Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
183
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607bd366d59f3b2401178f41/segarnya-es-semangka-buah-favorite-rosulullah-cocok-temani-buka-puasa-mu
Pertama-tama TS ucapkan MARHABAN YA RAMADHAN. Bulan penuh berkah dan ampunan, bagi muslim bulan ini adalah bulan paling di tunggu-tunggu kedatanganya. Dan menjadi bulan pembeda diantara bulan-bulan lainnya, karena kita sebagai muslim diwajibkan untuk berpuasa 1 bulan penuh, demi menjalankan perintah-Nya. Saat puasa kita harus menahan makan & minum,amarah/emosi, hawa nafsu dan hal lainnya yang dapa
Lapor Hansip
18-04-2021 13:36

Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !

icon-verified-thread
Pertama-tama TS ucapkan MARHABAN YA RAMADHAN. Bulan penuh berkah dan ampunan, bagi muslim bulan ini adalah bulan paling di tunggu-tunggu kedatanganya. Dan menjadi bulan pembeda diantara bulan-bulan lainnya, karena kita sebagai muslim diwajibkan untuk berpuasa 1 bulan penuh, demi menjalankan perintah-Nya.


Saat puasa kita harus menahan makan & minum,amarah/emosi, hawa nafsu dan hal lainnya yang dapat membatalkan puasa. nah hal yang paling di tunggu saat berpuasa tentu saja adalah saat berbuka, saat berpuasa setiap muslim sepertinya lebih merindukan adzan magrib dibandingkan dengan pasangannya sendiri. haha emoticon-Big Grin
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !

Saat menunggu berbuka inilah biasanya kita sibuk menyiapkan menu berbuka, entah itu minuman atau makanan. namun ingat apa yang di sunnah-kan oleh Rosulullah saat berbuka adalah dengan makanan/minuman yang manis.
Kali ini ane akan membagikan menu berbuka yang simple dan bisa dilakukan di rumah, ini salahsatu menu fovarite ane juga GanSis dan cocok untuk disajikan dalam skala besar seperti buka bersama teman atau keluarga besar.
Nama nya adalah ES SEMANGKA JELLY.
sesuai namanya bahan utama dari minuman menyegarkan ini adalah buah Semangka, yang tentu saja hampir setiap orang menyukai buah segar berwarna Merah (kuning juga ada) ini.

Untuk membeli bahan utamanya yaitu semangka, ane biasa beli buah di toko buah langganan ane dan istri. letak toko nya tidak jauh dari gang rumah, bisa berjalan kaki sekitar 5 menit. tapi jarang ane lakukan dan lebih memilih pakai motor (dasar orang indonesia, malas jalan kaki.. wkwk).
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !


setelah ber negosiasi dengan si mas nya, akhir nya ane dapet 1 buah semangka kuning dengan bobot 3.45 kg seharga Rp. 29.000,- (harga perkilogram nya Rp. 8500,-) dan karena ane termasuk pelanggan setia (cieelah setia), ane mandapatkan CASHBACK 1000 rupiah dari penjual. Lumayan kan buat bayar parkir swalayan emoticon-Big Grin

Kenapa ane pilih semangka kuning?
sebetulnya dari segi rasa sama saja menurut ane, tapi semangka kuning itu dari segi warna lebih fresh dan bikin ngiler aja daripada semangka merah.

Untuk bahan-bahan lain, ane membeli di Swalayan Saudara (Jepara Kota), Swalayan Saudara sendiri bisa kalian temukan di 2 lokasi jepara, tapi yang paling dekat dengan ane ya di Jepara Kota ini. FYI, disini tidak ada Supermarket seperti Giant, Carrefour, Hypermart,dst. jadi supermarket sekaligus Mall di jepara ya hanya Swalayan Saudara ini (sampai tulisan ini dibuat ya).
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !


Quote:
HARGA

Semangka Kuning = Rp. 29.000,- jadi Rp. 28.000,-
Sirup Indofood Freis = Rp. 18.000,-
Susu Frisian Flag = Rp. 5.700,-
Nutrijell Kelapa =  Rp. 5.000,-
Biji Selasih = Rp. 6.000,-
Gula Pasir = Masih ada Stok, tidak perlu beli.
TOTAL HARGA = Rp. 62.000,- saja

oke mari kita langsung buat saja minuman seger ini.
Quote:
BAHAN-BAHAN

Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !

- 1/2 buah Semangka Kuning (bisa diganti dengan Semangka Merah)
- 8sdm Sirup Indofood Freis rasa Pandan (bisa merk lain)
- 1 sachet Nutrijel rasa Kelapa
- 1 box kecil Susu Frisian Flag full cream (bisa merk lain)
- 2sdm/secukupnya Biji Selasih
- 100gr gula pasir, untuk dicampurkan ke nutrijell.

Quote:
CARA MEMBUAT

- Rendam biji selasih dengan air panas, tunggu hingga mengembang. lalu saring.

spoiler

- Siapkan wajan, masukan Air putih 500ml, 100gr gula pasir dan 1 sachet Nutrijell Kelapa, aduk hingga air mendidih, lalu diamkan hingga jadi jelly. Jelly disini bisa kalian ganti dengan Nata de'coco ya. sesuai selera saja.

spoiler

- Potong semangka menjadi 2, potong-potong sesuai selera. disini ane pakai alat berbentuk bulat.

spoiler

- Potong jelly yang sudah jadi sesuai selera.
- Masukan Susu Full cream, Biji Selasih, dan Sirup kedalam wadah. aduk hingga rata.

spoiler

- Tambahkan potongan jelly dan Semangka sesuai selera.

spoiler

- Sajikan es semangka kedalam galas yang telah dikasih es batu.

spoiler


Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !

cukup mudah bukan? GanSis bisa banget buat Es Semangka Jelly ini dirumah ko. bahan-bahannya mudah ditemukan.

Semangka sangat cocok untuk ta'jil saat puasa, selain karena rasanya yang manis dan bikin seger, semangka merupakan salahsatu buah favorite Rosulullah lho GanSis.
Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Tak satupun dari wanita yang sedang hamil dan makan semangka akan gagal untuk menghasilkan keturunan yang baik di wajah dan sangat baik dalam sifat.”
Selain itu, kegemaran Nabi Muhammad SAW dalam mengonsumsi buah semangkan juga dijelaskan dari riwayat Aisyah bahwa, “Sesungguhnya Nabi -SAW- sering makan semangka disertai ruthab.” (HR.at-Tirmidzy no.1843, dishahihkan oleh al-Albany dalam Shahih at-Tirmidzy no.1843)."
Tentunya ada yang disukai oleh Rosulullah merupakan hal yang sangat baik untuk manusia ya.
Terimakasih untuk gan @monto12 sudah mengingatkan ane sumber dalilnya.

Quote:
buktinya, kandungan dalam buah semangka ini sangat banyak, diantaranya:

• Energi: 28 kal
• Protein: 0,5 g
• Lemak: 0,2 g
• Karbohidrat: 6,9 g
• Serat: 0,4 g
• Kalsium: 7 mg
• Fosfor: 12 mg
• Natrium: 7 mg
• Kalium: 93,8 mg
• Vitamin C: 6 mg, dll
Buah semangka memiliki segudang Manfaat untuk tubuh manusia, seperti:

- Menjaga kesehatan jantung
- Memenuhi kebutuhan cairan tubuh
- Mencegah pembentukan batu ginjal
- Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit
- Membantu mengendalikan gula darah
- Mengatasi nyeri otot
- Meningkatkan nafsu bercinta (ini khusus bagi yang sudah menikah ya)

Yuk mari makan semangka dari sekarang, tapi ingat jangan terlalu berlebihan ya. karena segala sesuatu yang berlebihan itu TIDAK BAIK.
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !

sumber foto: Pribadi
referensi: kandungan & manfaat semangka



Diubah oleh standalone17
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 36 lainnya memberi reputasi
35
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 13:40
Enak nih semangkaaa kuningggg
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan standalone17 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 13:47
SEGERNYA...!!!
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 13:51
Ane demen sama selasih..
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan standalone17 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 14:13
Jadi kepingin sumpah
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 14:14
Ane kira yg kuning lebih anyep

Drpd yg bulat ane sukanyg lonjong

Lbh garing
profile-picture
profile-picture
standalone17 dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 14:19
Mantab

emoticon-Toast
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 14:19
Itu buat sebanyak itu dimakan sama siapa aja😀
Diubah oleh trifatoyah
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 14:22
Seger banget kayaknya
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 14:24
Syeger dan manis
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 14:28
Woww segarr bangettt
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 14:56
Ts antara sengaja cari sensasi atau entahlah dengan mengatakan salah satu buah favorit rasulullah
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 15:01
Widih lengkap bgt tritnya
Diubah oleh Rainbow555
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 15:17
Buah semangka memang segerr sih, apalagi dimakan pas haus gitu cocok untuk pelega dahaga karna buah dengan kandungan air yang banyak
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 15:30
Widihh...jam segini liat gambar es semangka..
Sabar...sabar...
emoticon-Hammer2
Diubah oleh rancamaya
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 15:35
Mantap nih
Tp ane gak suka biji selasih. Bentuknya kayak telur kodokemoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
standalone17 dan jamban.bocor memberi reputasi
2 0
2
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 15:48
yah, Ane kena clickbait.
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 15:53
bener gan, cokok banget buat di cokokin
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan standalone17 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 16:45
emoticon-Tepuk Tangan jadi kepengen
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 17:09
wah es semangka, seger bener ini. duh sebentar lagi buka. mana sempet belanja semangka nya. besok aja lah. nice trit gan.
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Segarnya Es Semangka, Buah Favorite Rosulullah. Cocok Temani buka Puasa mu !
18-04-2021 17:10
Seger banget euyy emoticon-Toast
profile-picture
standalone17 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia