Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
32
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6090e4c9e12f8a2e6209bd22/islam-bersatu-melawan-teroris-papua
Islamophobia, berasal dari dua kata, Islam dan fobia (ketakutan yang berlebihan). Jika ditarik maknanya, istilah tersebut didefinisikan sebagai prasangka atau ketakutan yang tidak wajar terhadap Islam dan kaum Muslimin. Ketakutan tersebut merembet pada simbol-simbol agama Islam. Seperti hijab yang kerap diartikan sebagai antifeministik dan antiliberal. Begitu pula halnya dengan persepsi masyarakat
Lapor Hansip
04-05-2021 13:08

Islam Bersatu Melawan Teroris Papua

OPM


Video


Islamophobia, berasal dari dua kata, Islam dan fobia (ketakutan yang berlebihan). Jika ditarik maknanya, istilah tersebut didefinisikan sebagai prasangka atau ketakutan yang tidak wajar terhadap Islam dan kaum Muslimin.

Ketakutan tersebut merembet pada simbol-simbol agama Islam. Seperti hijab yang kerap diartikan sebagai antifeministik dan antiliberal. Begitu pula halnya dengan persepsi masyarakat terhadap pria yang memelihara janggut yang sering dikait-kaitkan dengan teroris.

Bisa kita bayangkan betapa pilunya umat Islam. Simbol-simbol keagamaan yang menjadi identitasnya kerap kali disangkakan buruk. Dianggap simbol-simbol teroris. Bahkan tak jarang kitab suci Al Quran dijadikan barang bukti kasus terorisme, sehingga menimbulkan sentimen berbau prasangka adanya penegakan hukum yang memusuhi Islam.

Itulah mengapa ketika ada pernyataan dari pemerintah yang menetapkan kelompok teroris bukan dari Islam, beberapa organisasi Islam mendukungnya.

Pada 27 April 2021, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti mendukung pelabelan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sebagai kelompok teroris. Abdul Mu’ti menilai kegiatan KKB selama ini meresahkan masyarakat Papua, dampak rangkaian serangan bersenjata yang mereka lancarkan tak hanya menyasar aparat TNI - Polri, bahkan juga menyasar warga Papua.

Serangan bersenjata di Sarinah, baku tembak di Poso, hingga aksi tunggal Lone Wolf di Mabes Polri saja tergolong terorisme, apa iya organisasi separatis bersenjata yang juga merencanakan serangan bersenjata secara terorganisir, tidak tergolong terorisme?

Terlebih lagi, KKB memiliki tujuan ingin mendirikan negara sendiri dan memisahkan diri dari NKRI.

Pihak Muhammadiyah mengatakan, dengan pelabelan itu, maka teroris tidak lagi dipersepsikan hanya terkait agama tertentu. "Penyebutan KKB sebagai teroris juga menunjukkan bahwa teroris dan terorisme tidak hanya terkait dengan agama tertentu, seperti yang selama ini dipersepsikan oleh masyarakat," kata Abdul.

Sumber : CNN Indonesia [Muhammadiyah dan PBNU Dukung KKB Papua Dilabeli Teroris]

Tak hanya Muhammadiyah, Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) turut mendukung cara pemerintah menyikapi KKB. HMI MPO mencermati, pelabelan teroris pada KKB Papua sudah sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Pelabelan teroris terhadap KKB juga memantapkan langkah pemerintah dalam menindak KKB. Namun HMI MPO juga mengingatkan pemerintah agar tetap mempertimbangkan HAM dalam menangani situasi di Papua.

Sumber : Detik [HMI MPO Setuju Status Teroris untuk KKB Papua]

Berdasarkan pernyataan PP Muhammadiyah soal pelabelan teroris yang tak lagi dipersepsikan agama tertentu tersebut, maka hal ini menunjukkan bahwa penanganan terorisme di Indonesia selama ini didominasi oleh kelompok ekstremis Islam.  Namun pelabelan terorisme Papua akan menghasilkan 2 karakter terorisme. Yakni terorisme berkarakter agama dan terorisme berkarakter separatis.

Tentunya banyak pekerjaan rumah bagi pemerintaah jika ingin menangani kedua jenis terorisme secara tepat sasaran, serta saling terintegrasi. Namun sisi positifnya, jika Indonesia berhasil merumuskan formula yang mujarab, maka Islamophobia yang terjadi selama ini akan berangsur-angsur berkurang.

Sebab wacana melawan terorisme segera bergeser dari semula banyak bermain simbol dan stigma negatif teroris dan Islam, yang berdampak pada meningkatnya sensitivitas mayoritas muslim terhadap penegakan hukum melawan terorisme, bergeser menjadi pencarian titik temu dan pencarian kesamaan antara terorisme agama dan terorisme separatis.

Ketika gaya bully terhadap simbol-simbol fisik seperti janggut, sorban, dan sejenisnya, yang selama ini banyak diandalkan pemerintahan Jokowi juga digunakan untuk terorisme Papua, maka otomatis penegakan hukum melawan terorisme Papua akan jatuh ke dalam sentimen rasialisme.

Jika kita terbiasa membudayakan stigma fisik janggut dan sorban identik dengan terorisme, maka kita akan terjerumus membudayakan stigma fisik stigma OAP (Orang Papua Asli) yang menggunakan ornamen atau atribut yang biasa digunakan oleh ektrimis Papua, sebagai teroris. Itulah definisi dan implementasi yang sesungguhnya dari Diskriminasi dan Rasialisme.

Apa iya, jika kebanyakan Ekstrimis / Teroris Papua menggunakan slayer (ikat kepala), maka OAP yang memakai ikat kepala lalu boleh kita cirikan potensial teroris Papua? Tidak toh?

Namun jika pemerintah mampu mengubah paradigma ini, maka tekanan Islamophobia dampak kerasnya penegakan hukum kepada Islam dan terorisme Islam, yang selama ini terus memanas, bisa meredam. Penetapan starus terorisme Papua, merupakan kesempatan bagi umat Islam membebaskan dirinya dari Islamophobia, sekaligus menjadi kesempatan bagi Pemerintah dan Polri, untuk merangkul umat Islam dalam rangka meredam stigma Anti Islam dan Islamophobia.

Maka secara logika, umat Islam yang gerah terhadap Islamophobia yang selama ini menimpa simbol-simbol Islam seharusnya mendukung penetapan terorisme separatis Papua. Sebaiknya organisasi Islam lainnya turut mendukung ditetapkannya KKB Papua sebagai teroris.

Karena, terorisme bukan lagi persoalan agama tertentu. Penetapan status Terorisme Papua, adalah peluang dan momentum bagi Pemerintahan Jokowi periode kedua, untuk membuktikan dirinya tidak anti Islam dan Islamophobia.

Penetapan status Terorisme Papua, adalah peluang dan momentum mengakhiri Islamophobia di Indonesia.
Diubah oleh NegaraTerbaru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tiendz dan 8 lainnya memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
04-05-2021 13:20
Meski saya setuju KKB ditetapkn sebagai teroris, namun apakan langkah ini tidak terburu2?
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
04-05-2021 14:25
kok islam sih.. indonesia dong.. klo islam kesannya gmn gt
0 0
0
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
04-05-2021 14:37
kaga usah bawa2 islam napa klo bahas papua

ntar di pelintir ama LSM bodrek nya OPM emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan indrastrid memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
04-05-2021 17:24
segera turunkan banser masuk hutan papua untuk berburu teroris akhie. emoticon-Cendol (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
04-05-2021 18:32
Idiot2 d fesbuk ga bisa bedakan separatis dan teroris, dan idiot2 itu serentak kalo misal ad info OPM mereka lgsung bertanya 'kenapa OPM ga disebut teroris?' (dengan bangganya tanpa disaring dulu)
0 0
0
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
04-05-2021 18:47
terbukti teroris bukan cuma di satu agama tertentu, apapun agamanya semua pihak berpotensi jadi ekstremis radikal yang meresahkan masyarakat, terlepas karena ideologinya atau agamanya atau memang niat separatis ada di benaknya
profile-picture
shotgunBlues memberi reputasi
1 0
1
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
04-05-2021 18:52
Gam berarti teroris jg donk
0 0
0
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
04-05-2021 22:13
Klo kagak bisa di rangkul..... di cangkul aje....dan dijadikan Pupuk ......

emoticon-Traveller
0 0
0
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
04-05-2021 23:50
Ane setuju sih perlu bersatu buat melawan teroris. Tapi semoga label teroris ini gak berlaku general ke semua masyarakat atau keturunan papua ya. Gak semua org papua teroris dan kkb
0 0
0
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
05-05-2021 00:37
teroooss dagang agama...


ngga ngerti banget pencitraan kek gini bisa ngasihilin masalah SARA

Dipikir di sana ga ada org non muslim yg cinta NKRI dan Saudara muslim papua

sekolah bang, jgn ngintip ukhti moloo
profile-picture
kerapintar memberi reputasi
1 0
1
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
05-05-2021 02:03
....soal pelabelan teroris yang tak lagi dipersepsikan agama tertentu tersebut, maka hal ini menunjukkan bahwa penanganan terorisme di Indonesia selama ini didominasi oleh kelompok ekstremis Islam. ...

kebetulan mereka pelaku terorisme yang udah pernah terjadi menggunakan atribut ke -agama-an tertentu. Tanpa sebut nama apapun toh itu ga ngaruh tuk hancurkan para pelaku terorisme di negara tercinta ini.
0 0
0
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
05-05-2021 10:24
Agama pagan penyembah xbox lagi menghimpun lasekar

emoticon-Leh Uga

Dasar PAGAN penyembah bulan

emoticon-Cool
profile-picture
kerapintar memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
05-05-2021 12:15
Caper bawa-bawa agama
0 0
0
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
05-05-2021 14:01
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
0 0
0
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
05-05-2021 15:09
tetep aja sereman teroris yg lsg tereak password disertai ledakan panci
profile-picture
agandamai memberi reputasi
1 0
1
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
05-05-2021 16:42
Heleh
Jangan lupa kita hidup di negara ateis
0 0
0
Islam Bersatu Melawan Teroris Papua
05-05-2021 19:00
Bukan hanya Islam gan kita semua harus melawan teroris yang ada di indo
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia