Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
114
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608f4b92e8101036a926c4a9/yuk-kenalan-sama-om-hiro-mashima-sang-bapak-quotfairy-tailquot
sosok mangaka dibalik serial manga "Fairy Tail". Hiro Mashima sendiri adalah seorang mangaka kelahiran Nagano, Jepang, tanggal 3 Mei 1977. Doi sebetulnya sudah bercita-cita untuk menjadi seorang seniman profesional seperti sang Ayah. Sayangnya, kebersamaan Doi dengan sang Ayah sangatlah singkat. Pasalnya, Om Hiro harus ditinggal pergi oleh sang Ayah untuk selamanya di usianya yang masih anak-anak.
Lapor Hansip
03-05-2021 08:02

Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"


Fairy Tail, salah satu manga Jepang yang dirilis pada tanggal 2 Agustus 2006. Menceritakan tentang petualangan seorang penyihir pembantai Naga a.k.a Dragon Slayer bernama Natsu Dragneel. Ia berpetualang mencari keberadaan sang Ayah yang merupakan seekor Naga Api bernama Igneel. Sepanjang perjalanannya, Natsu bertemu dengan beberapa teman baru, seperti Lucy Heartfilia, Grey Fullbuster, Erza Scarlet, Happy, Wendy Marvel, Carla dan yang lainnya. Setelah bertemu dengan teman barunya, Ia pun bergabung dengan sebuah kelompok penyihir yang bernama Fairy Tail. Selama Ia bergabung dengan kelompok tersebut, Ia seringkali dihadapkan dengan berbagai macam tugas berbahaya yang siap mengancam nyawanya, temannya dan tempat tinggalnya saat ini, yaitu Kerajaan Fiore. Tak jarang di setiap tugasnya, ada banyak sekali musuh-musuh kuat yang selalu siap menggagalkan tugas Natsu dan teman-temannya.

Serial manga "Fairy Tail" sendiri berakhir pada tanggal 26 Juli 2017 dengan chapter ke-549 sebagai penutup ceritanya. Semua chapter itu terbagi ke dalam 63 volume dan sampai sekarang sudah terjual hingga lebih dari 72 juta kopi. Faktanya, pencapaian ini menyamai pencapaian yang diraih oleh manga Rurouni Kenshin atau yang biasa kita kenal dengan Samurai X, karya Nobuhiro Watsuki yang dirilis pada periode 1994-1999.

"Fairy Tail" sendiri sempat dibuat versi prekuel dan sekuelnya. Untuk versi prekuelnya dinamakan Fairy Tail Zero, dirilis untuk periode 16 Juli 2014 sampai 17 Juli 2015 dan terdiri dari 13 chapter, menceritakan bagaimana kisah awal terbentuknya kelompok penyihir Fairy Tail itu sendiri. Sementara untuk sekuelnya dinamakan Fairy Tail : 100 Years Quest. Manga ini sudah berjalan sejak 25 Juli 2018 dan masih berlangsung sampai sekarang. Ceritanya sendiri menceritakan perjuangan Natsu dan kawan-kawannya dalam menjawab tantangan untuk menyelesaikan sebuah misi yang selama 100 tahun terakhir masih belum terselesaikan.

Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"

Fairy Tail Zero

Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"

Fairy Tail : 100 Years Quest


Itu tadi sekilas tentang serial manga "Fairy Tail". Sekarang, kita lanjut ke inti dari postingan ini. Kalau kalian lihat gambar dengan seksama, ada nama Hiro Mashima. Nah, Doi adalah orang yang berjasa dalam pembuatan serial manga tersebut. Penasaran seperti apa profilnya? Langsung aja...

Quote:
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"

Ini Dia orangnya, sosok mangaka dibalik serial manga "Fairy Tail". Hiro Mashima sendiri adalah seorang mangaka kelahiran Nagano, Jepang, tanggal 3 Mei 1977. Doi sebetulnya sudah bercita-cita untuk menjadi seorang seniman profesional seperti sang Ayah. Sayangnya, kebersamaan Doi dengan sang Ayah sangatlah singkat. Pasalnya, Om Hiro harus ditinggal pergi oleh sang Ayah untuk selamanya di usianya yang masih anak-anak. Setelah itu, Doi bersama keluarganya memutuskan untuk menetap di kediaman sang Kakek yang berada di wilayah pegunungan. Selama di bawah asuhan sang Kakek, Doi sering dibawakan manga bekas yang ditemukan oleh sang Kakek. Kemudian, Om Hiro bakalan membaca dan menggambar ulang manga tersebut dengan gayanya sendiri. Dari sinilah bakat menggambar Doi mulai ditempa.

Singkat waktu seusai lulus SMA, Om Hiro dimasukkan ke dalam sebuah akademi khusus para mangaka. Namun, merasa "bosan" dengan pelajaran yang didapatkan, Doi memutuskan untuk drop out dari akademi tersebut.

Meskipun Om Hiro gak lulus akademi, akan tetapi usai mengirimkan sebuah manga one shot (sebuah manga atau komik yang tamat dalam 1 chapter saja) di sebuah kompetisi membuat manga pada tahun 1998, Doi langsung keluar sebagai pemenangnya. Manga tersebut bertajuk Magician.

Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"

Magician

Setahun usai memenangkan kompetisi, Om Hiro memulai serial manga pertamanya, yaitu Rave Master. Serial ini dirilis pada periode 21 Juli 1999 sampai 9 September 2005 dan terdiri dari 296 chapter yang dibagi menjadi 35 volume. Serial ini menceritakan petualangan Haru Glory bersama teman-temannya dalam mencari 5 potongan batu sakti bernama Rave. Haru mesti berpacu dengan waktu sebelum kelima bagian dari batu itu jatuh ke tangan Demon Card, sebuah organisasi kriminal yang hendak memanfaatkan kekuatan dari batu itu untuk menguasai dunia. Selain dibikin dalam bentuk manga, "Rave Master" berhasil diadaptasi ke dalam bentuk anime yang dirilis pada periode 31 Oktober 2001 sampai 28 September 2002. Ane inget anime "Rave Master" pernah tayang di TV7 (sekarang Trans 7), cuman Ane udah gak inget sama sekali jalan ceritanya. Santuy, pasti nanti Ane rewatch kok. FYI, serial manga "Rave Master" ini dirilis di Kodansha's Weekly Shōnen Magazine.

Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"

Rave Master

Sebelum merilis serial manga "Fairy Tail", Om Hiro merilis sebuah serial manga yang namanya Monster Soul. Ceritanya tentang kehidupan antara manusia dengan monster yang tengah bersitegang akibat peperangan besar. Pada masa peperangan itu, ada sebuah kelompok monster yang berisi para monster terkuat yang tidak ada tandingannya. Kelompok tersebut bernama The Black Airs. Manga ini terdiri dari 7 chapter yang dibagi ke dalam 2 bagian. Di bagian pertama, tidak begitu dijelaskan seperti apa alur cerita utamanya, namun ada sedikit bocoran mengenai awal terjadinya peperangan antara manusia dengan monster di bagian akhir bagian pertama. Sementara di bagian kedua, diceritakan kalau kelompok The Black Airs sedang melakukan sebuah misi untuk menyelamatkan seorang anak laki-laki yang terjebak di dalam Neraka. Manga ini dirilis pada periode 15 Desember 2005 sampai 11 Agustus 2007.

Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"

Monster Soul

Barulah serial manga "Fairy Tail" akhirnya dirilis di sela-sela manga "Monster Soul" masih berlangsung. Versi anime dari "Fairy Tail" resmi dirilis pada 12 Oktober 2009 dan berakhir di episode ke-328 yang dirilis pada 29 September 2019. Sama halnya dengan manganya, serial anime "Fairy Tail" juga dibuat serial prekuelnya. Untuk prekuelnya, anime "Fairy Tail Zero" dirilis pada periode 9 Januari sampai 12 Maret 2016 dan terdiri dari 10 episode. Sampai sekarang, masih belum ada informasi resmi dari adaptasi animenya "Fairy Tail : 100 Years Quest". Kebanyakan berita yang ada masih sebatas rumor belaka. Meski begitu, Ane sangat menantikan kehadiran anime "Fairy Tail : 100 Years Quest" ini.

Berkat anime dan manga "Fairy Tail", nama Om Hiro Mashima kian meroket di kalangan para pecinta manga dan anime di seluruh dunia. Bahkan, berkat serial ini, Doi mendapatkan 3 buah penghargaan di ajang yang berbeda :

1. Kodansha Manga Award 2009 untuk kategori Manga Shōnen Terbaik
2. Harvey Award 2017 untuk kategori International Spotlight
3. Angoulême International Comics Festival 2018 untuk kategori Fauve Special Award

Selain disibukkan dengan membuat manga "Fairy Tail : 100 Years Quest", Om Hiro juga tengah disibukkan dengan serial manga lainnya, yaitu Edens Zero. Manga yang dibuat pada 27 Juni 2018 ini, menceritakan petualangan Shiki Granbell bersama teman-temannya dalam mencari sebuah sosok entitas kosmik yang dinamakan "Ibu". Ia harus pergi mengunjungi berbagai planet dalam perjalanannya mencari "Ibu". Tak hanya manga, versi anime dari "Edens Zero" pun sedang tayang di tahun 2021 ini. Versi animenya sendiri baru dimulai sejak tanggal 11 April 2021 kemarin.

Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"

Edens Zero

Itu tadi penjelasan singkat tentang beberapa karyanya Om Hiro Mashima. Nah sekarang yang jadi pertanyaannya adalah : "Darimana semua inspirasi yang didapat oleh Doi dalam membuat manganya?"

Om Hiro mengaku kalau di masa kecilnya, Doi terinspirasi dari manga, game dan film. Untuk manga, Doi terinspirasi dari serial Dragon Ball dan Kinnikuman, sementara untuk game, Doi mengaku kalau serial Dragon Quest menjadi sumber inspirasinya. Yang terakhir, Doi berkata kalau dirinya adalah penggemar berat dari film-film garapan Hayao Miyazaki. Selain itu, masih ada 2 judul manga lainnya yang dijadikan inspirasi sama Om Hiro, yaitu Code Geass dan Berserk. Itulah semua sumber inspirasi Om Hiro Mashima yang membuatnya termotivasi untuk menjadi seorang mangaka.

Selanjutnya kita bergeser inspirasi cerita dan karakternya. Pas Ane baca sumbernya, ternyata dari semua karyanya Om Hiro, temanya cuma 1 : Mencari Jati Diri. Memang, di setiap serial, tujuan hidup dari masing-masing karakter utamanya berbeda-beda, tapi seiring berjalannya cerita, pembentukan karakter dari si tokoh utama semakin lama semakin berkembang pesat. Tujuan hidup mereka hanyalah sebuah filosofi dari upaya pencarian jati diri dari sang karakter.

Oh ya, ada satu hal unik soal penamaan karakter utama di semua manga karyanya Om Hiro. Kalau kalian terjemahkan arti nama dari beberapa karakter ciptaan Om Hiro, semuanya melambangkan 4 musim yang ada di Jepang. Berikut penjelasannya :

- Haru, sang tokoh utama di serial "Rave" memiliki arti "Musim Semi".
- Natsu, sang tokoh utama di serial "Fairy Tail" memiliki arti "Musim Panas"
- Aki, sang tokoh utama di serial "Monster Soul" memiliki arti "Musim Gugur"
- Ada salah satu karakter ciptaan Om Hiro yang bernama Fuyu. Arti dari "Fuyu" sendiri adalah "Musim Dingin"
- Shiki, sang karakter utama dari serial "Edens Zero" berarti "Musim"

Selain nama, beberapa latarbelakang karakter buatan Om Hiro dibuat tanpa memiliki seorang Ayah. Hal tersebut merepresentasikan kehidupan Om Hiro di dunia nyata, dimana Doi tumbuh tanpa kehadiran sosok seorang Ayah.

Pada tahun 2008, Om Hiro memiliki 6 orang asisten dan sebuah studio miliknya sendiri yang berukuran sekitar 743 meter persegi (8.000 kaki persegi). Sebagai atasan, Om Hiro memberlakukan jadwal dan jam kerjanya tersendiri. Misalnya di hari Senin, Doi fokus membuat naskah dan papan cerita (storyboard), Selasa membuat sketsa, Rabu sampai Jumat penebalan gambar (inking). Untuk jam kerjanya sendiri, bisa dibilang sangat panjang, yakni 17 jam kerja. Meski begitu, begitu masuk akhir pekan, Om Hiro dan asistennya biasa menghabiskan waktu buat main game yang sudah disediakan di dalam studio. Salah satu judul game favoritnya Om Hiro adalah Monster Hunter. Nah, karena kesukaannya pada series "Monster Hunter", Doi sempat membuat sebuah manga Monster Hunter Orage, yang dirilis pada periode 4 April 2008 sampai 2 Mei 2009.

Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"

Monster Hunter Orage

Sedikit informasi sebelum menutup postingan kali ini, dari 6 asistennya, ada 3 orang yang mulai merilis manganya sendiri, yaitu Miki Yoshikawa (mangaka "Yamada-kun to 7-nin no Majo"), Shin Mikuni (mangaka "Spray King") dan Ueda Yui (mangaka "Tsukushi-biyori").

Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"

Miki Yoshikawa


Source :
Hiro Mashima
My Anime List
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akemimo dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
03-05-2021 08:03
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"

Quote:
Yuk, Kenalan Sama Mizuki Nana & Hara Yumi, Seiyuu Hinata & Albedo

Yuk, Kenalan Sama Om Toshiyuki Morikawa, Seiyuu Sang Hokage Keempat, Minato Namikaze

Yuk, Kenalan Sama Akane Fujita, Seiyuu dari Izumi Sagiri

Yuk, Kenalan Sama Om Hiroshi Kamiya, Seiyuu dari Levi Ackerman

Yuk, Kenalan Sama Seiyuu Cantik Ayane Sakura

Yuk, Kenalan Sama Seiyuu Ryo Horikawa & Mao Ichimichi

Yuk, Kenalan Sama Ozora Naomi, Seiyuu Uzaki Hana

Yuk, Kenalan Sama Haruka Tomatsu, Seiyuu "Waifu Sejuta Umat"

Yuk, Kenalan Sama Hosoya Yoshimasa, Seiyuu Reiner Braun

Yuk, Kenalan Dengan Makoto Shinkai

Video Podcast milik Seiyuu Kayano Ai ini Dihapus sama YouTube

Yuk, Kenalan Sama Irino Miyu, Sang Eyeshield 21

Yuk, Kenalan Sama Nakamura Yuichi, Seiyuu "Husbu Sejuta Umat"

Yuk, Kenalan Sama Kana Hanazawa, Seiyuu Favorit Sejuta Umat

Yuk, Kenalan Sama Showtaro Morikubo, Seiyuu Nara Shikamaru

Yuk, Kenalan Sama Rie Takahashi, Seiyuu Megumin di Anime Konosuba

Yuk, Kenalan Sama Hondo Kaede, Seiyuu Elaina Si Penyihir Cilik

Yuk, Kenalan Sama Trio Seiyuu Ini

Yuk, Kenalan Sama Noriaki Sugiyama, Seiyuu Uchiha Sasuke

Yuk, Kenalan Sama Seiyuu Cantik Nao Touyama

Yuk, Kenalan Sama Om Miki Shinichiro

Yuk, Kenalan Sama Yuu Asakawa

Yuk, Kenalan Sama Kenichiro Oohashi a.k.a. KENN

Yuk, Kenalan Sama Seiyuu Cantik Mikako Komatsu

Yuk, Kenalan Sama Yusuke Kobayashi, Seiyuu dari Natsuki Subaru

Yuk, Kenalan Sama Atsushi Abe, Seiyuu Yamanaka Inojin

Inilah Orang Dibalik Suara Kakashi Hatake

Yuk, Kenalan Sama Seiyuu Cantik Yuuki Aoi

Yuk, Kenalan Sama Om Keiji Fujiwara

Yuk, Kenalan Sama Om Suwabe Junichi

Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto

Yuk, Kenalan Sama Daisuke Namikawa

Yuk, Kenalan Sama Seiyuu Cantik Asami Seto

Inilah Orang Dibalik Suara Uzumaki Naruto

Yuk, Kenalan Sama Akira Toriyama, Sang Bapak "Dragon Ball"

Inilah Orang Dibalik Suara Kazuma Kiryu di Series Game "Yakuza"

Yuk, Kenalan Sama Yuu Shimamura, Seiyuu dari Annie Leonhart

Yuk, Kenalan Sama Shimono Hiro

Yuk, Kenalan Sama Katsuyuki Konishi

Yuk, Kenalan Sama Jouji Nakata


Yuk, Kenalan Sama Saitou Souma



Yuk, Kenalan Sama Yoshihiro Togashi, Sang Bapak "Hunter X Hunter"


Yuk, Kenalan Sama Manaka Iwami

Inilah Orang Dibalik Suaranya Uchiha Madara

Yuk, Kenalan Sama Hikaru Midorikawa

Yuk, Kenalan Sama Rina Satou
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 07:52
Gimana endingnya fairy tail gan?
Terakhir nonton animenya beberapa episode awal, habis itu gk lanjut karena gk suka grafiknya. Manganya jg gk ngikutin sih.
profile-picture
profile-picture
arik014 dan diaz420 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:07
Gak tau kenapa gak tarlalu suka sama karya dia, dari zaman Rave. Padahal gw masih sd jg saat itu.
profile-picture
profile-picture
rubah007 dan diaz420 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:10
anime fairy tail favorit nih, sering ane rewatch kalau lagi gabut emoticon-Big Grin
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:14
Ane blum bc bnyk serial manga nya serta blum nonton semua the movie n anime tv series nya, gan..... emoticon-Frown
Diubah oleh yoseful
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:15
Save the cheerleader..save the world
profile-picture
profile-picture
bam09 dan diaz420 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:18
Entah kenapa gw masih ngarep Hiro mashima bikin manga genre hentai benaran, soalnya yg fairytail sama esens zero, fan servicenya bikjn ini manga masuk kategori ecchi
profile-picture
profile-picture
bam09 dan diaz420 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:23
ane seneng banget baca komiknya dari rave ke fairy tale dan begitu juga anime nya tapi yg mungkin kurang adalah style gambarnya yang selalu hampir sama di setiap garapan beliau sehingga kurang memberikan warna berbeda... namun tetap asik untuk dinikmati
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:32
Entah kenapa hampir semua mangaka penampilanya nyentrik ya
emoticon-Bingung
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:33
Rave sempet nonton dulu masanya tipi-7 pas SD.
FT awal sih emang bagus menarik, eeh makin ke ending makin meh.
nakama powaaaaa nya ga kuat..

baca 100 quest sekuel dari FT cuman baca beberapa chapter awal.. sisanya ga menarik lagi.

ini lagi ngikut anime edens zero. (tanpa ngikutin manga nya)
mau melihat sejauh apa ini ceritanya berkembang.

Hiro Mashima ini kalo bikin char nya emang identik banget sih..
mirip-mirip juga sama character2 di manga sebelumnya..
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:34
Acnologia emoticon-Cool
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:34
emoticon-Wow
wow keren....
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:34
hmm agak gimana gitu karakter yg sama muncul dibeberapa anime dengan judul berbeda

kek kurang kreatif ga sih? ato saking sayangnya sama karakter itu?
profile-picture
profile-picture
arik014 dan diaz420 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:36
Dulu ini anime jedaan ane kalo nunggu episode naruto jenis gambar karakternya perpaduan dari onepiece dan naruto. Dan kyknya Hiro mashima disetiap manga nya selalu ada boneka bulet idung lancip itu ya.
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:37
Waaahh keren yaak... Emang bakat dari gen sih yaak... Jadi bosan kalau belajar di akademi., mending berkreasi sendiri tanpa adanyaa title... Keren sih... Mangatss yaaakk.. Om
... Semangat terus hadirkan karakter baru yang semakin bagusss lagi dan terkenall...
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:39
Komikus mesum ini
Tiap manga nya selalu ada fan service ecchi gitu emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
diaz420 dan rubah007 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:39
Pernah nonton sih, tapi gak terlalu suka jugaemoticon-Ngakak
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:39
itu edenszero masih satu universe sama fairy tail?emoticon-Bingung
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:39
Salah satu mangaka yang sangat sayang pada karakternya diantara mangaka lain apalagi di fairy tail sakti semua karakternya hampir ga ada yang mati salah satunya
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Yuk, Kenalan Sama Om Hiro Mashima, Sang Bapak "Fairy Tail"
06-05-2021 08:46

yang ane tunggu tiap nonton animenya
profile-picture
diaz420 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia