Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
56
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6078f3996258ca7f513d1961/perokok-vs-corona
sumur gambar Semangat Siang Agan Semua Semenjak Virus Covid-19 atau Sars-Cov-2 masuk ke Indonesia, kita disuguhkan pemberitaan tentang virus itu dari berbagai media. Baik itu berita yang valid maupun hoax. Ada satu berita yang sempet ane dengar dari grup-grup WA, kalo merokok dapat mengurangi resiko terpapar virus Covid-19, dengan argumen bahwa nikotin dapat menangkal atau mengalahkan virus Covid-
Lapor Hansip
16-04-2021 09:16

Perokok VS Corona

Perokok VS Corona


Semangat Siang Agan Semua

Semenjak Virus Covid-19 atau Sars-Cov-2 masuk ke Indonesia, kita disuguhkan pemberitaan tentang virus itu dari berbagai media. Baik itu berita yang valid maupun hoax.

Ada satu berita yang sempet ane dengar dari grup-grup WA, kalo merokok dapat mengurangi resiko terpapar virus Covid-19, dengan argumen bahwa nikotin dapat menangkal atau mengalahkan virus Covid-19(dari sini).

Bener gak sih??

Yuk Simak Penjelasannya di podcast

Eh... mohon maaf salah server.. emoticon-Big Grin

Ini nih penjelasan dari Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp. P(K), FISR, FAPSR , ga maen-maen gan, dia Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

Ada beberapa alasan yang dapat digunakan untuk membantah argumen kalo rokok menang melawan corona.

1. Merokok dapat menyebabkan gangguan pada sistem imunitas

Quote:Mengenai sistem imunitas ini, dr. Agus mengungkap, fungsi silia saluran napas dapat terganggu karena asap rokok. Baca juga: Riset dan Ahli Ungkap Merokok Bisa Tingkatkan Risiko Infeksi Virus Corona Silia adalah jaringan-jaringan kecil yang berfungsi seperti sapu. Seperti bulu hidung, silia saluran napas memiliki funsgi menangkap kotoran dan mendorongnya agar tidak turun ke saluran pernapasan yang lebih dalam. Dia menyebut, pergerakan silia dapat menurun sampai 50 persen hanya dengan 2-3 kali hisapan asap rokok. “Akibatnya, eliminiasi atau bersihan bahan berbahaya di saluran napas menurun,” jelas dr. Agus. Selain itu, dia menyampaikan, merokok juga dapat menyebabkan gangguan pada sel imunitas tubuh. Saat fungsi silia terganggu, timbul banyak dahak kemudian kuman akan menempati dahak itu sehingga timbul infeksi. Nikotin pada rokok juga dapat menekan migrasi leukosit dan hal ini berkontribusi pada lambatnya penyembuhan luka serta meningkatkan insiden infeksi pernapasan pada perokok. Baca juga: Dokter Ingatkan Bahaya Langsung Merokok saat Berbuka Puasa dr. Agus juga memberi gambaran langsung mengenai kondisi paru-paru pada pasien Covid-19 yang perokok (laki-laki) dan bukan perokok (perempuan) melalui contoh foto rontgen. Perbedaan jelas terlihat pada warna hitam yang menunjukkan ruang udara. Pada pasien Covid-19 perokok, warna hitam hanya tersisa sedikit, sedangkan warna putih yang menunjukkan infeksi ada lebih banyak.


2.Merokok meningkatkan regulasi reseptor ACE2
Quote:Angiotensin converting enzyme 2 (ACE2) adalah enzim yang menempel pada permukaan luar sel-sel beberapa organ tubuh termasuk paru-paru. dr. Agus menyampaikan, berdasarkan penelitian, merokok dapat meningkatkan regulasi reseptor ACE2. Padahal, reseptor ACE2 ini adalah tempat masuk SARS-CoV-2 sehingga dapat meningkatkan risiko terkena Covid-19. Dia juga berkata, riset di Kanada menemukan, pasein yang merokok atau denan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) memiliki kadar ACE2 lebih tinggi pada saluran napas bawah dibanding bukan perokok. Menurut dia, hal ini kemungkinan juga terjadi pada pengguna rokok sisha “waterpipe smoking” maupun rokok elektrik. “Vaping (menghisap rokok elektrik) membuat paru lebih rentan terjangkit virus dan penyakit. Vaping juga melemahkan daya tahan tubuh. Sementara, pemakaian sisha secara bergantian dapat menularkan virus corona.


3. Merokok menyebabkan terjadinya komorbid

Quote:
dr. Agus menyampaikan, merokok dapat meningkatkan risiko penyakit-penyakit kronik yang merupakan komorbid atau penyakit penyerta. Pasien dengan komorbid ini kemudian berisiko tinggi terinfeksi Covid-19. “Risiko infeksi virus corona derajat berat dan kematian juga meningkat pada pasien Covid-19 dengan komorbid, terutama kardiovaskular dan respirasi,” terang dia.



4. Merokok jadi sering memegang area mulut
Quote:
dr. Agus mengingatkan, aktivitas merokok dapat meningkatkan transmisi virus ke tubuh melalui media tangan yang sering memegang area mulut. “Jadi, merokok ini dapat meningkatkan risiko terinfeksi Covid-19, memperberat infeksi Covid-19, dan meningkatkan risiko kematian Covid-19,” tegas dia.




Jadi berita tentang rokok menang lawan corona salah ya gan, meski belum ada penelitian yang spesifik antara rokok dan covid, tapi penjelasan logis dari dr. Agus diatas cukup untuk mematahkan informasi rokok vs covid. Dan tentu, dengan ada atau tidak adanya virus Covid-19 ini, kebiasaan merokok adalah kebiasaan yang kurang baik dilakukan.

Gimana pendapat agan semua??

Terima Kasih sudah mampir di trit ane

Mohon maaf kalau ada kata-kata yang salah

Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa bagi Menjalankan


Sumur : Opini Pribadi dan dari sini











profile-picture
profile-picture
profile-picture
eyefirst2 dan 8 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Perokok VS Corona
16-04-2021 09:38
Yang bikin hoax pasti kang jualan rokok, biar dagangannya makin lakuemoticon-Leh Uga

Secara orang awam pun pasti tau lah, corona itu kan semacam virus yang menyerang saluran pernafasan, dan merokok juga menyebabkan penyakit pada saluran pernafasan. Jadi corona + rokok ya tambah amsyong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mbahjoyo911 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Perokok VS Corona
16-04-2021 10:00
Ane pernah baca di artikel onlen kayak gini
https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4247681/cek-fakta-peneliti-prancis-sebut-80-persen-perokok-terlindung-dari-covid-19-benarkah
Diubah oleh littlevan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perokok VS Corona
16-04-2021 10:03
0 0
0
Perokok VS Corona
16-04-2021 10:05
Yang merokok tidak kena corona dan yang tidak merokok kena corona, begitu juga sebaliknya...
Jadi memang tidak ada hubungannya antara merokok dan corona, selama menjaga protokol kesehatan emoticon-Shakehand2
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perokok VS Corona
16-04-2021 10:42
loh.. katanya yg merokok itu lebih kebal...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perokok VS Corona
16-04-2021 10:47
Quote:Original Posted By indrag057
Yang bikin hoax pasti kang jualan rokok, biar dagangannya makin lakuemoticon-Leh Uga

Secara orang awam pun pasti tau lah, corona itu kan semacam virus yang menyerang saluran pernafasan, dan merokok juga menyebabkan penyakit pada saluran pernafasan. Jadi corona + rokok ya tambah amsyong

Lu ada ada ajih... tp ya bener ajg..
emoticon-Ngakak



Quote:Original Posted By littlevan
Ane pernah baca di artikel onlen kayak gini
https://m.liputan6.com/cek-fakta/rea...id-19-benarkah

Yang penting jangan mengingkari sebuah musibah.
Artinya, tetap lakukan seprti pada normalnya. Jgnlah takut berlebihan. Jgn pula tinggi hati berlebihan.
Wes neriman wae.
Rokokan yo rokokan. Ora yo ora...
0 0
0
Perokok VS Corona
16-04-2021 10:49
Quote:Original Posted By dias456
Yang merokok tidak kena corona dan yang tidak merokok kena corona, begitu juga sebaliknya...
Jadi memang tidak ada hubungannya antara merokok dan corona, selama menjaga protokol kesehatan emoticon-Shakehand2

Sepakat mas.. sampling.
Siapa yg kena, ya itu sudah dikehendaki demikian.
Baik yg menjaga protokol maupun tidak menjaga, keduanya menerima hukum sampling.


Quote:Original Posted By meooong
loh.. katanya yg merokok itu lebih kebal...

Nda ada korelasinya menurit sy mas.
profile-picture
meooong memberi reputasi
1 0
1
Perokok VS Corona
16-04-2021 11:14
menurut perokok... 4 hal itu tak ada pengaruh apapun..... emoticon-Ngacir
0 0
0
Perokok VS Corona
16-04-2021 11:18
0 0
0
Perokok VS Corona
16-04-2021 12:00
Memang sempat ada berita kalau rokok bisa mengalahkan dan mematikan virus covid. Tp ternyta semua argumen itu salah. Semoga saja masyrkt biza lebih paham.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perokok VS Corona
16-04-2021 12:50
covid yg diserang paru2, perokok sudah jelas paru2 ga' sehat, jadi malah bikin parah emoticon-Hansip
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perokok VS Corona
16-04-2021 13:11
ane garpit mania

dan tetap jadi garpit mania selama pandemi

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

masalah kena corona apa nga , pasrahin aje sama nasib emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


ps. masih aman sampe saat ini
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Perokok VS Corona
16-04-2021 13:36
merokok menyebabkan kangker... kantong kering.....
0 0
0
Perokok VS Corona
16-04-2021 13:58
mana ada, merokok mengurangi resiko kena Covid emoticon-Cape d... (S)

gua ngerokok, habis itu gua pernah kena Covid, masa Karantina mandiri gua tetep udud.emoticon-Ngakak
profile-picture
aditya0892aldy memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perokok VS Corona
16-04-2021 14:34
Pernah ada survey gak sih untuk pasien yang positif covid 19 berapa persen yg perokok dan yang bukan perokok atau mungkin perbandingan siapa yang lebih cepat pulih antara pasien perokok dan yang bukan perokok, biar lebih meyakinkan aja gitu.......
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perokok VS Corona
16-04-2021 15:03
Lanjutin ajah ngeroko vrohh
0 0
0
Perokok VS Corona
16-04-2021 15:28
ane merokok tapi sudah kena corona,
sambil sakit ane ttep rokokan.emoticon-Cool
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perokok VS Corona
16-04-2021 16:37
Sama aja dari dulu ini mah, perokok yg sudah tua biasanya jd tolak ukur, ntu ngeroko msh idup satunya lg seumuran jaga pola makan, olahraga cepet mokatnya.wkwkwkwk

Biasanya yang anomali gini yg dijadiin contoh, tapi orang2 yang lagi bengek di rumah sakit gara2 rokok gk dijadiin contoh.wkwkwk

btw ane jg mantan perokok, tp gk jadi bener2 mantan sih, cuman sesekali aja, seminggu maksimal 3 batang itu pun di luar rumah. Meskipun ane msh merokok sdkt2, tapi jg jangan nyari alasan itu membenarkan terus menerus, anggap aja ane sebagai relaksasi atau mengenang waktu jaman2 merokok aktif sehari sebungkus.wkwkwkwk
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perokok VS Corona
16-04-2021 17:00
Kata mbah saya, kretek itu obat..😂😂😂
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Perokok VS Corona
16-04-2021 18:07
dihisap kapanpun nggak pernah protes atau ngambek. rokok emoticon-thumbsup
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia