News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
50
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606ee1b7d44e3f441e0eb761/menkes-5-negara-produsen-vaksin-resmi-melarang-vaksinnya-diekspor-indonesia-gimana
INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam rapat kerja Komisi IX DPR RI dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terungkap bahwa negara-negara produsen vaksin Covid-19 melarang produk vaksinnya diekspor.  Kondisi ini tentu mengganggu ketersediaan vaksin di Indonesia yang sangat membutuhkan untuk program vaksinasi.  Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris yang memimpin rapat mengatakan, pihaknya ing
Lapor Hansip
08-04-2021 17:57

Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?

Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Dalam rapat kerja Komisi IX DPR RI dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terungkap bahwa negara-negara produsen vaksin Covid-19 melarang produk vaksinnya diekspor. 

Kondisi ini tentu mengganggu ketersediaan vaksin di Indonesia yang sangat membutuhkan untuk program vaksinasi. 

Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris yang memimpin rapat mengatakan, pihaknya ingin meminta penjelasan pemerintah soal pengadaan vaksin tersebut. 

"Ramai dibicarakan soal kendala pengadaan vaksin khususnya astrazeneca. Komisi IX minta penjelasan ketersediaan vaksin Covid-19 untuk vaksinasi program pemerintah," kata Charles dalam rapat, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Kamis (8/4/2021).

Menjawab hal itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, di dunia ada 60 negara yang sudah melakukan vaksinasi. 

Indonesia ada di ranking 8. Sedikit di bawah Jerman, Turki, Brazil, Inggris, India, dan Amerika. 

Ia mengakui, saat ini tantangan paling besar yang dihadapi ialah ketersediaan vaksin di tanah air akibat larangan ekspor vaksin dari sejumlah negara produsen vaksin.

"Ada lima negara yang memproduksi vaksin yaitu Amerika, China, India, Inggris, dan Rusia. Negara-negara ini menerapkan kebijakan untuk tidak mengeluarkan vaksin yang diproduksi di negaranya," ungkapnya.

"Contoh AS, semua vaksin yang diproduksinya hanya boleh dipakai di AS saja. Inggris juga begitu," tandas Menkes.

Ia juga menyatakan bahwa jadwal kedatangan 100 juta dosis vaksin COVID-19 menjadi tidak pasti menyusul adanya kebijakan dari negara produsen vaksin tersebut.

"Jadi, ada 100 juta dosis vaksin yang sampai sekarang menjadi agak tidak pasti jadwalnya," imbuhnya.

100 juta vaksin tersebut berasal dari perjanjian dengan COVAC/GAVI sebanyak 54 juta dosis secara gratis. 

Lalu vaksin Astrazeneca yang didatangkan Bio Farma sebanyak 50 juta dosis.

"COVAC/GAVI bermasalah karena embargo dari India, suplai vaksin Astrazeneca juga terhambat dari India," ungkap Budi.

Dengan kondisi demikian, kata Menkes Budi maka Indonesia yang seharusnya menerima 11 juta vaksin pada Maret-April ini hanya akan mendapat 1 juta vaksin dari COVAC/GAVI.

"Sisanya, mereka belum bisa memberikan konfirmasi," tukasnya.

Ketidakpastian yang sama juga terjadi dengan suplai vaksin Astrazeneca ke Indonesia.

"Informasi dari Astrazeneca mereka hanya bisa kirim 20 juta vaksin di 2021 ini, sisanya 30 juta vaksin diundur tahun depan (2022)," pungkasnya.

Baca Berita Selengkapnya;
https://www.industry.co.id/read/8373...donesia-gimana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 18:12
Mampos emoticon-Ngakak
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 18:20
Vaksin nusantara
Monggo pak dr. Terawan emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 18:34
Makanya dari awal jangan ngandelin import terus . Jadikan pelajaran .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 18:36
Ngemis ama majikan.

emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zinski dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 18:56
vaksin merah putih
vaksin nusantara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 19:11
Empon2 sama nasi kucing masih ada kah? Aman sudah emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 19:18
vaksin kwontol kalo cuma ngandalin vaksin impor lalu undur nunggu tahun depan bisa habis ekonomi negara ini

ingat sekarang sudah banyak pengusaha yg gulung tikar emoticon-Cape d...

tolong pake otak bukan peli
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Muslimn10 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 19:19
Tinggal difixkan saja vaksin merah putih yang saat ini dalam proses pengembangan.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 19:21
Vaksin lokal malah disuruh berhenti. Kurang dukungan, rasain sekarang stok menipis
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 19:37
Terus koar2, 15 bulan indonesia 100% vaksin gimana?

profile-picture
profile-picture
fachri15 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 19:51
coba dealnya dari jauh2 hari sama pak izer, mak dena... diversifikasi pfaksin lah

goblogh sih emoticon-Cape deeehh

emoticon-babivac terooos aja jok emoticon-Traveller

ntar emoticon-babivac distop mau pfaksin apa? pfaknyus (pfaksin nyusantara)? mendingan disuntik virus hidup emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 19:54
Vaksin jadi alat negosiasi
emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 19:55
Ga jd setahun beres dong vaksinasinya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 19:58
Jadi hanya dari Sinovac saja kan yang baik, mantap, dan keren?

Makanya, jangan lupakan jasa China dalam hal ini

China sudah berbaik hati dengan Indonesia

Sudah seharusnya kita terus bekerja sama seterusnya

Bukan malah membela negara BARAT dan sekutunya

China memang hebat

Salut dengan China

Be like China
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 20:01
Penelusuran nya saja di perkuat.
Australia juga tidak berharap dari vaksin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 20:16
Mereka janjian emoticon-Wkwkwk untung indon udah bikin ndiri. Yak toh ?
Kek gak kenal cara marketing org Indon aj klean emoticon-Leh Uga
0 0
0
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 21:06
ada yg makin kaya tp bukan negaraemoticon-Leh Uga
0 0
0
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 21:07
pasti salah kadrun anies hti
0 0
0
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 21:44
Nasi kucing + empon2 + wudhu

Pa kabar?
profile-picture
Pinkyboy23 memberi reputasi
1 0
1
Menkes: 5 Negara Produsen Vaksin Resmi Melarang Vaksinnya Diekspor, Indonesia Gimana?
08-04-2021 22:18
Rasain dah emoticon-Big Grin
Sukur yang bilang vaksin dari Inggris gabener, akhirnya gak kebagian

Silahkan menunggu tentara langi menjemput
profile-picture
reid2 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia