Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
43
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6076fb6aa276754f7805f260/9-menu-khas-jakarta-yang-patut-gan-sist-coba-tuk-berbuka-puasa
Ada banyak menu berbuka puasa yang bisa Agan dan Sista coba, di antaranya adalah makanan khas Jakarta yang mudah kita buat dan beli. Beragam aneka menu buka puasa menarik dan lezat, bahkan akan banyak dijajakan di pinggir jalan menjelang berbuka puasa. Namun di masa pandemi seperti saat ini tidak sedikit dari kita yang merasa was-was jika harus berburu menu buka puasa. Maka dari itu sebaiknya
Lapor Hansip
14-04-2021 21:25

9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa

9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa

Ada banyak menu berbuka puasa yang bisa Agan dan Sista coba, di antaranya adalah makanan khas Jakarta yang mudah kita buat dan beli. Beragam aneka menu buka puasa menarik dan lezat, bahkan akan banyak dijajakan di pinggir jalan menjelang berbuka puasa.

Namun di masa pandemi seperti saat ini tidak sedikit dari kita yang merasa was-was jika harus berburu menu buka puasa. Maka dari itu sebaiknya GanSist menyiapkan makanan buka puasa yang lezat, sehat dan bergizi di rumah.

Nah berikut ane sajikan 6 menu buka puasa khas Jakarta yang bisa menjadi inspirasi GanSist untuk berbuka puasa. Yuk kita simak aja untuk lebih lengkapnya.

Quote:
9. Putu Mayang Betawi

9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa

Jika GanSist ingin merasakan jajanan khas jakarta yang juga merupakan jajanan tradisional, maka perlu untuk mencoba putu mayang. Makanan ini merupakan kue tradisional betawi, yang terbuat dari bahan tepung kanji atau tepung beras yang dibuat seperti mie.

Kemudian disajikan dengan santan kelapa yang diberi kinca atau air gula jawa. Tampilan dari putu mayang sangat menarik karena berwarna-warni atau jika dilihat sekilas seperti cendol panjang. Rasa yang manis cocok untuk melepas dahaga saat buka puasa.

Quote:
9. Gado-Gado Betawi

9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa

Selain enak, gado-gado betawi juga sangatlah bergizi. Makanan ini sudah sangat terkenal di masyarakat Indonesia, karena bukan hanya dijual di Jakarta saja melainkan sudah banyak warung makan gado-gado di berbagai wilayah di Indonesia.

Makanan ini terbuat dari sayuran yang direbus dengan kentang, tahu, telur, dan tempe kemudian akan disiram dengan bumbu kacang yang gurih. Selanjutnya akan diberi kerupuk dan juga bawang goreng sehingga sangat sehat dan juga menggoda. Pelengkap makanan ini adalah lontong atau nasi hangat.

Quote:
9. Asinan Betawi

9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa

Makanan berikutnya adalah asinan betawi. Makanan ini terbuat dari bahan sayuran seperti tauge, kol, sawi, dan juga selada yang akan dihidangkan dengan kacang tanah goreng. Selanjutnya akan disiram dengan bumbu kacang yang sudah dicampur dengan cabai.

Sebagai pelengkap, maka ada kerupuk mie yang besar dan berwarna kuning. Makanan ini sangat enak dan menyegarkan karena terdiri dari sayuran dan bahan pelengkap yang berkualitas. Jika GanSist senang makan sayur dengan citarasa tradisional maka makanan ini wajib untuk dicoba.

Quote:
9. Soto Betawi

9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa

Soto betawi juga merupakan salah satu makanan khas Jakarta yang sangat banyak penggemarnya, soto ini memiliki perbedaan dengan soto lainnya karena kuahnya menggunakan santan dan isiannya adalah daging atau jeroan sapi. Namun ada juga soto yang menggunakan banyak jeroan ayam.

Warga Jakarta sangat senang dengan soto ini karena rasanya begitu istimewa. Anda bisa menikmatinya dengan sate usus, sate ati, tempe keripik dan juga diberi perasan jeruk nipis. Bisa dibayangkan sendiri betapa nikmatnya soto yang satu ini untuk menjadi pilihan menu buka puasa Agan dan Sista.

Quote:
9. Nasi Ulam

9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa

Kalau Agan Sista hanya mengenal nasi goreng, maka harus mencoba nasi ulam khas Betawi ini.

Bahan dasarnya tentu nasi, namun nasinya dikukus bersama rempah-rempah seperti daun salam, serai dan lengkuas. Setelah serundeng akan dicampurkan dengan nasih yang telah dikukus.

Quote:
9. Laksa Betawi

9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa

Laksa Betawi adalah jenis hidangan seperti mi. Biasanya laksa terdiri dari mi gandum atau bihun.

Dengan kuah kaldu yang dilengkapi sayuran, tauge, daun kemangi dan telur ini maka Laksa makin nikmat dihidangkan untuk berbuka puasa.

Quote:
9. Pecak Lele

9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa

Olahan ikan lele memang akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Namun olahan lele khas Betawi ini memiliki citarasa yang unik lho.

Jika biasanya ikan lele hanya digoreng dan disajikan dengan sambal maka pecak lele ini disajikan dengan bumbu saus kacang dan air asam jawa serta santan yang disiramkan di atas lele goreng.

Quote:
9. Gabus Pucung

9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa

Sama dengan namanya, kuliner ini menggunakan ikan gabus sebagai bahan dasarnya. Ikan gabus dimasak dengan bumbu seperti ketumbar dengan kuah sayur yang sangat khas terbuat dari daun salam, sereh, jahe, daun jeruk, lengkuas, buah tomat, jeruk limau, bawang dan tentunya cabe rawit. Nah, rasa asam serta pedas yang jadi satu menambah embuk daging ikan gabusnya.

Quote:
9. Bubur Ase

9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa

Agan dan Sista bisa menjumpai banyak pedagang yang menjual bubur di Jakarta. Namun bubur yang satu ini sekarang sulit untuk kita jumpai, yakni bubur ase. Bubur yang khas Betawi ini berbeda dengan bubur Jakarta pada umumnya.

Bubur ase tidak dicampur dengan irisan ayam melainkan dicampur dengan semur daging khas Betawi yang membuat warna bubur ini lebih gelap. Selain daging, bubur ase menggunakan bumbu-bumbu lain seperti kentang dan lain sebagainya yang bisa menambah kelezatan bubur ase khas Betawi.

Sedangkan nama ase sendiri memiliki makna dingin, karena bubur ini dihidangkan dalam keadaan dingin. Cocok tuk hidangan berbuka puasa Agan dan Sista

Nah itu dia 9 menu berbuka puasa khas Jakarta yang bisa Agan dan Sista coba. Kalo favorit ane ya asinan betawi, seger dong. Cocok buat berbuka puasa. Kalau favorit Agan dan Sista yang mana nih?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
falesthine.f10 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
14-04-2021 21:26
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
0 0
0
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
14-04-2021 21:29
Semur jengkol mantep banget dahemoticon-Cendol Gan
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
14-04-2021 23:55
Adohhh jadi pengin soto betawi dah pasti enak bgt ituuuuu
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
15-04-2021 01:53
Soto betawi dan asinan betawi kesukaan ane bangett sih. Duhhhh lapeerr
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
15-04-2021 07:45
Soto betawi boleh tuh
0 0
0
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
15-04-2021 07:48
Kirain laksa dari singapur
profile-picture
metacantik memberi reputasi
1 0
1
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
15-04-2021 08:47
NOMOR 9 KALAU BAHASA ACEH...NGERI DAH ARTINYA.. GAK BERANI BILANG !!!
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
15-04-2021 09:43
Asinan betawi bikin merem melek emoticon-Leh Uga
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
15-04-2021 11:35
soto betawi..nyaman emoticon-Angkat Beer
0 0
0
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
15-04-2021 12:33
Kok abud goreng kuah asam manis kok kagak adaa breemoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
15-04-2021 21:13
soto betawi enak banget emoticon-Matabelo dah lama gak makan soto betawi pengen makan lagi
0 0
0
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
15-04-2021 21:18
Suka semua kecuali gabus Pucung soalnya ga doyan ikan
0 0
0
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
16-04-2021 11:51
Ya Allah.. menu makanannya bikin ngiler semua gan.hahaha...entah kenapa ane mupeng banget sama gado-gadonya.. efek udah lama banget gak makan gado2 kali ya.hehe...
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
16-04-2021 13:36
Ikan gabus kepalanya kaya kepala uler
0 0
0
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
16-04-2021 13:38
Nomernya kok 9 semua?
emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
30-04-2021 22:44
Thanks gan infonya
0 0
0
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
16-05-2021 17:48
Enak enak banget nih ya kuliner betawi, jadi pengen makan deh. Masih banyak yang belum pernah ane cobain
0 0
0
9 Menu Khas Jakarta yang Patut Gan-Sist Coba Tuk Berbuka Puasa
05-06-2021 10:33
Dahh soto betawi gak ada tandingannya gan mantebb bangettt
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Ramadhan Berkah di Kaskus
ramadhan-berkah-di-kaskus
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia