News
Batal
KATEGORI
link has been copied
129
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6080b88456becc666e11729b/menebak-agama-kartini-islam-atau-budha
Raden Ajeng (RA) Kartini, atau lebih tepatnya Raden Ayu Kartini, lahir di Jepara, Hindia Belanda, 21 April 1879 – meninggal di Rembang, Hindia Belanda, 17 September 1904 pada umur 25 tahun). Ia merupakan tokoh Jawa yang kemudian diangkat menjadi Pahlawan Nasional Karena perjuangannya sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi-Nusantara di Tanah Jawa. Kartini menulis sebuah buku yang merupakan
Lapor Hansip
22-04-2021 06:43

Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?

Raden Ajeng (RA) Kartini, atau lebih tepatnya Raden Ayu Kartini, lahir di Jepara, Hindia Belanda, 21 April 1879 – meninggal di Rembang, Hindia Belanda, 17 September 1904 pada umur 25 tahun). Ia merupakan tokoh Jawa yang kemudian diangkat menjadi Pahlawan Nasional Karena perjuangannya sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi-Nusantara di Tanah Jawa.

Kartini menulis sebuah buku yang merupakan bunga rampai korespondensinya dengan teman – teman Belanda-nya. Buku tersebut diberinama Habis Gelap Terbitlah Terang.

Kumpulan surat – surat Kartini awalnya dibukukan dan diterbitkan di negeri Belanda pada 1911 oleh Mr JH Abendanon dengan judul Door Duisternis tot Licht. Kemudian Diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh sastrawan pujangga baru Armjn Pane pada 1922 dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang.

Hal yang menarik dari Kartini perihal agama terakhir yang ia anut. Ternyata, setelah sembuh dari sakit keras berkat air hasil bakaran kertas yang dilakukan oleh seorang topekong, Kartini memilih mengimani Budha dan memilih menjadi vegetarian.

Ketika menulis surat kepada teman – temannya di Belanda, Kartini sering menggunakan istilah agama Budha untuk menyampaikan uneg-unegnya.

Pengakuan Kartini yang menyebut dirinya sebagai anak Buddha bermula saat Kartini kecil sakit keras. Badannya menggigil. Dokter yang didatangkan ayahnya, Bupati Jepara Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, tak sanggup mengobati anak tujuh tahun itu. Lalu datanglah seorang Cina yang sedang dihukum pemerintah Hindia Belanda bertamu ke rumahnya.

Laki-laki Cina itu sudah dikenal oleh tiga anak Sosroningrat. Dia menawarkan bantuan dengan meminta Kartini meminum air yang dicampur abu lidi shio dari sebuah kelenteng di Welahan, kecamatan di Jepara, Jawa Tengah, tempat terdapat banyak rumah ibadah umat Konghucu. Ajaib. Demam Raden Ajeng turun dan ia sembuh.

Cerita itu kemudian ia tulis dalam surat untuk Nyonya Rosa Abendanon-Mandri, istri Direktur Pendidikan, Agama, dan Industri Hindia Belanda. Dalam surat bertarikh 27 Oktober 1902, Kartini berapi-api menceritakan pengalaman itu. “Apa yang tak berhasil dengan obat-obatan kaum terpelajar ternyata berhasil dengan obat tukang jamu,” katanya.

Ada beberapa surat Kartini yang berkisah tentang Buddha. Kartini bahkan tak segan menyebut diri “anak Buddha” karena sudah meminum air shio saat sakit itu. “Ketahuilah, Nyonya,” tulisnya kepada Abendanon, “bahwa saya anak Buddha, dan itu sudah menjadi alasan mengapa saya tak makan daging.”

Setahun sebelum menulis surat itu, ia mengunjungi Welahan, kampung tempat tabib yang mengobati Kartini. “Bagaimanapun, saya mesti belajar kenal dengan bapak saya yang besar itu,” ujarnya tentang Santik-kong, arwah leluhur orang Welahan yang disucikan di kelenteng tersebut. Di sana ia menyaksikan upacara memperingati ulang tahun arwah.

Santik-kong terkenal sebagai dewa penyembuh. Setiap ada wabah yang berjangkit, patungnya diarak berkeliling desa agar asap dupanya menyebar menangkal virus. Dan desa itu biasanya terhindar dari kuman. Kartini mencoba memberikan pemahaman yang logis kepada Abendanon, yang tak percaya kepada takhayul.

Sejarawan JJ Rizal menyebutkan surat Kartini ini menunjukkan keterbukaan pemikirannya mengenai agama-agama yang ada di sekitarnya. Kartini tidak membatasi dirinya sebagai seorang keluarga Islam ningrat tetapi menerima kepercayaan yang ada di sekitarnya.

“Ia seorang muslim, terkesan dengan Budha, dan bergaul dengan orang Kristen, makanya pemikirannya terbiasa dengan perbedaan dan terbuka,” ujarnya saat ditemui detik.com, Jumat malam (20/4/2018).

Lebih lanjut dalam surat tertanggal 27 Oktober 1902 itu Kartini menjelaskan sikap vegetarian ini dimulai bermula saat ia berumur 14-15 tahun. Namun Kartini tak memiliki keberanian mengumumkan sikap ini hingga beberapa lama sebelum menulis surat ia memberitahu ibunya dan ditanggapi dengan gembira.


https://www.acehtrend.com/2021/04/21...am-atau-budha/

anak budha dan vege coyemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 7 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 06:50
Kenapa sih setiap hal di Indonesia selalu dihubungkan dengan agama

Biarlah Raden Ajeng Kartini cukup dikenal sebagai Pahlawan Nasional, biar soal agama beliau dan Tuhannya yang tahu.

Alih alih menjadi pemersatu bangsa, membahas tentang agama malah menjadi bibit perpecahan di Indonesia.

emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 24 lainnya memberi reputasi
25 0
25
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 06:53
Sahabat kumpeni kok bisa jadi pahlawan ya...
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan anus.bau.edan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 06:58
“Jangan takut dengan kematian. Kalau ibu punya anak mati syahid di jalan Allah, dia bakal berdiri di pintu surga untuk mengajak 70 anggota keluarganya,” tegas habib rizieq'

level mati syahid memang level dewa mati aja bisa ngajak 70 orang ke sorge

tanya ke ustadnya indon penganut mazhab syafii kenapa murtadin tidak dipancung sesuai mazhab syafii? penistaan nggak tuh ?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 06:59
Kayaknya bakalan rame nih...

Rame para ahli sorga...

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 07:12
agamanya "atau"
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 07:18
Kartini agamanya atletis. No debat
Diubah oleh novran86ers
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 07:30
Kalau dibandingkan dengan karya nyata Dewi Sartika yang mendirikan sekolah perempuan, cut nyak Dhien, Malahayati, Tiahahu yang memimpin perang langsung, apa saja karya nyata Kartini selain menulis surat kepada teman2-nya yang di Belanda ?
profile-picture
profile-picture
AiHikoe dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 57 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 57 balasan
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 07:32
pastinya tidak berhij00b.

helai rambutnya yang dipertontonkan secara vulgar itu entah sudah menjerumuskan berapa akhi beriman ke dalam neraka jahanam.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 07:32
Pantasan hari kartini, sudah kurang meriah diperingati.
0 0
0
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 07:33
Wkwkwkwk setelah baca sumber nya , gaje amat
Alias ngga jelas amat pake banget ...
11-12 sama Kadrun...
Atau mungkinkah "Kadrun yang tertukar"
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 07:33
jangan lupa Steve Jobs
ayah kandung steve jobs itu muslim
ibu kandung steve job itu katolik
tapi steve jobs lebih memilih buddha daripada islam & katolik

steve jobs itu buddhis
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan dvdvd77 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 07:36
Quote:Ia seorang muslim, terkesan dengan Budha, dan bergaul dengan orang Kristen, makanya pemikirannya terbiasa dengan perbedaan dan terbuka,” ujarnya saat ditemui detik.com, Jumat malam

Muslim kok vegetarian, mengharamkan yang tidak diharamkan
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 07:37
nabi atheis numpang exist... emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 07:38
Misik keren istri Soekarno yg paling bontot emoticon-Bingung perancang busana
0 0
0
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 07:47
Busyet, yang ginian dipermasalahkan
0 0
0
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 07:51
Orang udah ga ada masi juga di ributin sama hal receh
emoticon-Bingung
Biarkan dia tenang di sana
emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 07:58
Kadrun lsg auto haramkan memperingati hari kartini 🤣
0 0
0
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 08:01
Ada track record ngebom/persekusi/haram2in ga?
kalo ada, ya bisa dipastikan agamanya apa.
0 0
0
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 08:15
Apa pentingnya agama seseorang, toh kartini dihargai bukan karena agamanya, tapi karena perbuatannya
Agama dan perbuatan baik yang dikenang orang itu dua hal yang belum tentu sejalan
profile-picture
anu.ku.l memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menebak Agama Kartini, Islam Atau Budha?
22-04-2021 08:17
Shinto ya akhi emoticon-EEK!
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia