Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
176
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6079df42d52cbc501472d024/lauk-pauk-sahur-masih-sisa-yuk-dibuat-takjil-agar-tidak-terbuang-percuma
Sebagai seorang istri sudah masak dengan menghabiskan energi saat yang lain pada tidur, melihat masakan sering terbuang rasanya sayang-sayang, sedih, akhirnya lauk pauk sahur saya jadikan takjil, sebelumnya lauk pauk sahur dipastikan disimpan di lemari pendingin.
Lapor Hansip
17-04-2021 02:02

Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Takjil yang Tak Pernah Luput TS Sajikan Ketika Ramadhan!

Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!

Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!

Dalam bahasa Arab takjil adalah menyegerakan untuk berbuka puasa dengan makanan/minuman yang manis, kalau menurut KBBI ada 2 (dua) pengertian, saya screenshotkan pengertian dibawah ini;👇


Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!

Jadi, sekarang tidak usah takut salah kaprah tentang pengertian takjil, karena KBBI sudah menambahkan pengertian takjil yaitu makanan untuk berbuka puasa.🤭



Masakan sahur sering sekali tidak habis, kadang malah terbuang percuma, karena saat buka pun anak dan suami jarang mau makan dengan masakan yang sama, apalagi saat suami pulang malam, disediain lauk pauk sahur (angetan) yang dimakan hanya makanan sebagai takjil saja.


Sebagai seorang istri sudah masak dengan menghabiskan energi saat yang lain pada tidur, melihat masakan sering terbuang rasanya sayang-sayang, sedih, akhirnya lauk pauk sahur saya jadikan takjil, sebelumnya lauk pauk sahur dipastikan disimpan di lemari pendingin.


Kulit lumpia isi Capcay



Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!

Saat sahur masih ada sisa jamur capcay, daripada dibuang mending buat isian kulit lumpia, caranya sangat mudah loh gansis.



Quote:Bahan-bahan;


🌯1 bungkus kulit lumpia, biasa isi 9, kebetulan saya beli 2 bungkus, bisa buat besok lagi dengan isian berbeda.

🌯 Bahan capcay, berupa wortel, sawi (skip) ganti daun bawang, kembang kol, brokoli, dan bakso.

🌯 1 Kuning telur sebagai perekat (lem).

🌯 Penyedap/garam 

🌯 Minyak untuk menggoreng


Cara Membuatnya:


👉 Buang kuah capcay, tiriskan lalu tambahkan sedikit penyedap, karena sebelumnya capcay sudah diberi bumbu-bumbu, jadi tinggal dicicip kurang rasa atau tidak.

👉 Masukkan telur, saya hanya gunakan kuningnya saja.

👉 Masukkan ke dalam kulit.

👉 Goreng dengan minyak sedang, jangan terlalu panas nanti gosong.

👉 Siap dinikmati.



Kulit Lumpia Isi Jamur



Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!

Quote:Oseng jamur saya campur dengan bahan capcay sisa sahur, tinggal saya tambahkan telor. Cara membuatnya sama dengan isian capcay, saya iriskan wortel, jagung manis, dan daun bawang, serta tambahkan kornet.



Kulit Lumpia Piscok



Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!

Quote:Pisang coklat keju cara saya agar anak suka makan buah, berhubung dia tidak habis makannya, saya simpan di kulkas, kalau dihangatkan coklat akan meleleh, agar tidak terbuang saya jadikan kulit lumpia pisang coklat, tinggal ditambahkan mesesnya saja ya gansis.



Bakwan Isian Sayur Sop



Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!

Quote:Karena kuah sayur sopnya sudah habis, karena anak hanya suka dengan kuahnya saja, sayurannya buat dijadikan bakwan karena bosan jika 3 hari berturut-turut makan takjil dengan gorengan kulit lumpia, sayur sop yang tersisa saya jadikan bakwan.

adonan bakwan

Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!

Cara membuatnya pun mudah;


Bahan-bahan;

Bahan yang dihaluskan;

👉2-3 butir kemiri 

👉Satu sachet lada bulat (Rp.1000) bisa menggunakan lada bubuk

👉2 siung bawang putih

👉Ketumbar secukupnya


Bahan Lainnya;

👉Irisan cabe rawit 

👉Penyedap rasa

👉Tepung terigu secukupnya

👉Sayur sop

👉Air


Cara membuatnya:


Bahan-bahan yang sudah dihaluskan masukkan ke tepung terigu, tambahkan air, masukkan irisan cabe rawit dan sisa sayur sop ( jika sayur sopnya masih banyak kuahnya cukup menggunakan sayur sop, tinggal ditambah terigu, cicipi kalau kurang rasa tinggal tambahkan garam).


Bakwan sayur sop siap disajikan, saya hanya jadi kurang lebih 10 bakwan, itu pun bisa untuk lauk sahur.


Selain bakwan, sayur sop yang tersisa saya buat isian tahu goreng, caranya pun sama dengan bakwan goreng ya gansis. 



Tahu Isian Sayur Sop



Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!

Quote:Cara membuatnya sama dengan bakwan ya gansis, kalau tidak mau ribet sekarang sudah tersedia tepung bakwan praktis tanpa menambahkan bumbu-bumbu lainnya.


Martabak Mi



Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!

Quote:Sahur dengan mi masih tersisa, mi kuahnya saya buang, tinggal tambahkan 2 (dua) telur dan sedikit garam, mi jadi tidak terbuang.



Selain gorengan, takjil yang harus ada saat Ramadan yaitu;



Quote:Makan gorengan setelah makan kurma/nabeez dan madu.


Quote:Sebisa mungkin, masakan yang ada bisa habis termakan, karena lelahnya seorang istri/ibu saat memasak, akan hilang ketika melihat suami dan anak makan dengan lahap.~ cahaya😍❣️



Jakarta, 01:52
Sabtu, 17 April 2021



Terimakasih yang sudah membaca


emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih


Keep smile and istiqamah.


Kalau saya keder dalam menarasikan, tolong beri saran dan kritik dengan cara yang sopan.
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2


Opini pribadi, referensi link tercantum


Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!

ikutan eventnya
Diubah oleh Cahayahalimah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubangkaca dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 02:02
Akhirnya jadi juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 02:07
Keder kebanyakan gambar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 02:09
Edit nanti lagi deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 02:22
Boleh dong grab food
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan Cahayahalimah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 03:48
Lumayan nih buat referensi, cuma trkadang buat ngolah lagi suka males 😁
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 04:02
Ide yang sangat keren dan kreatif
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 04:20
Bisa berbuka dengan teh manis aja dah Alhamdulillah bre
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 04:53
Intinya jangan membuang sisa makanan selagi masih bisa dgunkan dan layak untuk dimkan.
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 05:09
Wah kreatif banget bun. Patut dicoba ini
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 05:13
Ane paling gak bisa makan makanan sisa hidangan sebelumnya.
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 05:35
Kreatif ini dengan kata eman-eman andalan para emak 😂
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 08:05
Ane pilih mienya aja dehemoticon-Big Grin
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 08:29
Takjil cem yg di makassar?
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 08:36
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
Beli padaku saja
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 11:14
Auto laper eh puasa 🙊🙈🙈🙈
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 14:58
Keren ya idenya
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 17:55
penyelamatnya adalah kulit lumpia emoticon-Big Grin
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 19:26
bener nih biar ga mubadzir
kadang kalo puasa suka khilaf, masak banyak tapi nggak habis
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 19:35
Mantab idenya sis
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lauk Pauk Sahur Masih Sisa? Yuk Dibuat Takjil Agar Tidak Terbuang Percuma!
17-04-2021 22:02
Wah udah ada nih ...
Mantep nih yang renyah + yang seger.
Mudah2an puasa tahun depan bisa bikin.
Semoga umur masih sampai ...
emoticon-Traveller
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia