Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
141
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607900fe889a4828240f410f/meugang-sebuah-tradisi-menjelang-ramadhan-di-tanah-serambi-mekkah
Meugang itu sebenarnya ada dua hari, makanya disambut dua hari sebelum Ramadhan. Dalam istilah bahasa Aceh disebut Meugang Ubeut atau meugang kecil, yaitu meugang yang disambut dua hari sebelum Ramadhan. Selanjutnya ada Meugang Rayeuk atau meugang besar, yaitu meugang yang dilakukan sehari sebelum menyambut puasa.
Lapor Hansip
16-04-2021 10:14

'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah

Past Hot Thread
icon-verified-thread
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah

Hai, Agansis sekaskus raya! Welcome back to my thread. Apa kabarnya nih, udah empat hari aja ya kita puasa, gimana sehat, masih semangat?
Harus dong!

'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
sumber gambar
Tradisi Meugang di Aceh

Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang dinanti oleh semua umat Islam di setiap tahunnya. Bulan suci yang menjadi momen dan kesempatan untuk manusia bertaubat dan memperoleh kemampuan dari Allah SWT. Maka dari itu, untuk manyambut Ramadhan, setiap daerah mempunyai cara tersendiri dalam memeriahkan, dalam menyambut bulan itu dengan penuh suka cita. Termasuk Aceh, tanah kelahiran ane, tanah para ulama tercinta.

Di Aceh, ada satu tradisi yang cukup unik, ane rasa tradisi ini sudah cukup dikenal hingga seluruh Indonesia.

Tradisi itu adalah Meugang.

Meugang atau orang juga menyebut Makmeugang adalah sebuah tradisi di Aceh menjelang menyambut bulan Ramadhan. Biasanya Meugang dilakukan sehari atau dua hari sebelum memasuki Ramadhan.

Meugang itu sebenarnya ada dua hari, makanya disambut dua hari sebelum Ramadhan. Dalam istilah bahasa Aceh disebut Meugang Ubeut atau meugang kecil, yaitu meugang yang disambut dua hari sebelum Ramadhan. Selanjutnya ada Meugang Rayeuk atau meugang besar, yaitu meugang yang dilakukan sehari sebelum menyambut puasa.

'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
sumber gambar

Tak hanya saat menyambut puasa, tradisi meugang juga dilakukan sehari sebelum menyambut Idul Fitri dan Idul Adha. Jadi, dalam setahun, di Aceh ada tiga kali meugang.

Tradisi Meugang di Aceh sudah dilakukan turun temurun sejak sebelum Sultan Iskandar Muda memerintah di Aceh ratusan tahun lalu. Ketika Sultan Iskandar Muda menjadi raja di Aceh, tradisi ini semakin kuat dan masih ada sampai sekarang. Tradisi ini bermula ketika sang raja ingin menyantuni fakir miskin, anak yatim dan kaum dhuafa yang akan menjalani puasa esok hari. Pada masa raja, disantuni dengan memberikan daging, kain dan uang untuk kebutuhan mereka. Hal ini semacam menyetarakan rasa, ibaratnya orang-orang kaya bisa makan daging, maka orang miskin juga harus. Raja-raja terdahulu ingin semua masyarakat Aceh bisa merasakan #RamadanBerkah

Makanya sampai sekarang, di Aceh ada program penyantunan saat hari Meugang, dilakukan oleh lembaga tertentu seperti baitul mal.

Jadi, memang dari nenek moyang sudah ada tradisi ini.

'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
sumber gambar

Di hari Meugang, semua orang akan membeli daging sapi atau kerbau untuk diolah dan disantap di rumah masing-masing. Ada juga yang menambah dengan daging ayam atau kambing bagi yang mampu. Membeli daging sapi di hari meugang sudah menjadi kewjiban untuk semua masyarakat Aceh. Wajib di sini bukan berarti kalau tidak beli jadi dosa, bukan! Tapi lebih ke wajib secara adat istiadat yang telah mendarah daging. Rasanya jika tidak bisa membeli daging di hari meugang ini sedih sekali, akan merasa kecil hati, sedih, bahkan merasa diri terlalu miskin. Intinya tak terbayang kesedihan orangtua jika di hari Meugang tak mampu beli daging.

'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
sumber gambar
Tak hanya beli daging, masyarakat Aceh juga beramai-ramai membeli bumbu dapur

Biasanya para pemotong sapi akan bekerja, menyembelih saat malam. Sedangkan para pembeli akan membeli malam juga atau waktu subuh, perkilo dijual 180-200 ribu rupiah. Daging itu akan dibawa pulang ke rumah, dimasak merah, kari, rendang atau sesuai selera.

Biasanya anak-anak akan dilarang oleh orangtuanya makan di rumah orang lain, wajib makan di rumah untuk menikmati sensasi kebersamaan. Ane ingat dulu waktu masih kecil, saat hari Meugang emak banyak banget ngolah makanan. Ada kari, rendang, sop tulang pakai mie aceh kayak mie kuah gitu, ada kerupuk, dll. Orang tua selalu nyuruh makan sepuasnya biar besok bisa puasa dengan tenang, gak ingat-ingat makanan.

'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
sumber gambar

Hari Meugang di Aceh sangat semarak, mulai dari malam penyembelihan hingga saat pagi pembeli memilih-milih daging. Dulu, adik ane tiap meugang selalu nonton proses penyembelihan sapi. Ada euforia tersendiri bagi anak-anak. Ane juga ingat, saat dulu belum punya blender, Mak ane dari malam udah meracik bumbu untuk masak esok hari. Antusias dan euforianya sangat terasa.

Sekarang meskipun udah gede segini, kegembiraan itu tetap terasa. Bukan hanya tentang makan enak, tapi tentang penyatuan kenangan dan kebersamaan.

Well, Agansis, itulah sedikit pembahasan dari ane tentang sebuah tradisi dari daerah ane. Tradisi daerah Agansis apa?

Share di sini ya!

Sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk cendol, rate, komen dan share ya. See you emoticon-2 Jempolemoticon-Cendol Ganemoticon-terimakasih

Ditulis oleh @ElviHusna
Opini pribadi


Diubah oleh ElviHusna
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c4punk1950... dan 35 lainnya memberi reputasi
36
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
16-04-2021 10:14
Pejwan!
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
16-04-2021 10:14
Meugang euy, makan enak
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
16-04-2021 10:20
Mirip tradisi Lampung juga ya ternya mbak emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
16-04-2021 10:28
Baru tau ada tradisi kek gituemoticon-Matabelo
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
16-04-2021 10:33
ane coba nginget2 dulu, di tmpt ane tradisi apa ya kalo nyambut ramadhan emoticon-Bingung
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
16-04-2021 11:46
Waah rame banget, Indonesia memang kaya tradisiemoticon-Tepuk Tangan
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
1 0
1
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
16-04-2021 12:09
Ane malah baru tau kalau ada tradisi semacam ini. Tp kasian ya gan sis bgi masyrkat yg gk bisa beli daging saat hari itu
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
1 0
1
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
16-04-2021 13:08
mantap emoticon-Toast
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
1 0
1
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
16-04-2021 14:12
Di jawa namanya
Quote:MEGENGAN
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan ElviHusna memberi reputasi
2 0
2
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
16-04-2021 14:14
Ane baru tahu ada tradisi semacam ini 🤩
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
1 0
1
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
16-04-2021 14:25
Quote:Original Posted By lianasari993
Waah rame banget, Indonesia memang kaya tradisiemoticon-Tepuk Tangan


Iya, ane cinta Indonesiaemoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By kenesdw
Ane malah baru tau kalau ada tradisi semacam ini. Tp kasian ya gan sis bgi masyrkat yg gk bisa beli daging saat hari itu


Iya, tapi hampir gak ada sih.

Quote:Original Posted By cemenk...
mantap emoticon-Toast


Quote:Original Posted By rabrahamf
Di jawa namanya


Hampir sama ya namanya

Quote:Original Posted By suciasdhan
Ane baru tahu ada tradisi semacam ini 🤩


Iya nih, sis
profile-picture
lianasari993 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
16-04-2021 15:03
Nice info gan
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
1 0
1
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
16-04-2021 16:12
Tanya dulu......, ini tradisi meugang ssuai dengan syariat islam dan swsuai dengan alquran dan sunnah
Jangan2 ini tradisi bidah.....cek dulu
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
16-04-2021 18:14
Quote:Original Posted By ondapriatna
Nice info gan


Thanks mampirnya, gan.

Quote:Original Posted By alamskarat
Tanya dulu......, ini tradisi meugang ssuai dengan syariat islam dan swsuai dengan alquran dan sunnah
Jangan2 ini tradisi bidah.....cek dulu


Tidak ada praktek syirik atau melanggar syariat dalam tradisi meugang. Jadi menurut ane boleh-boleh saja
0 0
0
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
17-04-2021 15:53
Quote:Original Posted By ElviHusna
Pejwan!


Quote:Original Posted By ElviHusna
Meugang euy, makan enak


Baru tahu pun, nice info

Quote:Original Posted By masnukho
Mirip tradisi Lampung juga ya ternya mbak emoticon-Matabelo


Hampir semua tradisi sama ya, cuma namanya berbeda2
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
17-04-2021 16:07
Dading mahal sekarang sist 150rb, ya?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
18-04-2021 13:09
Tradisi ini sampai juga ke kabupaten langkat yg berbatasan dengan aceh, pernah dinas di sana dan sempat ngerasain juga betapa ramenya pasar di hari meugang hehe. Memang ramadhan penuh keberkahan dan kesenangan...

Cuma memang terkadang kami lihat untuk beberapa orang yg kurang mampu agak memaksakan untuk membeli daging, ya kita ngerti ini tradisi tapi saatnya kita orang Indonesia hidup sesuai kemampuan kita, jika mampu maka silahkan tapi jika tidak mampu jangan sampai berhutang yang malah memberatkan dikemudian hari atau sampai terlalu bersedih sedangkan ramadhan membawa berkah yang banyak, kita ga bisa kejar dunia kita kejar akhirat..
Diubah oleh red23rd
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
1 0
1
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
18-04-2021 13:17
Meugang

Orang sunda pasti ketawa

Membayangkan kata pegang

Jadi megang,di tambahkan

sisipan eu

Meugang

Cangegang emoticon-Wakaka
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
18-04-2021 13:55
Enak tuh makan daging.. berasa lebaran daging dua kali yaa.. hehe
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
1 0
1
'Meugang' Sebuah Tradisi Menjelang Ramadhan di Tanah Serambi Mekkah
18-04-2021 13:59
husna adik nanda bukan ya? emoticon-Matabelo
profile-picture
ElviHusna memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia