News
Batal
KATEGORI
link has been copied
33
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60823ca527e876350562ad90/covid-di-india-wni-bercerita-soal-warga-kasta-atas-orang-kaya-yang-merasa-hebat
Sejumlah mahasiswa Indonesia yang tinggal di India bercerita salah satu fenomena unik yang mereka saksikan adalah warga dari kasta atas yang 'merasa hebat dan boleh melanggar protokol kesehatan' di tengah lonjakan kasus yang mencapai ratusan ribu sehari. Mereka juga bercerita di tengah lonjakan kasus harian Covid-19 di negara itu, warga masih ada yang "tetap abai dalam menjalankan protokol ke
Lapor Hansip
23-04-2021 10:19

Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat

Sejumlah mahasiswa Indonesia yang tinggal di India bercerita salah satu fenomena unik yang mereka saksikan adalah warga dari kasta atas yang 'merasa hebat dan boleh melanggar protokol kesehatan' di tengah lonjakan kasus yang mencapai ratusan ribu sehari.

Mereka juga bercerita di tengah lonjakan kasus harian Covid-19 di negara itu, warga masih ada yang "tetap abai dalam menjalankan protokol kesehatan".

Pada hari Kamis (22/04) kasus positif virus corona bertambah hampir 315.000, angka harian tertinggi di dunia.

Banyak rumah sakit kewalahan dan muncul laporan penjarahan tabung-tabung oksigen karena pasok tabung ini menipis. Yang juga menipis adalah pasok obat-obatan penting.

Meroketnya kasus positif membuat warga khawatir, termasuk warga Indonesia yang berada di India.

Arif Sorayaman Hulu, mahasiswa Indonesia di Rajkot, Gujarat di India barat, mengatakan yang antara lain membuat dirinya khawatir adalah "abainya warga dalam menerapkan protokol kesehatan". Padahal penerapan protokol ini sangat penting dalam menekan pandemi.

Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat

"Aktivitas warga berjalan normal, padahal pemerintah sedang menerapkan lockdown (karantina wilayah)," kata Arif.

Ia juga melihat di pusat kota banyak warga yang tidak mengenakan masker.

Suatu ketika Arif berada di rumah sakit di Rajkot yang menangani pasien-pasien Covid-19.

"Saya berdiri di depan rumah sakit itu dan saya melihat ambulans berlalu-lalang ... belum selesai satu pasien ditangani, sudah datang lagi pasien yang baru ... saya [juga] melihat ada pasien yang sangat parah, keluarganya menangis sejadi-jadinya, namun penanganannya saya lihat lamban, lamban sekali," tutur Arif.

'Diperparah oleh sistem sosial'

Arif mengatakan dirinya melihat "fenomena unik" di mana kelompok masyarakat dari kasta atas, dari kelompok kaya dan elite, "sepertinya boleh melanggar protokol kesehatan".

"Karena mereka merasa sudah hebat, berasal dari kelompok sosial yang tinggi, mereka merasa bisa melakukan apa saja," kata Arif yang mengambil jurusan hukum.

Menghadapi situasi seperti ini, Arif dan beberapa mahasiswa Indonesia di Rajkot, berusaha hati-hati dengan selalu menaati protokol kesehatan.

"Kami tahu, kami sadar Covid-19 ini sangat berbahaya, kami mematuhi protokol, tapi lagi-lagi saya melihat mahasiswa lain kurang serius," katanya.

Yang membuatnya khawatir adalah ia tinggal di asrama yang dekat dengan gedung yang dipakai untuk menampung orang-orang yang sedang menjalani isolasi karena terkena Covid-19.

"Dan mereka dibiarkan keluar [dari gedung] ... sepertinya mereka menganggap Covid-19 itu nothing (tak ada bahayanya)," kata Arif.

"Dua teman satu kamar saya terkena Covid-19 dan harus isolasi [di gedung di depan asrama] dan mereka dibolehkan lalu-lalang," kata Arif.

'Merasa sudah menang lawan pandemi'

Situasi berbeda dirasakan oleh mahasiswa Indonesia di Delhi, Mohd Agoes Aufiya.

Agoes mengatakan karantina wilayah dan sejumlah pembatasan -- yang diberlalukan lagi mulai hari Minggu (18/04) -- ditaati warga di kota ini.

"Semua warga tinggal di rumah, tidak ke mana-mana, kecuali bagi mereka yang punya alasan valid untuk keluar rumah," kata Agoes.

"Toko yang menyediakan kebutuhan bahan pokok buka, tapi toko-toko yang menjual bahan atau produk nonesensial tutup ... toko sepatu atau toko ponsel, itu tutup," katanya.

Ia mengatakan secara umum warga di Delhi mematuhi protokol kesehatan, misalnya mengenakan masker.

Mungkin sekitar 95% pakai masker, tapi ya tetap saja masih ada yang tidak mengenakan masker. Saya merasa ketakukan atau kekhawatiran [warga] tidak seperti saat gelombang pertama," kata Agoes, mahasiswa doktoral jurusan hubungan internasional ini.

"Ketika itu orang-orang pakai masker, pakai sarung tangan, pakai face shield dan menerapkan jaga jarak. Tapi dengan berjalannya waktu, mungkin karena merasa sudah menang [melawan pandemi virus corona], karena angka kasus memang sempat turun di bulan November, Desember, Januari, Februari, mungkin membuat kekhawatiran atau ketakutan warga tidak sebesar dulu," kata Agoes.

Perasaan seperti ini ia perkirakan menjadi penyebab masyarakat tak lagi patuh sepenuhnya melaksanakan protokol kesehatan

Saya pernah ke daerah Jakhal di Haryana, itu tak ada warga yang memakai masker," kata Agoes.

Di tengah naiknya angka kasus, Agoes dan para mahasiswa Indonesia di India mengintensifkan komunikasi melalui grup Whatsapp.

"Kami berbagi informasi, mengingatkan bahwa keadaan sekarang sulit dan kita semua harus waspada, terutama di wilayah-wilayah episentrum, seperti di New Delhi, Kerala, Karnataka, Tamil Nadu dan Uttar Pradesh ... mereka yang ada di kawasan-kawasan itu diminta untuk hati-hati," katanya.

Informasi juga dibagikan ke warga Indonesia lain, antara lain soal jika ada warga yang menghadapi kesulitan atau terkena Covid-19 untuk memberi tahu pihak KBRI, untuk memastikan tersedia bantuan bagi warga Indonesia yang memerlukan.

Pembatasan juga diterapkan oleh pemerintah di negara bagian Uttar Pradesh. Mahasiswi Indonesia di Lucknow, ibu kota negara bagian, Ayu Andriyaningsih, mengatakan warga diwajibkan berada di rumah.

"Terasa sekali ketika lockdown diberlakukan ... jauh lebih sepi. Alhamdulillah, di sini masyarakat taat," kata Ayu.

"Masyarakat tidak keluar rumah, kecuali untuk urusan atau alasan yang valid ... jadi kalau lockdown terasa sekali sepinya," imbuh Ayu. "Tak ada orang di jalan, kebetulan asrama saya di dekat kalan raya," katanya.

Uttar Pradesh, negara bagian dengan populasi 240 juta jiwa, sangat terdampak pandemi.

Sejak pandemi bermula, tercatat lebih dari 851.000 kasus di negara bagian ini dengan angka kematian setidaknya 9.800 orang.

Rumah-rumah sakit menolak pasien karena sudah tidak ada tempat tidur, sementara kremasi jenazah seakan tak akan pernah berhenti.

Pernah dalam satu hari, kasus bertambah sekitar 30.000 jadi mungkin rumah sakit kewalahan," kaya Ayu.

"Saya sendiri merasa antara stres tidak stres ... sekarang kami juga puasa, kemudian dalam posisi dikurung dengan situasi seperti ini, jadi kami misalnya susah cari bahan makanan. Sekarang ini susah mencari sayur segar," kata Ayu.

"Kadang ada vendor (pedagang) yang datang ke asrama, tapi kan tidak semuanya 100% segar," katanya.

Ia mengakui dirinya sangat khawatir dengan pandemi yang memburuk.

"Kami khawatir sekali karena kasusnya melonjak, jadi takut ... ini membuat kami waspada," kata Ayu.

Banyak yang meyakini meroketnya kasus dipicu oleh festival-festival agama dan kampanye pemilu negara bagian, yang dihadiri banyak orang dan penyelenggara gagal memastikan protokol kesehatan benar-benar ditaati.

Pemerintah negara bagian dan federal mengeklaim situasinya masih bisa dikendalikan, namun banyak pihak mengatakan pemerintah telah "gagal mengantisipasi gelombang kedua" ketika situasi melandai antara Oktober 2020 hingga Februari 2021.

https://www.bbc.com/indonesia/dunia-56801515



Taati protokol hindari acara, hajatan, event dsb.. apapun kastamu agar selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucing.bingung dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 10:23
Ternyata yang nyebarin Tuan Thakur--
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joeco123 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 10:27
Buat te es....

Ente mau menjelek jelekan my kontri ya ???!!!!

GIF
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 10:28
Kuliah di indihe ngambil jurusan hukum, berarti entar gawenya cuma bisa di indihe dong ya? emoticon-Hammer

Apa jurusan hukum internasional? emoticon-Malu

















































emoticon-Ngacir Tubrukan
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 37sanchi memberi reputasi
2 0
2
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 10:30
Ya mirip2 lah
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
1 0
1
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 10:34
di sini aja ada pasutri baru yang nikahannya pake protokol ketat ada menhan sama presiden tapi tetap kena copid kok dua2nya ga berapa lama abis bulan madu...jadi ga usah heran, kelakuan mah di mana2 mirip2 emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daddydaddydoo dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 10:36
serupa tapi sama kaya di sini, yg merasa hebat bisa bebas ngadain acara nikah.
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
1 0
1
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 10:42
Pelajaran berharga nih terutama yang masih menganggap remeh protokol kesehatan.
0 0
0
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 10:46
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat

Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 10:47
Iya disini begitu turun

Boleh ada acara pernikahan dengan pengumpulan massa

Contoh yang sangat jelas pernikahan di petamburaan

Bahkan di dukung perda gubernur

Loh wong gubernurnya sendiri begitu datang rs dari bandara!

Belum 24 jam sudah ketemuan acara minum teh

Kemudian kena Corona (covid-19) masih bilang kena dari pegawai dki jakarta

Gubernur yang melanggar prokes tersebut tidak di kenai hukum apapun yang berlaku?

Dalam acara pernikahan di petamburan bahkan secara RESMI mengirim wakil gubernur untuk mewakilkan
Diubah oleh daimond25
profile-picture
profile-picture
Somad.Monyong dan akumidtorc memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 10:59
Ya wajar kalau masih ada kasta, namanya juga negara dengan mayoritas Hindu
0 0
0
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 11:01
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
profile-picture
Somad.Monyong memberi reputasi
1 0
1
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 11:03
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat

kasta tertinggi di indo.
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan PiranH.Jr memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 11:03
buat membantu yang lagi puasa

tonton pidionya yak

profile-picture
ev103 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 11:07
apa yang antum harapkan dari pajeet street shitter?
0 0
0
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 11:27
Agamanya apa?

















emoticon-Cool



0 0
0
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 11:40
Apa bedanya kelakuan mereka?
0 0
0
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 11:49
hay, inspector lattu singh!
tum musti tanggungjawab he!
Diubah oleh cacarakan
0 0
0
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 12:12
disini, sekolah2 mulai lagi tatap muka..semoga aman aja, semoga masing2 bisa disiplin, walau disini rasanya pemerintah terlalu menyepelekan, seolah2 rakyatnya ini gampang diatur
0 0
0
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 16:25
Sama aja disini juga sudah mulai abai prokes. Kalo gak berubah nunggu meledakny aja lagi
0 0
0
Covid di India: WNI bercerita soal warga kasta atas, orang kaya yang 'merasa hebat
23-04-2021 20:48
india nyusahin nih, malah bikin pandemi bisa jadi semakin lama lagi, apalagi ada mutasi ganda disitu yg bikin kebal vaksin, fuck you indihe .... emoticon-fuck emoticon-fuck emoticon-fuck
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia