Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
61
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607447e7912aa80d737b2bac/10-menu-buka-puasa-bebas-kolesterol-dan-asam-lambung
Setelah Agan dan Sista berpuasa sehari penuh, banyak menu buka puasa yang menjadi pilihan seperti gorengan, es buah, dan lainnya. Tetapi, jika mengkonsumsi makanan sembarangan bisa saja memicu munculnya penyakit asam lambung hingga kolesterol.
Lapor Hansip
12-04-2021 20:15

10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung

Past Hot Thread
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung

Setelah Agan dan Sista berpuasa sehari penuh, banyak menu buka puasa yang menjadi pilihan seperti gorengan, es buah, dan lainnya. Tetapi, jika mengkonsumsi makanan sembarangan bisa saja memicu munculnya penyakit asam lambung hingga kolesterol.

Namun, masih ada berbagai pilihan menu buka puasa yang tetap sehat dikonsumsi lho. Tentunya menu-menu tersebut akan aman meski dikonsumsi setiap hari.

Berikut 10 menu buka puasa yang bebas kolesterol dan asam lambung yang telah
@saya.kira rangkum dari berbagai sumber.

Quote:
1. Kurma

10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung


Menu buka puasa sehat yang pertama adalah kurma. Kurma mengandung karbohidrat yang kompleks, serat, elektrolit, serta mineral. Selain itu, kandungan kalorinya juga cukup untuk memulihkan tenaga.

Kurma juga bisa meminimalkan kolesterol jahat dan menjaga pembuluh darah arteri agar tetap sehat. Dikutip dari Healthline, kurma juga bisa membantu menjaga berat badan karena serat yang dikandungnya bisa membuat kenyang lebih lama.

Quote:
2. Oat

10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung

Selain sebagai menu sarapan, oat juga bisa menjadi pilihan menu buka puasa. Dikutip dari Harvard Health Publishing, oat mengandung serat larut jenis beta glucan yang bisa menjaga kesehatan metabolisme dan menurunkan kolesterol.

Quote:
3. Susu Kedelai

10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung

Susu kedelai atau produk olahan lain yang dibuat dari kacang kedelai seperti tahu juga disebut-sebut ampuh untuk menurunkan kolesterol.

Bahan makanan ini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL hingga 5-6 persen. Meski murah, panganan ini sehat bukan?

Quote:
4. Kacang-Kacangan

10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan seperti, almond, kenari, kacang tanah, dan lainnya sangat baik untuk jantung. Jika dikonsumsi secukupnya, ini bisa mencegah kolesterol dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Quote:
5. Alpukat

10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung

Dikutip dari Mayo Clinic, alpukat adalah sumber nutrisi yang kuat serta asam lemak tak jenuh. Dengan menambah alpukat pada menu buka puasa bisa membantu menekan kadar kolesterol jahat.

Quote:
6. Pisang

10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung

Pisang juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk menu buka puasa yang anti ribet. Selain sehat, pisang juga menjadi sumber serat, vitamin B6 dan tidak bersifat asam, jadi aman untuk lambung.

Dikutip dari Everyday Health, pisang juga sangat baik untuk menjaga kadar kalium yang baik untuk jantung dan tulang.

Quote:
7. Apel

10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung

Buah lainnya yang juga aman dikonsumsi untuk menu buka puasa adalah apel. Menurut ahli diet di Institut penyakit Pencernaan di Cleveland Clinic, Tara Harwood, MS, RD, apel memiliki kadar asam yang rendah dan kaya akan serat yang bisa membuat kenyang lebih lama.

Selain itu, apel juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan mencegah lonjakan gula darah. Bagian kulitnya yang mengandung polifenol dan flavoid juga baik untuk tubuh.

Quote:
8. Melon

10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung

Selain pisang dan apel, melon juga aman untuk para penderita asam lambung untuk menu buka puasa. Buah satu ini menjadi sumber magnesium yaitu mineral yang sering ditemukan di berbagai obat asam lambung.

Quote:
9. Roti

10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung

Selain oat, roti juga bisa jadi pilihan untuk menu buka puasa. Dikutip dari Health, roti mudah dicerna dan mengandung serat alami, vitamin, serta nutrisi lainnya.

Quote:
10. Putih Telur

10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung

Jika bosan dengan buah dan sayur, bisa juga mencoba putih telur untuk menu buka puasa. Putih telur diketahui sangat bagus untuk penderita asam lambung. Sebelum dikonsumsi, dianjurkan untuk dimasak dengan cara direbus.

Nah itu 10 menu buka puasa bebas kolestrol dan asam lambung menurut @saya.kira. Mana yang jadi favorit Agan dan Sista? Kalo ane sih pisang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
japarina dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
12-04-2021 20:17
0 0
0
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
12-04-2021 20:18
Sop buah
profile-picture
profile-picture
tahubaksomurni dan saya.kira memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
12-04-2021 22:00
Es teh manis, hemat emoticon-Ngakak (S)
Ga ada pikiran asam lambung ga naik emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan tahubaksomurni memberi reputasi
2 0
2
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
12-04-2021 22:13
Oiya ga kepikiran buat nyetok oat!!!
profile-picture
tahubaksomurni memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
13-04-2021 00:28
hmmm.. teorinya menarik, tapi praktiknya kebanyakan tetep kalap pas buka haha emoticon-Cape d...
profile-picture
tahubaksomurni memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
13-04-2021 04:26
Suo buah mantap
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
13-04-2021 05:38
Kalo versi ane sih sejumput garem dlu d lidah trus tenggak air hangat deh, buat netralisir asam lambung yg lumyan kronis emoticon-Leh Uga
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
13-04-2021 08:02
Kalo disini gorengan number wan
profile-picture
saya.kira memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
13-04-2021 10:26
Yang paling susah buat dihindarin itu ya gorengan sih, rasanya buka puasa ngga pake gorengan tuh aneh banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
14-04-2021 17:08
Gorengan ga pernah absenemoticon-Shakehand2
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
14-04-2021 17:15
Minum air putih dulu ane
0 0
0
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
14-04-2021 17:15
Enak banget
0 0
0
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
14-04-2021 17:38
Ane wajib gorengan ganemoticon-Big Grin
Tapi perlu dicoba ini gan
Cek kulkas buat takjil ganemoticon-Cendol Gan
0 0
0
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
14-04-2021 17:41
Alpukat kocok
0 0
0
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
14-04-2021 18:12
Thanks for sharing
0 0
0
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
14-04-2021 18:45
Promag ganemoticon-Leh Uga
0 0
0
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
15-04-2021 00:07
Wahhh keren banget nih informasi bagus mengenai menu untuk berbuka puasa yang sehat dan bebas kolesterol serta asam lambung
0 0
0
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
15-04-2021 04:06
Kurma dan buah
0 0
0
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
15-04-2021 06:08
Makasih,info threadnya GanSis, makanan sehat diatas, bebas kolesterol, sangat aman pula dikonsumsi saat berbuka puasa..
0 0
0
10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung
15-04-2021 08:38
Hmm saya suka alpuket melon dan roti
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Kaskus Bandung Tourism Community
coc-hotel-unik-di-bandung
The Rest of the World (International Food)
nikmatnya-menyantap-soba-asli-di-restoran-tertua-di-jepang
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia