Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
57
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6074bc2410b69c3e195fad8d/goa-selarong-napak-tilas-pangeran-diponegoro
Goa Selarong merupakan saksi bisu sejarah kemerdekaan negara Republik Indonesia. Mengenalkan pelajaran sejarah kepada anak tidak harus melulu dengan membaca buku tetapi bisa kita lakukan dengan cara berwisata ke tempat-tempat yang bersejarah atau berkunjung ke museum-museum.
Lapor Hansip
13-04-2021 04:31

Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Wisata Alam Bersejarah di Kabupaten Bantul, DIY

 
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro

dokpri



Hai, halo... kali ini @ummuza akan mengajak para pembaca untuk berwisata sambil belajar sejarah. Nah, di sini tempatnya bagi yang ingin berwisata di alam bebas sekaligus mengetahui tentang salah satu sejarah bangsa Indonesia.



Ayo, kita jalan-jalan ke daerah Jogjakarta !

emoticon-Monggo

Ingin berwisata sekalian mengenal sejarah perjuangan pahlawan kita?

Disini tempatnya GOA SELARONG. Selain berwisata kita juga bisa mengenal sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro saat melawan penjajahan Belanda. Tanpa kita sadari sudah belajar tentang sejarah atau bisa juga disebut napak tilas sejarah

Di Jogjakarta, tepatnya di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogjakarta.  Di Dukuh Kembangputian Kecamatan Pajangan kita bisa menemukan tempat wisata alam yang mempunyai unsur sejarahnya juga. istilahnya sambil menyelam minum air ini pas banget karena kita bisa piknik sambil mengenal sejarah Pangeran Diponegoro salah satu pejuang Kemerdekaan Indonesia.

Tempat wisata yang ini kita bisa menikmati pemandangan alam sekaligus bisa mengenalkan kepada anak-anak kita tentang sejarah perjuangan para pahlawan Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Nama tempatnya adalah GOA SELARONG. Selain berwisata kita juga bisa mengenal sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro saat melawan penjajahan Belanda. Tanpa kita sadari sudah belajar tentang sejarah atau bisa juga disebut napak tilas sejarah. 

Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
dokpri



Pengetahuan sejarah untuk kita sangatlah penting untuk menumbuhkan semangat nasionalisme kita kepada bangsa tercinta Indonesia. Kita bisa tahu betapa susahnya dulu para pahlawan berjuang segenap jiwa raga demi kemerdekaan negara kita. Apalagi untuk anak-anak kita agar jiwa nasionalisme tercipta sejak dini.




Wisata goa Selarong adalah sebuah tempat yang pada jaman penjajahan Belanda dipergunakan oleh pahlawan Pangeran Diponegoro sebagai tempat persembunyiannya dari kejaran tentara Belanda. 

Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
dokpri

Apabila, ingin berwisata ke Goa Selarong biaya tiket masuknya lumayan murah kok per orang hanya Rp 5.750,00 ditambah asuransi Rp 250,00 untuk hari biasa dan RP 7.750,00 tambah asuransi Rp 250,00 untuk hari libur atau saat ada event-event khusus pada tahun 2020. Sedangkan untuk parkirnya tempatnya cukup luas, biaya parkir pun relatif terjangkau yaitu sebagai berikut 
- kendaraan roda lebih dari 6 (enam) sebesar RP 15.000,00
- kendaraan roda 6 (enam) sebesar RP 10.000,00
-kendaraan roda 4 (empat) sebesar RP 5.000,00, kendaraan roda 2 (dua) 
- sepeda motor sebesar Rp 3000.00 
- sepeda sebesar Rp 1.000,00.

Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
dokpri


Kali ini saya akan sedikit membuat coretan tentang sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro saat melawan penjajah Belanda di Goa Selarong. Pangeran Diponegoro yang mempunyai nama panjang Bendara Pangeran Harya Dipanegara merupakan keturunan kerajaan Mataram yang sekarang Keraton Yogjakarta. Walaupun keturunan kerajaan Pangeran Diponegoro tidak malu ataupun gengsi beliau justru terpanggil untuk andil di garis depan dalam peperangan. Pangeran Diponegoro juga mempunyai nama kecil yaitu Bendara Raden Mas Mustahar.



Goa Selarong adalah goa yang terbentuk diperbukitan batu padas digunakan sebagai markas gerilya Pangeran Diponegoro (1825-1830) melawan tentara Hindia Belanda untuk menyusun strategi peperangan. Goa Selarong secara diam-diam telah dipersiapkan untuk dijadikan markas besar oleh Pangeran Diponegoro.  

Kenapa Pangeran Diponegoro memilih Goa Selarong ? Karena tempatnya yang berada di ketinggian sehingga dapat memudahkan Pangeran Diponegoro dan pasukannya untuk mengamati keadaan sekitarnya dengan leluasa dari atas apabila sewaktu-waktu pasukan Belanda datang menyerang. 

Pangeran Diponegoro beserta keluarganya mengungsi ke Goa Selarong dari rumahnya yang berada di Tegalrejo karena habis dibakar oleh pasukan Belanda. Pangeran Diponegoro yang ditemani oleh istri tercinta yang setia menemaninya yang bernama Raden Ayu Retnaningsih.

Raden Ayu Retnaningsih merupakan selir yang paling setia setelah kedua istrinya meninggal. Setelah Belanda menyerang ke Tegalrejo, dimulailah sebuah perang besar yang akan berlangsung 5 (lima) tahun lamanya. Dibawah kepemimpinan Diponegoro, rakyat pribumi bersatu dalam semangat "Sakdumuk Bathuk Sanyari Bumi Ditohi Pati" . 

Pengobar semangat rakyat mempunyai arti secara harfiah yaitu satu sentuhan dahi, satu jari (lebar)nya bumi bertaruh kematian. Arti secara luas adalah satu sentuhan dahi dan satu pengurangan ukuran atas tanah (bumi) selebar jari saja bisa dibayar, dibela dengan nyawa (pati). Pepatah pengobar semangat menegaskan bahwa tanah dan kehormatan atau harga diri bagi orang Jawa merupakan sesuatu yang sangat penting. Bahkan orang Jawa pun sanggup membela semuanya walaupun nyawa taruhannya.


Di Goa Selarong ini ada tiga goa. Goa-goa ini tidaklah dalam lubangnya seperti goa pada umumnya, hanya semacam cekungan tanah ke dalam. ketiga goa itu mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Goa yang berada ditengah-tengah atau pas lurus dengan tangga masuk berfungsi untuk tempat pengamatan 
 2. Goa yang berada di sebelah kiri bernama goa Kakung (mempunyai arti laki-laki) ini diperuntuk untuk tempat peristirahatan Pangeran Diponegoro dan para pasukan yang laki-laki sedangkan 

Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
dokpri

3. Goa yang sebelah kanan itu dinamakan goa putri ini diperuntukan untuk istri Pangeran Diponegoro dan para prajurit perempuan yang ikut dalam pasukan tersebut.

Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
dokpri


Di goa Selarong ini tempat terasa sejuk dan adem karena banyak pohon-pohon besar yang tumbuh disana. Selain goa juga terdapat air terjun yang airnya jernih sekali. Di area wisata goa selarong ini selain bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian juga dapat melakukan kemah bersama karena memang mempunyai trempat yang luas serta ada fasilitas kamar mandi yang memadai. Aliran sungainya pun bisa dijadikan tempat bermain anak-anak. Selain bisa untuk kemah bersama juga bisa untuk mengadakan acara out bond di tempat wisata Goa Selarong ini tempat yang lapang bisa digunakan.

Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
dokpri

Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
dokpri

Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
dokpri

Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
dokpri


Letak Goa Selarong dari gapura pertama masih lumayan jauh. Masuk ke loket pembayaran tiket, parkir terus masih jalan lagi dengan menaiki anak tangga yang jumlahnya lumayan banyak.

Goa selarong berada di ketinggian yang lumayan tinggi untuk sampai ke Goa melewati banyak anak tangga yang sudah bagus disemen, jadi tidak khawatir becek. Tanjakannya pun akan terasa kalau kita naik tanpa berhenti untuk mengatur napa. Namun tidak perlu khawatir karena teman-teman bisa berhenti sebentar istirahat sambil bermain ayunan atau jungkat-jungkit yang sudah tersedia di beberapa titik tempat sekitar 3 (tiga) titik arena bermain.


Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
dokpri


Goa Selarong merupakan saksi bisu sejarah kemerdekaan negara Republik Indonesia. Mengenalkan pelajaran sejarah kepada anak tidak harus melulu dengan membaca buku tetapi bisa kita lakukan dengan cara berwisata ke tempat-tempat yang bersejarah atau berkunjung ke museum-museum.


Kalau bukan kita yang mengenal sejarah Bangsa Indonesia, negara tercinta kita ini siapa lagi ???



Kasihan penerus bangsa Indonesia yang tidak mengenal sejarah bangsanya. 

Ayo, teruskan perjuangan para pejuang bangsa !!!







sumber  coretan 
link 1
link 2
link 3

sumber gambar 
dokumen pribadi



Jogja, Januari 2020
@ummuza

emoticon-rosebbbnuwunemoticon-rose

profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
13-04-2021 04:32
Jalan, yuk ke tempat bersejarah !!!
👌

Tambahi ah, fotonya biar semakin tertarik untuk datang ke goa selarong 😁

Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
Diubah oleh ummuza
profile-picture
dafiqi17 memberi reputasi
1 0
1
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
13-04-2021 04:33
Belajar tak harus dkelas, seperti kegiatan belajar setahun terakhir ini. Berwisata sambil menambah wawasan.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
13-04-2021 04:59
woww.. pangeran diponegoro ternyata pahlawan besar ya,yg skrng jadi ikon jawa tengah
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
13-04-2021 06:53
Wah, dekat rumahku ini. Nggak mampir sih?
profile-picture
profile-picture
anjaultras dan ummuza memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
13-04-2021 12:47
emang untuk napak tilas Pangeran Diponegoro, Goa selarong ini salah satu yang wajib
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
14-04-2021 08:01
Sehabis covid coba ane jalan jalan kesana
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
14-04-2021 08:02
Nampak elegan ya. emoticon-Matabelo
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
14-04-2021 08:04
Pahlawan nasional yg patungnya selalu berkuda. Sangat patriotik. Idola ane selain gajah mada dan haji agus salim nih
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
14-04-2021 08:17
Wahhh seru banget tuh kayaknya goa selarong. Kapan kapan ane juga mau wisata kesana deh hehehehe
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
14-04-2021 08:18
Bagus tempatnya
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
14-04-2021 08:36
Nama kampus ane nih emoticon-Embarrassment
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
14-04-2021 08:47
otw....emoticon-Ngacir
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
14-04-2021 08:48
Mantap gan, terakhir ane tur buat belajar sejarah, sekitar 6 tahun lalu di candi jawi. Di prigen jatim kalo gak salahemoticon-Ngakak
Diubah oleh rubah007
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
14-04-2021 08:53
Pernah ke sini sekali
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
14-04-2021 08:56
Disitu ada makam orang pentingnya kaga bre?
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
14-04-2021 09:23
Sejarah yang menarik
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
14-04-2021 09:34
jauh juga ya dari tempat ane
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
14-04-2021 09:36
kalau malam ada yg tidur di goa itu emoticon-Bingung

selow sekali hidupnya
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
14-04-2021 09:36
wah keren nih tempat nya, lumayan sejuk juga kayaknya, mantap banget sekalian buat refreshing hehe
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Goa Selarong, Napak Tilas Pangeran Diponegoro
14-04-2021 09:38
Kenangan sama temen2, 🚵 Gowes2 sampe situ
profile-picture
ummuza memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia