Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
93
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607fb1be078b8f67cb3a253e/wanita-berkarir-atau-mengurus-rumah-tangga-apakah-sebuah-pilihan
Setiap kartini muda mempunya cita-cita dan keinginan mereka masing-masing. Aspirasi seorang wanita gak hanya berhenti ketika mereka menikah atau lulus sekolah, tetapi akan terus berkarya sampai mereka sendiri yang memutuskan bahwa sudah cukup. Gak kalah dengan kaum laki-laki, karir sama pentingnya di mata wanita. Keinginan untuk mempunyai karir dan rumah tangga yang sukses datang dalam bentuk ked
Lapor Hansip
21-04-2021 12:01

Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?

Past Hot Thread

Setiap kartini muda mempunya cita-cita dan keinginan mereka masing-masing. Aspirasi seorang wanita gak hanya berhenti ketika mereka menikah atau lulus sekolah, tetapi akan terus berkarya sampai mereka sendiri yang memutuskan bahwa sudah cukup. Gak kalah dengan kaum laki-laki, karir sama pentingnya di mata wanita. Keinginan untuk mempunyai karir dan rumah tangga yang sukses datang dalam bentuk keduanya, bukan menjadi suatu pilihan.

Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?

Photo By Grid.id

Indonesia masih menjadi negara yang beberapa warganya memiliki stigma bahwa wanita punya kodrat di rumah dan mengurus keluarga atau berhenti bekerja ketika menikah. Hal ini wajar aja kalau individu yang dimaksud menyetujui. Gimana ya tapi kalau ternyata wanita maunya berkarir dan mengurus rumah tangga juga? Bukannya ini jadi hak yang dimiliki setiap manusia? Terkadang yang terjadi adalah ketika menikah, wanita diberikan 2 pilihan fokus ke karir atau keluarga. 

Agan & Sista tau gak sih kalau wanita itu wonder woman yang sebenarnya bisa aja sukses di keduanya? Pernikahan gak berarti membuat wanita terkurung dalam penjara dan hak aspirasinya diambil. Saling mendukung dan berdiskusi untuk kesuksesan rumah tangga adalah jalan keluar.  Mungkin banyak orang di luar sana yang berpikir “Kalau lo udah nikah, ngapain masih kerja? Kan ada suami yang ngebiayain.”

Urusan menafkahi, emang udah menjadi kewajiban suami tapi bukan berarti wanita gak boleh membantu atau sekedar mencari tambahan pemasukan untuk keluarga yang dimiliki. Kata Kodrat yang banyak digunakan untuk mendefinisikan keharusan wanita lama-lama bukan menjadi hal yang wajar tapi lebih ke toxic. “Ya, kodrat wanita buat di rumah dan mengurus rumah tangga.” Mungkin itu bener ketika suami bisa membiayai full kebutuhan rumah tangga.

Beda cerita kalau ternyata sang istri ikut membantu. Gak adil rasanya kalau wanita ikut mencari nafkah lalu tetap menjalani kewajiban rumah tangga secara full dengan suami yang tidak peduli dengan keadaan istrinya. Melayani suami memang suatu kewajiban, tapi juga harus ada diskusi lebih lanjut mengenai teknis yang akan dijalankan ketika sudah berumah tangga. Mengurus dan mendidik anak itu bukan hanya kewajiban seorang ibu, melainkan kedua belah pihak yang berjanji dalam pernikahan.

Masih banyak juga masyarakat yang memiliki stigma jadul, seperti kalau lulus sekolah mending langsung nikah, perempuan yang bekerja tidak bisa mendidik anak, anak nakal tumbuh karena orang tua yang bekerja dan tidak perhatian dan stigma negatif lainnya yang datang ketika seorang ibu memutuskan untuk bekerja. Kalau berdasarkan waktu, memang ibu yang bekerja tidak bisa memiliki waktu banyak setiap harinya, tapi bukan berarti kasih sayang dan perhatian yang diberikan itu berkurang atau lebih sedikit dari ibu lainnya.

Ikatan pernikahan antara lelaki dan wanita bisa mengembangkan satu sama lain jika mau dan saling menghargai. Jika sosok wanita dalam rumah tangga ingin berkarir, ada baiknya untuk saling mendukung. Banyak kok dalam kesehariannya wanita gak pernah mengeluh walaupun harus ngurus kerjaan dari rumah tapi tetap melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga dan melakukannya dengan ikhlas karena itu lah wanita dan hatinya yang lemah lembut. Keberadaan wanita di dunia ini memang diperuntukan untuk meneduhkan.

Wanita berkarir dan berumah tangga bukan lagi menjadi suatu pilihan. Hak tersebut juga ada pada tiap manusia dan patut dihargai. Siapa bilang gak bisa berkarir sekaligus ngurus anak? Pasti bisa! R.A Kartini mengajarkan kita bahwa wanita juga harus mendapatkan kemerdekaannya dalam dunia pendidikan, rumah tangga, dan karir. Stop stigma negatif tentang wanita yang memiliki karir cemerlang dan dihubungkan ke kondisi rumah tangganya.

Sebagai wanita kita sadar tanggung jawab yang harus dipikul dan bagaimana harus menghadapi kondisi anak. Karena sebenarnya seorang ibu itu udah jadi ibu jauh sebelum dia dikatakan legal atau dengan memiliki anak. Rasa keibuan itu gak datang cuma karena memiliki buah hati, tapi itu lah insting alami dari seorang wanita. Bagi Sista yang menghadapi kondisi ini, terus semangat dan berjuang! Jangan menyerap energi negatif yang diberikan orang lain tentang hidup yang kalian jalani.

Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?

Photo By Okezone.com

Dengan jatuhnya Hari Kartini pada hari ini Rabu, 21 April 2021, ane mau ngucapin selamat Hari Kartini untuk wanita Indonesia. Apapun pilihan kalian, berkarir atau berumah tangga, gak pernah menyalahkan hak dan kewajiban kalian sebagai perempuan. Baik berkarir atau pun mengurus rumah tangga keduanya sama-sama menumbuhkan rasa cinta dan perasaan rela berkorban. Selamat Hari Kartini! Habis Gelap Terbitlah Terang!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 12:48
Selamat Hari Kartiniemoticon-terimakasih
profile-picture
profile-picture
adindaptrarn dan marpaung72 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 18:12
Karirnya mengurus rumah tangga
profile-picture
profile-picture
adindaptrarn dan marpaung72 memberi reputasi
1 1
0
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 18:26
jadi ibu rumah tangga berat euy
Diubah oleh weidenfeller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
turkusuma dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 18:32
It's about ⭕ and her related.
Selamat hari kartini.
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
1 0
1
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 18:34
Ane lebih milih perempuan ngurus rumah tangga biar ane sebagai lelaki sejati yang mencari nafkah untuk keluarga ...
Kecuali gaji ane kurang mencukupi bolehlah istri bantu2 cari nafkah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 18:45
selama fisik dan secara mental masih kuat dan siap ane pilih dua-duanya
asal ketika udah berkarir urusan rumah tangga ngurus anak suami ga jadi keteteran
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
1 0
1
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 18:51

Ditipu gerakan feminisme

Simple aja sih klo gw, sebagai istri mengurus RT adalah karier mengurus masa depan anak, suami dan dirinya.

Akan berbeda hasil anak yg diurus dgn baik oleh ibu Kandung dibandingkan dgn orang lain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riseptiani dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 18:57
karena Pak.Subur orang lama, sudah umur 50an
jadi Pak Subur akan jawab sesuai personalisasi Bapak.

Berkarir itu pilihan, tapi mengurus rumah tangga itu adalah sebuah kewajiban yang nantinya dijalani bersama sang suami.

Meski jaman sudah berubah, ada pula suami yang hanya jadi sopir istri yang berkarir, itu kembali ke pasangan, apakah mereka nyaman dengan seperti itu?

Istri Pak Subur itu dulu lulusan IKIP, harusnya dia jadi guru, tapi beliau sadar kalau tugas seorang istri itu utamanya adalah mengurus rumah tangga, anak2 dan suami.
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 19:22
Menjalani hidup itu emang pilihan dan harus memilih.

Setiap pilihan hidup punya resiko dan konsekuensi pastinya. Wajib siap dengan semua konsekuensi dari pilihan tersebut.


emoticon-2 Jempolemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 19:24
Rumah tangga.. apakah rumah yg ga ada tangga nya masih disebut rumah tangga?
profile-picture
profile-picture
adindaptrarn dan arsitek78 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 19:30
Semua dalam hidup itu pilihan.....dan semua ada konsekuensinya...gue baca judul doang aje dah paham wkwkwkkww baca isinya paling sama kek artikel2 lainnya hahahaha
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 19:42
Kata mbak Nana wanita jangan disudutkan dengan pilihan seperti ituemoticon-Traveller
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 19:46
Itu bukan pilihan..wanita yang hanya mengurus rumah tangga aja akan disepelekan banyak orang dan suami..jk tidak bisa menghasilkan uang sendiri dan hanya berpangku tangan o/ suami saja, apalgi klo wanita sdh punya pendidikan tinggi tp tdk digunakan ijazahnya kan eman..lg an Klo suami bs mencukupi kebutuhan dlm rmh tangga its ok klo gak?ya jd jdlah wanita yg mandiri dan etis,mending berpenghasilan sendiri apa" bs beli sendiri,ngasih ortu / keluarga dgn jeripayah sendiri tanpa ad rasa risih dgn suami,apalagi klo nnt ada omongan hanya bs habisin uang suami n tak ada kata" yg gk enk lainnya dibelakang.. ya kan??jd ya bukan pilihan,berkarir sambil mengurus rumah tangga pun bs dilakukan kok..klo ad yg baik knp tdk dilakukan😂😂😂😂
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan adindaptrarn memberi reputasi
2 0
2
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 19:53
Silahkan pilih sesuai kebutuhan. emoticon-Toast
0 0
0
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 20:02
Tergantung ya, ada bini yg lebih sukses dari laki
queen elizabeth contohnya, lakinya cuma status duke, bukan king

posisi tertinggi cuma queen


bos ane cewe, lakinya cuma bantuin, ikut2 nagih doang

semua tergantung individu si cewe
Diubah oleh MrJeffBezos
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan wy2312 memberi reputasi
2 0
2
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 20:12
Daripada bingung dgn pilihan perempuan berkarier atau berumah tangga, lebih menantang stigma pria berumah tangga & ga bekerja. Hayo gimana tuh.. emoticon-Traveller
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
1 0
1
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 20:12
Perkenalkan pilihan ketiga

Kejar passion mu, jangan nikah terlalu muda, umur 20 harus cari uang sebanyak2nya dan diinvestasikan semuanya, live below your mean, belajar masak, setelah menikah 25-30 tahun. You will live from your investment. Artinya kamu gak terpaksa kerja karena uang, tapi kerja yang membuat kamu nyaman, kalau ga suka dengan kantornya, tinggal keluar aja, gak perlu khawatir dengan uang karena kamu punya uang hasil investmu di awal umur 20 tahun diatas. atau kamu bisa kejar passion mu tanpa khawatir uang.

If you live like no one else, Later you will live like no one else
0 0
0
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 20:25
Pilihlah sesuai kebutuhan
0 0
0
Wanita Berkarir Atau Mengurus Rumah Tangga, Apakah Sebuah Pilihan?
21-04-2021 20:44
sebenernya terserah sih, kondisi orang beda-beda... yang penting diobrolin dulu emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
circlove dan turkusuma memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Pemahaman Hari Kartini dan Emansipasi
pemahaman-hari-kartini-dan-emansipasi
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia