Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
67
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607e4f5dbfa31127ef09abfc/deretan-takjil-ala-mamaproduktif-dari-rujak-kangkung-sampai-es-cendol
Rujak Kangkung Tajkil Buka Puasa Yang Tidak Biasa Marhaban ya ramadhan. Alhamdulillah ts dan kaskuser semua diberi kesempatan untuk bertemu dengan ramadhan di tahun ini. :hai Terasa berbeda memang bulan ramadhan ke dua kalinya ini sedang di dalam masa pandemi, namun semangat puasa tidak boleh sampai mati. Kali ini ts ingin memberikan sharing masakan untuk takjil yang tidak biasa, yaitu rujak kangk
Lapor Hansip
20-04-2021 10:49

Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol

icon-verified-thread
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol


Rujak Kangkung Tajkil Buka Puasa Yang Tidak Biasa

Marhaban ya ramadhan. Alhamdulillah ts dan kaskuser semua diberi kesempatan untuk bertemu dengan ramadhan di tahun ini.

emoticon-Hai


Terasa berbeda memang bulan ramadhan ke dua kalinya ini sedang di dalam masa pandemi, namun semangat puasa tidak boleh sampai mati.

Kali ini ts ingin memberikan sharing masakan untuk takjil yang tidak biasa, yaitu rujak kangkung.

1. Rujak Kangkung

Rujak kangkung ini merupakan makanan khas daerah Kuningan. Maklum ane sudah kangen makanan Kuningan, tetapi belum bisa pulang kesana.

Agar kangen ane terobati makanya membuat masakan rujak kangkung ini. Cara buatnya juga gampang banget, bisa gansis praktekkan di rumah.

Bahan-bahannya:
1. 1 ikat kangkung
2. Cabe rawit
3. Cabe merah
4. Gula merah
5. Bawang merah
6. Bawang putih
7. Terasi
8. Asem jawa
9. Garam
10. Penyedap rasa (opsional)
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es CendolDeretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol

Pertama-tama petik sayuran kangkung, dibelah dua batangnya untuk memastikan agar tidak ada hewan di dalam batang kangkung.

Lalu cuci bersih kangkung. Rebus air dalam panci, tunggu sampai mendidih. Jika sudah mendidih masukkan kangkung ke dalam panci. Rebus kangkung 5-10 menit saja agar tidak terlalu lembek.

Tahap selanjutnya adalah membuat bumbu rujaknya. Terasi setengah sendok teh dibakar atau dipanggang dalam wajan yang tidak dikasih minyak.

Tuangkan air panas untuk asam jawa, dan ambil airnya sebanyak 2 sendok makan. Lalu ulek kasar cae rawit, cabe merah, bawang merah bawang putih,garam. Tambahkan gula merah dan terasi. Setelah itu siram dengan air lalu bumbu yang sudah diulek tadi dipanaskan sampai mendidih dan koreksi rasa. Jika dirasa sudah maknyus angkat dan tiriskan, siap untuk disiram pada kangkung.

2. Rujak Cireng

Biasanya rujak kangkung ini ditemani oleh cireng dan bakwan gansis.
Nah, jika ingin bakwannya crispy boleh ditambahkan dengan tepung beras gansis, so walaupun sudah lama digoreng tidak akan langsung lembek.

Nah, untuk cirengnya ane kasih resepnya dibawah ini:

Bahan-bahan:
1. Tepung tapioka 250 gr
2. Air
3. Garam
4. Bawang putih 3 siung
5. Penyedap rasa
6. Lada putih
7. Daun bawang (opsional)

Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es CendolDeretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol

Pertama-tama kita buat biangnya dulu tujuannya agar si adonan nanti bisa menempel yaitu dengan masukkan bumbu bawang putih digeprek, garam dan lada masukkan ke dalam air setengah gelas atau kira-kira ajah yah gansis. Lalu airnya didihkan.

Setelah mendidih airnya, masukkan ke dalam tepung tapioka sedikit demi sedikit sampai tercampur.

Jika sudah tercampur, lalu bentuk adonan. Ohya, agar nanti cirengnya mengembang pas di bentuk jangan ditekan-tekan karena jika ditekan akan menjadi bantat atau kurang indah bentuknya setelah digoreng.

Setelah dibentuk diamkan didalam pendingin atau freezer terlebih dahulu selama 15-20 menit agar adonan menempel sempurna.

Pas menjelang buka baru deh langsung digoreng bisa disajikan saat hangat. Perpaduan sempurna ada rujak kangkung, cireng dan bakwan hangat.

Rujak cireng ini sambalnya hampir sama dengan rujak kangkung seperti di atas, bedanya hanya tidak memakai terasi saja.

Quote:Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es CendolDeretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol


3. Es Cendol
Untuk takjil minumannya ane mau buat cendol dawet khas Bayat Klaten biar perpaduan Kuningan- Klaten.

Bahan-bahannya juga mudah:
1. Cendol
2. Santan kelapa kental
3. Gula merah sudah dicairkan
4. Es batu secukupnya (atau langsung disimpan kulkas dulu dari siang)
5. Tape ketan jika ada, karena ane tidak ketemu sama penjual tapenya di pasar jadinya tidak pakai tape.
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es CendolDeretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol

Siapkan gelas lalu masukkan cendol, gula merah, santan, es batu dan terakhir tapenya. Segeerree puol.

4. Es Suket atau Es Susu Ketan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
Minuman yang satu ini merupakan minuman khas dari kampung halaman ane juga nih.

Buat takjil buka puasa sangat cocok selain segar juga bisa ganjal perut saat sebelum dilanjut makan besar setelah shalat magrib.

Bahannya juga mudah di dapat:
1. Ketan hitam siap makan (kebetulan rumah ane deket abang burjo jadi beli burjo plus ketan hitamnya sekalian, atau jika mau buat sendiri tidak apa sebelum di rebus jangan lupa direndam dulu semalaman agar saat dimasak cepat pecah)
2. Susu UHT bisa diganti dengan susu bubuk, jika menggunakan susu bubuk harus diseduh terlebih dahulu
3. Susu kental manis bisa diganti gula pasir yang sudah dicairkan
4. Es batu
5. Kurma pisahkan bijinya
6. Air

Siapkan gelas masukkan ketan hitam, kurma, lalu susu uht, susu kental manis, air sedikit dan es batu. Lalu simpan di dalam kulkas sampai nunggu waktu berbuka tiba.

Nah, gimana gansis mudah semua kan pembuatan takjil ala mamaproduktif? Sekian thread ane kali ini. Semoga bermanfaat bagi kaskuser semua. Sampai jumpa di thread berikutnya.


@mamaproduktif
Opini pribadi
Dokumentasi pribadi
Diubah oleh mamaproduktif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 10:50
Reserved
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 10:50
Reserved
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 11:10
Ane pingin bikin rujak ciren nya
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 11:21
Aku suka rujak kangkungemoticon-Ultah
profile-picture
indrag057 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 11:24
Quote:Original Posted By mamaproduktif โ–บ
Reserved


Quote:Original Posted By mamaproduktif โ–บ
Reserved


Sy dikasih mertua rujak cireng blm digoreng masih ad dikulkas, jadi kepengin goreng nnti soreemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 13:41
Jd pengen rujak kangkung emoticon-Mewek
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 14:04
rujak kangkung,, pingin nyobain bikin ah.. tambahin kacang tanah goreng utuh enak kali ya
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 14:19
Mantul๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 15:30
Cobaan apa ini๐Ÿคค๐Ÿคค
profile-picture
profile-picture
indrag057 dan mamaproduktif memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 15:34
Cendolnya mau dongemoticon-Toast
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 15:56
Rujak cireng + es cendol still the best
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 17:01
Gojekin kesini dong
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 17:11
Es cendol yang ane demen nich , mantap tuh es. nice trit gan.
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 17:39
Rujak ketemu es cendol, jodoh banget tuhemoticon-2 Jempol


Eh, rujak kangkung ama plecing kangkung beda apa sama sih
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 20:09
enakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk bgttttttttttttttttttttttttttttttt
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 20:49
Rujak kangkung, ane kira dibikin seperti rujak buah..ternyata tumisan, ane suka buat tumis kangkung ini, bumbunya sama, cuma ga pakai asem aja.
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
20-04-2021 22:59
wah rujak kangkungnya enak tuh emoticon-Matabelo mau coba bikin ah besok-besok..
Diubah oleh dhinyzfrn
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
21-04-2021 05:13
Bumbu rujak kangkungnya ....kalau di tempat saya namanya plencing....enak banget sih seger,,,apalagi dengan rasa yang pedas manis gitu.
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
21-04-2021 10:25
tambah petis udang , tambah uenaak
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Deretan Takjil Ala Mamaproduktif dari Rujak Kangkung Sampai Es Cendol
22-04-2021 11:36
Rujak kangkung mantaps
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan mamaproduktif memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
jawadah-dodol-khas-sunda-selain-dodol-garut
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia