Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
29
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606e845dd7fe613b92714817/ga-melulu-harus-beli-kok-yuk-bikin-mainan-sekaligus-pajangan-mobil-dari-kayu
untuk Agan yang ingin memiliki koleksi mobil mainan sendiri sesuai dengan model mobil kesukaanmu atau ingin memberikan mainan mobil-mobilan kepada sang buah hati, mending kalian bikin sendiri aja dari kayu. Dengan begitu, kalian bisa membuat mobil versi kalian sendiri sesuai dengan merek, model, tipe, dan warna favoritmu. Selain itu, hasil buatan sendiri pasti akan memberikan kepuasan lebih
Lapor Hansip
08-04-2021 11:19

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Memiliki mainan sekaligus pajangan mobil-mobilan merupakan salah satu hobi laki-laki, baik anak-anak atau orang dewasa sekalipun. Sayangnya, untuk memiliki pajangan mobil yang bagus dan keren kalian biasanya harus merogoh kocek yang cukup dalam. Selain itu juga, belum tentu model mobil yang kalian inginkan ada di pasaran sesuai dengan warna favoritmu.

Nah, untuk Agan yang ingin memiliki koleksi mobil mainan sendiri sesuai dengan model mobil kesukaanmu atau ingin memberikan mainan mobil-mobilan kepada sang buah hati, mending kalian bikin sendiri aja dari kayu. Dengan begitu, kalian bisa membuat mobil versi kalian sendiri sesuai dengan merek, model, tipe, dan warna favoritmu. Selain itu, hasil buatan sendiri pasti akan memberikan kepuasan yang lebih dari pada membelinya.

Yuk, kita buat bareng-bareng!



Alat dan Bahan :

Quote:
  • Gergaji Besi
  • Bor
  • Amplas
  • Penyerut Kayu
  • Lem Kayu
  • Pisau Ukir
  • Klem Kayu
  • Holesaw Set
  • Gergaji Potong
  • Minyak Lapisan Kayu




Cara Membuat :


Quote:Tahap 1

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Pertama-tama, tentukan model mobil yang ingin kamu buat. Jika sudah punya pilihan, kamu bisa mencari blueprint dari model mobil tersebut. Yap! Kamu harus punya gambar tampak depan, belakang, samping kanan, samping kiri, serta bagian atas dari mobil tersebut. Kemudian kamu bisa mencetak blueprint tersebut dan menempelkan blue print tampak samping pada papan kayu.



Quote:Tahap 2

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Jika sudah ditempel, kamu bisa memotong kayu tersebut mengikuti bentuk bodi mobil sesuai dengan blue printnya ya. Kamu harus melakukannya untuk bagian sisi kanan dan kiri mobil. Oh iya, jangan pula juga untuk membolongi bagian kacanya ya. Nah, untuk memudahkan pengerjaannya, lebih baik kamu potong terlebih dulu bagian atapnya ya tepat pada bagian atas jendela.



Quote:Tahap 3

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Langkah berikutnya, kamu harus mengaluskan potongan bodi mobilmu tersebut ya. Lakukan sampai bodi mobilmu tersebut jadi super mulus.



Quote:Tahap 4

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Kalau kamu sudah selesai membuat sisi-sisi mobilmu, kini saatnya membuat laisan untuk bagian dalamnya. Kamu bisa menjiplak bagian outline bodi mobil menggunakan kayu yang suadh kamu buat sebelumnya. Tapi ingat! Kalian ga perlu membuat lengkungan untuk ban dan jangan lupa untuk membuat kursi mobilnya ya, karena ini merupakan bagian untuk bagian dalam yang artinya interior mobil harus terlihat. Nah, untuk bagian dalam mobilnya ini kamu bisa membuatnya menggunakan 3 lapisan kayu.



Quote:Tahap 5

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Jika gambarmu sudah selesai untuk ketiga kayu tersebut. Kalian bisa mulai memotongnya sesuai dengan gambar yang telah kamu buat dan juga menghaluskannya. Sama seperti yang kamu lakukan saat membuat bagian untuk sisi kanan dan kiri mobil tersebut.



Quote:Tahap 6

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Jika dirasa sudah cukup halus, kamu bisa mulai menempelkan setiap lembaran kayu yang sudah kamu buat tersebut, mulai dari bagian sisi kanan, bagian interior, hingga bagian sisi kiri. Tempel menggunakan lem kayu dan kemudian bisa kamu jepit menggunakan klem hingga lem megering.



Quote:Tahap 7

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Kalau setelah ditempelkan, kayu-kayu tersebut masih dirasa memiliki ukuran yang berbeda dan tidak rata, kamu bisa memotong bagian-bagian yang berlebih. Lalu kamu juga bisa menghaluskannya menggunakan amplas, jangan lupa juga buat bagian-bagan yang melengkung se-proporsional mungkin.



Quote:Tahap 8

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Jangan lupakan bagian interior penting pada mobil, yaitu stir mobil. Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan kayu dengan warna yang lebih tua untuk menjadikannya aksen pada interior mobil tersebut. Selain stir mobil, kamua juga bisa menambah objek objek lainnya pada interior mobil sesuai dengan seleramu.



Quote:Tahap 9

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Jika kamu sudah selesai menghias bagian interiornya, kini saatnya menambahkan atap untuk mobil kayumu. Kamu bisa mulai menempelkan papan kayu untuk bagian atapnya, jangan lupa gunakan klem sampai lem benar benar kering ya. Nah, kalau dirasa sudah kering, kamu bisa memotong lebihan kayunya menyesuaikan dengan bentuk atap yang seharusnya. Setelah itu, jangan lupa juga untuk mengamplasnya ya, biar tidak terasa ada sambungan sambungan yang tidak rata.



Quote:Tahap 10

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Jika kamu menginginkan mobil dengan aksesoris pada sisi luarnya, kamu bisa melengkapinya ya. Misalnya adanya rak tambahan untuk atp mobil mu. Oh iya, ada baiknya jika kamu menggunakan kayu dengan warna yang berbeda agar semakin menarik.



Quote:Tahap 11

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Jangan lupa untuk mendetailkan tampak depand dan belakang mobilnya ya, seperti bagian lampu lampunya. Kamu bisa menggambar bagian bagian lampu tersebut atau kamu bisa juga sedikit mengukir bagian lampu ini.



Quote:Tahap 12

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Jika bodi mobil dirasa sudah selesai dikerjakan, kini saatnya membuat ban mobil. Kamu bisa menggunakan kayu dengan warna yang lebih tua dan potong berbentuk lingkaran sebanyak 4 buah. Nah, biar lebih mirip dengan ban asli, kamu bisa membuat pola garis-garis pada bannya ya.



Quote:Tahap 13

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Jangan lupa untuk membuat lubang pada bannya ya. Setelah itu juga kamu harus membuat kayu panjang sebagai poros ban tersebut dan dimasukkan pada lobang pada ban yang sudah kamu buat.



Quote:Tahap 14

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Bodi mobil mu juga harus ada yang di bor ya, untuk tempat memasang ban mobil tersebut. Jika sudah di bor, kamu bisa mulai memasukan poros ban tersebut dilanjut dengan ban pada bagian kanan kirinya. Oh iya, bannya jangan lupa dilem ya.



Quote:Tahap 15

Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Setelah semuanya selesai, kini saatnya kamu melakukan tahap finishing, yaitu melapisi mobil mobilanmu dengan minyak pelapisnya.




Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!

Tadaaaa!!!

Selesai deh mobil mainan dari kayu buatan kamu!

Keren kann?



SUMBER
Diubah oleh rarirureror
profile-picture
profile-picture
profile-picture
richardus96 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
11-04-2021 21:03
emang gak perlu beli sih

tapi harga toolsnya lebih mahal daripada beli jadinya
profile-picture
profile-picture
skull18 dan nyimblek69 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
11-04-2021 21:08
Naahh...setujuuh ama komeng agan yg diatas...tools nya yg manteb...harganya...pa lg yg embel2...made in usa...or germany
0 0
0
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
11-04-2021 21:10
Mending beli daripada buat sendiri gan...
Praktis n murah
profile-picture
profile-picture
dododododod dan sunshii32 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
11-04-2021 21:14
Waa kreaktif niih.. tipsnyaa menggoda sekalii.. jadi pengen buat tapi ane menyimak sajaa niih hehehe
0 0
0
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
11-04-2021 23:02
wah ane bikin pake kerdus pepsodent atau pake kulit jeruk bali aja dah seneng emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
12-04-2021 01:45
Agan beli tools nya, ntr ane pinjem ya buat bikin mobil kayu 😆
0 0
0
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
12-04-2021 05:27
Power tools nya lumayan lengkap tuh, jadi pengen
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
12-04-2021 09:42
Sayang halaman rumah g luas jd g bs beli banyak perkakas 🙄
0 0
0
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
12-04-2021 12:07
diliat dari foto sih mudah mengerjakannya. diliat aja tapi jangan dilakuin emoticon-Wakaka kalo org seneng ngotak ngatik tangannya seru buat beginian
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
12-04-2021 19:32
Waah..sepertinya cocok bagi mereka yang punya hobi dan selalu punya ide kreatif buat bikin mainan2 dari kayu ini, contohnya,mainan mobil ini.
0 0
0
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
13-04-2021 09:56
jadi inget dulu bisa beli mobil kayu kek gini dikalibata..pinggiran jalan taman makan pahlawanemoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
13-04-2021 21:30
Susah ini mah.
Alatnya juga mahal2
0 0
0
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
14-04-2021 10:29
seru sih pasti bikin mainan sendiri kayak gini
tapi alatnya ga punya
hehe
0 0
0
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
15-04-2021 10:20
Perlu niat dan ketelitian dan kesabaran kayaknya bikinnya
0 0
0
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
19-04-2021 09:43
inii keren sii, tapi susah bgt ya tuhan buatnyaa, harus bener bener bisaa terus butuh mesin dll nyaa jadi agak sulit wkwkwk. Biayanya juga mahal kann untuk alat dan bahannya jadii akuu prefer belii ajaa dee wkwkwkw, terimaa beres^^
0 0
0
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
27-04-2021 09:26
malah mungkin kalau buat sendiri pas lihat hasilnya bakal makin puas yak
0 0
0
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
28-04-2021 03:39
iyaaa sih tapi mau bikin juga ngga ada alatnya hehe
jadi lebih irit beli mainan jadi deh
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
29-04-2021 19:17
widiiih keren juga nihh pajangann dari kayuu, bisa jadii bisnis yang menjanjikan lohh
0 0
0
Ga Melulu Harus Beli Kok! Yuk Bikin Mainan Sekaligus Pajangan Mobil dari Kayu!
30-04-2021 18:54
Thanks infonya gan
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia