News
Batal
KATEGORI
link has been copied
230
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607ccfcb46c0b5145c33045e/emosi-soal-trinitas-jozeph-paul-zhang-kalau-yesus-ajarkan-itu-saya-masuk-islam
Sebuah video yang memperlihatkan Jozeph Paul Zhang emosi saat tengah diskusi membahas terkait Trinitas ketuhanan, beredar di media sosial. Video Jozeph Paul Zhang yang tampak emosi saat membahas trinitas tersebut dibagikan pengguna Twitter MurtadhaOne1, seperti dilihat pada Minggu 18 April 2021. Dalam narasi unggahannya, ia menyebutkan Jozeph Zhang mengamuk saat berdebat tentang trinitas dengan or
Lapor Hansip
19-04-2021 07:33

Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam

Sebuah video yang memperlihatkan Jozeph Paul Zhang emosi saat tengah diskusi membahas terkait Trinitas ketuhanan, beredar di media sosial.

Video Jozeph Paul Zhang yang tampak emosi saat membahas trinitas tersebut dibagikan pengguna Twitter MurtadhaOne1, seperti dilihat pada Minggu 18 April 2021.

Dalam narasi unggahannya, ia menyebutkan Jozeph Zhang mengamuk saat berdebat tentang trinitas dengan orang yang meyakini konsep tritunggal ketuhanan.

Baca Juga: Terekam CCTV, Anggota Brimob Tewas Dikeroyok Preman

“Detik-detik paul zhang ngamuk saat debat tentang trinitas dengan orang trinitas Gaes,” cuit MurtadhaOne1.

Selain itu, netizen tersebut juga menyebut Jozeph memang memiliki niat memecah belah persatuan antar agama di Indonesia.

Pasalnya, kata sang netizen, Jozeph Paul Zhang tak hanya menyinggung agama lain melainkan juga sesama umat Kristen dengan menyebut mereka barbar hanya karena berbeda pendapat.

“Si paul zhang itu tinggalnya di LN. Niatnya memang mau pecah belah persatuan antar agama di Indonesia Jangankan dengan yang beda agama, yang sama-sama kristen aja dia sebut bar-bar hanya karena ga sepaham,” tuturnya.

Baca Juga: Made Darmawati Akhirnya Minta Maaf Atas Dugaan Pelecehan Agama Hindu

Setelah ditelusuri, video tersebut pertama kali diunggah oleh kanal Youtube Piyong77 Channel pada Maret 2021 lalu.

Dilihat dari video berjudul ‘Paul Zhang Emosi Saat Diskusi dengan Orang Tritunggal’ tersebut, tampak Jozeph tengah berdebat sengit dengan seorang panelis bernama Abdulloh terkait trinitas.

Ia mengatakan kepada panelis itu bahwa dirinya tak pernah menjelaskan tentang trinitas kepada orang-orang yang telah dibaptisnya.

Baca Juga: Bima Arya Wajibkan PNS Pakaian ala Santri, Jozeph Paul Zhang:...

“Saya membaptis orang di dalam nama Yesus Kristus tanpa satupun saya menjelaskan ke mereka tentang trinitas. Di dalam channel youtube saya, ada 153 join member tidak ada satupun yang saya ajarin trinitas,” ujar Jozeph Paul Zhang.

Tak berselang lama, ia pun emosi lantaran ucapannya tersebut dipotong oleh panelis tersebut.

Kemudian, Jozeph kembali menegaskan bahwa ratusan orang Islam di Indonesia maupun Eropa yang telah ia baptis tak satupun dari mereka diajarkannya soal trinitas.

“Saya tidak suka dipotong kalau lagi ngomong. Di dalam kelas saya tidak ada satupun yang saya ajarin trinitas. Saya baptis ratusan orang Islam di Indonesia dan Eropa tidak ada satupun saya ajarin trinitas,” tegasnya.

Dirinya mengaku hanya mengajarkan orang-orang tersebut cara mengasihi, mengampuni dan memberkati sesuai ajaran Yesus.

“Saya ajarin mereka mengasihi, mengampuni, memberkati sesuai dengan ajaran Yesus,” ungkap Jozeph Zhang.

Lantaran debat tersebut sudah semakin memanas, sang moderator pun meminta agar Jozeph dan panelis itu berhenti sejenak membahas soal trinitas.

“Stop-stop dulu bahas tritunggal,” kata sang moderator tersebut kepada Jozeph Paul Zhang.

Akan tetapi, Jozeph mengaku tak masalah jika perdebatan itu memanas lantaran dirinya ingin mengajari orang-orang trinitas.

Bahkan, dia menyebut orang-orang yang meyakini konsep trinitas itu sebagai orang barbar.

“Gak apa-apa pak, saya mau ngajarin orang tritunggal sopan santun karena memang orang-orang trinitas ini barbar semua,” ucap Jozeph Zhang.

Ia pun lantas kembali menegaskan kepada panelis pengikut tritunggal itu bahwa Yesus tidak pernah mengajarkan trinitas.

Jozeph Paul Zhang bahkan mengaku siap masuk Islam apabila benar Yesus mengajarkan soal trinitas.

“Saya kasitahu kamu, kalau Yesus tidak pernah ajarin tritunggal. Kalau Yesus ajarkan trinitas saya masuk Islam,” ujarnya.

https://makassar.terkini.id/emosi-so...a-masuk-islam/



Doktrin trinitas/comma johanneum (1 yohanes 5:7-8)[/b][/b]

Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam

Adakah kata “trinitas” dialkitab ? tidak ada.kata “trinitas” adalah doktrin gereja.adakah rumus trinitas di alkitab(bapa,putra dan roh kudus adalah satu) ? ada,hanya satu,hanya ada di 1 yohanes 5:7-8.
Sebelum tahun 1522,Hanya ada delapan manuskrip yg menulis ayat ini.yg tertua diantaranya adalah codex 221 yang berasal dari abad ke-10,dan kebanyakan dari 8 ini menulis ayat yohanes 5:7-8 hanya sebagai marginal notes,yaitu tulisan kecil di samping halaman utk melengkapi tulisan utama,seperti catatan kaki,tapi letaknya disamping.dan tidak ada di versi yunani nya,sampai pada edisi ketiga perjanjian baru yunani-latin hasil karya erasmus tahun 1522 ayat tersebut baru menjadi bagian dari  “1 yohanes”  atas tekanan gereja.Erasmus beragumen ia tidak menulis ayat tersebut di edisi 2 sebelumnya krn ia tidak menemukannya di byk manuskrip yunani yg ia baca.erasmus akhirnya mau menambahkan ayat tersebut di versi ke 3,4,5 terjemahannya dengan syarat dibuatkan manuskrip berbahasa yunani yg juga menulis ayat tersebut

Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk IslamEmosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
*kalian bisa cek sendiri alkitab online,versi apapun dari 1 john(yohanes) bab 5 : ayat 7-8,hampir semuanya(kalau bukan semuanya) mencantumkan catatan kaki seperti ini

kali ini saya sepakat sama paul zhang..segoblok2nya umat samawi penyembah dongeng mesopotamia yg plg goblok adalah kristen yg percaya trinitas..wong trinitas jelas2 konsep bikinan manusia yg dipaksa dimasukin ke kitab suciemoticon-shakehand:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 11 lainnya memberi reputasi
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 07:35
Jozeph Paul Zhang tak hanya menyinggung agama lain melainkan juga sesama umat Kristen dengan menyebut mereka barbar hanya karena berbeda pendapat.


Loh kan penuh kasih kita, madak bar bar.
emoticon-Lempar Bata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
freedomjustice dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 07:35
perjanjian baru adalah bagian kedua dari alkitab.bagian pertama adalah perjanjian lama atau tanakh yahudi,dan bagian kedua adalah perjanjian baru yg menceritakan tentang yesus.sederhananya,perjanjian lama adalah era sebelum yesus,dan perjanjian baru adalah era yesus

Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam

Siapa penulis perjanjian baru ?

Menurut tradisi  injil markus ditulis oleh markus asisten petrus,injil lukas ditulis oleh lukas yang menemani paulus,dan injil yohanes ditulis oleh rasul yohanes sendiri,murid yesus,meski seharusnya ia sudah wafat saat injil tersebut baru ditulis.tapi ini hanya diterima bagi sebagian scholar.Bagi scholar yg digolongkan skeptis,klaim tersebut tidak berlaku,ada kejanggalan2 yang cukup meyakinkan bagi mereka utk mengambil kesimpulan : Penulis injil bukanlah murid yesus yang diatributkan sebagai judul injil(markus,lukas,yohanes,matius),tak satupun ditulis oleh murid yesus bahkan org yg kenal murid yesus secara langsung,tapi tulisan tersebut berasal dari penulis  tak dikenal yang salah diatributkan( pseudepigrapha).injil ”markus,matius,lukas,yohanes” baru diberi judul demikian pada abad ke-2(oleh siapa? Lagi lagi tidak diketahui).surat petrus pun bukan ditulis oleh petrus murid yesus,surat paulus memang cukup meyakinkan ditulis paulus,tapi hanya 7 diantaranya yg bisa diterima sebagai autentik,sisa 6 lainnya palsu atau diduga kuat palsu.Dan dari 27 kitab perjanjian baru,9 diantaranya diduga kuat palsu : efesus,kolose,II tesalonika,I timotius,II timotius,Titus,I petrus,II petrus,dan Yudas.umumnya scholar yg skeptis hanya menerima dua saja yg tidak dianggap pseudepigrapha,yaitu hanya 7 surat paulus dan kitab wahyu.

Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam

sekilas tentang marcion

Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam

Marcion,adalah salah satu tokoh kristen terkemuka dan pny sangat banyak pengikut pada zamannya yang pada akhirnya dicap sebagai bidah.Ia pengusaha sukses yang datang ke roma dari asia kecil,dengan kekuatan uangnya ia menyumbang dalam jumlah sangat besar dan diterima oleh jemaat dan sempat tinggal di roma selama lima tahun.marcion sangat mengidolakan paulus yang ia tempatkan sebagai rasul  plg benar.Yang menarik dari marcion adalah ia memisahkan Allah perjanjian lama dan Allah di injil(saat itu belum ada perjanjian baru dan kanonisasi,justru marcion yg pertama melakukan kanonisasi).bagi  Marcion,Allah perjanjian lama yg lbh kejam tidak mngkn sama dengan Allah di injil yg lbh pengasih.Oleh krn itu marcion mengkanonisasi  alkitab versi dia sendiri : sepuluh surat paulus + injil lukas,tidak ada perjanjian lama.injil lukas dimasukkan krn paulus sering mengutipnya dari surat2nya,dan sepuluh surat paulus ia masukan krn paulus adalah rasul plg benar dimatanya.Alkitab versi marcion tidak berhenti sampai disini,ia menambahkan ayat disana sini utk mendukung pandangan teologinya.memang alkitab editan hasil karya marcion bukanlah alkitab kanonisasi versi kristen/katolik mainstream,namun bukan berarti alkitab kanonisasi kristen/katolik terbebas dari tangan marcion-marcion lain.marcion mngkn bukanlah yang pertama,dan jelas bukanlah yg terakhir.

kondisi penyalinan yg memang sulit

Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam

Berapa melek huruf dizaman kuno? Kondisi terbaik 10-15% saja dari populasi di atena abad ke 5 SM,menurut penelitian william harris dari universitas kolombia.Di abad pertama kekaisaran romawi,persentase tersebut lebih rendah lagi,dan mayoritas umat kristen awal adalah orang miskin dan tidak berpendidikan,setidaknya demikianlah kesimpulan yang bisa kita ambil dari perdebatan origenes dan celcus.Origenes menjawab klaim Celcus yg mengkritik agama kristen adalah pembodohan hanya utk org bodoh,mereka kepasar menyebarkan ajarannya kepada orang orang tidak berpendidikan tapi menyingkir ketika melihat orang terpelajar lewat(melawan celcus 3.50-56)

Atas klaim tersebut,origenes menjawab bahwa penganut agama kristen sesunguhnya berkhidmat dari sudut pandang Allah,bukan sudut pandang duniawi,dengan kata lain origenes tidak menyangkal bahwa penganut ajaran kristen awal sebagian besar terdiri dari golongan bawah.

Menyalin pada masa itu dilakukan secara manual dan bukan main lambat dan tidak akuratnya,begitu banyak kesaksian dari zaman kuno ,misalnya filsuf romawi seneca yg mengamuk karena huruf di manuskrip yg terlalu kecil,tak terbaca dan terlalu byk kesalahan.Atau penyair romawi Martial,yg membuat lelucon “jgn salahkan saya apabila anda tidak memahami puisi ini,ini krn penyalinan yg buruk”.Lelucon penyalinan naskah yg buruk jg muncul dari dunia kristen sendiri,seperti karya Hermas,”Sang Gembala”,seolah olah sang malaikat turun ke bumi dan menyuruh ia menyalin kitab suci :”saya menyalin semuanya,huruf demi huruf,karena saya tidak bisa membedakan suku suku katanya,ketika saya selesai,buku tersebut dirampas,tapi saya tidak melihat oleh siapa”. 

Celscus yg telah disebutkan diatas pun tak luput mengkritik umat kristen : 

“beberapa penganut,seolah habis minum-minum,menentang diri mereka sendiri dan mengubah naskah asli injil sampai tiga empat atau beberapa kali,dan mereka mengubah karakter naskah itu guna menghindarkan mereka dari kesulitan menghadapi kritik” ( melawan celcus 2.27 )


Kritik celcus bahwa alkitab sengaja dirubah secara sengaja ayat ayat yg rentan dikritik ditolak oleh Origenes yg mngkn tidak ingin memberikan kemenangan kepada celcus sebagai orang kafir.tapi ditulisan lain,origenes mengamini bahwa alkitab dirubah (setidaknya secara tidak sengaja) : 

”pertentangan ayat antar manuskrip begitu banyak krn kelalaian dan kesalahan penyalinan.Mereka menambahkan dan menghapus sesuka mereka,dan inilah yg membuat perjanjian baru menjadi seperti sekarang”


Lain origenes,lain pula Dionysius,seorang uskup orthodox dari korintus yg hidup di era yg sama dengan ireanus,ia mengakui org org kristen brengsek yg dengan sengaja mengubah naskah suci :

"rasul2 iblis itu telah mengubah ngubah isi surat-surat tersebut,menghapuskan beberapa dan menambahkan yg lainnya.semoga mereka celaka.Maka,tidaklah mengherankan jika beberapa orang berani mengubah firman tuhan itu sendiri,mengingat mereka telah berkomplot utk merusak upaya saya yg tidak seberapa ini”



Injil yg ada sekarang adalah tumpukan dari kesalahan salinan,lbh byk perbedaan salinan dari berbagai manuskrip dari pada jumlah kata di perjanjian baru itu sendiri


Karena Injil yg skrg adalah hasil dari copy kesekian..copy kesekian yg entah hasil menyalin salinan yang keberapa,kita bahkan tidak mengetahui salinan dari salinan yang keberapa kali.dan ini menjadi masalah krn kesalahan salinan sebelumnya disalin tanpa kita ketahui bahwa salinan tersebut memiliki kesalahan, dan dalam proses penyalinan baru membuat kesalahan baru lagi sehingga makin lama injil makin memiliki banyak kesalahan dari sumber aslinya,dan apabila si penyalin menyadari kesalahan salinan yg ia gunakan sebagai rujukan,maka ia mengkoreksinya sendiri dan menambah masalah baru,menghasilkan versi baru  : yg asli,yg keliru,dan yg diperbaiki secara keliru dan begitulah seterusnya selama berabad abad.menjadi tugas ahli kritik tekstual alkitab mencari kalimat yg plg awal,meski bukan berarti asli,krn codex tertua yg ditemukan sekarang pun hanyalah salinan.


-John mill ( circa 1645-1707 ) meneliti berbagai texts perjanjian baru selama 30 tahun.hasilnya ia menemukan 30.000 perbedaan hanya dari perbandingan 100 manuskrip saja.penelitian John mill mengejutkan bagi umat kristen awam tp tidak bagi kebanyakan scholar.

 -manuskrip perjanjian baru tertua adalah chester beatty codex ( p45, p46, p47, p66, p75 ) kisaran tahun 220 AD,ini berarti masih merupakan salinan yang entah salinan keberapa kali krn injil markus ditulis pertama kali 70 AD. Manuskrip2 dan codex lain setelah chester beatty codex menunjukkan byk perbedaan dengan chester beatty codex sendiri.

-ada 5.600 manuskrip/codex kuno perjanjian baru berbahasa yunani,10.000 bahasa latin,dan 5.000-10.000 bahasa lainnya,dari puluhan ribu manuskrip/codex ini ditemukan 300.000-400.000 variasi.bandingkan dengan seluruh kata di perjanjian baru yang hanya berjumlah 140.000 saja.beberapa versi alkitab yg ada skrg mengikut perkembangan kritik tekstual perjanjian baru,beberapa lainnya tidak.alkitab KJV(King James Version) menyandarkan salinannya dari versi erasmus,sementara NIV dan beberapa versi lainnya ( CEV,CSB,NET,dll )  mengikuti  perkembangan tekstual kritik,menyebabkan jumlah ayat di NIV lbh sedikit dibandingkan KJV.beberapa versi alkitab yg tetap mencantumkan ayat kontroversial biasanya tetap memberi tanda diayat tersebut,menandakan bahwa ayat tersebut tidak ada di versi yg plg awal. 





Ayat-ayat yg sengaja ditambahkan


Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam

Apabila kesalahan tidak disengaja dilakukan oleh orang orang yg kurang terlatih menulis atau bahkan oleh org yg terlatih,maka ada jg kesalahan kesalahan merubah,menambahkan yg dilakukan oleh orang orang terlatih menulis.pada dasarnya penyalin kitab suci abad ke 1 dan 2 byk yg tidak berkualitas,siapapun yg pada dasarnya cukup bisa membaca maka ia akan ditunjuk menyalin kitab suci oleh gereja awal.namun kualitas penyalinan membaik di penyalinan pada abad ke-3 dan ke-4,meski demikian bukan berarti tidak ada kesalahan baru yg tidak disengaja maupun disengaja ,merubah kitab perjanjian baru yang disengaja umumnya berupa penambahan ayat bahkan perikop yang dilakukan secara sadar oleh penulis intelektual ,berikut beberapa contoh diantaranya :

1.Doktrin trinitas/comma johanneum (1 yohanes 5:7-8)


Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam

Adakah kata “trinitas” dialkitab ? tidak ada.kata “trinitas” adalah doktrin gereja.adakah rumus trinitas di alkitab(bapa,putra dan roh kudus adalah satu) ? ada,hanya satu,hanya ada di 1 yohanes 5:7-8.
Sebelum tahun 1522,Hanya ada delapan manuskrip yg menulis ayat ini.yg tertua diantaranya adalah codex 221 yang berasal dari abad ke-10,dan kebanyakan dari 8 ini menulis ayat yohanes 5:7-8 hanya sebagai marginal notes,yaitu tulisan kecil di samping halaman utk melengkapi tulisan utama,seperti catatan kaki,tapi letaknya disamping.dan tidak ada di versi yunani nya,sampai pada edisi ketiga perjanjian baru yunani-latin hasil karya erasmus tahun 1522 ayat tersebut baru menjadi bagian dari  “1 yohanes”  atas tekanan gereja.Erasmus beragumen ia tidak menulis ayat tersebut di edisi 2 sebelumnya krn ia tidak menemukannya di byk manuskrip yunani yg ia baca.erasmus akhirnya mau menambahkan ayat tersebut di versi ke 3,4,5 terjemahannya dengan syarat dibuatkan manuskrip berbahasa yunani yg juga menulis ayat tersebut

Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk IslamEmosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
*kalian bisa cek sendiri alkitab online,versi apapun dari 1 john(yohanes) bab 5 : ayat 7-8,hampir semuanya(kalau bukan semuanya) mencantumkan catatan kaki seperti ini

 
2.perempuan yg berzinah ( Yohanes 7:53 - 8:11 )

Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
*semua kristen/katolik tau perikop populer ini

Perikop ini salah satu yg populer di perjanjian baru,tentang perempuan yang dituduh berzinah(menurut tradisi gereja perempuan ini adalah maria magdalena,meski tidak ada disebutkan namanya di perikop tersebut) dan akan dirajam,tapi ditolong oleh yesus(kalau kalian nonton film “passion of christ”,kisah ini muncul sebagai flashback saat yesus menolong maria magdalena yg mau dirajam)
Perikop ini tidak muncul di chester beatty codex p66 dan p75 yg memuat injil yohanes,tidak juga muncul di sinaiticus dan vaticanus(sampai pertengahan tahun 300-an AD) dan baru muncul di codex bezae tahun 400-500an AD. Selama abad ke-16,para sarjana eropa barat baik katolik maupun protestan berupaya memulihkan sebagian besar naskah perjanjian baru berbahasa yunani,daripada bersandar pada terjemahan latin vulgata>pada waktu itu ditemukan byk naskah kuno yg memuat injil yohanes tidak menulis perikop ini secara inklusif,sementara naskah yg menulis perikop ini menandainya dengan tanda kritik,yaitu tanda lemniscus/asterisk menandakan merupakan pengembangan tambahan,bukan bawaan asli.Juga dicatat bahwa dalam leksinoari gereja yunani,bacaan injil untuk hari pantekosta adalah dari injil7:37 sampai 8:12 tapi melompati 12 ayat perikop ini ( Yohanes 7:53 - 8:11 )
Kebanyakan scholar saat ini kukuh menganggap  perikop ini adalah interpolasi,pengembangan tambahan dan tidak ada di injil aslinya.Kritik terhadap perikop ini sendiri sudah dilayangkan dari abad permulaan oleh origenes,selain itu tertulian jg tidak mau mengakui perikop ini.

yang cukup mengelitik adalah scribes(penyalin) alkitab dulu ada yg menempatkan perikop ini setelah yohanes 7:52,ada jg yg meletakan setelah yohanes 21:25 ,bahkan ada jg yg meletakannya setelah lukas 21:38

 
3.Kebangkitan yesus/yesus yang telah bangkit menampakan diri ( 12 ayat terakhir injil markus )


Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
*lukisan yg populer ini "jesus ascending to heaven" didasarkan pada 12 ayat terakhir injil markus yg ditolak ahli kritik tekstual alkitab

Bab terakhir dari injil markus adalah markus 16,ada dua versi dari bab 16 ini,yaitu sampai 20 ayat(versi panjang) atau sampai 8 ayat saja(versi pendek)
Versi pendek ditemukan di codex yg lbh tua,yaitu codex vaticanus (325-350 AD) dan codex sinaiticus(330-360 AD) 

berakhir dengan kalimat Versi panjang muncul di codex bezae(400 AD),codex alexandrinus(400-440 AD),dan codex ephraemi rescriptus(450 AD).tulisan ireneus(abad ke-2 ) mengindikasikan bahwa ia telah mengenal salah satu bunyi ayat versi panjang tersebut dari injil markus,meski bapa bapa gereja lain sebelumnya tidak mengenal ayat tersebut.

Keseluruhan markus bab 16 menceritakan tentang maria magdalena dan maria ibu yakobus  mendatangi makam yesus dan terkejut mayat yesus sudah tidak ada disana,sementara disana menunggu malaikat mengabarkan yesus telah bangkit dan akan menemui mereka di galilea, akhirnya maria magdalena dan maria ibu yakobus dengan ketakutan keluar dari makam tersebut ( versi pendek ayat 1-8 )

Sementara versi panjang ( ayat 9-20 ) menulis tentang yesus menemui murid2nya,memerintahkan mengabarkan injil keseluruh dunia dan janji2 mukjizatnya,diakhiri dengan yesus terangkat ke surga,dan ini menjadi satu2nya ayat memerintahkan penyebaran injil keseluruh dunia di injil markus.selain itu imbas ayat2 tambahan ini menjadi dasar utama keyakinan kristen pantekosta/karismatik yg berbicara akan bahasa-bahasa asing/bahasa roh ,dan jg menjadi dasar bagi pendeta2 di gereja2 amerika yg gemar memamerkan memegang ular sebagai bukti kuasa Tuhan

Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
Mark 16:18 says, "They shall take up serpents; and if they drink any deadly thing, it shall not hurt them."


4.penampakan malaikat kepada yesus ( lukas 22:43-44 )

Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam

Ayat ini muncul pada perikop saat yesus berdoa di taman gestemani menjelang akan ditangkat utk penyaliban.ayat 22:43-44 menulis tentang malaikat yg menampakan diri kepada yesus utk menguatkan yesus.ayat ini tidak ada pada codex tertua chester beatty,codex vaticanus  jg tidak mencantumkannya,tapi ada di bezae codex.ayat ini mengganggu teologi dan byk bapa gereja masa lalu seolah merendahkan tuhan,bahwa yesus tidak membutuhkan penghiburan dari makhluk ciptaannya sendiri(malaikat).
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam

Sebagian besar alkitab termasuk NIV bible masih mencantumkan ayat ini,namun dengan keterangan ayat tersebut tidak ada di alkitab versi awal

5.Jesus prayer/doa bapa kami,doa utama kristen/katolik ( matius 6:13 )

Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam

Doa bapa adalah doa utama umat kristen/katolik diucapkan setiap kebaktian/misa.doa ini diajarkan yesus kepada orang orang tertulis di matius 6:9-13.khusus untuk ayat 6:13  para ahli menyimpulkan bahwa sebagian ayatnya,yaitu kalimat penutup doa merupakan tambahan belakangan/doxology,yaitu kata “karena engkaulah empunya kerajaan,  dan kuasa,dan kemulianmu sampai selama lamanya,amin”sehingga tidak ditulis dikebanyakan versi  alkitab moderen,tapi  sampai skrg di gereja katolik indonesia kalimat penutup doa tersebut masih diucapkan sebagai bagian dari doa.

dan msh byk lg
profile-picture
doomguythegodk memberi reputasi
1 0
1
Lihat 83 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 83 balasan
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 07:36

pemaksaan teologi lewat jalan merubah alkitab

seperti yg sdh ditulis sebelumnya,ada upaya upaya dr penyalin kitab suci mengubah atau menambahkan ayat utk menguatkan pandangan teologinya seperti ayat trinitas,kadang jg ayat dirubah/dihilangkan utk melemahkan teologi lawannya.contoh di ayat lukas 5:38-39 : tak seorangpun mengisi anggur baru kedalam kibrat yg lama..tapi anggur baru harus di isi kedalam kibrat yg baru.Dan tidak seorangpun yg telah minum anggur lama mengingginkan anggur baru,karena kata mereka "yang lama lebih enak"

keseluruhan ayat tersebut bisa menjadi senjata empuk yahudi berdebat dengan kristen,terutama kalimat terakhir sebagai kesimpulannya :"yang lama lebih enak"

yang lama = agama yahudi
yang baru = kristen

kalimat terakhir "yang lama lebih enak" sempat dihapus beberapa penyalin sebelum dipulihkan oleh penyalin2 lainnya

ada ayat yg diotak atik utk meredam serangan pihak luar kristen,internal kristen, dan gnosis,maklum,belum ada kata sepakat mengenai bagaimana status ketuhanan yesus sampai akhirnya dikukuhkan di konsili nicea.sebelum itu bahkan bapa bapa apologetik gereja seperti origenes,tertulian,dll memiliki rumusan masing masing.dari tangan2 org yg memperjuangkan teologi inilah modifikasi kitab suci terjadi :



1.anti adopsinostik


penganut paham adopsionik ini beranggapan yesus awalnya bukan tuhan,dia tidak lahir dari perawan,tp terlahir normal, adalah darah dan daging sampai kemudian dipilih Allah,dibaptis menjadi putra Allah krn kesolehannya lbh unggul daripada yahudi lain.salah satu penganut paham ini adalah sekte ebionit.

contoh serangan anti adopsionik ada di 1 tim 3:16 yang mengatakan "Allah yang dibuat nyata dalam daging",manuskrip awal sebenarnya menulis tentang "yang dibuat nyata dalam daging".perbedaannya sangat tipis dalam bahasa yunani,antara teta dan omrikon yg bentuknya sangat mirip(hanya beda di garis "-" di dalam huruf "O").editan ini berumur panjang sampai ke sebagian besar manuskrip bizantium dan sebagian besar terjemahan awal bahasa inggris.

contoh serangan antiadopsinis lain ada di injil lukas 2:33 :"bapaknya dan ibunya heran akan hal hal yg dikatakan tentang dia"

bapaknya? bukankah yesus dilahirkan dari perawan? maka kata "bapak" disana dirubah menjadi yusuf utk melemahkan paham adopsionis.editan "bapak" menjadi "yusuf" berlanjut saat yesus berumur 12 tahun dan menghilang di bait Allah.maria memarahi yesus "bapakmu dan aku mencarimu kemana mana!",sekali lagi tangan jahil penulis merubahnya menjadi "kami mencarimu kemana mana!"

contoh ketiga serangan antiadopsionis ada di markus 1:11 dan lukas 3:22 dimana yesus dibaptis oleh yohanes pembabtis dan suara datang dari surga : "engkaulah putraku yg kukasihi,aku berkenan kepadamu"

tapi ada jg manuskrip kuno yg menulis "engkaulah putraku,hari ini aku melahirkanmu"

"HARI INI aku melahirkanmu",jelas ayat tersebut sangat sesuai adopsionis.

dan meski sampai skrg ahli lom bisa memastikan mana ayat yg benar,namun nampaknya yg pro adopsionis yg lbh awal : "Hari ini aku melahirkanmu".dikarenakan ayat tersebut sering dikutip di alexandria,afrika utara,palestina,Gaul,hingga spanyol di abad ke-2 dan ke-3


2.anti doketisme

doktesime/dosentik beranggapan bahwa yesus tidak pernah benar benar menjadi manusia,ia hanya kelihatan sebagai manusia.salah satu penganut paham ini adalah marcion.lukas 5:43-44 tentang malaikat yg menghibur yesus adalah salah satu contoh ayat yg disisipkan utk melawan paham doketisme krn diayat tersebut yesus benar benar berkeringat seperti manusia.

-contoh ayat lain yg diduga disusupkan utk anti doketisme adalah lukas 22:17-19 : Kemudian Ia mengambil sebuah cawan, mengucap syukur, lalu berkata: "Ambillah ini dan bagikanlah di antara kamu. Sebab Aku berkata kepada kamu: mulai dari sekarang ini Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai Kerajaan Allah telah datang." Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya:

"Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku." Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku , yang ditumpahkan bagi kamu"


kalimat tersebut sangat akrab bagi penganut katolik roma,bahkan mngkn hapal diluar kepala.krn akan dibacakan setiap perjamuan misa saat umat akan mengambil hosti/simbol tubuh yesus.

kebanyakan manuskrip kuno menulis kalimat tersebut,tp ada beberapa manuskrip tertua yunani yg tidak memuat kalimat tersebut.jd memang kemungkinan ayat tersebut tambahan,tapi krn lbh byk manuskrip kuno yg menulisnya dr pd tidak ,maka ayat tersebut tetap tercantum di alkitab versi moderen skrg.yg jelas ayat tersebut mengandung teologi anti doketisme yg kuat.

-contoh lain lukas 24:51-52 : Dan ketika Ia(yesus) sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita.manuskrip awal dan manuskrip alexandria codex sinaiticus menulis demikian,begitu jg alkitab sekarang.namun manuskrip2 lain ada jg yg tidak menulis kata "dan ia terangkat ke surga",dan kalimat tersebut jelas mengandung teologi anti doketisme.skrg kita lihat buku lain yg ditulis oleh penulis yg sama dengan penulis injil lukas,yaitu kisah para rasul,lihat kitab para rasul 1:1-11 bahwa yesus memang terangkat ke surga,tapi itu terjadi setelah 40 hari setelah kebangkitan.bertentangan dengan lukas 24:51-52.

3.anti separasionis

paham ini dianut oleh kelompok gnosis/gnostik.bagi paham ini Yesus dibagi sebagai dua pribadi yg berbeda.pria yesus(sepenuhnya manusia) dan Allah yesus(sepenuhnya tuhan),menurut paham ini Yesus sementara waktu didiami pribadi ilahi,sehingga ia dapat membuat mukjizat,namun ketika yesus mau mati disalib maka pribadi ilahi tersebut meninggalkan dia sehingga yesus menjalani penyaliban sendirian,setelah yesus mati,maka ia dibangkitkan pribadi ilahi sebagai pahala atas kesetiaannya,dan ia terus mengajar kepada muridnya kebenaran kebenaran rahasia utk menghasilkan keselamatan.bagi ireanus,injil markus adalah injil yg disukai gnosis,ayat favoritnya adalah markus 15:34 yg berbunyi : "Allahku,Allahku,mengapa engkau meninggalkan aku?" kalimat yg terucap saat yesus sebelum wafat disalib.

ada jg versi injil petrus menjadi seperti ini : "kekuatanku, kekuatanku,mengapa engkau meninggalkan aku?"

dan beginilah versi injil filipus : "Allahku,allahku,mengapa o tuhan engkau meninggalkan aku?"karena ia mengatakan hal itu sewaktu disalib,karena disanalah ia terpisah.

dua injil terakhir(filipus dan petrus) akhirnya tidak dikanonisasi..salah satu alasannya krn terlalu gnosis

tapi bukan berarti ayat markus 15:34 bebas dr upaya gangguan..ada upaya upaya menghilangkan unsur2 yg bisa dimanfaatkan gnosis disana.beberapa dokumen latin dan yunani merubahnya menjadi "Allahku,allahku,mengapa engkau mencemohku?" menyesuaikan kondisi yesus saat disalib yg dicemooh orang2 ,seolah Allah ikut mencemoohnya.Namun kita tau versi ini tidak benar,krn bahasa aramik "lama sabachtani" memang berarti "mengapa engkau meninggalkanku" bukan "mengapa engkau mencemohku"

ada jg ibrani 2:9 berbunyi : "Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia "

kata "oleh kasih karunia Allah" (CHARITI THEOU)adalah versi alkitab skrg.namun kita pun boleh mencurigai bunyi kalimat tersebut.ada dua dokumen yg menulis "dengan terpisah dari Allah" (CHORIS THEOU).memang dua dokumen ini cuma berasal dari abad kesepuluh,tp salah satunya,yaitu Ms.1739 dikenal sebagai salinan berkualitas yg dibuat lgsg dari salinan manuskrip2 terawal yg sama tua nya dengan manuskrip2 awal yg kita temui skrg.yang menarik lg,origenes,ambrose,klemen,ireanus, dan jerome mengakui versi "terpisah dari Allah" lah yg benar,dan versi ini jg muncul di vulgata latin.meski demikian,krn kemunculannya yg jarang,maka ini dianggap masih belum cukup utk menggeser kata "oleh kasih karunia Allah" menjadi "terpisah dari Allah" dialkitab skrg.

4.sikap anti yahudi

yesus adalah org yahudi,bertradisi yahudi dan berdoa kepada Allah yg sama dengan org yahudi,namun pada perkembangan agama kristen memisahkan diri dari agama yahudi.tentu saja baik yahudi maupun kristen masing2 merasa benar dan yg lain salah,hal ini menimbulkan gesekan diantara keduanya.surat2 dari apologetik abad kedua menunjukkan sentimen anti yahudi yg kuat,seperti surat dari yustin martir yg mengklaim Allah memerintahkan sunat kepada yahudi sebagai penanda agar mereka layak dianiaya.Tertulian dan origenes mengklaim yerusalem dihancurkan romawi tahun 70 AD sebagai hukuman krn yahudi telah membunuh mesias.propaganda2 anti yahudi pun diduga menyusup ke Kitab suci :

-lukas 23:33-34 menulis tentang yesus mendoakan org (yahudi) yg menganiayanya melalui penyaliban."Bapa,ampunilah mereka krn mereka tidak tau apa yg mereka perbuat".namun codex2 tertua termasuk p75 chester beatty tidak memuat doa ini,tapi doa ini ada di codex sinaiticus dan sejumlah besar manuskrip.apakah doa ini ditambahkan belakangan atau dihapus?masih jadi perdebatan sampai skrg.kalau memang bagian tersebut dihapus,maka kita bisa menduganya sang pengedit ingin menghilangkan jejak yesus mengampuni yahudi.

-matius 27,ketika yesus lg diadili ponsius pilatus dan kemudian "menyerahkan dia(yesus) utk disalib".dalam beberapa manuskrip,termasuk codex sinaiticus,ayat tersebut dirubah menjadi "pilatus menyerahkan dia(yesus) kepada mereka(org yahudi) utk disalib" utk menekankan yahudi sebagai biang antagonis penyaliban yesus.

-matius 1:21 berbunyi "karena ia akan menyelamatkan umatnya dari dosa dosa mereka",pada manuskrip bahasa siria,ditemukan perubahan "karena dia akan menyelamatkan dunia dari dosa dosanya"

-yohanes 4:22 "...karena keselamatan berasal dari orang yahudi",tp pada beberapa manuskrip berbahasa latin dan siria dirubah menjadi "karena keselamatan berasal dari yudea"

dan masih byk lg

profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 07:39
gimana bisa bikinan manusia, lha wong Yesus aja sendiri yang ngomong Aku dan Bapa adalah satu. Aku didalam Bapa dan Bapa didalam Aku.

memahami trinitas simpelnya adalah manusia itu sendiri, manusia diciptakan serupa dengan Allah
Allah tritunggal : Bapa + Yesus + Roh Kudus, ketiganya ya satu
Manusia : Badan + Roh + Jiwa, kurang salah satu ya ga bisa disebut manusia normal
0 0
0
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 07:40
zhang inikan neo pki
malah gw heran sama yang gak percaya pki sekarang ini muncul kader pki yang jelas mendukung kejahatan pki
profile-picture
profile-picture
lubizers dan Sadhunter memberi reputasi
1 1
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 07:42
Quote:Pasalnya, kata sang netizen, Jozeph Paul Zhang tak hanya menyinggung agama lain melainkan juga sesama umat Kristen dengan menyebut mereka barbar hanya karena berbeda pendapat.


kalo baca potongan ini, di otak gue langsung keluarnya kadrun lagi carik dukungan kaper buat bungkam doi emoticon-Ngacir
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
1 0
1
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 07:45
Tbf, orang non-k suka ngawur juga sih. Kata ahli agama gurun, Trinitas itu Tuhannya tiga, Tuhan, Yesus, dan Maria.emoticon-Cape d...

Kadang gatalan juga ingin koreksi kengawuran ini.
Diubah oleh lupineprince
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Makati2019 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 07:54
bukanya konti meki sama pantat yak..
0 0
0
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 07:54
Yang biasa ngejek2 trinitas kan orang islam

Nah sekarang orang yang biasanya ngejek2 trinitas diejek sama ai zhang

Ya orang yg percaya trinitas apakah akan membela orang yg suka mengejek trinitas (orang islam) ?

0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 07:55
Subannalloh, paul zhang pecinta tauhid emoticon-Matabelo
profile-picture
aniespawangair memberi reputasi
1 0
1
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 07:58
Quote:Original Posted By zinaitudosa
bukanya konti meki sama pantat yak..

Ane tambahin mulusnye ya akhi emoticon-Request

Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 08:05
Jehova witness? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
aniespawangair dan suryahendro memberi reputasi
2 0
2
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 08:06
Jozeph Zhang ini siapa?
0 0
0
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 08:16
Kristen dibaptis dengan nama Yesus
Yesus dibaptis dengan nama sapa?
profile-picture
d112za memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 08:20
yang barbar itu orang Indon, mbacot gituan aja diributin ancam2 masuk penjara, terus kapan dewasanya?
Kalo gk suka gk usah didengarin, masak keyakinan tiap orang elo paksa sama. Biarkan yg berdebat sesama sipil, penegak hukum gk usah ikut2an.

Rejim joko bacot doang kodran kadrun, aslinya penjilat Kadrun

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doomguythegodk dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 08:42


Seenggaknya kekristenan di dukung pengakuan dr kalangan bkn kristen
Phlegon (80-140AD)
In a manner similar to Thallus, Julius Africanus also mentions a historian named Phlegon who wrote a chronicle of history around 140AD. In this history, Phlegon also mentions the darkness surrounding the crucifixion in an effort to explain it:

“Phlegon records that, in the time of Tiberius Caesar, at full moon, there was a full eclipse of the sun from the sixth to the ninth hour.” (Africanus, Chronography, 18:1)

Phlegon is also mentioned by Origen (an early church theologian and scholar, born in Alexandria):

“Now Phlegon, in the thirteenth or fourteenth book, I think, of his Chronicles, not only ascribed to Jesus a knowledge of future events . . . but also testified that the result corresponded to His predictions.” (Origen Against Celsus, Book 2, Chapter 14)

“And with regard to the eclipse in the time of Tiberius Caesar, in whose reign Jesus appears to have been crucified, and the great earthquakes which then took place … ” (Origen Against Celsus, Book 2, Chapter 33)

“Jesus, while alive, was of no assistance to himself, but that he arose after death, and exhibited the marks of his punishment, and showed how his hands had been pierced by nails.” (Origen Against Celsus, Book 2, Chapter 59)

From these accounts, we can add something to our understanding: Jesus had the ability to accurately predict the future, was crucified under the reign of Tiberius Caesar and demonstrated His wounds after he was resurrected.
Diubah oleh davidato
profile-picture
profile-picture
aniespawangair dan zhengweijian memberi reputasi
2 0
2
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 09:00
Yang ngangkat MurtadhaOne?

Penggiringan opini detected.

Pantesan si Joseph ini tau-tau keangkat.
0 0
0
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 09:01
bodo amat anjir lu masuk agama mana

lu emg cocok gabung geng waloni desak itu
0 0
0
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 09:05
Yg mendebatkan trinitas itu org yg iman di luar kristen, walau ngaku2 kristen...macem saksi jehova...
emoticon-Leh Uga
profile-picture
zhengweijian memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Emosi Soal Trinitas, Jozeph Paul Zhang: Kalau Yesus Ajarkan Itu Saya Masuk Islam
19-04-2021 09:08
kata kata terakhir Yesus "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

klo dia sendiri ngomong gak ngakuin trinitas trus baptisnya pake nama apa ?? cuma nama Yesus doang ??? sedang perintah Yesus gak gitu.
0 0
0
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia