others
Batal
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
47
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607df40a5f71b022b5775262/game-ini-benar2-melatih-amp-menguji-otak-serta-mematahkan-teori-bahwa-game-merusak-otak
Sumber Gambar Video game atau yang biasa kita sebut game saja telah menemani kita dalam rentang waktu yang cukup lama. Mulai dari zaman game konsol dari era atari, nintendo, sega, psx hingga game2 yang bisa dimainkan di gawai kita. Secara tidak disadari namun pasti, game telah menjelma menjadi sebuah komunitas besar yang merebak di berbagai tempat dan waktu. Menurut ane pribadi, game telah membant
Lapor Hansip
20-04-2021 04:20

Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak

icon-verified-thread
Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak

Sumber Gambar

Video game atau yang biasa kita sebut game saja telah menemani kita dalam rentang waktu yang cukup lama. Mulai dari zaman game konsol dari era atari, nintendo, sega, psx hingga game2 yang bisa dimainkan di gawai kita. Secara tidak disadari namun pasti, game telah menjelma menjadi sebuah komunitas besar yang merebak di berbagai tempat dan waktu.

Menurut ane pribadi, game telah membantu meningkatkan kerja otak dan hati ane sedari dini. Bahkan kemampuan berbahasa asing ane dapat meningkat lebih banyak dari game ketimbang bangku sekolah dasar. Namun sangat disayangkan ada segelintir pihak yang mempropaganda game dengan menyatakan bahwa bermain game menyebabkan kerusakan otak , meningkatkan agresifitas, menurunkan kemampuan sosial, menyebabkan obesitas dll.

sumber

Ada begitu banyak nama, jenis dan genre game dalam tiap media bermain game. Hanya karena ulah sebagian kecil pemain salah satu game yang melakukan tindakan agresifitas seperti menembak menggunakan senpi dan dianggap meniru / copying perilaku karakter di video game yang dimainkan lalu lahirlah teori bermain game dapat meningkatkan agresifitas. Padahal kasus itu terjadi di negara2 yang melegalkan senjata api tapi teori ini dipakai di negara dengan status senjata api sebagai barang ilegal, emoticon-I Love Indonesia misalnya. Jadi bisa dikatakan penelitian tersebut tidak objektif & representatif. Begitu juga dengan penelitian yang menyimpulkan bermain game dapat merusak otak seperti ada di artikel ini . Penelitian tersebut tidak benar2 menggambar kerusakan otak pemain game karena dianggap terlalu dini untuk menarik kesimpulan demikian. Perlu diketahui juga variabel2 lain yang mengganggu fokus penelitian, seperti apakah partisipan2 tersebut pengguna aktif substansi2 yang dapat merusak otak seperti alkohol, sabu dan obat2an lain, lalu apakah memang sudah ada kerusakan otak yang dimiliki bahkan kerap tidak disadari partisipan dan masalah2 psikologis yang sebenarnya sudah dimiliki pasien lalu ketrigger saat memainkan suatu game seperti PTSD korban perang lalu memainkan game perang dan area2 lesi di otak teraktivasi lalu keluarlah teori bermain game bisa merusak otak emoticon-Hammer .

Sependapat dengan ane, seorang Profesor yang bernama Andrew Przybylski, dari Universitas Oxford, menyarankan agar berhati2 dalam membuat penelitian apalagi sampai menerbitkannya menjadi teori.

"Hipotesis yang diuji tidak berhubungan dengan bahaya dan makalah tersebut tidak memberikan bukti bahwa 90 jam bermain, menyebabkan kerusakan 'perlakuan'," katanya

Singkat cerita ada sebuah game yang sudah lama ane mainkan dan masih ane mainkan sampai sekarang. Game ini benar2 melatih dan menguji otak pemainnya dimana kedua pemain saling diadu secara online dan real time, berbeda dengan game2 sejenisnya yang ternyata tidak benar2 menguji kemampuan otak pemainnya. Sebut saja game Duel Otak, yang sudah tidak tahu rimbanya, tidak benar2 menguji kedua otak pemainnya. Misal ada pemain yang sudah lebih lama bermain game tersebut dan karena isinya adalah kuis2 atau trivia dan cenderung diulang2 karena item soalnya sedikit maka dia akan lebih mudah menjawab bahkan sebelum soal tersebut selesai dibaca dibandingkan dengan yang baru bermain game tersebut. Begitupun dengan game QuizUp, kondisi siapa yang lebih senior, dia yang menang. berlaku juga di game ini.

Oke balik ke game yang mau ane bahas. Agan bayangkan agan main sebuah game sudah dari waktu yang lama sekali lalu agan mengajak duel teman ente dan dia alias lawan tanding ente baru saja mendownload game ini lalu mau memainkan game ini setelah "diracun" sama ente dan BOOM emoticon-Ngamuk ente kalah sama dia di game pertama. Yap di game ini siapa yang lebih pintar akan lebih mungkin menang walaupun baru main. Loh terus kenapa bisa gitu? Emangnya ga bisa dihafalin gitu ? Eitss tunggu dulu. Tak kenal maka tak sayang ane coba kenalin gamenya gansis sekalian.

Nama gamenya brainwars, sebuah game karya publisher bernama TransLimit. Game ini bisa ente dapatkan dengan cara mendownload di playstore. Terakhir ane download masih gratis gamenya emoticon-Hammer .

logo gamenya


Di game ini kita bisa memilih untuk bertanding melawan siapa. Bisa teman, gebetan, pasangan atau stranger dari negara manapun. Jika ingin melawan orang asing secara acak alias random kita tinggal klik challenge di home.

Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak

Sumber Gambar ; Tangkapan Layar Pribadi


Tapi perlu diingat kalau untuk memainkan mode game tersebut membutuhkan nyawa dalam bentuk 💓. Ga perlu takut ga perlu cemas gan, hati eh jantung ini akan terus bertambah setiap 15 menit atau ente bisa membelinya menggunakan coin. Coin ini bisa didapatkan dengan cara meraih peringkat atas dan coin bisa di claim di akhir tiap season. Buat anak sultan ga perlu khawatir, ente bisa membeli coin ini menggunakan uang beneran emoticon-Cool . Oh ya di game ini tidak ada istilah P2W atau pay to win ya jadi para F2P atau free to play bisa bebas menunjukkan taringnya emoticon-Ngakak . Semua coin itu tidak berdampak apa2 ke progress atau status game kalian. Hanya saja ente jadi lebih sering main aja tanpa nunggu countdown timer bekerja.

Kalau ente udah janjian sama lawan main ente buat main bareng. Bisa deketan mainnya atau jauhan asal internet aman dan terhubung. Pastikan ente tau kode id game (kombinasi huruf dan angka yang tidak bisa diubah)dia lalu add sebagai teman ente jika kalian belum berteman. Tapi kalau sudah, tinggal klik profil teman ente lalu tantang dia bermain dan buktikan siapa yang lebih pintar emoticon-army .

Kita akan dipertemukan dalam 3 ronde game dalam tiap pertandingannya. Ke-3 ronde tersebut berisikan game2 yang berbeda2 pula dan kita tidak bisa memilih game mana yang akan dimainkan kecuali salah satu dari kita menggunakan koin untuk memilih salah satu dari 3 game yang mungkin akan dimainkan.

Butuh 5 Koin Jika Ingin Memilih


TangTingTung Game Mana Yang Beruntung


Sumber Kedua Gambar ; Tangkapan Layar Pribadi

Dalam tiap gamenya kita sama2 diberi waktu dan "soal" yang sama. Jika salah menjawab maka skor akan berkurang dan jika benar menjawab maka skor akan bertambah. Terkadang disaat waktu tinggal sedetik lagi namun ragu "jawabannya" lebih baik diam dan menunggu waktu habis daripada salah lalu skor berkurang. Nah total skor dari 3 round itu lah yang akan menentukan siapa pemenangnya. Menjawab pertanyaan diatas tadi, kenapa tidak bisa menghafal "jawaban"nya? Ya karena semua "soal" di gamenya begitu acak dan cepat. Terlihat sederhana namun penuh kerumitan apalagi saat gansis mencapai league S dimana tingkat kesukaran atau yang biasa kita kenal dengan istilah difficulty begitu sulit, entah hard atau ultra hard. Ketepatan dan kecepatan dalam menjawab adalah dua hal yang wajib dijaga keseimbangannya emoticon-Hammer .Fyi semua pemain awalnya ditempatkan di league D. Btw ane sengaja ga tampilin gameplaynya biar gansis rasakan sendiri sensasinya dan keseruannya emoticon-Cool

Menang Tapi Gak Berdarah


Lalu bagaimana dengan level atau status2 di game ini? Nah yang bikin menarik, ada level2 otak kita yang digambarkan lewat binatang atau creature tertentu. Mulai dari 🐔, 🐢 , 🐇 🐄, 🐈 , 🐶 dst sampai 🦄

Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak

Sumber Gambar ; Tangkapan Layar Pribadi

Cara naik levelnya pun terbilang mudah tapi sulit dilakukan. Coba perhatikan status ane di bawah ini ;

Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak

Ada beberapa status yang harus ditingkatkan demi transformasi creature kita, diantaranya Speed, Judgement, Calculation, Observation, Memory dan Accuracy . Ke-6 status tersebut bisa ditingkatkan melalui pencapaian skor tinggi pada game2 yang disediakan di game ini.Saat ini ane sedang di level Hiu dan mau naik ke level Shark. Ada beberapa angka minimal yang harus ane capai. Untuk mendapat Exp masih mudah yaitu dengan memenangkan pertandingan dengan pemain acak dari antah berantah. Yang sulit adalah mendapat penambahan skor. Misal ane butuh penambahan skor memory. Ane harus mendapatkan skor tinggi pada game2 yang berpengaruh pada status memory seperti follow the leader, path to the safety, concentration dll. Atau jika tidak, maka status memory ane akan menurun terus dan makin sulit ane naik level emoticon-Frown . Nanti ente akan sadar kalo ente itu paling mahir di bidang apa alias ente itu anak mana si? Apakah anak calculation? Anak memory? Atau anak judgement emoticon-army ? . Dikarenakan ada banyak variasi game dalam game ini jadi ente akan kebingungan sendiri mengatur strategi bermain agar game2 yang dimainkan, dimenangkan dan dapat skor tinggi itu adalah game2 yang entah ente jago sekali atau game2 yang mengandung unsur2 bidang2 yang ente butuhkan untuk naik level.

Ada Status Yang Naik Atau Turun Sehabis 1 Pertandingan


Sumber Gambar ; Tangkapan Layar Pribadi

Salah satu keunikan lain dari game ini adalah kita bisa mengharumkan nama bangsa dengan menempatkan profil kita dan country kita (ane pasang bendera Indonesia) di leaderboard dunia. Dimana disana kita bisa melihat ranking para pemain dan para negara berdasarkan world rank atau country rank.

Indonesia Masuk Top 3 Gan !!!


Sumber Gambar ; Tangkapan Layar Pribadi

Sekian tulisan singkat ane. Sebuah apresiasi besar dari ane untuk sebuah game yang tampak sederhana namun kaya manfaat. Tentunya ane ga menolak apresiasi gansis sekalian berupa emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan rate *5. Sekarang tiba saatnya para gansis bercerita tentang pengalaman2nya bermain game ini, kalau perlu kita adain kompetisi / duel main game ini, ga perlu khawatir karena pandemi karena kompetisinya bisa berjalan secara virtual emoticon-shakehand . Fyi kompetisi / duel game ini pernah dan cukup sering diadakan sebelum pandemi menyerang Indonesia tercinta. Semoga kelak Kaskus tercinta dapat menyelenggarakan kompetisi game yang benar2 menguji dan melatih otak para pemainnya ini emoticon-Malu (S)


Jangan BUKA nanti ADIKSI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antiliberalisme dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak
20-04-2021 06:27
jadi inget dulu di fb ada game seru ngasah otak mikir cepat namanya who has the biggest brain

Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak

Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak

dota game mikir cepat juga tp dota bener-bener sick mental game emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan manusiabiasa13 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak
20-04-2021 12:10
Seru juga kayanya gamenya... Coba download ah emoticon-Ngacir
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak
20-04-2021 12:27
Ane inget banget pernah maen ni game, tapi cuma sampe cat soalnya pusing emoticon-Hammer2
profile-picture
luqman miracle memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak
20-04-2021 15:58
Mnarik wajib dicoba
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak
20-04-2021 19:44
Download ah
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak
20-04-2021 23:04
Setubuh dengan TS. Di mata kuliah pilihan psikologi bermainpun, tiba2 saja silabus atau materi ttg video game hilang gitu aja. Padahal ada banyak manfaat secara psikologis dari bermain video game ckckkck
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak
21-04-2021 03:36
Main sudoku aja
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak
21-04-2021 09:44
Selama main game dengan adanya puzzle atau combine item emang mengasah otak.

Kalo game tanpa mikir dan pake emosi ya emang merusak otak

0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak
21-04-2021 14:13
Jujur ane suka game kaya gini, mengasah otak tp masalahnya bukan mengasa otak doank aja tp bikin jengkel muncul pop up ads yg gak bisa skip sama sekali, itu yg bikin kesel emoticon-Mad
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak
21-04-2021 22:48
tar gw coba gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak
22-04-2021 01:15
Hahahaah game duel otak mah hafalan doang gan emoticon-thumbdown:
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Game Ini Benar2 Melatih & Menguji Otak Serta Mematahkan Teori Bahwa Game Merusak Otak
23-04-2021 02:42
Gara2 game ane tau istilah creature, equipment sama quest pas SD wkwkwkwk
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia