Takehito, Sang Dio Brando[/URL]
0 0
0
Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius
07-05-2021 17:05
wah jadi nostalgiaemoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius
07-05-2021 18:39
Debut jadi seiyuu langsung jadi pemeran utama, keren minami takayama
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius
09-05-2021 04:57
Kiki's delivery service bagus gan, seperti film2 Miyazaki lainnya, berasa cepet alurnya, ringan, tapi nyenengin buat ditonton anak2
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius
09-05-2021 23:37
Seiyuu nya cewek ternyata.. Baru tau ane.. Hehe salah satu anime yg bikin ane penasaran kapan tamatnya.. Wkwk
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Inilah Orang Dibalik Suara Conan Edogawa, Sang Detektif Cilik Nan Jenius
12-05-2021 02:52
Ini kapan tamatnya yak? Kpn balik lg jd sinichi kudo...wkwkwk
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia