Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
33
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607abe8361d98b0d2452e5b7/jojorong-si-manis-dari-pandeglang
sumber gambar Hai Gan, Hai Sis. Masih pada semangat puasanya? Masih dong yaa! Pernah mendengar nama kue yang unik dan aneh? Ane rasa semuanya pasti pernah mendengarnya, bahkan juga tahu dan bisa membuatnya. Jika agan dan sista kebetulan sedang berada di daerah Banten, khususnya Kota Pandeglang dan Lebak, pastilah agan dan sista seranah kaskus raya akan berjumpa dengan jajanan kue yang bernama Jojo
Lapor Hansip
17-04-2021 17:54

Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang

Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
sumber gambar

Hai Gan, Hai Sis.
Masih pada semangat puasanya? Masih dong yaa!

Pernah mendengar nama kue yang unik dan aneh? Ane rasa semuanya pasti pernah mendengarnya, bahkan juga tahu dan bisa membuatnya.

Jika agan dan sista kebetulan sedang berada di daerah Banten, khususnya Kota Pandeglang dan Lebak, pastilah agan dan sista seranah kaskus raya akan berjumpa dengan jajanan kue yang bernama Jojorong.

Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
sumber gambar

Jojorong adalah kue Khas Banten yang terbuat dari tepung kanji, tepung beras dan dibalut dengan gula merah yang sangat memanjakan lidah dengan rasa manisnya, dibungkus menggunakan takir yang terbuat dari daun pisang yang dibentuk menyerupai mangkok. Sudah dipastikan agan dan sista seranah kaskus bakalan suka karena rasanya yang enak.

Entah dari mana asal muasal nama Jojorong itu disematkan, yang jelas kue ini banyak ditemui di daerah Lebak dan Pandeglang, apalagi kalau memasuki bulan ramadhan. Para pedagang kue di pasar atau pun pedagang dadakan ramadhan banyak yang menjajak kue jojorong ini.

Gimana sih cara membuat dan apa saja bahan serta resepnya? Kuy disimak thread ane tentang Jojorong, kue khas tanah kelahiran ane.

Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
sumber gambar

Quote:


Nah, simple kan gansis? Bahannya juga gak susah buat dicari. Banyak di warung-warung tetangga sebelah rumah, jadi gak perlu jauh-jauh pergi kepasar.

Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
sumber gambar

Untuk membuat takir atau bungkus kue Jojorong, diperlukan keahlian juga gansis, biar bisa simetris dan bentuknya bagus sempurna. Gak jarang juga ane temui, ada yang bisa membuat kue jojorong, tapi gak bisa ngebentuk takirnya. Alhasil menyewa tenaga orang lain, niat mau irit bikin jajan pembuka puasa, malah sama saja dengan membeli.

Ukuran takir sendiri beragam, tergantung orang yang membuatnya. Umumnya, ukuran takir itu berdiameter 5/6cm, karena kalau lebih dari ukuran itu, kue jojorong tidak terlihat ciamik, apalagi kalau mau dijajakan, tampilan harus sesuai juga seragam.

Oke dah gansis, selamat berkreasi di dapur yaa. Jangan lupa tetap semangat berpuasa.

Thanks For Visiting
emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih
Ditulis Oleh:
Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
17-04-2021 17:55
Reserved
0 0
0
Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
17-04-2021 17:55
Selamat berbuka puasa
0 0
0
Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
18-04-2021 01:13
jangan lupa balok menes, dan apem manohara dari cimanuk
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
18-04-2021 03:35
Mirip2 dengan makanan bubur lolos,sama juga dibungkus daun pisang, rasa manis gula aren sebagian, dan asin gurih satan sebagian..cocok buat takjil juga..yummmy
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan andrerain5 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
18-04-2021 03:53
waaaaaah kalau di kalsel mirip sama jajanan lokal sini yg namanya babongko gan . cuman disini kemasannya gak bentukan wadah gitu tapi dibungkus kek nasi . nice info gan
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
18-04-2021 05:03
Belum percaya nyoba kyknya
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
18-04-2021 11:02
Ini bentuk ny kyk bubur sumsum
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
19-04-2021 06:25
Belumm pernah nyobain, tapi kalau makanan tradisional sih udah pasti enak nih
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
19-04-2021 12:39
sedap ini,mirip2 bubur lolos klo di tempat ane mah emoticon-Angkat Beer
profile-picture
andrerain5 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
20-04-2021 23:15
enak kayaknya nih. mirip-mirip bubur sumsum kah rasanya??
0 0
0
Jojorong, Si Manis Dari Pandeglang
30-04-2021 19:55
Mirip bubur sumsum yaahh... Cmn kalo bubur sumsum beda bungkus nya aja
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
The Rest of the World (International Food)
nikmatnya-menyantap-soba-asli-di-restoran-tertua-di-jepang
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia