Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
130
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6077aebc54e5243d1b2b5631/10-hewan-dengan-usia-terpanjang
Ada banyak macam jenis hewan dengan jangka waktu usia yang berbeda-beda. Bahkan untuk satu jenis hewan saja, umurnya bisa bervariasi. Ada yang bisa berumur panjang, ada juga yang umurnya pendek. Berbicara soal usia terpanjang, ada 10 hewan di dunia yang usia hidupnya sangat panjang bahkan ada satu yang bisa hidup abadi. Penasaran hewan apa yang dimaksud? Berikut penjelasan tentang 10 hewan dengan
Lapor Hansip
15-04-2021 10:10

Inilah 10 Hewan Dengan Usia Terpanjang

Past Hot Thread
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
Ada banyak macam jenis hewan dengan jangka waktu usia yang berbeda-beda. Bahkan untuk satu jenis hewan saja, umurnya bisa bervariasi. Ada yang bisa berumur panjang, ada juga yang umurnya pendek. Berbicara soal usia terpanjang, ada 10 hewan di dunia yang usia hidupnya sangat panjang bahkan ada satu yang bisa hidup abadi. Penasaran hewan apa yang dimaksud? Berikut penjelasan tentang 10 hewan dengan usia terpanjang di dunia.
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
10. Asian Elephant - 70 Tahun

10 Hewan Dengan Usia Terpanjang


Gajah merupakan hewan darat terbesar yang sekarang ini masih hidup. Selain memiliki ukuran yang besar, gajah juga terkenal akan belalainya yang panjang dan gading. Gading gajah ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi di pasar. Untuk mengambil gadingnya, gajah harus ditangkap dan dibunuh baru gadingnya dipotong lalu dijual.

Jika dibiarkan hidup secara natural di alam, gajah bisa bertahan hidup cukup lama. Salah satu jenis gajah yang hidup di Bumi ini yaitu Gajah Asia, memiliki usia yang paling panjang. Gajah Asia bisa hidup hingga usia 70 tahun. Ini membuat gajah menjadi mamalia terbesar dengan usia terpanjang yang hidup di darat.
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
9. Tuatara - 100 Tahun

10 Hewan Dengan Usia Terpanjang


Reptil menjadi jenis hewan yang saat ini populer. Banyak orang yang menjadikan reptil sebagai hewan peliharaan bukan karena mereka unik tapi juga karena kebanyakan reptil dalam hidup dalam jangka waktu yang sangat lama. Memang benar reptil bisa hidup dalam jangka waktu yang lama, namun ada satu jenis reptil yang usia hidupnya menjadi yang paliang lama.

Reptil yang dimaksud adalah tuatara. Kadal ini hanya bisa ditemukan di New Zealand. Menurut para ilmuwan, kadal tuatara adalah spesies kadal yang hidup sekitar 200 juta tahun lalu, Sphenodontia. Jadi bisa dikatakan bahwa mereka ini adalah fosil hidup. Tuatara mencapai usia dewasa 10 sampai 20 tahun dan dapat hidup hingga 100 tahun.
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
8. Giant Lobster - 140 Tahun

10 Hewan Dengan Usia Terpanjang

Mereka yang termasuk dalam kelompok krustasea terdiri dari hewan seperti kepiting, udang, dan juga lobster. Di antara semua kelompok krustasea, ada satu jenis yang memiliki usia sangat panjang. Hewan tersebut adalah lobster. Ada banyak jenis lobster, yang berhasil menembus usia lebih dari 100 tahun adalah giant lobster.

Giant lobster biasa ditemukan di dasar laut dan seringkali dijadikan makanan oleh manusia. Perlu kalian tahu bahwa selain rasanya yang enak, giant lobster memiliki rentang usia yang panjang. Umumnya mereka bisa mencapai usia 100 tahun, namun ada satu giant lobster yang ditemukan pada tahun 2009 yang usianya diperkirakan mencapai 140 tahun. Giant lobster tersebut berhasil diselamatkan setelah hampir dimasak.
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
7. Giant Tortoise - 200 Tahun

10 Hewan Dengan Usia Terpanjang


Ada beda antara kura-kura dengan penyu. Kura-kura memiliki habitat di darat sedangkan penyu di laut. Ini membuat bentuk kaki mereka berbeda. Kaki penyu lebih menyerupai dayung. Untuk kura-kura atau tortoise, hewan satu ini diketahui memiliki usia yang sangat panjang. Jauh lebih panjang daripada kita manusia.

Giant tortoise memiliki usia hidup hingga 200 tahun. Bahkan yang tertua berhasil usianya berhasil mencapai 152 tahun. Kura-kura itu adalah Galapagos giant tortoise. Bukan cuma usianya saja yang tua tapi ukurannya yang sangat besar. Giant tortoise memang diketahui memiliki perjalanan hidup yang lambat. Makanan hari-hari mereka hanya sayuran dan bisa beristirahat hingga 16 jam per hari.
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
6. Bowhead Whale - 200 Tahun


10 Hewan Dengan Usia Terpanjang

Ada banyak jenis paus yang hidup di laut. Salah satu yang mungkin asing didengar adalah bowhead whale. Paus ini masih memiliki hubungan dengan keluarga Balaenidae. Paus ini paling banyak ditemukan di Arctic dan subarctic. Paus ini begitu unik karena bentuk struktur tulang kepalanya yang seperti segitiga. Ini digunakan untuk membantu paus memecahkan es yang ada di Arctic.


Bowhead whale saat ini termasuk dalam spesies paus yang terancam punah. Jumlahnya saat ini diperkirakan hanya sekitar 8000-12.000 ekor. Hewan yang biasa tinggal di daerah yang dingin biasanya memiliki usia hidup yang panjang. Bowhead whale ini juga memiliki rentang usia yang panjang. Mereka bisa hidup hingga 200 tahun bahkan lebih.
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
5. Rougheye Rockfish - 200 Tahun

10 Hewan Dengan Usia Terpanjang


Dinamakan Rougheye rockfish dikarenakan ikan ini memiliki tulang di bagian bawah eyelid. Tulang ini menonjol keluar dan cukup tajam. Ikan ini bisa tumbuh hingga 97 cm dengan berat yang mencapai 14 pound. Rougheye rockfish tinggal di bagian dasar laut di North Pacific, perairan Jepang sampai Navarin Canyol di Laut Bering, Aleutian Island, dan Selatan San Diego.

Tak ada hal yang spesial dari ikan jenis ini selain usia hidupnya yang sangat lama. Rougheye rockfish memiliki usia yang bisa mencapai 200 tahun. Biasa hidup berkelompok, Rougheye rockfish memiliki menu diet antara lain udang kecil, kepiting, ikan, amphipod, dan mysids. Biasa mereke bertelur di antara bulan Februai sampai Juni dan Oktober sampai Januari.
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
4. Greenland Shark - 400 Tahun

10 Hewan Dengan Usia Terpanjang


Mendengar nama hiu pastinya sudah bisa membuat orang takut. Hiu begitu ditakuti karena mereka memiliki ukuran besar, bergigi tajam, dan memiliki potensi untuk menyerang manusia yang sedang berenang di laut. Dari sekian banyak jenis hiu, ada satu jenis hiu yang tidak perlu kita takuti. Hiu tersebut adalah greenland shark.

Sesuai dengan namanya, hiu ini banyak ditemukan di perairan Greenland yang dingin. Hampir jarang terdengar ada korban manusia akibat serangan hiu greenland karena mereka berenang di laut yang dalam dan dingin. Seperti yang sudah disebutkan ketika membahas tentang bowhead whale, hewan yang hidup di perairan dingin memiliki usia yang panjang. Greenland shark ini bisa hidup hingga usia 400 tahun.
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
3. Icelandic Clam - 507 Tahun


10 Hewan Dengan Usia Terpanjang

Banyak hewan berusia tua yang tinggal di perairan yang dingin. Seperti Icelandi clam ini, kerang ini banyak ditemukan Atlantik, North sea, dan Baltik. Kerang ini biasa terkubur di bawah endapan lumpur, kira-kira di kedalaman 100 meter di bawah permukaan air. Seperti hewan lain yang ada di daftar ini, Icelandic clam juga memiliki usia yang panjang.


Usia hidup Icelandic clam tidak tanggung-tanggun, kerang ini bisa hidup hingga usia 500 tahun. Salah satu kerang tertua yang berhasil dicatat usianya adalah 507 tahun. Mungkin kalian ada yang bingung bagaimana cara mengukur usia dari suatu kerang. Usia kerang bisa diukur dari lingkar yang ada di shellnya. Semakin banyak lingkar, berarti semakin tua usia kerang tersebut.
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
2. Antarctic Sponge - 10.000 Tahun


10 Hewan Dengan Usia Terpanjang

Satu lagi hewan tua yang memiliki habitat di perairan dingin. Hewan yang dimaksud adalah Antarctic sponge. Spons yang termasuk dalam keluarga Sberitidae ini ditemukan hanya di laut sekitar Antarctica. Spons ini termasuk unik. Antarctic sponge bisa tumbuh membentuk 2 buah spons. Ada yang bisa berbentuk seperti kipas dan ada yang bisa berbentuk seperti tongkat.

Kalian mungkin akan terkejut apabila mendengar sampai setua apa spons ini dapat tumbuh. Antarctic sponge bisa hidup hingga 10.000 tahun. Rahasia usia panjangnya dikarenakan tempat tinggal mereka yang sangat dingin dan gelap. Jadi mau tidak mau mereka harus memperlambat metabolisme mereka untuk bisa bertahan hidup.
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
1. Ubur-Ubur - Abadi

10 Hewan Dengan Usia Terpanjang


Banyak film yang mengambil tema awet muda. Salah satunya seperti Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides. Mungkin kalian menganggap bahwa menjadi awet muda itu hanyalah impian dan fiktif. Tapi apakah benar demikian? Memangnya tidak ada hewan di dunia ini yang bisa hidup selamanya alias abadi?

Ternyata jawabannya ada. Ada hewan yang bisa hidup seumur hidup. Hewan tersebut adalah ubur-ubur. Ubur-ubur jenis turritopsis dohrnii inilah yang dapat hidup seumur hidup. Habitatnya ada di perairan tropis. Salah satu kemampuan yang dimiliki oleh turritopsis dohrnii adalah regenerasi. Dia mampu memperbaiki sel tubuhnya yang rusak. Inilah yang membuatnya bisa hidup dalam jangka waktu yang sangat lama.
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang

SUMBER

Sekian Thread Dari Ane
Semoga Bermanfaat



Jangan Lupa
emoticon-Toastemoticon-Toast
dan Jangan Lupa
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Diubah oleh m.a.m.u
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yugeel dan 33 lainnya memberi reputasi
32
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 07:51
Berkat proses evolusi mereka semua bisa survive sampai saat ini dan memiliki masa hidup yang panjang. Gak kebayang kalo manusia bisa memiliki lifespan hingga ratusan taun gitu dengan bantuan teknologi di masa depan, kita bakal melompati proses evolusi secara instan.
profile-picture
m.a.m.u memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 07:56
Pengen jd ubur2
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 08:03
Menurut penelitian lain, lobster itu bahkan immortal.

Ada film judul The Lobster, ttg org yg "jomblo" Klo ga nemu pasangannya jg mrk terpaksa dijadikan hewan sesuai kemauan org tsb mau jd hewan apa, nah ada salah satu org tsb yg milih jd losbter krn lobster itu immortal
profile-picture
m.a.m.u memberi reputasi
1 0
1
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 08:13
Weh buruannya spongebob abadi emoticon-Matabelo
profile-picture
m.a.m.u memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 08:14
ubur2 jga yg mngancam sbab ga ada predator yg bisa mangsa dia di lautan.
profile-picture
m.a.m.u memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 08:20
wah ternyata hewan hewan biasa kayak reptil, ikan, lobster gitu ya yang punya umur panjang, ane kira kayak hewan hewan yang jarang banget ditemuin sama orang. kalo ubur-ubur tuh ane dulu juga pernah denger kalo dia bisa regenerasi jadi bisa dibilang gaada batas hidup nya
profile-picture
m.a.m.u memberi reputasi
1 0
1
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 08:22
Wow ubur2 abadi... Mungkin kalo d sengat ubur2 bsa jd manusia ubur2 trus abadi deh... 😆😆😆
profile-picture
profile-picture
nirankara dan m.a.m.u memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 08:29
Masa depan mungkin penelitian terhadap ubur ubur berhasil dan di terapkan di manusia, jadilah film time skip
profile-picture
m.a.m.u memberi reputasi
1 0
1
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 08:38
wow macam di pelem2 yak, bisa hidup abadi emoticon-Matabelo
profile-picture
m.a.m.u memberi reputasi
1 0
1
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 08:43
Ane baru tahu kalu memang ubur ubur ini bisa hidup abadi alias gak bisa mati. Semoga bisa dijaga dan dilestarikan.
profile-picture
m.a.m.u memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 08:45
Pertanyaan ane.. Gimana kerang berkembang biak ya gansis??? Hahaha..
Kan punya cangkang... Cangkangnya tumbuh jugaaa atau gantian gituu dengan cangkang yang lain?? Hahaa.. Bingung ane... Pertanyaan aneh ya.. Maafin gansis.. Ane belum banyak baca tentang kerang.. Hehee.. Peace...
profile-picture
m.a.m.u memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 08:52
Biarpun hidup seribu tahun kalau tak sembahyang apa gunanya
profile-picture
profile-picture
jiresh dan m.a.m.u memberi reputasi
2 0
2
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 08:52
ubur-ubur ngga ada otak, ngga ada hati, bisa hidup abadi, kerjaannya cuma berenang di lautan :")
profile-picture
m.a.m.u memberi reputasi
1 0
1
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 08:55
itu antarctic sponge emang termasuk golongan Hewan ya?
Bukan nya tumbuhan?
emoticon-Bingung
profile-picture
m.a.m.u memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 09:03
lah bukannya manusia mahluk ciptaan yg paling sempurna.?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 09:20
Kok gada beruang laut yaaaa
Alias tardigadra
Diubah oleh learntorape
0 0
0
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 09:32
ternyata gajah bisa lumayan panjang ya hidupnya sampai 70 tahuan gitu, kirain ane cuma sampai umur 20 atau 30 tahunan gitu 🧐
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 09:32
kebanyakan makhluk laut yahhh emoticon-Wow
0 0
0
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 09:32
Yang bikin manusia tidak abadi karena tubuh manusia menua, karena sel2 nya mati sedangkan Roh atau jiwa mungkin umurnya bisa jutaan tahun atau malah juga abadi, kalau memang raga fisik bisa menampung nya. Sedang ubur2 sel2 nya yang mati bisa ber regenerasi sehingga roh nya bisa berada dalam fisik yang tidak pernah mati..

Sejak jaman dulu manusia sudah ingin hidup abadi, buktinya di temukan sebotol cairan di makam raja di china yang sudah meninggal ratusan tahun yang lalu, setelah di teliti ternyata cairan itu adalah cairan pupuk, jadi org dulu menganggap pupuk bisa menambah usia manusia, merkuri juga di temukan di makam2 mereka.

Catatan prasasti tertua yang di temukan umat manusia juga bercerita tentang pencarian ramuan abadi, nama nya Epic of Gilgamesh
0 0
0
10 Hewan Dengan Usia Terpanjang
16-04-2021 09:45
Ubur-ubur nggak ada predatornya ya sampaai bisa abadi gitu?emoticon-Matabelo
0 0
0
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia