Games
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
82
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6081450dcb46d116bf33f6c6/kegiatan-ngabuburit-tahun-90an-vs-2000an-saat-ramadhan
Dulu, generasi 90-an hidup dalam keterbatasan untuk memperoleh informasi, sehingga mereka lebih banyak beraktivitas di luar rumah. Memanfaatkan sumber alam disekelilingnya untuk dijadikan alat bermain, pergi ke rumah tetangga dan mengajak main satu sama lainnya. Itu mereka lakukan karena belum adanya teknologi seperti zaman sekarang gansis.
Lapor Hansip
22-04-2021 16:42

Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan

Dulu, generasi 90-an hidup dalam keterbatasan untuk memperoleh informasi, sehingga mereka lebih banyak beraktivitas di luar rumah. Memanfaatkan sumber alam disekelilingnya untuk dijadikan alat bermain, pergi ke rumah tetangga dan mengajak main satu sama lainnya. Itu mereka lakukan karena belum adanya teknologi seperti zaman sekarang gansis. Kebalikannya dengan sekarag, dimana zaman sudah modern dan tidak asing jika melihat anak kecil lebih asyik memainkan gadget mereka masing-masing. Jangan heran kalau ada anak umur lima tahun sudah mengenal Youtube, Facebook, Instagram, TikTok, dan game online. Tentu Fenomena ini akan terus berganti pada masanya, akan ada masa dimana generasi 2000-an merasakan apa yang dirasakan generasi 90-an sekarang. 

Berhubung bulan ramadan, ane mau sedikit cerita tentang dimana generasi 90-an menjalankan ibadah puasa dengan menghabiskan waktu bermain di luar bersama teman-temannya sampai menjelang buka puasa tiba. 

Beberapa permainan generasi 90-an saat ngabuburit dibulan Ramadan

Bermain Kelereng atau Gundu




Permainan simple ini sangat populer bagi generasi 90-an, mereka mengkoleksi berbagai macam warna gundu yang didapatkan ketika mereka menang melawan temannya. Kepopuleran kelereng  menyebar ke berbagai penjuru di daerah yang ada di Indonesia lho gansis.

Tak Benteng




Permainan ini biasanya dilakukan 3 orang lebih, bahkan mencapai puluhan lho gansis. Benteng yang digunakan biasanya berbentuk tiang, biasanya mereka bermain di lapangan yang ada gawang atau tiang basket, atau bahkan sekedar menggunakan tembok warga hehe. Permainannya sangat mudah, cukup menangkap lawan dan menyelamatkan teman. Sampai salah satunya kehabisan teman karena tertangkap dan inilah saatnya lawan menyentuh benteng dan berteriank "Benteng" inilah tanda akhir permainan. Seru ya gansis, selain menyenangkan permainan ini juga melatih fisik lho.

Pletokan




Permaianan yang berasal dari Jawa dan Sumatera Barat ini merupakan permainan yang sangat populer dikalangan anak laki-laki lho. Bunyinya yang keras dan biasa digunakan untuk main perang-perangan. Terbuat dari bambu atau kayu yang  tengahnya berlubang lalu diisikan peluru yang dibuat dari kertas yang dibasahkan dan didorong dengan kayu kecil sehingga menimbulkan bunyi yang nyaring. 

Tazos




Mainan ini berasal dari hadiah yang terdapat di dalam sebungkus makanan ringan. Untuk anak generasi 90-an sensasi membuka bungkus chiki dan merasakan sensasi begitu melihat isinya itu udah kayak mengeluarkan sinar kalau dapet yang langka lho gansis. Ini merupakan pengalaman yang sungguh tak terlupakan. Lucunya mereka membeli chiki dan memberikan snack tersebut kepada temannya namun tidak untuk tazosnya lho.

Cara mainnya gampang banget, salah satunya ada yang dengan adu tos-tosan. Kedua pemain melakukan tos-tosan tazosnya. Jika kepingan tazos gansis sudah ditos dan jatuh di lantai lalu menunjukkan bagian gambar, nah itu tandanya gansis menang, lainhal jika tazos gansis jatuh dan menghadap belakang itu tandanya gansis kalah. Buat yang menang akan berhak mendapatkan tazos lawan, permainan ini ngeri-ngeri sedap kalau kalah tazos yang langka pasti bakalan sedih banget. 


Selain permaianan di atas, masih banyak lho permaianan yang generasi 90-an mainkan. Seperti  monopoli, ular tangga, Gameboy aki, yoyo, tamiya, beyblade, dan masih banyak lagi. Kalau gansis dulu pas ngabuburit waktu kecil main apa nih abreng temen-temen?

 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BocahGenit dan 26 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 20:11
Seingat ane waktu kecil dulu sambil nunggu bedug maghrib, ane main kartu remi, ular tangga atau monopoli, atau petak umpet. yang jelas aktivitas bermain yang tidak terlalu mengeluarkan energi karena kalau dah sore bawaannya lemes aja gansis. kalau anak yang ikut banyak kadang ada yang ngajakin main karambol. hmm benar benar masa kecil yang penuh permainan, kagak kayak hari gini mainnya gadget.
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan jamban.bocor memberi reputasi
2 0
2
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 20:12
Ane pernah main itu semua gan
0 0
0
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 20:16
Anak jaman now mah apa kenal dengan mainan seprti ini ya gan sis? Ane rasa mah gak bakal kenal. Bakal rindu sangat dengan mainan nostalgian seprti ini.
0 0
0
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 20:20
Penting banget ini untuk menambah wawasan tentang kegiatan ngabuburit anak tahun 90-an dibandingkan dengan anak tahun 2000-an.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
0 0
0
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 20:20
duh...ane anak 90an skrng umur udh kepala 3. bner2 nostalgia di thread iniemoticon-Mewek
0 0
0
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 20:21
Pengen kembali ke masa2 itu. emoticon-Frown
0 0
0
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 20:26
Perang sarung selesai taraweh gan wkwk
Pulang pulang bengep semua
0 0
0
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 20:29
polisi polisian emoticon-Frown
atau ke mang2 tamiya emoticon-Frown
0 0
0
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 20:39
dulu mana ada istilah ngabuburit gan. klo ga salah itu ada dr thun 2000an
0 0
0
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 20:40
Mainan gue benteng sama tazos ✌️
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 20:53
Main ke masjid cuma minta tanda tangan sama artis musiman emoticon-Ngakak
0 0
0
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 21:03
Kegiatan ane dulu pas masih bocil subuh main petak umpet,. Bagi 2 team, per team 5 - 10 orng., zona mainnya satu dusun.,emoticon-Matabelo

matahari udah agak naik., mancing sambil mandi di kali sekalian nyolong ubi, pisang kalau gak bengkoang dikebun warga., zuhur pulang bilang sama emak masih puasa.
Diubah oleh dansye
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
1 0
1
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 21:25
Maen layangan dong gan emoticon-Cool
0 0
0
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 21:27
Bahagianya jaman dimana hp android belum nyerang otak anak2, kangen masa itu emoticon-Frown
0 0
0
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 21:32
Ane dulu maen petasan dari busi..pake bubuk korek api pentol...lempar keatas.....duarrrr...miss it
profile-picture
profile-picture
zman88 dan madjoeki memberi reputasi
2 0
2
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 21:33
Maenan ane semua itu emoticon-Cool

Bahkan tazos dan mainan ane lainnya pun msh ada tersimpan di gudang emoticon-Ngakak

Eh tp dulu ane klo msh SD ngabuburit ke toko buku, baca2 dan beli komik atau ke timezone maen2 bentar biar ngumpulin kupon gitu, nah pas SMP /SMA ke toko buku jg dan ke toko kaset nyari2 kaset yg baru rilis gitu, perginya dari jam 3 sore, ntar jam 5sore baru pulang , indahnya kala itu emoticon-Malu
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 21:39
Semua ane pernah memainkan nya, cuma yg paling berkesan hingga sekarang adalah Layang layang dan Mercon Bambu ... Bahkan beberapa bulan lalu saat musim layangan di desaku, masih diramaikan bukan oleh anak kecil .. Melainkan orangdewasa bahkan org tua... Tapi tentu bukan layangsn kecil, tp layangan Bapangan dg ukuran 200 cm hingga terbesar adalah 600cm disini
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 21:40
Duh jadi rindu krocil krocil zaman 90'an niih
0 0
0
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 21:45
Kangen jaman dulu
profile-picture
Ekism77 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kegiatan Ngabuburit Tahun 90an vs 2000an Saat Ramadhan
05-05-2021 21:45
Maen cetoran pake pulpen gan, sama bikin petasan pake busi atau pake mur
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia