Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
171
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6091050a0421014d886d36b3/10-hidangan-khas-nusantara-yang-paling-dikenal-turis-mancanegara
Hidangan Indonesia yang populer di dunia Internasional. Wisatawan mancanegara mengenal Indonesia sebagai salah satu pusat tujuan wisata dunia. Berbagai faktor seperti masakan, budaya dan tentunya keindahan alam yang menjadi pemicu banyaknya warga asing yang mengunjungi Indonesia.
Lapor Hansip
04-05-2021 15:25

10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara

Past Hot Thread
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
Hidangan Indonesia yang populer di dunia Internasional. Wisatawan mancanegara mengenal Indonesia sebagai salah satu pusat tujuan wisata dunia. Berbagai faktor seperti masakan, budaya dan tentunya keindahan alam yang menjadi pemicu banyaknya warga asing yang mengunjungi Indonesia.

Namun, salah satu faktor penyebab mengapa Asia terutama Indonesia menjadi destinasi wisata favorit turis asing adalah karena berwisata di Indonesia, tak semahal di negara-negara eropa. Ketika krisis ekonomi melanda dunia, maka alternatif mereka adalah berkunjung ke Indonesia.


10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
illustrasi (Image: Getty Images)

Yang menjadi salah satu faktor penarik dan penentu wisata di Tanah Air adalah dari segi kuliner. Kuliner Indonesia sudah menjadi salah satu tren makanan yang digemari di seluruh dunia. Nah, tak ada salahnya Sahabat Migran mengetahui hidangan apa saja yang menjadi kesukaan dan dikenal oleh penduduk dunia tersebut?

Berikut ini terdapat 10 hidangan khas Indonesia yang begitu populer di mancanegara dan dikenal karena kenikmatan dan cita-rasanya yang berbeda.

1. Nasi Goreng
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara


illustrasi (Image: Getty Images)

Nasi goreng atau nasi yang digoreng, adalah makanan di urutan pertama yang paling dikenal oleh turis mancanegara. Saking populernya, hidangan nasi goreng dipastikan ada di seluruh hotel yang ada di kawasan wisata dan perhotelan di Indonesia. Jika Sahabat Migran menginap di salah satu hotel di Indonesia baik itu hotel melati atau hotel berbintang, nasi goreng dipastikan menjadi salah satu menu utama untuk sarapan.

Hidangan inipun dapat dijumpai baik di restoran kelas atas, ataupun tempat jajanan khas kaki lima. Dengan mengandalkan bumbu khas rempah-rempah asli Indonesia. Nasi Goreng seringkali diciptakan bervariasi dan dengan tambahan aneka topping nan lezat seperti daging sapi, daging ayam, sate, bakso, udang, hingga telur dadar.

Meskipun asal muasalnya bukanlah dari Indonesia, dan dari daratan China, tetapi Nasi Goreng telah menjadi ikon hidangan khas Indonesia yang mampu mempersatukan semua kalangan dan lintas strata sosial di dunia.

2. Gado-gado
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara

illustrasi (Image: Getty Images)

Turis Asing banyak yang menyebut Gado-gado sebagai ” Salad Sayur Indonesia”. Memang, terdapat kemiripan antara hidangan Salad dengan Gado-gado.

Yang membedakan terletak pada isiannya. Gado-gado lebih banyak isian sayuran, tahu, kerupuk dan komposisi bumbu kacangnya yang terkadang diberikan tambahan cabe.

Sedangkan salad, tidak ada penambahan cabe dan gorengan seperti tahu goreng ataupun kerupuk. Karena orang barat tidak menyukai pedas.

Tetapi, karena itulah, banyak turis asing yang merasa bahwa gado-gado adalah makanan yang harus mereka nikmati ketika mereka mengunjungi Indonesia kembali. Popularitas gado-gado menjadikan hidangan khas Indonesia ini sangat dikenal di mancanegara.

3. Sate
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara

illustrasi (Image: Getty Images)

Sate merupakan hidangan khas Indonesia lainnya yang digemari dan sangat dikenal oleh turis asing. Meskipun masakan Sate terdapat di hampir negara-negara Asia, namun Sate khas Indonesia, tetap menjadi favorit para turis dari mancanegara.

Bumbu Sate khas Indonesia memang spesial. Mereka menggunakan beberapa jenis bumbu seperti, kacang, kecap manis dan cabai atau dengan menggunakan sambal terasi. (jenis bumbu yang terakhir ini tidak semua daerah menyediakan dan ada)


Sate menjadi salah satu hidangan paling populer di dunia, karena terdapat di hampir semua restoran kelas atas, ataupun hotel berbintang dan juga tempat jajan khas kaki lima di pinggir jalan.

Terdapat beberapa daging yang sering dipergunakan untuk membuat sate, seperti kambing, ikan, ayam, babi atau jenis daging lainnya.

Untuk menikmati Sate, biasanya ditemani dengan lontong ataupun nasi hingga membuat kenyang siapapun yang menikmatinya.


4. Rendang
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
illustrasi (Image: Getty Images)



Popularitasnya luar biasa. Pernah dinobatkan sebagi makanan paling enak di seluruh dunia oleh media CNN. Hidangan khas dari Sumater Barat inipun memiliki banyak macam dan rasa. Karena asalnya dari Sumatera, maka banyak yang mengidentikkan makanan ini sebagai makanan khas Melayu.

Cara mengolah Rendang berbeda dengan hidangan khas Indonesia lainnya. Proses memasak hidangan ini lama, sehingga dalam membuat Rendang dibutuhkan waktu dan tenaga yang lebih.


Tak ayal membuat Rendang jauh lebih mahal harganya ketimbang hidangan lainnya. Terkadang, banyak yang mengira bahwa Rendang adalah hidangan kari. Namun, itu sangat berbeda. Rendang dibuat dengan mengeringkan santan supaya daging menjadi semakin empuk.

5. Nasi Uduk
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
illustrasi (Image: Tripadvisor)


Nasi uduk merupakan salah satu dari sekian banyak hidangan yang berbahan dasar nasi. Dan secara harfiah, makanan ini berarti ‘nasi campur’ dalam dialek Betawi. Nasi Uduk adalah nasi yang dimasak dengan santan bersama dengan daun pandan, serai, cengkih, dan kayu manis. Tentu saja hal Ini menghasilkan tekstur nasi yang lebih lembut, lebih gurih, dan aromatik yang dipadukan dengan tempe atau ikan teri.

Telah lama, hidangan nasi uduk menjadi makanan untuk sarapan yang paling populer di Indonesia, dan sering dijual dengan lauk seperti telur, bihun goreng, atau kentang. Nasi uduk juga terkadang dikemas dengan menggunakan daun pisang berbentuk kerucut.

Nasi Uduk kini juga banyak dihidangkan di restoran-restoran kelas atas ataupun hotel-hotel berbintang. Sehingga menjadikan hidangan inipun naik kelas dan digemari oleh turis-turis mancanegara.

6. Mie Aceh
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
illustrasi (Image: Getty Images)



Hidangan Mie Aceh berasal dari daerah Sumatera khususnya daerah Aceh. Mie khas Aceh ini dikenal karena teksturnya yang besar dan kenyal serta pedas.

Penggemar Mie Aceh dari berbagai daerah di nusantara dan turis-turis mancanegara. Pada umumnya, Mie Aceh akan diberikan tambahan seperti irisan daging sapi, kambing ataupun seafood dan tidak lupa tambahan sayuran seperti tauge, bawang putih, kol dan tomat.

7. Kerak Telor
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
illustrasi (Image: Istimewa)


Hidangan Kerak telor adalah omelet pedas khas Betawi, hidangan khas Jakarta yang hanya bisa ditemukan di tempat-tempat tertentu, bahkan seringkali dapat dijumpai di area Jakarta Fair.

Kerak telor biasanya dimasak di dalam wajan kecil di atas arang. Ketan dimasak bersama telur kemudian ditambahkan toping serundeng atau kelapa parut goreng, bawang merah goreng, udang kering dan sedikit merica.


Namun, terkadang pula ditambahkan potongan telur bebek atau ayam dan disajikan panas-panas.

8. Bakso
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
illustrasi (Image: Getty Images)


Bakso atau sup bakso adalah hidangan yang terbuat dari daging sapi dan disantap biasanya dengan kuah panas, dan merupakan makanan jalanan favorit di negara ini. Bakso sebagian besar terbuat dari daging sapi dan tepung tapioka yang membuatnya berair dan empuk. Kemudian dipertemukan dengan bihun dan beberapa sayuran di dalam satu mangkuk.

Terdapat banyak varian bakso di Indonesia, tetapi semuanya mengandung tiga bahan utama yakni: bakso, mie dan kaldu (bakso kuah bagaimanapun adalah sup bakso yang disajikan tanpa mie). Bakso biasanya dijual di gerobak kecil atau kedai. Bahkan bisa ditemui sebagai makanan beku di supermarket.

9. Pempek
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
illustrasi (Image: Getty Images)



Pempek adalah penganan khas kota Palembang yang terbuat dari tepung tapioka dan digiling bersama ikan tenggiri. Teksturnya yang kenyal dan gurih, menjadikan penganan ini begitu disukai oleh semua orang.

Untuk menikmati pempek, diperlukan saus untuk cocolan yang terbuat dari cuko (saus cuka). Biasanya, pempek akan dinikmati bersama irisan timun, mie kuning dan nasi.

10. Gudeg
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
illustrasi (Image: Pesona Indonesia)



Hidangan Gudek, adalah masakan tradisional khas daerah Jawa yang terbuat dari nangka muda mentah yang kemudian direbus selama berjam-jam dengan menggunakan santan, gula aren, serta bumbu rempah lainnya. Adakalanya, bumbu tambahan diberikan seperti bawang putih, biji ketumbar, bawang merah, daun salam, dan daun jati (untuk memberi warna kemerahan pada hidangan).

Gudeg adalah hidangan yang sangat populer dari daerah Yogyakarta dan Solo. Hidangan ini biasanya disajikan dengan tambahan telur dan ayam goreng.

Terdapat dua jenis hidangan Gudeg, yaitu varian basah dan kering. Keduanya sama-sama menggunakan bahan-bahan yang sama, namun hanya di bagian santannya saja yang dikurangi dan ditambahkan.





















profile-picture
profile-picture
profile-picture
RifanX dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
05-05-2021 17:14
Makanan enak semua yg masuk list, klo ane disuruh milih yg pasti sih bakalan bingung. Kecuali kerak telor sih sampe sekarang belom pernah nyobain, tp keknya bukan jenis makanan berat yak. Klo nasi goreng emang bener tuh, menu yg gampang dicari
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
05-05-2021 19:59
makanan famous semua sih soalnya.. apalagi kalo ada turis asing kesini trus minta rekomen makanan lokal pasti disaraninnya ya itu itu.. wkwk
profile-picture
anomadeni memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
05-05-2021 22:47
jadi pengen mie aceh saya..
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 11:43
Jadi ngiler ni liat makanan..
0 0
0
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:05
ane dah pernah nyobain smua
emoticon-Cool
0 0
0
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:08
bikin ngiler aja jam segini liat trit ini...mana bening bener gambarnya
0 0
0
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:09
nasi uduk - nasi goreng - gudeg, perpaduan cocok makan 3 kali sehari
0 0
0
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:11
Indomie sama martabak manis juga sih
0 0
0
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:11
Aku tu pengen banget makan mie aceh tapi anak2 yang dari aceh nggak bisa buatnya pakai resep asli rempah aceh
0 0
0
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:12
kalian wajib nyobain babi karo emoticon-Genit
0 0
0
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:13
nasi goreng,bakso,sate,soto itu asalnya dari china

0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:14
batagor gak masuk gan emoticon-Leh Uga
0 0
0
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:18
TS Melupakan sesuatu sepertinya emoticon-Embarrassment

profile-picture
profile-picture
fachri15 dan falin182 memberi reputasi
2 0
2
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:20
Blm lengkap tanpa indomie...meski hanya mie instan, tp terkhusus yg merk indomie itu ud sampe penghujung dunia
profile-picture
aldo12 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:23
semuannya enak2 buset. klo di Malaysia kangen uduk bisa makan nasi lemak seger juga tuh, apalagi klo orang Indonesia yang jual. ahhh enak emoticon-Frown
0 0
0
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:23
Mie mentah dimakan di bungkusnya ga termasuk gan? emoticon-Ngakak
0 0
0
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:23
Rendang
0 0
0
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:24
Quote:Original Posted By KS69
nasi goreng,bakso,sate,soto itu asalnya dari china


yoi, bakpao, bakpia, bakmi, bakmoy, bakcang juga dari china
0 0
0
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:24
Rendang yang paling ajibb emoticon-Genit

sampai gordon ramsay pun nyobain masaknya

klo nasi goreng, bukannya dari Belanda yak?

CMIIW
0 0
0
10 Hidangan Khas Nusantara, Yang Paling Dikenal Turis Mancanegara
06-05-2021 13:30
Oke. Laper tengah bolong malah liat tret makananemoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
deretan-kopi-rasa-unik-yang-beda-dari-biasanya
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Selera Nusantara (Indonesian Food)
deretan-kopi-rasa-unik-yang-beda-dari-biasanya
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia