Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
12
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60769917fb793b233a1e2370/ciri-ciri-makanan-haram
Untuk menjauhi manfaat buruk dari mengonsumsi makanan haram, sebaiknya Agan mengetahui apa saja ciri-ciri dari makanan haram. Simak poin-poin yang Ane berikan dibawah ini:
Lapor Hansip
14-04-2021 14:26

Ciri-ciri Makanan Haram!

Past Hot Thread
#RamadanBerkah
emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Aganwati


Ciri-ciri Makanan Haram!


Dalam ajaran agama Islam, berbagai segi dari kehidupan manusia telah diatur seluruhnya, termasuk mengenai kebutuhan manusia akan makanan.

Tentu akan terdapat banyak faktor dalam hal memilih sebuah makanan, mulai dari cita rasa, kandungan nutrisi, hingga kebersihannya. Akan tetapi, Agan perlu untuk memperhatikan aspek penting terkait suatu makanan yaitu mengenai status halal dan haramnya.

Agama Islam memberikan perhatian khusus terhadap sebuah makanan yang halal. Apabila Agan adalah seorang muslim, Agan perlu memperhatikan mulai dari sumber makanan, kebersihan, cara mengolah, penyajian, hingga cara membuang sisa makanan tersebut.


Tentang Halal dan Haram


Istilah halal dan haram banyak digunakan salah satunya yang berkaitan dengan makanan. Keduanya berasal dari Bahasa Arab yaitu halal yang artinya dibenarkan atau dibolehkan, sedangkan haram berarti tidak dibenarkan atau dilarang.

Definisi halal merupakan sesuatu yang diperbolehkan dalam syariat islam untuk dilakukan, dipergunakan, atau diusahakan dan terbebas dari hal yang membahayakan dengan memperhatikan cara memperoleh yaitu bukan berasal dari muamalah yang dilarang. Sedangkan haram berarti sesuatu yang dilarang dengan larangan yang tegas untuk dilakukan atau dipergunakan baik disebabkan karena zatnya maupun cara mendapatkannya.


Ciri-ciri Makanan Haram


Sebagai umat muslim, sudah seharusnya menjauhi dan menolak makanan haram untuk dikonsumsi. Hal tersebut semata untuk menjaga keselamatan jiwa, raga dan akal.

Apabila Agan mengonsumsi makanan halal, maka manfaat baik akan datang kepada Agan, misalnya saja akhlak yang baik, hati yang bersih, hingga doa yang dikabulkan oleh Allah. Sebaliknya, jika Agan terbiasa mengonsumsi makanan haram, maka perilaku Agan menjadi buruk, perasaan akan mati, tubuh dan akal yang rusak, hingga doa yang sulit dikabulkan.

Untuk menjauhi manfaat buruk dari mengonsumsi makanan haram, sebaiknya Agan mengetahui apa saja ciri-ciri dari makanan haram. Simak poin-poin yang Ane berikan dibawah ini:

  1. Makanan yang merusak akan pikiran (Memabukkan)
  2. Membuat kesehatan rusak dan terganggu
  3. Makanan yang kotor
  4. Binatang yang tidak disembelih dengan mengikuti syariat Islam
  5. Mengandung bahan yang haram (contoh: arak, anjing, babi, dll)
  6. Haram karena zat yang dikandungnya (contoh: darah, bangkai, miras, dll)
  7. Haram karena cara mendapatkannya (contoh: mencuri, menjual diri, riba, dll)


Semoga dengan mengetahui ciri-ciri makanan yang masuk dalam kategori haram dapat bermanfaat untuk Agan dalam menghindari makanan yang haram.



#RamadanBerkah
emoticon-Ketupat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oldmanpapa dan 2 lainnya memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ciri-ciri Makanan Haram!
14-04-2021 16:54
Harus tetap hati2 pilih makanan walaupun kita di negara yang mayoritas islam
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ciri-ciri Makanan Haram!
15-04-2021 00:08
Wahhh keren banget nih informasi yang bagus mengenai ciri ciri makanan yang haram tuh seperti apa
0 0
0
Ciri-ciri Makanan Haram!
15-04-2021 09:43
Wah iya, bener bener harus hati hati sih dalam memilah makanan ataupun minuman antara halal dan haram
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ciri-ciri Makanan Haram!
16-04-2021 15:15
Nice info
0 0
0
Ciri-ciri Makanan Haram!
17-04-2021 10:11
Gue non muslim dan gue suka makan daging anj*ng emoticon-No Sara Please.
profile-picture
profile-picture
oldmanpapa dan khoirul48 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ciri-ciri Makanan Haram!
17-04-2021 16:35
nice info untuk ciri-ciri makanan yang masuk dalam ketegori haram, buat berjaga-jaga, karena dengan makan makanan yang baik dan halal diharapkan energi yang diperoleh pun juga baik ya emoticon-Angel
0 0
0
Ciri-ciri Makanan Haram!
30-04-2021 22:47
Thanks infonya gan
0 0
0
Ciri-ciri Makanan Haram!
11-05-2021 14:28
Lo makan mangga juga haram bre.
Kalo mangganya hasil nyolong.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Selera Nusantara (Indonesian Food)
jawadah-dodol-khas-sunda-selain-dodol-garut
obrolan-hangat-logo
Ramadhan Berkah di Kaskus
ramadhan-berkah-di-kaskus
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia