Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
16
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608128246b59f963a9697b43/yuk--intip-3-sajian-asik-untuk-berbuka-puasa
Salam Ramadhan 🌙 Takada yang istimewa di bulan suci ini selain untuk saling mendoakan, semoga Agan Sista sehat semua dan puasanya menjadi ibadah yang diterima Allah SWT. Saling berbagi juga dianjurkan untuk menambah pahala. Nah, saya ingin berbagi tiga resep hidangan yang bisa disajikan sebagai takjil saat adzan magrib menggema. Yuk! intip tiga sajian asik yang bisa dinikmati saat berbuka buata
Lapor Hansip
22-04-2021 14:39

Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa

icon-verified-thread
Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa


Salam Ramadhan 🌙
Takada yang istimewa di bulan suci ini selain untuk saling mendoakan, semoga Agan Sista sehat semua dan puasanya menjadi ibadah yang diterima Allah SWT.
Saling berbagi juga dianjurkan untuk menambah pahala. Nah, saya ingin berbagi tiga resep hidangan yang bisa disajikan sebagai takjil saat adzan magrib menggema. Yuk! intip tiga sajian asik yang bisa dinikmati saat berbuka buatan saya.

A. Zuppa Soup Moringa Oleifera

Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa


Sudah pada tahu Zuppa Soup kan? Jajanan dari Italia ini bisa kita nikmati di rumah, cara membuatnya juga mudah, soup yang kental ditutup dengan kulit pastry lalu dipanggang. Untuk kulit pastry bisa membeli yang instan atau buatan sendiri yang sudah pernah saya ceritakan di trit membuat strudel.

Saya ingin membuat soup yang berbeda dari pada umumnya, soup ini saya beri Moringa Oleifera atau kelor, saya pakai yang bubuk, ingin mencoba apakah akan lezat dan menarik juga? Mengapa mencoba dengan kelor bubuk? Karena kelor mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, sebagai antijamur, antivirus, antidepresan, serta antiinvlamasi.

Kandungan kelor juga sangat bagus bisa dikatakan kelor ini adalah superfood, sumper vitamin, protein dan mineralnya cukup tinggi. Jadi membuat kudapan dengan bahan kelor akan memberikan manfaat baik bagi tubuh. Mari ke proses membuatnya.
Quote:
Bahan yang disiapkan untuk membuat soup,

1 lembar kulit pastry
1 sdm Susu bubuk
1 sdm tepung terigu
1 sdm kelor bubuk
1 sdt garam
2 sdm gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk
2 siung bawang putih
2 butir bawang merah
2 sosis iria tipis
2 wortel potong dadu kecil
100 ml air
Putih telur dan kuning telur untuk olesan

Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa


Cara Membuat soup

1. Tumis bawang putih dan merah, masukkan wortel
2. Lalu bumbu dan masukkan sosis aduk rata
3. Tuang air selanjutnya susu bubuk, tepung terigu dan bubuk kelor, aduk rata
4. Setelah mengental matikan api
5. Siapkan wadah untuk soup
6. Potong kulit pastry, ukuran melebihi ukuran wadah soup
7. Tuang soup di wadah lalu tutup dengan dengan kulit pastry yang sudah diberi putih telur agar merekat
8. Olesi permukaan dengan kuning telir
9. Panggang dengan api sedang selama 25 menit, saya pakai otang ya.
10. Setelah matang hidangkan hangat-hangat

Oh ya aroma dari kelor ini memang tidak segar, orang jawa bilang langu, untuk menghilangkan aroma ini bisa ditambahkan daun pandan atau cengkeh saat memasak soup.


B. Lumpia Kariana

Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa


Lebih banyak di rumah membuat saya mencari kegiatan di depan kompor, membuat kudapan untuk keluarga itu sesuatu. Lumpia Kariana eh apa lagi arti nama ini?
Saya ambil dari bahasa Kulawi yang artinya seadanya. Bagus kan namanya?

Mengenal bahasa Kulawi dari penulis senior membuat saya penasaran melihat-lihat kamus bahasa itu, unik menarik bahasanya, dan ketemulah nama Kariana.

Ya, lumpia kariana karena bahan yang saya gunakan seadanya yang saya punya.

Quote:Bahanyang harus disiapkan

Beberapa lembar kulit lumpia siap pakai
2 buah Wortel potong dadu kecil
3 iris nanas potong keci-kecil
2 sdm gula
1 sdm air
1 sdm terigu

Cara membuatnya

Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa

Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa


1. Masak semua bahan jadi satu, ditumis di dalam wajan, kecuali nanas
2. Setelah hampir matang baru masukkan nanas
3. Aduk rata, matikan api
4. Siapkan kulit lumpia, beri isi lalu gulung rapi, lakukan sampai habis
5. Panaskan minyak, lalu goreng lumpia sampai matang berwarna coklat, angkat tiriskan
6. Serap minyak pada lumpia dengan tisu, lalu hidangkan


C. Es Nohirara
Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa


Minum es saat berbuka itu sangat melegakan sekali ya, serasa adem, memang nikmatnya puasa itu ketika bisa melalui puasa dengan baik, seperti air dingin yang melintas di kerongkongan. Oh ya Es Nohirara, apa lagi nih nohirara? artinya jatuh cinta, bahasa Kukawi juga loh, keren juga kosa kata Kulawi.

Semoga es ini sekeren namanya, aha!
Quote:
Bahan yang disiapkan untuk membuat Es Nohirara

Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa


Serbuk Matcha
Gula pasir
Susu bubuk (boleh diganti kental manis ya, bebas)
Bubuk puding rasa mangga
Bubuk puding rasa coklat
Air

Cara membuat Es Nohirara

Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa


1. Masak masing-masik bubuk puding, sesuaikan takaran air dan bubuk pudingnya, ( saya menggunakan air memang sedikit agar puding cepat mengeras.)

2. Setelah mendidih tuang dalam suatu wadah dan dinginkan

3. Larutkan serbuk matcha, gula pasir dan susu bubuk dalam air panas, tambagkan gula aduk rata, biarkan dingin

4. Potong-potong puding yang sudah mengeras dan bentuk hati juga lebih oke
Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa


5. Letakkan dalam gelas saji tuang larutan matcha, beri es batu, siap dinikmat, i


Tiga resep asik sudah saya bagikan buat Agan Sista, dan hasilnya enak juga loh.
Selamat mencoba, sampai jumpa di resep-resep saya berikutnya.
Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa


Salam Nikmat Ramadan 🙏

emoticon-Pelukemoticon-Maaf Aganemoticon-Ketupatemoticon-Salaman




Sudut Dapur, 22 April 2021
Diubah oleh alizazet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
standalone17 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa
22-04-2021 15:10
lama gak keliatan bray emoticon-Big Grin
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa
22-04-2021 23:43
Nyamiiiii 😋😋😋😋, aku mau mba Azet
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa
23-04-2021 05:17
Open order ta iki mbak? Rupane wenak
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa
23-04-2021 07:32
wah asik nih
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa
23-04-2021 23:15
Wuah unik banget nihhh yaaa. Zuppa soup pake bubuk daun kelor. Eh btw nyari bubuk daun kelor dimanaa
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa
27-04-2021 19:41
Beli kulit pastry di mana sih. Susah bgt nyari yg jual di sini
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Yuk! Intip 3 Sajian Asik untuk Berbuka Puasa
30-04-2021 19:16
hmmm buka puasa makan zuppa zoup yang anget anget
nikmat bener
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia