Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
260
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606ad5b3f697ca45a031e9e4/does-virginity-still-important-in-indonesian-culture
Virginity atau yang biasa dikatakan sebagai keperawanan adalah wanita yang belum pernah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis. Indonesia sendiri adalah negara yang masih menjunjung tinggi akan keperawanan seseorang. Tidak banyak wanita yang mau menceritakan atau mendapatkan bantuan jika mereka memiliki masalah dengan keperawanan atau menjadi korban pemerkosaan.
Lapor Hansip
05-04-2021 16:17

Is Virginity Still Important In Indonesian Culture?

Past Hot Thread
Topik kali ini cukup sensitif tapi menarik banget untuk dibahas. Ok, berapa banyak dari orang Indonesia yang masih skeptis dengan “keperawanan seorang wanita”? Ini bukan menjadi hal yang jarang ditemui lagi melainkan banyak banget masyarakat yang masih memandang wanita hanya dari “Dia perawan gak sih?” “Masa iya dia masih perawan?” “Masa iya dia udah nggak? Kelihatannya kalem gitu” dan banyak lagi persepsi dan perkataan lainnya yang dikatakan netizen mengomentari hidup seseorang.


Apa itu Virginity sendiri? Virginity atau yang biasa dikatakan sebagai keperawanan adalah wanita yang belum pernah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis. Indonesia sendiri adalah negara yang masih menjunjung tinggi akan keperawanan seseorang. Tidak banyak wanita yang mau menceritakan atau mendapatkan bantuan jika mereka memiliki masalah dengan keperawanan atau menjadi korban pemerkosaan.


Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?

Photo by  mentatdgt  from Pexels



Kehilangan keperawanan tidak semerta-merta karena berhubungan seksual, melainkan memiliki beberapa faktor lainnya seperti kecelakaan dan hal yang tidak disengaja. Banyak kaum lelaki yang masih tidak membuka mata mereka bahwa nilai wanita tidak hanya dari keperawanan mereka, tetapi juga banyak faktor dari wanita yang masih menjadi kekuatan yang mereka miliki. Hati yang penuh kasih sayang dan lemah lembut sudah menjadi dasar yang dimiliki kaum hawa.


Pergaulan di Indonesia selama 1 dekade terakhir, seharusnya bisa menghilangkan mindset dan sikap menilai wanita hanya berdasarkan keperawanan yang mereka miliki. Mudahnya zaman sekarang pergi ke club malam, melakukan prostitusi dan berbagai hal lainnya yang mengarah kepada topik tersebut, tidak hanya dilakukan oleh satu orang melainkan berpasangan. Tetapi, sangat jarang lelaki yang mendapatkan persepsi negatif dengan alasan bahwa tidak akan terlihat mana lelaki yang perjaka dan mana yang tidak.


Banyak kasus yang menyeret perempuan sehingga ia kehilangan keperawanan mereka di Indonesia, tetapi banyak stigma negatif yang hanya diberikan kepada perempuannya saja. Tentu masalah keperawanan menjadi hal yang sangat sensitif untuk wanita. Setiap wanita pasti ingin menjaganya, tetapi terkadang hidup menunjukkan jalan lainnya. Stigma mengenai virginity di Indonesia harus dihilangkan. Omongan pedas atau berbagai perkataan yang menyudutkan wanita mengenai status virgin mereka tidak seharusnya menjadi hal yang wajar dilakukan. 


Terang-terangan mengakui bahwa diri kita virgin mungkin hal yang wajar dilakukan bagi wanita yang belum melakukannya, tapi apakah hal tersebut tidak menyinggung wanita lainnya? Beberapa masyarakat, tidak mau dengar dan tidak mau tau tentang bagaimana keperawanan seorang wanita diambil. Tidak semua wanita setuju saat itu dilakukan, tapi tidak semua wanita dapat melakukan sesuatu ketika itu terjadi. Tubuh seorang manusia menjadi hak dari individu tersebut untuk mengaturnya atau kemana ia akan berjalan dan apa yang mereka mau lakukan.


Masih banyak ditemui bahwa lelaki berkata “Gue gak mau nikah sama dia karena dia udah gak perawan, masa pake bekasan”. Apakah kata-kata tersebut wajar untuk dikeluarkan? Tentu itu menyakiti hati orang lain, dan membuat tidak adanya rasa percaya diri. Ketika sudah menjalani suatu hubungan dan sayang dengan orang lain, seharusnya kita bisa menerima dan mau tumbuh bersama. Bukan memojokkan pasangan kita dan menilai itu hanya kesalahan yang ia lakukan secara tunggal.


Kesetaraan gender sudah menjadi motto yang banyak dibicarakan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Aspek penting dalam hal tersebut adalah walaupun laki-laki dan perempuan melakukan kesalahan yang sama, tidak bisa hanya menyalahkan salah satu gender saja. Membuka pikiran terhadap hal-hal baru memang sulit bagi sebagian orang, tapi itu lah yang akan membawa kepada perkembangan. Menghargai orang lain tidak hanya dengan semata-mata dengan memuji mereka tetapi juga menghormati apa yang harusnya diketahui dan tidak.


Pemerkosaan menjadi salah satu aksi di mana banyak wanita kehilangan keperawanan mereka. Hal tersebut juga meninggalkan bekas trauma yang mendalam bagi beberapa korban yang menyebabkan sulitnya menata kembali hidup yang mereka miliki. Trauma ini banyak memimpin ke beberapa kegiatan untuk menjadi pelampiasan dari kesedihan dan beban yang mereka miliki seperti tidak mau makan, melakukan cutting atau bahkan ketakutan untuk mendapatkan pertolongan mental. Faktor untuk seorang wanita yang menjadi korban takut untuk mendapatkan pertolongan adalah adanya mindset masyarakat yang negatif tentang wanita yang kehilangan keperawanan mereka. 



Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?

Photo By bbc.com


Korban akan merasakan ketakutan untuk diketahui masalahnya walaupun oleh orang terdekat. Akibatnya ia tidak mendapatkan pertolongan yang sebenarnya sangat dibutuhkan untuk menyemangati diri mereka dan mensupport. Tidak hanya kaum lelaki, masih banyak kaum hawa yang bahkan menjatuhkan wanita lainnya dengan hal ini. Tidak mau berteman, membicarakan di belakang, memberikan informasi valid ini kepada khalayak luas untuk mendapatkan perhatian, merupakan beberapa tingkah yang dilakukan terkait kasus mengenai keperawanan. 


Seharusnya kita sebagai seorang masyarakat, harus tumbuh dewasa dan tumbuh seiring dengan zaman yang terus berlalu. Setiap orang memiliki hak masing-masing yang tidak bisa dicampur tangankan oleh orang lain. Kita juga tidak bisa menilai apa yang mereka lakukan itu salah dan benar karena pada akhirnya tanggung jawab terdapat di tangan mereka sendiri. Menghormati setiap manusia adalah kewajiban tanpa terkecuali dan tidak pandang bulu. Setiap wanita memiliki kehormatannya sendiri dan tidak bisa dihilangkan hanya karena masalah keperawanan.


Stigma negatif tentang Virginity tidak bisa dihilangkan 100% tetapi setidaknya bisa diminimalisir. Jika sista calon mertua, jangan memandang calon menantu hanya dari perawan atau tidak, melainkan juga hatinya dan bagaimana ia berusaha untuk menjadi versi diri terbaiknya untuk anak kalian. Jika sista adalah seorang ibu yang memiliki anak dengan kasus ini, hargai anak kalian dan apapun penyebab hal itu terjadi. Kalian adalah makhluk yang memiliki andil besar dalam hidup mereka. Dukungan akan menjadi hal yang sangat berharga. 



Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?

Photo by  Andrea Piacquadio  from Pexels 


Jika sista adalah seseorang yang mengalami kasus direndahkan hanya karena keperawanan, mengalami trauma pemerkosaan atau membutuhkan bantuan tentang permasalahan ini, jangan takut untuk berbicara dan memberikan pendapat. Tidak semua hal akan menjadi baik jika kita tidak berusaha memperbaikinya. Untuk masyarakat Indonesia tidak peduli wanita atau laki-laki, tidak boleh ada perbedaan pandangan jika keduanya melakukan bersama. Memperhatikan apa yang harus ditanyakan kepada kaum hawa dan tidak menilai hanya dari Virginity harus ditanamkan pada budaya masyarakat Indonesia.  




Diubah oleh adindaptrarn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boxculvert dan 23 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:03
Jadi penting atau ngga nih emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:03
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan isu virginity di Indonesia.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
topantrengginas dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:04
Sorry gan gue ga baca thread nya, tp dr judul ane berpendapt kalo untuk culture sih masi penting yah, tp kalo probadi khususnya ane, bodo amat mau perawan ato kaga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lurahgundul dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:06
Tergantung orangnya

Rata² orang perkotaan akan memandang itu ga penting, atau bukan yg terutama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asukamra dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:07
Penting banget lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mbambungs dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:09
Menurut gue, majority still important, karena culture indonesia masih sangat religion based dan stigma masih memegang peran dalam kehidupan sosial..Orang tua pun pasti mengharapkan anak laki lakinya menikah dengan wanita yg masih virgin..dan orang indonesia biasanya paling ga tahan sama omongan orang (a.k.a tetangga kepo)

dan yang namanya virginity baik pria atau wanita menunjukkan bahwa mereka punya akhlak baik "dalam tatanan sosial"


mungkin tidak semua ya, apalagi budaya udah mulai bergeser
Diubah oleh boarbet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blowjobsky dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:11
Jadi gini..

Sejauh ini ane kok melihatnya, untuk yang virginity hilang karena free sex:
# Pendukung virginity tidak penting, biasanya penganut free sex juga. Jadi sama-sama "nakal", makanya menganggap remeh arti kesucian itu. Segala argumen dilontarkan, ngeles dsb intinya untuk melegitimasi habbit nakalnya itu. emoticon-Big Grin

# Pendukung virginity penting, biasanya penganut bahwa sex adalah hubungan sakral saat sudah berstatus sah sebagai suami-istri.

Sedangkan untuk virginity loss karena rudapaksa, kecelekaan, dsb yang intinya karena keterpaksaan, dan bukan karena suatu relasi suka sama suka;
biasanya pendukung virginity penting bisa lebih legowo dan ikhlas menerima, bahwa perempuan tersebut bisa dilihat dari akhlaknya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tamadate6 dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:11
Klo ilangnya tdk di sengaja sih gamasalah,,
profile-picture
profile-picture
MemoryExpress dan zeze6986 memberi reputasi
2 0
2
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:11
"Is".
profile-picture
profile-picture
adindaptrarn dan murayh0 memberi reputasi
2 0
2
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:12
Waktu ane pacaran pertama kali, yes it does bro.

Tapi setelah putus dan punya Pacar lagi, It doesn't matter anymore. Toh saya jg udah ga perjaka. Wkwkwkwkwkwkwkwk maaf bukannya munafik. Saya open minded. Jadi begini. Waktu saya pacaran pertama kali dan karena memang suka sama suka Sehingga kami melakukan itu. Sekian tahun pacaran akhirnya ada bbrpa hal yg bikin kita harus putus.

Sampai akhirnya saya ketemu pacar lagi. Pacaran Dari 2004 trs menikah 2011 sampai sekarang. Of course sebelum dgn saya doi punya pacar. Dan tentu jg melakukan hal yg sama dgn saya. Jadi tidak munafik. Yg penting kejujuran, keterus terangan dan komunikasi yg bagus. Dan jgn sekali kali kita mengungkit yg namanya masa lalu. Sebagai pasangan suami istri harus fokus utk target ke depan itu seperti apa.

Yg saya sayangkan sih pernah bbrpa kali baca artikel dimana cowok selalu bilang "buktiin kalo kamu sayang ke aku" dan yg cewek mungkin saking cintanya akhirnya dgn rela menyerahkan keperawanannya ke si cowok trs kemudian ditinggal. Kan kasian yg cewek.

Intinya sih menurut saya jgn terlalu munafik dan menyalahkan pihak wanita. Belum tentu kita yg cowok jg bersih dari dosa.

Ini pure in my humble opinion.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adietpopeye dan 22 lainnya memberi reputasi
22 1
21
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:14
Yang sering dipukul rata tanpa denger alasan sih.. Jatuhnya tetep penting menurut kebanyakan orang
profile-picture
adindaptrarn memberi reputasi
1 0
1
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:15
buktinya janda2 banyak yg mauemoticon-Ngakak
maia kimpoi lagi tuhemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
johnygoodbye69 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:16
Kalo gak dibikin penting, yg ada semua membenarkan kondisi tsb yg kejadiannya disengaja (sengaja sex before marriage). Padahal bagus juga untuk mencegah yg disengaja itu. Kl yg karena kriminalitas atau kecelakaan ya lain cerita ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adindaptrarn dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:18
Perawan atau perjaka sudah tidak relevan lagi di dunia maju gini.

Yg penting tuh kedua belah pihak gak terjangkit penyakit menular seksual.

Juga, sex education, kurangi agama. Agamamu membuat dirimu perpikiran sempit.

Emak lu juga belom tentu masih perawan pas nikah sama bapak lu.

So, chill.
Diubah oleh LefT4DeaTh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tamadate6 dan 11 lainnya memberi reputasi
6 6
0
Lihat 68 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 68 balasan
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:20
Di daerah2 tertentu masih penting sih, kalo di jakarta dan sekitarnya kayaknya udah ga penting emoticon-Ngacir
profile-picture
djancoegs memberi reputasi
1 0
1
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:20
Biologically sih, menurut gw untuk memastikan bahwa si anak itu bener2 anak si laki2. Kalau ga perawan kan jadi ga jelas tuh misal punya anak bapaknya siapa. Cowoknya selain gagal meneruskan gen, tapi juga harus menanggung anak orang lain.

But nowadays, most of the time tuh cowok yang lebih demanding. Minta cewek yg perawan tapi dia colok sana sini sebelum nikah. Giliran habis nikah jajan sana sini.

Tapi miris jg sih sampe ada operasi selaput dara segala tapi ga ada tuh operasi keperjakaan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MemoryExpress dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:23
Topik ini sangat menarik utk dibahas terutama di negara yg memegang erat budaya timur. Hal ini bahkan gw rasa masih menjadi hal yg tabu dikalangan masyarakat kita. Nggak hanya dari sisi cewe ya yg masih perawan atau enggak. Dari sisi cowo pun, walaupun kita sering becandaan kalo kita udah nggak perjaka diantara inner circle temen2 kita sendiri, pastilah kita nggak mau mengumbar hal tsb diluar lingkaran tsb, termasuk ke ortu kita sendiri. Meskipun kadang2 hilangnya keperjakaan cuma dr tangan kiri kita sendiri....wkwkwkwk. Tapi itu faktanya kalo budaya timur yg kita pegang sangatlah erat dan mungkin akan sangat susah utk merubah paradigma yg sudah mendarah daging di masyarakat.

Berbeda dengan budaya barat, dimana kalo seseorang masih "virgin" baik itu perawan maupun perjaka, mereka malah malu utk mengakuinya walaupun nggak semua orang2 di negara2 barat seperti itu yaa...masih banyak yg menjaga keperawanan dan keperjakaannya utk "someone special".
Diubah oleh ridhasdi
profile-picture
lurahgundul memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:26
IMO, Penting sekali. Keperawanan sebagai sesuatu yg sakral haruslah diberikan kpd pasangan halal. Terlepas dari beberapa kejadian yg tidak diinginkan ya misalnya kecelakaan.

Tp tentu nilai seorang perempuan seharusnya tidak semata dilihat dari apakah perawan atau tidak terutama dlm mengarungi bahtera rumah tangga yg bnyk lika-likunya.

Ane pun sebagai emak2 akan selalu mengingatkan anak perempuan ane utk memegang teguh prinsip: No sex before halal. Dah gitu aja ceunah emoticon-Angpau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lurahgundul dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:41
Buat ane sih penting, pesen dari pribadi ane sih jangan sampai di kemudian hari lo pada nyesel cuma gara2 perubahan sikap.yang ujung2nya bawa asal muasal. Ane mah mending pilih cah ndeso, Alhamdulillah dapet dan sesuai ekpektasi. Itu aja kalo dah tengkar sama istri, duhhh... Susah banget diceritain, gue sendiri ngebayangin gimana jadinya kalo gw dapet yang gak perawan. Pasti ke ungkit2 dah yang enggak2. Jadi, bibit bebet bobot itu penting. Perubahan it's okey, tapi keperawanan buat ane sangat penting. emoticon-Cool
Diubah oleh hendrawan1989
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lurahgundul dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 22:02
Coba tanya sama fak boy.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MemoryExpress dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia