Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
159
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606ed5cbba202745a12d9dff/koruptor-belum-pernah-dihukum-mati-di-indonesia-ini-alasannya
Bicara tentang kriminalitas tentu tak ada habisnya. Pemerkosaan, pembunuhan, pembegalan, dan sebagainya. Yang mana semua kasus tersebut terus terjadi meski dengan adanya ancaman hukuman seumur hidup hingga hukuman mati.
Lapor Hansip
08-04-2021 17:07

Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!

Bicara tentang kriminalitas tentu tak ada habisnya. Pemerkosaan, pembunuhan, pembegalan, dan sebagainya. Yang mana semua kasus tersebut terus terjadi meski dengan adanya ancaman hukuman seumur hidup hingga hukuman mati.

Terutama kasus korupsi, setiap tahun selalu ada-ada saja pejabat yang tertangkap melakukan tindakan korupsi! Tak main-main, kejahatan satu ini menurut ane merupakan kejahatan yang merugikan satu Indonesia!

Ironis, belum ada satu kalipun tersangka korupsi dijatuhi hukuman mati!Lihatlah gambar di atas. Pelaku koruptor di Indonesia masih sangat santai tersenyum meski telah mengenakan rompi berwarna orange. Miris, jika kita bandingkan dengan narapidana-narapidana lain, sekalipun hanya maling ubi. Mereka akan tertunduk lesu, dan malu!

Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!

Masih teringat jelas di Hari Antikorupsi tahun 2019. Pak Jokowi mendapat pertanyaan dari seorang anak SMA.

Quote:"Mengapa negara kita mengatasi korupsi tidak terlalu tegas, kenapa gak berani dihukum mati, kenapa kita hanya penjara," kata Harley Hermansyah siswa kelas XII Jurusan Tata Boga, Senin, 9 Desember 2019.

sumber : https://nasional.tempo.co/read/1281672/hari-antikorupsi-jokowi-ditanya-kenapa-koruptor-tak-dihukum-mati/full&view=ok



Yang kemudian dijawab secara tegas oleh Bpk Presiden Ir. Joko Widodo

Quote:"Kalau korupsi bencana alam dimungkinkan, kalau enggak tidak. Misalnya ada gempa dan tsunami di Aceh atau di NTB, kami ada anggaran untuk penanggulangan bencana tapi duit itu dikorupsi, itu bisa (diancam hukuman mati)," jawab Jokowi.

sumber : https://nasional.tempo.co/read/1281672/hari-antikorupsi-jokowi-ditanya-kenapa-koruptor-tak-dihukum-mati/full&view=ok



Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!

Lantas, apa kabar bapak eks Menteri Sosial (Mensos) yang ditangkap KPK terkait kasus "pungli" bantuan sosial (Bansos)?

Meski terdengar cocok dengan kriteria yang bisa dijatuhi hukuman mati. Pada akhirnya eks Menteri Sosial (Mensos) Julian Peter Batubara tak dijatuhi hukuman tersebut.

Mari simak kembali pernyataan Pak Presiden dan fokus pada kata anggaran. Terkait kasus Pak Julian Batubara, beliau menerima "fee" dari rekanan. Jadi dana yang mengucur ke kantong beliau bukanlah berasal dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), melainkan rekanan. Maka dalam kasus ini dikatakan lebih sesuai jika dikatakan suap, ketimbang korupsi.

Senada juga dengan klarifikasi yang dilakukan oleh Wakil Ketua KPK, Bpk Nurul Ghufron pada Desember 2020 di Indonesian Lawyers Club.



Quote:"Karena faktanya memang yang disebut memperkaya diri secara yang kemudian merugikan negara itu, adalah peristiwa atau perbuatan dari penyelenggara negara yang pada saat mengucurkan keuangan negara dari APBN," kata Ghufron dikutip melalui saluran Youtube Indonesia Lawyers Club, Jumat (11/12/2020).

sumber  : https://kabar24.bisnis.com/read/2020...k-ini-kata-kpk.



Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!

Mengacu pada Undang-Undang Tipikor No.31 Tahun 1999 jo UU No 20 Tahun 2001, sesungguhnya koruptor di Indonesia bisa diancam hukuman mati. Namun, hanya pasal 2 ayat 2 yang dapat menjerat koruptor untuk dihukum mati.

Apa isi pasal 2 ayat 2 UU Tipikor?


Quote:Pasal 2
(1) Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana penjara dengan penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.
(2) Dalam hal tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilakukan dalam keadaan tertentu, pidana mati dapat dijatuhkan.

sumber : https://news.detik.com/berita/d-4816441/koruptor-memang-bisa-dihukum-mati-di-indonesia-ini-aturannya

 

Yang dimaksud keadaan tertentu pada pasal 2 ialah keadaan pada saat negara dalam bahaya, sesuai dengan undang-undang yang berlaku, pada waktu terjadi bencana alam nasional, sebagai pengulangan tindak pidana korupsi, atau pada waktu negara dalam keadaan krisis ekonomi dan moneter.

Inilah Alasannya Kenapa Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati di Indonesia, karena korupsi yang selama ini terjadi masih belum sesuai dengan "kondisi tertentu" yang diatur dalam undang-undang kita.

Semoga saja kedepan akan ada hukum yang mengatur agar tersangka Koruptor dapat dijatuhi hukuman mati! (tanpa melihat kondisi tertentu). Seperti koruptor di negara-negara lain. Dengan ancaman hukuman mati, mungkin mereka (koruptor) tak akan lagi bisa tersenyum santai seperti yang sudah-sudah.

Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!

Informasi tambahan :
1. Pak Julian Batubara merupakan tersangka dari proyek pengadaan bansos penanganan COVID19 dalam bentuk sembako. Dalam kasusnya, Pak Julian disebut menerima Fee dari rekanan untuk setiap paket bansos yang diedarkan. Selama periode pertama dan kedua, diduga terkumpul sekitar Rp 17 miliar dari uang fee yang rencananya akan digunakan untuk keperluan pribadi oleh Eks Mensos ini.

2. KPK menjerat Julian Batubara dengan pasal 11 dan 12 UU Tipikor

3. Isi Pasal 11 dan 12 UU No 20 Tahun 2021 Tentang Tipikor

Pasal 11


Dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun dan atau pidana denda paling sedikit Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dan paling banyakRp250.000.000,00 (dua ratus lima puluh juta rupiah) pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima hadiah atau janji padahal diketahui atau patut diduga, bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan karena kekuasaan atau kewenangan yang berhubungan dengan jabatannya, atau yang menurut pikiran orang yang memberikan hadiah atau janji tersebut ada hubungan dengan jabatannya.


Pasal 12


Dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah);

a. pegawai negeri atau penyelenggaran negara yang menerima hadiah atau janji, padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan untuk menggerakkan agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajibannya;

b. pegawai negeri atau penyelenggaran negara yang menerima hadiah, padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah tersebut diberikan sebagai akibat atau disebabkan karena telah melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya;


Quote:
Referensi :



3. [url=https://www.kaskus.co.id/forum/quicknewthread/Tak Kenakan Pasal Hukuman Mati Ke Mensos dkk, Ini Kata KPK  Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul "Tak Kenakan Pasal Hukuman Mati Ke Mensos dkk, Ini Kata KPK", Klik selengkapnya di sini: [url]https://kabar24.bisnis.com/read/20201211/16/1329924/tak-kenakan-pasal-hukuman-mati-ke-mensos-dkk-ini-kata-kpk.[/url] Author: Edi Suwiknyo Editor : Edi Suwiknyo  Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini: Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPSiOS: [url]http://bit.ly/AppsBisniscomIOS]Tak[/url] Kenakan Pasal Hukuman Mati Ke Mensos dkk, Ini Kata KPK  [/url]



Gambar : Google







Quote:Original Posted By jonrender
Korupsi masih merupakan budaya yang sulit diberantas dalam tempo singkat.iklimnya sendiri susah.antara watak toleran dalam tanda kutip dan juga warisan masa lalu.jadi secara tidak langsung juga turut mempengaruhi pembentukan undang undang hingga ke pelaksanaan sendiri


Quote:Original Posted By belagudech
Kenapa cuma diancam, dan bukan dijatuhi aja ?

Dan kenapa cuma pas bencana ?
Padahal para koruptor ini bisa juga disebut teroris keuangan, kalau bomber mungkin yang kena dampaknya orang yang berada di lokasi pengeboman, ini dampaknya seluruh warga negara yang kena.

Minimal kalau gak hukuman mati ya dimiskinkan aja sekalian, sita seluruh harta keluarganya, gak peduli itu punya istri atau anaknya, mau itu karna hasil korupsi, hasil sendiri maupun harta warisan.

Kasih rumah gratis di komplek khusus buat orang2 yang kena kasus macam gini tipe RSSSSSSSSSSSSS.

Tambah kasih status sebagai penghianat bangsa dan negara, gak perlu HAM HEM HOM sama orang macam gini.

Kasih juga komplek pemakaman disertai monumen kek di Avenger End Game, Poto beserta nama dan berapa besar korupsinya.

Ane yakin bakalan punah tuh koruptor kalau diginiin. emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By ryokaenzodai
Gw sih ga setuju kalo koruptor di hukum mati..
Dy mati keluarganya masih enak..
Ada 2 hukuman yg pantes..

1. Seluruh kekayaan & aset"nya disita baik yg hasil korupsi ataupun kekayaan pribadinya.. termasuk aset istri & anak"nya.. kan bisa aja disimpen atas nama istri & anaknya

2. Keluarganya di asingkan ke pulau khusus pengasingan tipikor tanpa ada fasilitas apapun.. listrik,rumah,air bersih,dll ga ada.. biarin idup primitif bebas mw ngapain keq..

Itu baru hukuman yg paling bikin koruptor ngeri.. mati doank mah beres pekara


Quote:Original Posted By kodokuper
Karna skarang model proyek itu kan model lelang. Pejabat publik itu pembuat kebijakan, bukan pelaksana proyek. Jadi biasanya kena di pasal2 gratifikasi.

Dari bunyi Pasal 2 itupun susah mau kenain pejabat publik di pasal 2 kalo konteksnya OTT. Belom masuk tuh, belom sempet "memperkaya", uda ketangkep duluan. Spertinya ini pola pikir yg dipake KPK.
emoticon-Cape d...

Mustinya dicoba dulu sama KPK. Cari bukti apaan kek. Skalian buat sinyalmen ke publik kalo KPK bener2 bersih. Kan tetep masih bisa dibuat berlapis, jadi apes2nya masih bisa kena seumur idup lah dari pasal gratifikasi. Biar hakim nanti yg nentuin.


Sekian analisa sotoy ane.
[cmiiw]
emoticon-Betty
Diubah oleh agungdar2494
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nibrasulhaq dan 50 lainnya memberi reputasi
51
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
08-04-2021 17:07
Hukuman Mati bagi koruptor, mungkinkah diadakan di Indonesia, atau Sekedar Mimpi?
Diubah oleh agungdar2494
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nibrasulhaq dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
08-04-2021 17:07
reserved
profile-picture
profile-picture
nibrasulhaq dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
08-04-2021 18:40
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nibrasulhaq dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
08-04-2021 19:30
gimana mau hukum mati,orang tuh sama2 korupsi,beda tempat dan suasana aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nibrasulhaq dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
08-04-2021 19:53
Quote:Original Posted By hen93
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!


Seriously? emoticon-Betty

Quote:Original Posted By inidia884
gimana mau hukum mati,orang tuh sama2 korupsi,beda tempat dan suasana aja


Duh berat nih komentarnya emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
nibrasulhaq dan benche87 memberi reputasi
2 0
2
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
08-04-2021 20:13
Ky foto wisuda aja pada senyum ya emoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nibrasulhaq dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
08-04-2021 21:52
Ceban dulu brayy
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
08-04-2021 23:31
Karana mereka punya banyak uang untuk menghindarinya
profile-picture
profile-picture
satria2r dan benche87 memberi reputasi
2 0
2
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
08-04-2021 23:31
HUKUM DI NEGRI INI MASIH MUDAH UNTUK DI BELI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
satria2r dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 00:06
Orang kita tuh pada menjunjung tinggi yang namanya kebaikan hati, tepo seliro, saling memaafkan.
profile-picture
nibrasulhaq memberi reputasi
1 0
1
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 00:08
Padahal jelas jelas bikin orang mati berapa aja dah itu
profile-picture
nibrasulhaq memberi reputasi
1 0
1
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 00:44
Kalau menurut ane sulit diterapkan karena yg ke tangkep2 ini hanya ibarat ikan mujair. Sementara gurame, kakap susah msh ada lagi dan susah utk ditangkap..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nibrasulhaq dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 04:53
Harusnya diterapkan tuh hukum mati buat koruptor tapi nanti mereka pasti protes bawa bawa ham.... emoticon-Tai: memang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nibrasulhaq dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 07:19
karena masih pakai hukum belanda gak sih ? emoticon-Confused
profile-picture
profile-picture
anto2310 dan nibrasulhaq memberi reputasi
2 0
2
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 09:02
ah bapake kebanyakan mikir anggaran, suruh aja rakyat yang merajam, pasti banyak sukarelawan kok emoticon-Ngakak
profile-picture
nibrasulhaq memberi reputasi
1 0
1
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 09:32
Pejabat di Indonesia kan hebat-hebat, sama Tuhan aja g takut apalagi cm sama hakim. Dan g mungkin koruptor di Indonesia dihukum mati, tau sendiri kan dimana sarang korupsi?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nibrasulhaq dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:02
Ya karena korupsi di negara ini. Pembangunan jarang yang memuaskan. Seolah anggaran gak pernah cukup
profile-picture
nibrasulhaq memberi reputasi
1 0
1
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:04
Hukum telek lancung
Korupsi 1 T dendane 200 M
Masih untung 800 M asu emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
nibrasulhaq dan dadedarwanto memberi reputasi
2 0
2
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:04
😅 sampe jembut bisa dikirim ke mars.. korupsi gak bakal hilang dari NKRI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nibrasulhaq dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Koruptor Belum Pernah Dihukum Mati Di Indonesia, Ini Alasannya!
09-04-2021 16:05
ANJAY KORUPTOR DI INDONESIA SELALU TERSENYUM KETIKA DI EXPOSE KAMERA WARTAWAN

DI NEGARA LAIN MANA ADA YG BISA BEGINI

WKWKWKWKW
profile-picture
nibrasulhaq memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia