Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
11
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606b1568a293a86a50345c83/pentingkah-mengajarkan-tatakrama-kepada-anak-10-cara-ini-bisa-diterapkan
Pentingkah mengajarkan tatakrama kepada anak? Penting baget, karena ketika kita ajarkan tatakrama kepada anak, anak akan menerapkannya kepada orang lain dan menjadi kebiasaan sampai dewasa. Jadi ajarkan lah anak tatakrama agar menjadi anak yang baik dan berakhlak mulia. Mengajarkan anak tatakrama adalah kewajiban orang tua, jadi didiklah anak dengan baik kalau mau jadi anak yang baik pula.
Lapor Hansip
05-04-2021 20:49

Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Seputar Anak dan Keluarga

Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!

Orang tua adalah madrasah utama bagi anak-anak nya. Segala yang orang tua lakukan akan menjadi contoh terhadap anak dan akan jadi duplikat anaknya, jadi jangan salahkan anak jika akhlaknya tidak baik, karena bisa jadi kelakuan kitalah yang di tiru oleh anak-anak. Karena biasanya otak anak akan selalu mencerna apa yang kita ajarkan dan apa yang dilihat anak akan ia terapkan.

Pentingkah mengajarkan tatakrama kepada anak?

Penting baget, karena ketika kita ajarkan tatakrama kepada anak, anak akan menerapkannya kepada orang lain dan menjadi kebiasaan sampai dewasa.

Jadi ajarkan lah anak tatakrama agar menjadi anak yang baik dan berakhlak mulia.

Mengajarkan anak tatakrama adalah kewajiban orang tua, jadi didiklah anak dengan baik kalau mau jadi anak yang baik pula.

Tatakrama adalah hal yang penting agar anak punya sopan santun, jangan biarkan anak tergelincir kedalam pergaulan yang salah.

Apa saja tatakrama yang harus di ajarkan kepada anak?

1. Menyapa dan Memberi Salam

Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!

Ajarkan lah anak untuk selalu menyapa terlebih dahulu kepada siapapun tanpa terkecuali, dan ajarkan untuk selalu memberi salam ketika baru datang dan bertemu orang.

Karena jika anak sudah terbiasa melakukannya, maka ia akan seterusnya menerapkan apa yang di ajarkan.

2. Menepati Janji dan Waktu

Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!

Nah apapun alasannya anak harus bisa menepati janji, jangan sampai ia mengingkari janjinya sendiri karena sesuatu hal, karena janji adalah janji yang harus di tepati.

Jangan ajarkan anak gampang membuat janji apalagi janji itu gak bisa di tepati, jadi ajarkan lah kepada anak untuk selalu menepati janji.

Waktu

Ajarkan lah anak untuk selalu mengatur waktunya, jangan sampai ia lupa waktu. Berilah anak jadwal agar ia bisa melakukan apapun dengan teratur.

3. Mengucapkan Tolong Ketika Meminta Bantuan

Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!

Terkadang orang tua lupa mengajarkan anak untuk 'mengucapkan kata tolong'

Seringkali hal ini selalu dia nggak remeh, tapi akibatnya akan jadi patal karena ketika anak butuh bantuan ia akan seenaknya menyuruh tanpa memperdulikan adab.

Padahal ini penting sekali loh!
Jadi ajarkan lah anak untuk selalu mengucapkan tolong ketika meminta bantuan, bantuan sekecil apapun itu, agar anak menjadi terbiasa.

4. Mengucapkan Terimakasih Ketika Menerima Sesuatu

Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!

Ajarkan lah anak untuk mengucapkan terimakasih ketika di beri sesuatu, apapun yang di terimanya dan sekecil apapun yang di berikan untuknya, kita harus mengajarkannya. Agar ia akan terbiasa menerapkannya.

5. Meminta Maaf Jika Berbuat Salah

Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!

Mengajarkan anak untuk meminta maaf itu penting, jangan sesekali membela anak ketika salah, karena itu akan menjadi kebiasaan, ajarkan lah anak meminta maaf sekecil apapun kesalahannya dan terhadap siapapun jika ia salah ia wajib meminta maaf.

6. Tidak Menyela Pembicaraan Orang Lain

Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!

Jangan biarkan anak menyela pembicaraan orang, apalagi orang tua, itu tidak baik.

Ajarkan lah anak untuk selalu mendengarkan terlebih dahulu sampai selesai.

7. Menatap Mata Lawan Bicara

Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!

Ketika berbicara dengan anak ajarkan lah untuk menatap lawan bicaranya, jangan sampai terpokuskan kepada hal lain saat bicara.

Apalagi sekarang banyak anak ketika berbicara malah pokus dengan gadget atau mainannya.

8. Mau Berbagi dan Membantu Orang Lain

Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!

Ajarkan lah anak untuk berbagi dan membantu orang apapun itu yang bisa di bagi dan dibantu, berbagi dan membantu saudara, teman ataupun orang yang membutuhkan.

Jadi ia tidak akan sungkan untuk berbagi dan membantu kepada siapapun itu.


9. Meminta Ijin Sebelum Menggunakan Barang Orang Lain

Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!

Ajarkan lah anak untuk selalu meminta izin sebelum menggunakan barang milik orang lain, jangan sampai setelah menggunakan baru meminta ijin.

10. Menjaga Etika Saat Makan

Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!

Ajari anak menjaga etika saat makan, seperti jangan terburu-buru, duduk yang benar, kalau ada makanan yang jauh ajarkan lah untuk meminta tolong mengambilkan.

Nah itulah 10 tatakrama yang wajib di ajarkan kepada anak jika anak kalian ingin menjadi anak yang shaleh dan shalihah, berilmu dan beradab.

Berilah contoh yang baik untuk anak-anak agar anak menjadi manusia yang berguna, berakhlak mulia, dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Nah gimana GanSist, kuy diskusi santuy, jangan lupa cendol segar, rate, dan share jika bermanfaat!

Belajar Bersama Bisa dan Terimakasih

Sumber: 1, 2
Diubah oleh ukhtyfit81
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!
05-04-2021 20:51
Pajwan
0 0
0
Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!
05-04-2021 20:51
Anak adalah augerah yang harus di jaga
0 0
0
Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!
05-04-2021 20:52
Mendidiknya adalah kewajiban orang tua
0 0
0
Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!
06-04-2021 05:38
Baru2 ini tuh, anakku suka nyela klo ada org ngobrol...kita2 ga boleh ngomong....suruh dengerin dia mulu...enaknya gmn ya ngomong ke anak...udah dbilangin klo ga sopan...tetep aja. emoticon-Cape deeehh
profile-picture
ukhtyfit81 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!
08-04-2021 15:39
Seruju gan.. emang sangat penting sekali mengajarkan anak tata krama atau sopan santun sejak kecil.. sebenarnya sejak balita ane juga sudah mulai mengajarkan anak ane bertatakrama cuma mungkin belum maksimal.. sekarang anak ane sudah mau 7 thn..ane rasain udah mulai berontak dan agak sulit diatur.. ane harap ane belum terlambat untuk memperbaiki sikapnya..
0 0
0
Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!
08-04-2021 18:42
Penting banget diajarkan tatakrama dan sopan santun kpd anak sejak dini agar terbiasa dg kebiasaan yg baik
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!
28-04-2021 14:18
penting banget mengajarkan tata krama kepads anak sedari dini dan itu akan membuat menjadi kebiasaan yg bagus
0 0
0
Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!
30-04-2021 23:09
penting banget, dan diajarkan dari kecil banget supaya mendarah daging ampe gede dan diberi pemahaman bahwa taat krama atau etika itu nomer satu.
0 0
0
Pentingkah Mengajarkan Tatakrama Kepada Anak? 10 Cara Ini Bisa Diterapkan!
30-04-2021 23:11
Penting banget lah kalo menurut ane mengajarkan anak tata krama tuh..
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia