Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
71
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606c0ba04e6bb17e4a05123c/fakta-kebiasaan-aneh-hewan-berang-berang-laut-tidur-sambil-bergenggaman-tangan
Setiap manusia pasti memiliki berbagai macam kebiasaan unik atau aneh yang kerap kali dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi tahukah kamu, rupayanya tidak cuma manusia saja lho, hewan juga kerap melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Kadang kala kebiasaan tersebut bahkan terlihat aneh. Tentu saja, hewan-hewan ini melakukan hal-hal tersebut dengan banyak alasan, seperti bentuk pertahanan dir
Lapor Hansip
06-04-2021 14:20

Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Setiap manusia pasti memiliki berbagai macam kebiasaan unik atau aneh yang kerap kali dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi tahukah kamu, rupayanya tidak cuma manusia saja lho, hewan juga kerap melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Kadang kala kebiasaan tersebut bahkan terlihat aneh.

Tentu saja, hewan-hewan ini melakukan hal-hal tersebut dengan banyak alasan, seperti bentuk pertahanan diri, menarik perhatian pasangan, dan lain sebagainya. Nah, kira-kira seperti apa ya kebiasaan aneh hewan-hewan tersebut, kami telah merangkum fakta-faktanya dalam informasi berikut ini.

1. Coffinfish Menahan Nafas Hingga 4 Menit

Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan

Meski hidup di dalam air, ikan di laut tetap membutuhkan oksigen untuk bernafas. Namun, ada salah satu jenis ikan yang mempunyai kebiasaan aneh, yaitu menahan nafas. Inilah ikan Coffinfish atau Chaunax Endeavouri, Coffinfish menahan air di ruang insang tanpa menghirup maupun menghembuskan nafas sama sekali.

Selain itu, ikan ini juga terlihat suka menahan nafas dalam waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 4 menit. Untuk membuktikan bagaimana ikan-ikan tersebut memang menahan nafas hingga mencoba untuk melakukan CT Scan pada spesimen yang berada di museum.

Hasilnya mereka menemukan bahwa ruang insang Coffinfish cukup besar. Para ilmuan memiliki dugaan bahwa kebiasaan tersebut membantu Coffinfish untuk menghemat energi, selain itu menahan nafas juga membuat si ikan akan mengembang seperti ikan buntal. Dengan ukuran yang besar, ia dapat terlindung dari pemangsanya.

2. Ular Zombie Bisa Pura-Pura Mati

Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan

Ular biasanya akan mendesis dan menyerang jika merasa terancam, tapi ada lho spesies ular yang mempunyai kebiasaan aneh, yaitu pura-pura mati. Tentu saja, ia melakukan ini agar terhindar dari predator. Ular yang banyak ditemukan di Amerika Utara ini dikenal dengan nama Heterodon Platirhinos atau ular hidung babi timur.

Kebiasaan aneh ini membuat ular hidung babi juga disebut dengan ular zombie, ketika merasa panik dan terancam ular zombie akan pura-pura mati dengan membalikan tubuhnya serta mengeluarkan lidahnya. Tidak hanya itu saja untuk melengkapi aksi pura-puranya, ular zombie juga mengeluarkan bau tidak sedap dari tubuhnya.

Bau ini menunjukan kalau dirinya sudah mati sehingga menjadi bangkai. Ular zombie juga bisa menakut-nakuti predatornya dengan cara mengangkat kepala dan meluruskan lehernya seperti ular kobra, serta mendesis. Namun, tidakan ini hanya sebatas ancaman saja, karena sebenarnya ular zombie bukan merupakan jenis ular yang berbisa.

3. Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan

Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan

Kamu pernahkah lihat kalau berang-berang laut tidur. Hewan pengerat ini tidur biasanya akan berbaring mengambang di atas permukaan air sambil berpegangan tangan. Rupanya mereka sengaja saling berpegangan tangan satu sama lain untuk menghindari hanyut ketika sedang hanyut pulas tertidur.

Berang-berang berpegangan tangan dalam kelompok membentuk formasi seperti sebuah rakit saat mereka sedang makan, tidur, dan istirahat untuk saling menjaga satu sama lain agar tidak hilang. Kebiasaan ini juga lebih sering dilakukan oleh induk berang-berang, mereka memegang tangan anaknya sehingga anak-anak mereka yang masih kecil tidak hanyut terbawa arus saat tidur.

Tidak peduli seberapa banyak anaknya, ia akan memastikan untuk memegang erat anak mereka semua agar selamat dan selalu terawasi, serta tidak terbawa air. Berang-berang laut bahkan membungkus tanaman disekitar mereka untuk menjaga ikatannya.

4. Sapi Menghadap Utara Atau Selatan

Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan

Sejak pertama kali manusia berternak sapi pada ribuan tahun silam kita mungkin berasumsi bahwa mereka memakan rumput secara acak. Namun, pada tahun 2008 silam seorang ilmuan Jerman menemukan hasil penelitian yang mengejutkan, sapi hampir berbaris menghadap ke Utara atau Selatan saat memakan rumput.

Para penggembala sebenarnya juga tahu bahwa ternak dalam sebuah kawanan cenderung berbaris dengan arah yang sama. Sebelumnya para ilmuan menduga perilaku itu terjadi karena binatang tersebut tengah berjemur mencari kehangatan sinar matahari atau sengaja bergerombol agar tetap hangat.

Namun, penelitian yang memanfaatkan foto satelit Google Earth membuktikan bahwa sapi cenderung menghadap kedua arah tersebut saat sedang merumput atau sedang saat istirahat. Pemantauan terhadap 308 kawanan ternak itu menunjukan bahwa umumnya sapi merumput atau beristirahat dengan posisi badan menghadap arah Utara - Selatan.

Penelitian tim ilmuan Jerman dan Ceko itu dipublikasikan dalam National Academy of Sciences, ini bisa terjadi karena sapi memiliki respon terhadap medan magnetik bumi, sama seperti penyu laut dan kupu-kupu monarch. Namun, para ilmuan tidak dapat menemukan jawaban pasti dibalik alasan mengapa sapi memiliki kebiasaan aneh ini.

5. Kadal Bertanduk Semprotkan Darah Dari Mata

Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan

Horned Lizard atau kadal bertanduk juga mempunyai kebiasaan yang cukup aneh, kadal yang merupakan genus dari keluarga Phrynosomatidae ini mempunyai cara-cara tidak lazim dalam mempertahankan diri dari serangan musuh. Dari 14 spesies, ada 4 jenis kadal yang menyemprotkan aliran darah dari sudut-sudut matanya.

Semprotan darah ini mampu menjangkau jarak hingga 1,5 meter, mereka melakukan ini dengan membatasi aliran darah yang akan meninggalkan darah, sehingga meningkatkan tekanan darah dan memecahkan pembuluh darah kecil disekitar kelopak mata. Hal ini tidak hanya membingungkan pemangsa, tetapi juga darah tersebut berbau sangat busuk.

Sehingga menyebabkan predator yang mengejarnya mengurungkan niat untuk memangsanya. Jika, pemangsa tetap mencoba untuk menggigit tubuhnya, kadal ini akan memasukan sisi tubuhnya ke dalam tanah sehingga predator tidak dapat dengan mudah menangkapnya.

Meskipun memiliki penampakan yang cukup mengerikan, ternyata kadal ini tergolong jenis kadal yang jinak. Predator utama dari kadal ini adalah serigala, anjing hutan, dan anjing rumahan.







profile-picture
profile-picture
profile-picture
biohex dan 34 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
06-04-2021 14:22
kalo ke gunung,bisa tuh bawa sapi buat nunjuk arah pengganti kompas emoticon-cystg
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
06-04-2021 14:29
Ularnya layak dapet piala Oscar emoticon-Belo
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
06-04-2021 14:56
pengen deh piara tu berang2 emoticon-Goyang
0 0
0
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
06-04-2021 21:41
Yaampun yg berang berang kenapa gemes bgt sih pegangan tangan gituuuu
0 0
0
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
07-04-2021 09:31
Fakta aneh Beruang Laut:
1. Tidak suka yang main klarinet.
2. Tidak suka yang melambaikan lampu senter ke depan dan ke belakang terlalu cepat. Itu dianggap undangan.
3. Tidak suka yang berhenti menatap sekitar.
4. Tidak suka yang makan keju, kecuali yang kotak.
5. Tidak suka yang pakai topi sombrero.
6. Tidak suka yang pakai baju bodoh.
7. Tidak suka yang pakai rok panjang.
8. Tidak suka yang pakai sepatu merah.
9. Tidak suka yang berlagak seperti kera.
10. Jika beruang sudah mendekat, buat gambar lingkaran besar untuk melindungi diri dari gigitan beruang. Usahakan jangan lonjong.
11. Tidak suka yang lari.
12. Tidak suka yang jalan pincang.
13. Tidak suka yang merangkak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fourkn dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
09-04-2021 20:21
Wow ternyata sapi sama seperti penyu,
merespon medan magnetik bumi emoticon-Matabelo
0 0
0
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
10-04-2021 08:39
Berang beranggg lucuuu bangetttt
0 0
0
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
10-04-2021 10:14
Berang2 nya lucu2 nan imut jg foto nya, gan.....
0 0
0
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
10-04-2021 10:14
Cara bertahan hidup itumah emoticon-Leh Uga
0 0
0
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
10-04-2021 10:14
Aneh sih ya gan sis, tapi mskipun ameh kjdian ini memang terjadi dan nyta.
0 0
0
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
10-04-2021 10:17
Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar banyak yang tahu kebiasaan aneh dan unik hewan. Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
0 0
0
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
10-04-2021 10:19
Quote:Original Posted By kenesdw
Aneh sih ya gan sis, tapi mskipun ameh kjdian ini memang terjadi dan nyta.


Walaupun nyata, namun aneh ya sis. Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
0 0
0
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
10-04-2021 10:35
Berang-berangemoticon-Peluk
0 0
0
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
10-04-2021 10:37
Unik unik ye ganemoticon-Toast
0 0
0
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
10-04-2021 10:39
Ternyata sapi begitu ya, ane bari tahu. Jadi penasaran mau liat langsung pas mereka di gembala. Tapi liatnya di man yah, wkwkwk
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
10-04-2021 10:48
burung merpati makan kerikil...

katanya sih buat membantu mencerna biji-bijian...cmiiw
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
10-04-2021 10:55
cute banget si berang berang tidurnya
hehe
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
10-04-2021 11:10
Ini kucing keren, pas ditanya vlanga vlongo emoticon-Leh UgaFakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
profile-picture
profile-picture
GZuron dan khadapy94 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
10-04-2021 11:26
Nah kalo sapi agak canggih ya.. bisa tau mana utara mana selatan..

emoticon-Sundul Up
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Fakta Kebiasaan Aneh Hewan: Berang-Berang Laut Tidur Sambil Bergenggaman Tangan
10-04-2021 12:49
Ane belum kelar nonton anime Heaven's design (apalah namanya, panjang banget, cari aja di yt), yg pasti fakta yg ttg berang2 itu ane tau juga dari anime tsb. Fakta lain ttg berang2 laut adalah, mereka bisa menggunakan tools untuk membuka makanan mereka, biasanya sih makan kerang.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia