Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
25
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6072fd540ce9b309cc22e4f7/kenali-apa-itu-abibliophobia
Abibliophobia adalah phobia yang dialami oleh beberapa orang yang sudah mempunyai kebiasan membaca buku. Meski anak-anak jarang mengidap phobia ini namun gejala-gejala Abibliophobia ini bisa dikenali dari masa kanak-kanak sampai remaja. Gejala-gejalanya seperti berikut:
Lapor Hansip
11-04-2021 20:44

Kenali Apa Itu Abibliophobia

Past Hot Thread
icon-verified-thread
ABIBLIOPHOBIA


Kenali Apa Itu Abibliophobiapinterest.com


Kenali Apa Itu Abibliophobia


Hai... hai... hai. Salam jumpa kembali dengan Ki Jagat Alit yang telah menghilang beberapa waktu lamanya karena hiatus ( demi melakukan puja semedi untuk mengasah kemampuan menulisnya, dari menulis ala cakar ayam menuju penulisan yang lebih bermutu)

Apa kabar semuanya? Sehat dan berbahagia bukan? Tentunya dua hal ini sehat dan berbahagia adalah harapan kita semua.

*

Sebelum masuk ke trit Ki Jagat Alit kali ini, sekadar intermezo sebagai pembuka. Ki Jagat Alit pingin tahu saja,
pernahkah kalian merasakan ada yang kurang dalam hidup kalian jika tidak menulis barang sehari saja?

Apakah pernyataan: "Namanya juga penulis, masa tidak menulis atau berhenti menulis, sih?"



Pasti terasa sekali ada yang kurang dalam menjalani hidup kalian. Gelisah, pusing atau malah terasa gatal di seluruh tubuh? Bagi penulis, tidak menulis adalah suatu siksaan yang maha berat.

Karena menulis menjadi kebutuhan yang hukumnya wajib ain bagi kalian, bukan?


Lalu, apakah kaitannya pertanyaan pembuka itu dengan trit kali ini?

Baiklah, langsung saja masuk ke pokok permasalahan!

Abibliophobia, apakah ada yang pernah mendengar kata atau istilah ini?


Jika menulis adalah wajib bagi kalian maka bagi pembaca, membaca adalah wajib hukumnya bagi mereka juga.

Bahkan sampai karena kegemaraannya membaca atau saking maniaknya, kapan saja, di mana saja mereka akan terus membaca!

Malah saking gilanya membaca ada sebagian orang yang mempunyai rasa ketakutan tidak bisa membaca, atau kehabisan bahan bacaan.


Inilah yang dimaksud dari Abibliophobia ini.


*

Dari kamus psikologi populer ditemukan bahwa


Abibliophobia adalah phobia atau ketakutan terhadap kehabisan bahan bacaan.




Lho, kok bisa? Yuk, kita kulik bersama!




Kenali Apa Itu Abibliophobiapinterest.com


Berbagai macam penyimpangan prilaku yang bisa dialami oleh manusia, tidak terkecuali dengan munculnya perasaan takut yang merupakan sebuah pemyimpangan juga, karena ketakutan yang sangat berlebihan dan abnormal terhadap sesuatu hal akan menganggu atau menghambat kehidupan penderitannya bahkan bisa berakibat fatal yang mengancam keselamatan jiwa



Kenali Apa Itu Abibliophobiapinterest.com



Bagaimana dengan Abibliophobia ini?

Meskipun phobia ini tidak berakibat fatal namun patut dikenali apa yang menjadi gejala-gejalanya.

Kenali Apa Itu Abibliophobiapinterest.com


Abibliophobia adalah phobia yang dialami oleh beberapa orang yang sudah mempunyai kebiasan membaca buku.

Meski anak-anak jarang mengidap phobia ini namun gejala-gejala Abibliophobia ini bisa dikenali dari masa kanak-kanak sampai remaja.

Gejala-gejalanya seperti berikut:

1. Anak akan membaca secara berlebih.

2. Anak lebih banyak mempunyai buku dibandingkan memiliki teman.

3. Anak lebih banyak membaca buku dibandingkan dengan orang-orang di sekitarnya.

4. Anak lebih percaya guru atau pustakawan di sekitarnya.


Jika kalian melihat gejala-gejala seperti ini, kalian harus segera waspada karena tidak menutup kemungkinan, anak tersebut telah terjangkit Abibliophobia yang membuat mereka kecanduan membaca.

Bukannya bagus kalau gemar membaca?

Eits, tunggu dulu!

Kalau gemar membaca sampai kecanduan dan jika kebutuhan membaca tidak terpenuhi mereka akan mengalami kepanikan hebat bahkan mengalami stress?


Pastinya keadaan ini akan mengganggu kehidupan sehari-harinya, bukan?

Untuk mengetahui Abibliophobia perlu diperiksa oleh dokter kejiwaan atau psikolog.



Kenali Apa Itu Abibliophobiapinterest.com


Psikolog akan melakukan serangkaian tes untuk memastikannya.

Kemudian akan dilakukan treatment khusus untuk menyembuhkan ketakutan ini.

Treatment khusus bukan menjadi jaminan kesembuhan secara instan, tapi peran keluarga dan pribadi perorangan akan menentukan kesembuhan itu.

Selain treatment, ada langkah-langkah jitu yang bisa membantu proses penyembuhan seperti:


1. Mengurangi waktu atau dosis lama membaca setiap harinya.

2. Mengurangi target buku atau bacaan apapun.


3. Lakukan kegiatan pengganti yang bermanfaat untuk mengurangi kecenderungan membaca.

Bagaimana trit Ki Jagat Alit kali, ini?

Semoga memberikan tambahan wawasan dan memberikan manfaat.

Amin.

Selamat malam

Ki Jagat Alit

Diubah oleh ndutsetiawan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kenali Apa Itu Abibliophobia
12-04-2021 06:20
Ada yg suka membaca karakter tetangga dan orang2, alias ngeghibah? Wkwk
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenali Apa Itu Abibliophobia
13-04-2021 22:06
kalo bacaannya baca kaskus threat NL masuk sini juga gan?emoticon-Ultah
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenali Apa Itu Abibliophobia
14-04-2021 11:19
Emang semua yg beelebihan itu gak baik, termasuk doyan banget baca. Krisis membaca juga bikin miris sih karna dampaknya bisa ngerugiin banyak orang, termasuk doyan banget baca. Yg pasti ini bukan ane banget sih, suka cm baca novel doang wkwk
profile-picture
fira262 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenali Apa Itu Abibliophobia
14-04-2021 13:43
Wah meskipun membaca itu kegiatan yang bagus banget manfaatnya tapi kalo berlebihan pun ternyata tetep nggak bagus ya.
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kenali Apa Itu Abibliophobia
14-04-2021 13:45
Quote:Original Posted By lubangkaca
Emang semua yg beelebihan itu gak baik, termasuk doyan banget baca. Krisis membaca juga bikin miris sih karna dampaknya bisa ngerugiin banyak orang, termasuk doyan banget baca. Yg pasti ini bukan ane banget sih, suka cm baca novel doang wkwk


Jadi emang semua harus pada porsinya ya. Nggak berlebihan, nggak kekurangan. Karena masing-masing punya dampak buruknya. Jadi emang harus dikasih porsi yang tepat, harus dibarengin sama praktek/interaksi dunia nyata emoticon-Big Grin
profile-picture
jendralkancil46 memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kenali Apa Itu Abibliophobia
14-04-2021 15:41
Menulis adalah suara hati yang diucapkan dengan pena
Diubah oleh dalledalminto
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenali Apa Itu Abibliophobia
14-04-2021 23:21
Ane belum banyak baca
Tapi terniat bisa banyak nules

😂
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenali Apa Itu Abibliophobia
15-04-2021 14:04
Oke nice info gan..
Membaca yang merupakan suatu kegiatan/hobi yang bagus kalau berlebihan pun akhirnya tidak bagus ya gan.. Jadi intinya segala sesuatu itu gak baik kalau berlebihan ya gan emoticon-Smilie
0 0
0
Kenali Apa Itu Abibliophobia
16-04-2021 04:44
Asyiappemoticon-Shakehand2
0 0
0
Kenali Apa Itu Abibliophobia
18-04-2021 22:52
sebaek baeknye hal yg baek tu kalo berlebihan emang jadi buruk jugayeee bun namanya kecnaduan ye kecanduaannn
0 0
0
Kenali Apa Itu Abibliophobia
24-04-2021 04:58
jaman sekarang malah bukan hanya kudu luas literasi dengan membaca buku tapi kita juga kudu pinter membaca keadaan, hahahha.
0 0
0
Kenali Apa Itu Abibliophobia
30-04-2021 23:06
Thanks infonya gan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia