Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
4
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608fa8d2750ef26bdd3d00ee/hobi-mengambar-yuk-pelajari-berbagai-metode-menggambar-yang-ada
Untuk menghasilkan sebuah gambar pun ada banyak teknik / metodenya, GanSis. Mulai dari teknik arsir, linier, blok, perspektif, dussel, pointilis, hingga sketsa. Kalian udah pada tau penjelasan dari masing-masing teknik tersebut belum? Kalau belum, kita coba bahas satu-persatu yuk!
Lapor Hansip
03-05-2021 14:40

Hobi Mengambar? Yuk Pelajari Berbagai Metode Menggambar yang Ada!

Past Hot Thread
Hobi Mengambar? Yuk Pelajari Berbagai Metode Menggambar yang Ada!

Siapa yang hobi menggambar?

Biasanya kamu paling suka menggambar apa?
Kalau tekniknya, biasanya kalian menggambar menggunakan teknik apa?

Menggambar, merupakan hobi yang cukup banyak peminatnya, loh. Salah satu alasannya adalah karena banyak hal yang bisa digambar di sekitar kita, mulai dari bentuk, model, wajah, ilustrasi, ragam hias, anime, kartun, 3D, dan lain sebagainya. Bahkan saat sedang menunggu atau saat sedang bosan, hanya dengan bermodalkan kertas dan satu alat tulis, kalian bisa mencoret-coret kertas tersebut dan menghasilkan sebuah gambar abstrak.

Untuk menghasilkan sebuah gambar pun ada banyak teknik / metodenya, GanSis. Mulai dari teknik arsir, linier, blok, perspektif, dussel, pointilis, hingga sketsa. Kalian udah pada tau penjelasan dari masing-masing teknik tersebut belum? Kalau belum, kita coba bahas satu-persatu yuk!



Quote:Arsir

Hobi Mengambar? Yuk Pelajari Berbagai Metode Menggambar yang Ada!

Menggambar bayangan adalah teknik dasar menggambar dengan pensil. Teknik ini adalah metode menggambar yang menekankan kekuatan (ketebalan) garis. Kekuatan garis-garis ini dapat dibuat menggunakan pensil, spidol, tinta, atau alat gambar lainnya yang dapat menghasilkan garis berulang untuk membuat perbedaan dalam kekuatan garis untuk menciptakan kesan cahaya gelap, gradasi, atau penampilan dimensi dalam gambar.



Quote:Linier

Hobi Mengambar? Yuk Pelajari Berbagai Metode Menggambar yang Ada!

Metode menggambar Linier adalah metode atau metode untuk menggambar objek gambar menggunakan garis media sebagai garis paling kritis, meskipun garis lurus atau melengkung.



Quote:Blok

Hobi Mengambar? Yuk Pelajari Berbagai Metode Menggambar yang Ada!

Teknik menggambar blok adalah metode untuk membuat gambar dengan menutupi semua objek gambar dalam satu warna, sehingga tampak global atau disebut siluet. Di bawah ini adalah contoh gambar yang menggunakan teknik pemblokiran.



Quote:Perspektif

Hobi Mengambar? Yuk Pelajari Berbagai Metode Menggambar yang Ada!

Teknik perspektif adalah metode atau metode yang digunakan untuk tujuan suatu objek yang digambar dengan jelas menurut mata kita. Biasanya garis horizon, lokasi objek, dan jumlah titik yang hilang. Hasil teknik ini akan menghasilkan gambar tiga dimensi yang cocok dengan penglihatan mata.



Quote:Dussel

Hobi Mengambar? Yuk Pelajari Berbagai Metode Menggambar yang Ada!

Metode Dussel adalah metode atau metode menggambar bentuk objek menggunakan pensil untuk menggambar dengan menggambarnya dalam posisi miring atau terlipat untuk menentukan kegelapan cahaya pada gambar objek.



Quote:Teknik Pointilis

Hobi Mengambar? Yuk Pelajari Berbagai Metode Menggambar yang Ada!

Metode menggambar pointilis adalah teknik atau cara menggambar dengan titik-titik untuk menentukan kecerahan objek dalam suatu gambar. Alat-alat seperti pensil atau pena dapat digunakan. Berikut adalah contoh gambar menggunakan teknik pointilis.



Quote:Sketsa

Hobi Mengambar? Yuk Pelajari Berbagai Metode Menggambar yang Ada!

Menggambar sketsa adalah metode atau metode yang digunakan untuk menggambar atau membuat sketsa dasar dalam membuat gambar. Ini adalah bagian pertama dari hampir semua seni menggambar. Menggambar sangat mengesankan untuk tahap selanjutnya dalam proses menggambar dan menggambar. Yang paling banyak digunakan adalah media kering seperti pensil hitam.




Itu dia beberapa teknik yang biasa dilakukan saat menggambar. Dari sekian banyak teknik yang ada, biasanya kalian paling suka menggunakan teknik apa nih? Atau kalian punya teknik sendiri?


Pustaka
Diubah oleh semisapoc
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Hobi Mengambar? Yuk Pelajari Berbagai Metode Menggambar yang Ada!
06-05-2021 17:56
Ini kebanyakan hanya bicara soal teknik traditional art. Ai ingat banyak dibahas di mapel seni waktu SMP.
Sekarang digital art mulai menjamur, ane perhatikan, mulai ada digital artist dari Indo yg cari commission juga seperti orang luar negeri. Tetap sih, perlu punya basic tertentu.

Nggak, ai cuma hobbyist fanartist dengan artstyle yg cuma bisa ane sebut "basic kawaii sh*t". emoticon-Malu (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Hobi Mengambar? Yuk Pelajari Berbagai Metode Menggambar yang Ada!
06-05-2021 21:17
Waktu SMP diajarin ky gini, gue sih kyaknya gk bakat ya jadi gambarnya gk bisa hidup
0 0
0
Hobi Mengambar? Yuk Pelajari Berbagai Metode Menggambar yang Ada!
10-05-2021 11:31
Ane cuma bisa sketsa doang gan itupun ga utuh ya emoticon-Big Grin sekedar hobi aja sih
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia