Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
49
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607bd0b100d41f77e5430113/pesmol-ikan-mas-kuliner-khas-sunda-pelengkap-menu-berbuka-puasa-yang-lezatnya-nampol
Pesmol Ikan Mas Khas Sunda Assalamualaikum sahabat Kaskus .... Masih semangat menjalani puasa ramadhan? Semoga makin semangat ya, apalagi kita sudah hampir genap satu minggu berjuang menahan haus, lapar dan tentunya menahan hawa nafsu juga. Biasanya yang paling bingung itu menyiapkan menu untuk makan setelah menikmati takjil, atau menu untuk sahur. Seminggu pertama biasanya aneka resep masakan sud
Lapor Hansip
18-04-2021 13:24

Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol

icon-verified-thread
Pesmol Ikan Mas Khas Sunda

Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol


Assalamualaikum sahabat Kaskus ....

Masih semangat menjalani puasa ramadhan? Semoga makin semangat ya, apalagi kita sudah hampir genap satu minggu berjuang menahan haus, lapar dan tentunya menahan hawa nafsu juga.

Biasanya yang paling bingung itu menyiapkan menu untuk makan setelah menikmati takjil, atau menu untuk sahur. Seminggu pertama biasanya aneka resep masakan sudah dicoba.

Aneka pilihan bahan dasar protein hewani biasanya menjadi pilihan yang menggugah selera. Seperti daging sapi, daging ayam, ikan mas, ikan laut atau menu seafood.

Berhubung keluarga saya, terutama suami suka alergi dengan daging sapi atau daging kambing. Pilihan menu saya jatuh dengan ikan mas. Selain murah meriah juga gampang dimasaknya.

Dalam budaya sunda ikan mas ini ada berbagai jenis olahan. Diantaranya pais atau pepes, pindang atau sejenis gulai, pesmol atau balado, dan juga ikan bakar.


Kali ini saya mau mencoba mengolah ikan mas menjadi pesmol yang lezat. Ok, bagi agan sista yang penasaran, yuk disimak langkah-langkahnya.


Quote:Bahan-bahan:

Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
Ikan mas: dokpri

1/2 kilogram ikan mas


Bumbu_bumbu:

250 ml santan kental
1 lembar daun jeruk
2 batang serai
2 lembar daun salam
1 buah tomat
3 lembar bawang daun
Bawang goreng secukupnya.
Merica bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Laos 1 ruas geprek
Gula merah secukupnya
Cabe rawit secukupnya

Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
Bumbu tambahan: dokpri

Bumbu halus:

4 buah bawang putih
3 buah bawang merah
4 buah kemiri
5 buah cabe merah
Jahe 1 ruas

Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
Bumbu yang sudah dihaluskan: dokpri

Langkah-langkah:

1. Bersihkan ikan dari kotoran dan darah di air mengalir. Kerat tengahnya sedikit saja. Lumuri garam dan diamkan.

2. Goreng ikan mas hingga matang sempurna

Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
Dokpri

3. Di tempat lain ulek atau blender bumbu halus


4. Tumis bumbu halus, masukan batang serai, daun jeruk, tomat iris, bawang daun iris, daun salam dan bumbu tabur.

Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
Dokpri

5. Masukkan santan dan aduk hingga mendidih.

Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
Dokpri

6. Masukkan ikan goreng ke dalam wajan yang berisi bumbu

7. Masak dan tutup biar empuk selama 25 menit.

Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol

8. Angkat pesmol ikan mas dan sajikan.

Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
Dokpri


Pesmol ikan ini sangat lezat dan cocok menemani nasi hangat dan lalapan rebus plus sambal terasi. Empuk dan gurihnya daging ikan mas menyatu dalam mulut menghasilkan sensasi yang luar biasa. Dijamin lapar seharian akan terbayar dengan kenikmatan yang hakiki ini Gansis.

Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
Dokpri

Salah satu manfaat yang dimiliki oleh ikan mas adalah mengandung omega 3. Omega 3 sangat baik untuk kesehatan jantung. Fungsi lainnya adalah mampu mengontrol detak jantung agar normal. Ketika seseorang mengonsumsi 2 porsi seminggu, ternyata dapat mengurangi resiko gagal jantung.

Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi Gansis untuk memasak di bulan Ramadhan 🥰.

Jangan lupa jaga stamina dan kesehatan di bulan ramadhan, tetap semangat puasanya!

Salam santun,


Opini pribadi
Referensi: klik
Gambar: dokumen pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
annaharry dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
18-04-2021 13:25
Pesmol ikan mas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
18-04-2021 13:25
Kuliner di bulan ramadhan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
18-04-2021 13:26
Masakan sederhana tapi mantul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
miniadila dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
18-04-2021 13:29
Mantap, lihat gambarnya bikin ngiler. Terima kasih, Sist, sharing resepnya 🤩👍
profile-picture
profile-picture
zatilmutie dan Tetysheba memberi reputasi
2 0
2
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
18-04-2021 13:58
Mantap, biasanya mamah nih suka bikin kalau habis kuras kolam.
profile-picture
profile-picture
zatilmutie dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
18-04-2021 14:23
Yummy nih
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
18-04-2021 15:22
Kalo ikannya gak digoreng dulu bisa kan ya gan
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
18-04-2021 20:02
Enak nya
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
18-04-2021 22:43
Wiiih ini dia , kuaah nya aja ane demen bgtv(cuco sama lauk apa aja klo ane) apalagi sama ikannya emoticon-Jempol
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
19-04-2021 00:57
bikin pesmol pake gula merah juga ya. nyokap ane kalo bikin garem doang kayanya *sotoy si padahal ane cuma makan doang emoticon-Wakaka
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
19-04-2021 01:26
Klo udah makan ginian, abis deh dibongkar ampe kepala2nya nyisain duri gede aja emoticon-Ngakak
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
19-04-2021 06:15
Inspirasi buat masak ikan ikanan nih, biar nggak bosen dimasak itu itu aja sih
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
19-04-2021 19:52
Menarikk nihh karena memanglah prosesinya bahan mudah dan sangatlah pembuatnya juga mudah. Selmat mencoba ya.
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
19-04-2021 20:02
Menu buka aink barusan
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
19-04-2021 20:07
Pesmol itu apa sih?
Brengkesan itu ta kalo dlm bhs jawa timur?
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
19-04-2021 22:32
Mantull. Kemarin ane bikin pesmol ikan golokPesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
20-04-2021 13:30
Bukan Pesmol: Pesang Molen lho ya emoticon-Big Grin
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
21-04-2021 01:09
Kalo ikannya diganti dengan ikan yg lain bisa kaga gan 🙄
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
21-04-2021 09:39
Sebutannya pesmol yak .. ane pernah bikin aih tapi nyebutnya ya ikan disayur santan wkwk gak tau namanya sih. Bisa diganti selain ikan mas lah ya, misal gurami ato ikan pindang gt. Ane pernah bikin sih pake ikan pindang
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pesmol Ikan Mas, Kuliner Khas Sunda Pelengkap Menu Berbuka Puasa Yang Lezatnya Nampol
23-04-2021 08:14
Kesukaan Enya juga, nih. Apalagi kalau banyak rawit bulat-bulatnya. 😁
Diubah oleh enyahernawati
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia