Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
32
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606eeedce41eb80be936bb2f/jangan-dicampur-kenali-3-jenis-sampah-disekitar-kita-gansis
Gansis sering membeli permen? Atau kalian sering membuang sisa sarapan yang tidak habis karena terburu-buru ke kantor? Lantas apa hubungan dari dua pertanyaan tersebut? Sebelum Gansis lebih kebingungan lagi, izinkan penulis untuk menjelaskannya. Dua peristiwa itu adalah contoh sederhana lahirnya sampah dalam kehidupan kita.
Lapor Hansip
08-04-2021 18:54

Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!

Past Hot Thread
Gansis sering membeli permen? Atau kalian sering membuang sisa sarapan yang tidak habis karena terburu-buru ke kantor? Lantas apa hubungan dari dua pertanyaan tersebut? Sebelum Gansis lebih kebingungan lagi, izinkan penulis untuk menjelaskannya. Dua peristiwa itu adalah contoh sederhana lahirnya sampah dalam kehidupan kita.

Seperti biasa, kita akan memakan permennya, lalu melemparkan bungkusnya ke tempat sampah umum yang tercampur didalamnya semua jenis sampah, kan?

Loh, emang harusnya gimana sih?

Untuk menjawab petanyaan itu, di bawah ini penulis akan mengenalkan 3 jenis sampah yang tentunya berbeda agar Gansis dapat memilah sampah dengan baik.

Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
Dok. Findo Karya Utama

Mengutip dari Wikipedia Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses.

Bersasarkan sifatnya, sampah terbagi menjadi 3 jenis yaitu organik, non-organik, dan B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Berikut penjelasan mengenai ketiganya, Gansis!

1. Organik

Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
Dok. Theasianparent.com

Gansis pasti sudah tahu bahwa tinja adalah produk buangan dari saluran pencernaan, namun tahukah kalian bahwa benda kotor itu termasuk sampah organik, kenapa? Karena berasal dari makhluk hidup (hayati). Ya, segala jenis material sisa yang bersumber dari organisme hidup adalah sampah organik.

Beberapa contoh lainnya antara lain :

1. Dedaunan kering
2. Sayur dan buah-buahan busuk
3. Makanan sisa yang basi
4. Tisu dan kertas bekas pakai

Sampah organik dapat terurai dengan mudah secara alami dengan bantuan bakteri dan jenis mikroorganisme lain.

Cara pengelolaannya

Setelah mengenal pengertian dan beberapa contoh sampah organik, mari kita ketahui juga cara pengelolaannya, yuk!

Tiga Cara pengelolaannya antara lain mengolahnya menjadi kompos untuk menyuburkan tanaman, mengolahnya menjadi pakan ternak, dan mengolahnya menjadi biogas.

2. Non-organik

Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
Dok. 99.co

Kebalikan dari sampah organik, sampah non-organik adalah material sisa non-hayati. Seperti bungkus permen yang telah disebutkan pada pembukaan thread ini, contoh sampah non-organik adalah mereka yang bersumber dari sesuatu yang tidak hidup.

Beberapa contoh lain :

1. Pembungkus makanan
2. Botol plastik
3. Detergen
4. Kaca
5. Keramik
6. Kaleng

Sebagian dari sampah organik tidak dapat terurai secara alami, namun sebagian yang lain dapat terurai namun cenderung sulit untuk dipecah oleh mikroorganisme.

Menurut Petungsewu Wildlife Education Center, lamanya sebuah plastik untuk dapat terurai secara alami adalah 50-100 tahun. Wah, lama juga ya, Gansis!

Cara pengelolaannya

Terdapat 4 cara untuk mengelola sampah non-organik yang sukar terurai ini antara lain :

a. Reduce

Mengurangi penggunaan barang yang kelak akan menjadi sampah non-organik adalah hal sederhana dan paling mudah. Tidak menggunakan sedotan plastik adalah salah satu caranya.

b. Reuse

Ada botol plastik di rumah? Jangan dibuang, Gansis! Kalian bisa menggunakannya kembali menjadi sebuah pot untuk tanaman, loh! Hal itu pun berlaku untuk benda bekas lain. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi sampah non-organik.

c. Recycle

Dengan cara ini Gansis bisa memproses kembali barang bekas dan menyulapnya menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual. Jika memiliki ide dan kreativitas, benda-benda yang tidak terpakai itu dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang bisa mendatangkan cuan, Gansis!

d. Replace

Membawa kantung belanja sendiri sebelum pergi ke pasar adalah salah satu cara me-replace atau mengganti pemakaian suatu barang dengan barang lain yang sifatnya lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali. Kantung plastik yang kita gunakan selama ini mempunyai beberapa dampak negatif bagi diri maupun lingkungan, loh. Untuk menghindari hal itu, mari kita praktekkan teknik replace ini dalam kehidupan sehari-hari, Gansis!

3. B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
Dok. 99.co

Sejalan dengan namanya, sampah ini mengandung zat berbahaya yang dapat merusak lingkungan, mengganggu kesehatan, serta mengancam kelangsungan hidup manusia dan organisme lainnya.

Dalam PP No. 18 Tahun 1999 jo PP No. 85 Tahun 1999 bahkan dijelaskan bahwa kuantitas kecil dari sampah ini saja bisa merusak lingkungan, kesehatan, dan mengancam kelangsungan makhluk hidup.

Melansir dari environtment-indonesia.com, limbah B3 mempunyai beberapa ciri-ciri, antara lain :

1. Memiliki sifat korosif
2. Mempunyai sifat irritated
3. Termasuk pada bahan radioaktif
4. Mengandung racun
5. Dapat menyebabkan iritasi
6. Mudah untuk meledak
7. Mudah untuk terbakar
8. Mempunyai sifat reaktif

Beberapa contoh sampah B3 :

1. Baterai bekas
2. Bohlam bekas
3. Kemasan cat
4. Kosmetik
5. Pelumas kendaraan
Dan benda lainnya yang menyebabkan iritasi atau gangguan kesehatan, seperti merkuri yang terkandung pada baterai.

Cara pengelolaannya

Sebagaimana dilansir pada kaltim.tribunnews.com, Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup kota Balikpapan, Tahap penanganan sampah B3 dari rumah tangga dapat dimulai dari pemilahan. Sampah B3 harus dipilah dan dipisahkan dari sampah organik dan anorganik.

Sampah B3 yang sudah terkumpul dimasukkan dalam wadah yang aman dan kedap air dan selanjutnya dibuang di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) untuk diproses lebih lanjut oleh petugas kebersihan.

Menimbun sampah B3 tidak dianjurkan karena dapat mencemari tanah.

Quote:
Baca juga: Apakah Kamu Humoris? Jawab 4 Pertanyaan Ini Untuk Mengetahuinya, Gansis!

Baca juga: Tidak Mempan Menasihati Orang Lain? Mungkin Caramu Yang Salah, Gansis!

Baca juga: Jangan Dilupain! Ketahui 5 Persiapan Ini Sebelum Pergi Jalan-jalan!



***

Memilah sampah adalah hal yang sangat penting, kenapa? Jika sampah dipilah, itu akan membantu kita dalam menemukan sesuatu yang bisa kita manfaatkan kembali.

Apa yang terjadi jika tidak memilah sampah? Semuanya menumpuk dan menjadi gunungan sampah yang tidak berguna di TPA. Dan itulah salah satu penyebab munculnya permasalahan lingkungan, Gansis!

Maka dari itu, setelah kita mengenal 3 jenis sampah dan cara pengelolaannya, mari kita sama-sama memilah sampah dengan menyediakan 3 tempat sampah di rumah kita. Masing-masing untuk jenis sampah yang berbeda, ya!


Sumber :
disini, disini, disini, dan disini

emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh ikhwan.abas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doobey dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
08-04-2021 23:26
Nah ini nih terkadang masih banyak yang mengabaikannya
profile-picture
ikhwan.abas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
11-04-2021 06:50
Informasinya sangat bermanfaat menyadarkan kita akan pentingnya mengolah sampah mulai dari rumah tangga
profile-picture
ikhwan.abas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
12-04-2021 10:32
Ini baru edukasional daripada sekolah emoticon-Leh Uga
profile-picture
ikhwan.abas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
12-04-2021 12:05
kl di luar negeri org dah bisa klasifikasiin beginian yak. disini buang ya buang aja
profile-picture
ikhwan.abas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
12-04-2021 17:55
Thanks gan
Kalau di perumahan ane, alhamdulillah udah kayak gitu, tapi endingnya diambil petugas kebersihan dan dicampur
emoticon-Cape d...
profile-picture
ikhwan.abas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
12-04-2021 18:10
Oke tempat sampahnya sudah di pisah2.
Tapi, ntar diambil ama tukang sampah di campur2 lg. sama aja boong
profile-picture
ikhwan.abas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
12-04-2021 19:24
Kadang masyarakat masih bingung memilah sampah2 tersebut, dibuang ke tong yg mana sampah yang hendak dibuang, walau sudah tertera di tiap tong, rincian jenis bahan sampahnya..
profile-picture
ikhwan.abas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
12-04-2021 21:07
karena pengelolaan sampah di tempat gue masih amburadul, sampah gue pilah, yg organik gue kubur, yg anorganik terpaksa gue bakar, alesannya daripada lari kemana2 ga ke kontrol, lagian tukang ambil sampah di kumpulin jadi satuemoticon-Cape d...
profile-picture
ikhwan.abas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
13-04-2021 17:50
tapi sayangnya walopun udah dibeda bedain sesuai jenisnya bahkan warnanya juga kontras, tp orang orang kita masih aja bodoamat asal buang.. hehe emang dasarnya pada dablek wkwk
profile-picture
Sh1nMitsuki memberi reputasi
1 0
1
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
14-04-2021 10:28
ane masih suka nyampur sampah organik sama plastik nih gan
huhu
kudu dibenahi nih
profile-picture
ikhwan.abas memberi reputasi
1 0
1
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
15-04-2021 10:19
Kadang ga semua tempat nyediain tempat sampah yang dipisah pisah gitu
profile-picture
ikhwan.abas memberi reputasi
1 0
1
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
18-04-2021 05:13
Masih banyak banget orang yang ga mau peduli sama sampah, masih jauh dari kata memisahkan/mengklasifikasikan sampah, buangnya aja masih pada sembarangan, yang kecil-kecil aja dianggap sepele, yang gede mah udah jelas banget.

Dalem satu tempat sampah di kita mah, ada kertas, ada bekas sisa makanan, sampah dapur, pembalut, tissue, plastik, baterai, malah ada popok isi nya eek.. deeehhh emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...

Ironisnya lagi di kolong selokan deket rumah ane mah ada kasur kapuk sama bantal gan/sis, pantesan aja sering ngeluap aernya, pas kerja bakti gw ngomel-ngomel aja

"...njrit ada kasur sama bantal disini, sekalian aja lu pada taro lemari, buffet piring, dispenser, ngekos ngekos dah tuh dimari!, kaga pada punya otak" emoticon-Marah
profile-picture
SheelRaWTP memberi reputasi
1 0
1
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
19-04-2021 07:02
mudah tapi banyak yg mengabaikannya.
profile-picture
ikhwan.abas memberi reputasi
1 0
1
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
19-04-2021 09:36
nahh inii bener, tapii sedih sii, sayangnyaa di indo peraturan kayak ginii diabaikan wkwkwk, buang sampahnyaa gaa teratur bgtt padahal udah di label per kelompok, aing pernah liat tempat sampah masker isinyaa malah sampah makanan dll, hikd:"(
profile-picture
ikhwan.abas memberi reputasi
1 0
1
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
26-04-2021 00:15
edukasi kaya gini harusnya masuk ke masyarakat langsung biar mislead terus untuk pemilahan sampah ini atau hanya hiasan warna warni aja tmpt sampahnya
profile-picture
ikhwan.abas memberi reputasi
1 0
1
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
27-04-2021 09:26
masalahnya kalau di kota terus nanti sama pengelola sampahnya dicampur sama aja boong
profile-picture
ikhwan.abas memberi reputasi
1 0
1
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
28-04-2021 03:38
wah ane nih masih suka nyampur jenis sampah
profile-picture
ikhwan.abas memberi reputasi
1 0
1
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
30-04-2021 18:52
Thanks infonya gan
0 0
0
Jangan Dicampur! Kenali 3 Jenis Sampah Disekitar Kita, Gansis!
01-05-2021 09:10
Bagus sih. Awalnya baik, cuma lihat TPS semua sampah pada bercampur
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia