Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
53
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/606a6045e7facc76953acdc6/resep-jajanan-sederhana-untuk-keluarga
Akhirnya saya membeli kulit puff pastry, selain untuk jajanan strudel, sisanya bisa untuk resep olahan jajan lainnya. Ini dia hasil coba-coba saya membuat Strudel Wortel.
Lapor Hansip
05-04-2021 07:56

Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga

Masa pandemi ternya masa papin buat saya dan keluarga, apa itu papin? Papin itu istilah untuk selalu ingin ngemil saja. Walau belajar di rumah jangan dikira tidak keluar tenaga, terutama untuk berpikir. Jadi setelah mengerjakan tugas maunya ngemil.

Jadi saya tertantang untuk selalu menyediakan jajanan yang sederhana saja, asal ada. Selain itu sebagai ide hidangan bila ada tamu atau saudara yang datang. Beranikan diri mengatakan "Inilah Cheff Tiada Tanding di Rumah Sendiri" ๐Ÿ˜ท

Sederhana bagi saya di mana saya bisa mendapatkan bahan makanan dan mengolahnya dengan mudah, cepat, tidak ribet atau njelimet, karena ukurannya bukan profesional, cuma demi seisi rumah.
Siapa tahu apa yang saya bagikan ini bisa menjadi inspirasi Agan en Sista.

Saya awali dengan resep Strudel Wortel ya.

Pada intinya saya akan bercerita tentang pengalaman mencoba membuat jajanan mahal (harga itu relatif ya, tapi bagi ukuran saya jajan ini mahal hehehe) ini jajanan orang Eropa tepatnya jajanan dari Hongaria, Austria kata mesin pintar, namanya Strudel.

Mengapa saya tiba-tiba ingin mengulik dan membuat jajanan ini?
Pertama pas naik angkot selalu melihat papan reklame Apel Strudel, Malang Sttudel, kan ngiler ya ingin tahu rasanya.
Kedua hemat, kalau membuat sendiri hasilnya banyak.
Ketiga tidak bermaksud mengurangi jumlah pembeli, bila pada bisa membuat sendiri. Pasti rezeki penjual jajanan ini sudah diatur Yang Mahakuasa.
Keempat tidak bermaksud melupakan jajanan khas tanah air.

Saya makan strudel itu baru sekali haha, itu pun disuguhi saat bertandang ke teman, waktu itu isi keju. Ukuran 7cm x 20cm kala itu harga sekian puluh ribu rupiah, saya berpikir kalau bisa membuat sendiri sepertinya bisa kapan saja bisa menikmati nih. Awalnya saya kira sulit membuat jajanan ini, ternyata mudah kok.

Strudel merupakan jajanan jenis pastry berlapis yang di dalamnya diisi dengan manisan, manisan ini pasti dari buah-buahan ya, bisa pisang, mangga, nanas, apel, yang sekarang menjadi jajanan khas dari kota Malang.

Saat ingin membuat strudel, saya takpunya bahan isian di atas, selain tidak suka isi pisang, yang ada di kulkas hanya wortel dan selai nanas saja. Lantas muncul ide isian strudel memakai bahan itu, bagaimana ya rasanya?
Takusah dibayangkan, dibuat saja, oke lah kalau begitu.

Beberapa hari sebelumnya sudah latihan membuat kulit pastry atau puff pastry yang ternyata tidak sulit tapi butuh waktu dan tenaga. Saat ngerumpi dengan teman soal jajanan puff pastry dia ketawa dan menyarankan untuk membeli yang sudah jadi bila ingin hemat waktu dan tenaga. Kalau ada persediaan kulit puff pastry akan lebih cepat mengolah jajanan. Kalau membuat sendiri bisa sampai dua jam lebih.

Akhirnya saya membeli kulit puff pastry, selain untuk jajanan strudel, sisanya bisa untuk resep olahan jajan lainnya.

Ini dia hasil coba-coba saya membuat Strudel Wortel

Bahan yang harus disiapkan


1 lembar kulit puff pastry, bisa home made* bisa instan ya, ukuran opsional sesuai selera ya

2 buah wortel sedang potong dadu kecil

30 gr margarin

1 sdm selai nanas

1 sdm tepung terigu

*Bahan puff pastry home made

15 sdm tepung terigu (boleh protein sedang, boleh protein tinggi, tapi untuk hasil oke saya sarankan protein tinggi ya)

1 sdm margarin

1 sdm gula halus

1/2 sdt garam

50 ml air es

60 gr korvet

Bahan olesan

1 Kuning telur (saya menggunakan madu)

Cara membuat puff pastry

1. Siapkan wadah, masukkan terigu lalu margarin, gula, remas-remas dengan tangan atau aduk dengan spatula

2. Tuangkan air es, sambil terus diuleni, sampai tidak lengket di tangan

3. Siapkan alas untuk menggilas adonan, gilas adonan bentuk segi empat

5. Olesi permukaan dengan korvet, atau korvet dipipihkan dan letakkan di tengah

6. Kemudian lipat hingga adonan menutup korvet, seperti lipatan amplop, gilas memanjang, lalu lipat bentuk S, gilas lagi manjang, ulangi lipatan. lakukan 4 sampai 5 kali.

7. Setelah jadi kulitnya siap digunakan atau disimpan dalam freezer.

Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga


Cara membuat Strudel Wortel

Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga


Mengolah bahan isinya

1. Siapkan wajan, masukkan margarin juga potongan wortel, panaskan dengan api kecil, tumis

2. Masukkan tepung terigu, aduk rata, setelah tercampur rata. Matikan api

3. Tambahkan selai nanas lalu aduk rata

4. Siapkan kulit puff pastry, lalu tuang bahan isi di tengahnya, lipat sesuai keinginan. Saya memcoba melipat dengan bentuk memgepang.

6. Panaskan oven bila dengan oven tangkring atau panci serba guna gunakan api sedang. Bila dengan oven listrik dengan suhu 200 derajat celsius.

8. Letakkan puff pustry pada loyang dan masukkan dalam oven, saya memakai panci serba guna, memanggang selama 25 menit.

9. Setelah matang, biarkan dulu dingin, lalu pindah ke piring dan siap dihidangkan.

Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga


Mudah sekali kok, rasanya wow, lenyap sekejap dan nagih.
Kalau ada apel, atau mangga nanti akan saya coba. Terima kasih ya sudah mampir untuk menilik resep strudel wortel. Kalau mau mencoba dipersilakan.

Oh ya misal ada yang tanya bagaimana kalau disuatu daerah sulit mendapatkan korvet, bisa pakai mentega ya, dan melipatnya biisa lebih dari lima kali lipatan.

Pokoknya membuat jajanan semacam strudel atau bolen nekat saja kan dimakan sendiri, pasti enak. Jadi ini adalah jajanan sederhana, karena tidak sulit membuatnya.

Sampai jumpa pada resep selanjutnya yang bisa dilirikk di kolom komentar, trit ini sebagai kumpulan resep jajanan untuk keluarga. Di sini

Salam

๐Ÿฐ๐Ÿช๐Ÿซ๐Ÿฌ๐Ÿญ๐Ÿฎ๐Ÿ”๐Ÿ๐Ÿ•๐Ÿก


Semua gambar dokumen saya sendiri ya ๐Ÿ˜Š
Diubah oleh alizazet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
JUTAEK dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
05-04-2021 08:01
Cuma bisa membuat kue yang gampang atau jajanan keluarga ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
Diubah oleh alizazet
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan darmawati040 memberi reputasi
2 0
2
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
05-04-2021 08:02
Kolom daftar resep nanti di sini, aku kok agak lupa menempelkan link๐Ÿ˜œ
Telo Caramelo

Lumpia Wornas

Nastar Ngeprul Ekonomis

Bakwan Nasi

Mini Pineaple Pastry
Diubah oleh alizazet
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan darmawati040 memberi reputasi
2 0
2
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
05-04-2021 09:10

Telo Caramelo

Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga

Sudah pada kenal dengan telo kan? Itu umbi rambat.
Supaya bocil-bocil suka dengan makanan umbi ini, maka saya olah saja dengan menambahkan gula.

Kalau jaman kecil saya dulu kan, saya buat getuk, saat telo matang anget-anget di plenet-plenet padet terus ditabur gula, di santap lahap.

Anak jaman sekarang agak sulit diajak makan telo ini ya. Saya melihat anak umur 2 tahun mau makan telo itu takjub banget, ya semua tergantung dari kebiasaan keluarga. Di desa makanan ini masih favorit kok.

Bahan Telo Caramelo

3 buah ubi rambat atau telo

2 sdm gula pasir

1 sdm air

Sedikit wijen

Caranya

1. Cuci bersih tela, lalu potong-potong dan kukus 25 menit

2. Setelah matang, potong dadu

3. Siapkan wajan, buat karamelnya, masukkan gula dan air

4. Tambahkan tela dan aduk rata

5. Setelah karamel meresap, matikan api, pindah ke piring

6. Taburi dengan wijen, siap dicicipi

Tambah mudah bukan?

Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
Diubah oleh alizazet
profile-picture
profile-picture
felia17 dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
05-04-2021 12:20

Lumpia Wornas

Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga


Ini lagi kegiatan nguprek di dapur akibat mengamankan nasi sisa kemarin, tapi belum basi ya.

Lumpia wortel dan nasi disingkat wornas ๐Ÿ˜

Biasanya bila ada sisa nasi saya jadikan omelet atau pizza nasi dengan sayuran. Berhubung ada persediaan kulit lumpia instan, maka mencoba nasi sebagai isiannya saya kitlra bukan hal yang aneh (itunasi biar tidak mubazir). Ayuk lah ke resep dan cara membuatnya.

Bahan yang disiapkan

Beberapa lembar kulit lumpia instan

Sepiring nasi

Saru buah wortel, parut

Sedikit garam atau penyedap rasa

Sedikit keju parut

Cara membuat Lumpia Wornas


1. Siapkan nasi, wortel parut dan keju parut, garam atau penyedap rasa

2. Aduk semua jadisaru hingga rata

3. Letakkan campuran nasi diatas kulit lumpia, lalu lipat, lakukan sampai selesai

4. Panaskan minyak untuk menggoreng, lalu goreng lumpia hingga kecoklatan

5. Tiriskan siap disajikan

Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga


Mudah kan? Oh iya saya tidak menyertakan gambar proses menggoreng karena wajan saya tidak cantik๐Ÿ˜
Diubah oleh alizazet
profile-picture
profile-picture
felia17 dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
05-04-2021 14:06

Nastar Legit Ngeprul Meduk dan Ekonomis

Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga

Bagaimana dengan Nastar? Apakah termasuk jajanan sederhana?
Menurut versi saya sendiri, nastar adalah jajanan sederhana yang tidak lagi sulit membuatnya.

Tidak harus dibuat saat hari raya saja loh. Setiap saat kita bisa membuatnya. Selain sebagai suguhan bila ada tamu juga buat obat ngemil sekeluarga.

Ini nastar tanpa telur, jadi saat tak punya stok telur atau telur sedang naik daun tidak usah khawatir, tetap bisa membuat nastar. Benar-benar ekonomis bahannya dengan rasa yang tidak kalah dengan nastar premium.

Bahan yang diperlukan membuat Nastar Ekonomis

200 gr margarin (saya pakai amanda)
250 gr terigu segi tiga
50 gr gula halus
1 sdm munjung maizena
1 sdm susu bubuk
Selai untuk isi, bisa beli jadi atau bisa buat sendiri, saya membuat sendiri
2 sdm kental manis + 1 sdm madu untuk olesan

Bila suka boleh tambahkan vanili bubuk

Cara membuat Nastar Ekonomis

1. Kocok margarin dan gula dengan kecepatan sedang sebentar saja sampai rata

2. Tuang bahan kering, terigu maizena dan susu bubuk, aduk dengan spatula

3. Siapkan selai untuk isi:
Saya buat dari 1 buah nanas diblender ditambah 100 gr gula pasir, dan 1 sdm margarin, masak dalam wajan hingga kesat

4. Ambil adonan kulit nastar pipihkan lalu beri selai, tutup dan buat bulatan, lakukan sampai adonan habis dan tata di atas loyang

5. Panaskan oven, setelah panas masukkan nastar selama 5 menit, saya hanya pakai otang, oven tangkring.

6. Keluarkan lalu olesi permukaan dengan campuran kental manis dan madu, lalu panggang lagi, bila ingin kinclong lakulan tiga kali pengolesan

7. Setelah dioven selam 25 menit dan matang, dinginkan dan masuklan dalam toples. Jangan lupa setelah jadi cekrek-cekrek dulu ya๐Ÿ˜Š

Pasti suka seisi rumah, dan bila ada tamu mendadak tidak bingung memberi sajian.
Bahagia membuat jajan untuk keluarga

๐Ÿช๐Ÿช๐Ÿช๐Ÿช
Diubah oleh alizazet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
felia17 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
05-04-2021 16:04
Quote:Original Posted By alizazet โ–บ
Cuma bisa membuat kue atau jajanan keluarga ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜


Quote:Original Posted By alizazet โ–บ
Kolom daftar resep nanti di sini


mantap, boleh dicoba
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
06-04-2021 18:01
kayanya enak tuh makanan nya, jadi ngiler๐Ÿคค
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
06-04-2021 23:52
aku malah jadi tertarik mau nyoba bikin puff pastry sendiri emoticon-Ngakak trims resepnyah
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
07-04-2021 09:45
Keren banyak banget resepnya
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
07-04-2021 13:00

Mini Pineapple Pastry

Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga


Nah ini tadi saya bikin yang kecil, isi selai nanas saja, Gan en Sis, tapi sayang kulitnya tadi terlalu tipis glendernya hehehe

Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga


Hampir tiap hari harus ada cemilan, mumpung lagi gandrung di dapur, buat selimuran. Buat yang simpel-simpel saja deh
Diubah oleh alizazet
profile-picture
felia17 memberi reputasi
1 0
1
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
07-04-2021 14:07

Bakwan Nasi Salah Satu Cara Menyelamatkan Nasi Sisa

Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga


Urusan nasi sisa sungguh jangan menambah pikiran, olah saja supaya selamat, asal belum basi ya.

Bahan:

1. Nasi sisa
2 daun bawang
3. Garam dam merica, boleh tambah penyedap rasa
4. Tepung terigu
5. Air

Cara

1. Tinggal campur semua bahan jadi satu
2. Panaskan minyak di wajan
3. Goreng hingga matang
4. Jadi deh
profile-picture
felia17 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
07-04-2021 14:39
Ok save
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
08-04-2021 14:11
Wah ini enak sih, ane bisa bayangin rasanya gimana karena pernah makan semacam begini
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
08-04-2021 16:15
baru denger malah ada kaya gini tapi bahannya dr wortel, kira2 kalau anak2 bakal suka ga ya
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
08-04-2021 16:46
Semacam pastry2 isian gini suka deh ane, crunchy gitu tapi ada isiannya. Duh jadi pengen
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
08-04-2021 19:08
Banyak banget resepnya.. mau coba yg mn yaa?
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
09-04-2021 05:12
Mantap nih resepnya....pingin buat nih...buat camilan......spertinya juga bahanya mudah didapat.
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
09-04-2021 19:22
buat kulitnya gimana deh gan? but thanks gan resepnya
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
09-04-2021 19:58
Ikutan even aja tar lagiemoticon-welcome
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Resep Jajanan Sederhana untuk Keluarga
10-04-2021 23:44
wah keren puff pastrynya bikin sendiri.. ane gak telaten jadi kalo mau ya beli emoticon-Hammer2
profile-picture
alizazet memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Selera Nusantara (Indonesian Food)
deretan-kopi-rasa-unik-yang-beda-dari-biasanya
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia