Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
43
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6080efb1a986de16563de2d0/berenang-saat-berpuasa-boleh-ga-sih
Berdasarkan beberapa informasi yang ane temuin, berenang saat puasa itu boleh-boleh saja dan tidak membatalkan puasa kok, GanSis. Tapi, kalau saat berenang ada air yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung, atau telinga, maka puasamu bisa batal.
Lapor Hansip
22-04-2021 10:38

Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?

Berenang merupakan salah satu olahraga air yang cukup diminati loh, baik itu berenang sebagai olahraga, ataupun berenang sebagai sebuah rekreasi yang bisa dilakukan di kolam renang, sungai, danau, atau laut. Berenang punya manfaat yang baik loh untuk kesehatan tubuhmu, karena dalam prosesnya semua otot ikut bergerak. Tapi selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, berenang juga memiliki manfaat lainnya, mulai dari menanamkan keberanian, percaya diri, serta bisa juga sebagai terapi untuk penyakit-penyakit khusus.

Agan dan Sista pada suka berenang ga?
Kapan terakhir kali kalian berenang?

Kalau ane udah lama banget nih ga berenang, udah tahunan kali ya ga berenang-berenang. Hmm, ane jadi pengen berenang deh, apalagi saat sore hari dimana matahari tak lagi terik serta udara tidak terlalu dingin, cocok banget buat berenang.

Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?

Ehh, tapi kan ini bulan puasa, berenang di bulan puasa boleh ga sih?
Kira-kira puasanya batal ga ya kalau berenang saat puasa?

Berdasarkan beberapa informasi yang ane temuin, berenang saat puasa itu boleh-boleh saja dan tidak membatalkan puasa kok, GanSis. Tapi, kalau saat berenang ada air yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung, atau telinga, maka puasamu bisa batal.

Mazhab Syafi’i mengatakan bahwa memang tak tertulis larangan berenang untuk orang-orang yang berpuasa, sehingga tak masalah untuk berenang ketika berpuasa. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa berenang saat berpuasa hukumnya makruh. Kenapa? Karena kita semua tau, bahwa resiko air masuk ke dalam mulut, hidung, atau telinga saat berenang itu sangat tinggi. Nah, makanya banyak yang mengatakan hukumnya makruh berdasarkan kehati-hatian terhadap risiko tersebut.

Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?

Tapi kalau kalian sadar bahwa setiap kalian berenang pasti airnya akan masuk ke dalam mulut, hidung, atau telinga, tapi tetap berenang saat berpuasa maka bisa dikatan bahwa hukumnya haram. Yap! Puasamu akan batal, karena udah tau air bakal masuk ke dalam tubuhmu tapi kalian tetap melakukan olahraga renang. Sengaja banget pengen minum ya? Hehehehe.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai berenang di bulan puasa yang berhasil ane temuin. Kalau ane pribadi sih lebih baik ga usah berenang dulu deh, dari pada puasa batal karena keselek, kehirup, atau masuk telinga. Mending sabar aja, nanti berenangnya setelah bulan puasa usai.

#RamadhanBerkah



SUMBER
SUMBER
SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
macaulay dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
23-04-2021 07:22
Ane puasa tetep berenang sih gan, krn sewktu renang ane yakin bgt ga ada air yg masuk krn ane renangny hny gaya katak saja.. Yg rawan kemasukan air gaya kupu dan dada.. Sunnah rasul olahraga yg disaranlan berkuda, memanah, dan berenang emoticon-Malu
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
23-04-2021 09:11
Batal puasanya klo berenang sambil jelalatan matanya ente liat cewe pake baju renang klo cowok emoticon-Ngakak
0 0
0
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
23-04-2021 09:41
Sebenernya gak masalah sih gan berenang ketika puasa.. asal bisa meminimalisir air yg masuk aja. Gak mungkin jg gak sih sengaja mangap pas dikolam renang, jijik juga itu kolam renang airnya kecampur sama kencing orang2 wkwk
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
23-04-2021 12:21
bener, kata mamaku pun hukumnya makruh.
0 0
0
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
23-04-2021 13:04
Mending berenangnya malam malam. Biar aman ga batal puasanya
0 0
0
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
23-04-2021 14:07
mungkin dari sini (https://konsultasisyariah.com/19442-...ka-puasa.html) bisa membantu dalam memahami perihal fiqih ini
profile-picture
vickytej2301 memberi reputasi
0 1
-1
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
24-04-2021 07:41
Boleh aja sebenarnya asal airnya ga diminum gan ahahah tp takutnya kan ga sengaja keminum
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
24-04-2021 12:42
mending diganti malam aja. soalnya kalau abis berenang biasanya langsung kelaparan
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
24-04-2021 13:39
Ya masa ada yg ga sadar kalau berenang itu pasti ada lah air yang masuk walau sedikit wkwkwk.. Ntar aja dah renangnya abis ramadhan
0 0
0
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
24-04-2021 16:21
Waa bener nih. Kalo berenang takutnya nelen air gak sengaja padahal. Tapi mending ditunda duluu untuuk berenang niih..
0 0
0
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
24-04-2021 23:05
kalo sengaja ditelen ya baru batal 😂 emang baliik ke keyakinan aja sih
0 0
0
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
25-04-2021 11:27
Pepatah sambil menyelam minum air berlaku pas berenang gini gak gan? emoticon-Ngakak
profile-picture
harbingert memberi reputasi
0 1
-1
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
26-04-2021 06:31
untuk lebih jelasnya tanya sama ahli fiqih aja soal ini emoticon-Jempol
0 0
0
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
26-04-2021 10:48
wkwkw kayak ane pas kecil nih
suka ngatain kalo berenang bikin batal puasa, eeh taunya ane sama temen" sendiri maen ke kolam renang, berenang saking cuaca panasnya haha
0 0
0
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
26-04-2021 21:56
hukumnya memang makruh tapi kembali lagi ke kepercayaan masing-masing tp lebih aman kalo mau renang di bulan puasa mending gaya katak aja karena lebih aman tidak rawan kemasukan air
profile-picture
anns123 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
28-04-2021 06:30
Yaa asal jangan minum air kolam aja sih..
Cuman kan air kolam tuh, bukan buat diminum, jadi jangan diminum lah :""
0 0
0
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
28-04-2021 06:35
Kalo habis renang, makan indomie goreng, ya batal yaa😆
Diubah oleh anns123
0 0
0
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
30-04-2021 13:32
Jika seperti itu lebih baik tidak perlu berenang daripada mengambil risiko, masih banyak olahraga lainnya yang bisa kita lakukan.
0 0
0
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
30-04-2021 15:08
Pas lg puasa ga boleh berenang,










Klo sambil minum airemoticon-Wakaka
0 0
0
Berenang Saat Berpuasa? Boleh Ga Sih?
30-04-2021 18:18
Boleh gan kalo menurut ane asalkan airnya gadiminum minum
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia