News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
266
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60697368c15fb34a2c35cbee/ekonom-nilai-milennial-mulai-ogah-nabung-di-bank
Ekonom Senior Indef Aviliani menilai ada pergeseran perilaku kaum millennial yang mulai enggan menabung uang di perbankan.(CNN Indonesia/Elisa Valenta Sari). Ekonom Senior Indef Aviliani menilai tantangan perbankan ke depan adalah mencari sumber dana. Pasalnya, riset yang pihaknya lakukan menunjukkan pergeseran perilaku kaum milennial yang mulai enggan menabung uang di perbankan. Aviliani mengu
Lapor Hansip
04-04-2021 15:06

Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank

Past Hot Thread
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank

Ekonom Senior Indef Aviliani menilai ada pergeseran perilaku kaum millennial yang mulai enggan menabung uang di perbankan.(CNN Indonesia/Elisa Valenta Sari).

Ekonom Senior Indef Aviliani menilai tantangan perbankan ke depan adalah mencari sumber dana. Pasalnya, riset yang pihaknya lakukan menunjukkan pergeseran perilaku kaum milennial yang mulai enggan menabung uang di perbankan.
Aviliani mengungkap kaum muda mulai melirik produk investasi seperti reksa dana, saham, obligasi, dan lainnya. Sehingga, bank tidak lagi menjadi satu-satunya produk utama di sektor keuangan.

Dia menilai perubahan perilaku ini bisa berdampak pada likuiditas atau bantalan dana perbankan yang kian menipis. Aviliani menyebut ada kecenderungan dana millennial disimpan di perbankan bukan untuk menabung tapi untuk dibelanjakan instrumen keuangan lain.

"Bank harus siap-siap, sumber pendanaan memang uangnya di bank tapi bukan di tabungan atau deposito. Tapi menyimpan di bank untuk beli saham, beli obligasi. Ini tantangan bank ke depan sumber dana karena sumber dana semakin sulit," terang dia pada diskusi Akurat.com, Kamis (1/4).

Lebih lanjut, Aviliani menyebut transaksi bank yang sebelumnya berkisar 80 persen dari total kegiatan di sektor keuangan, kini sudah turun menjadi 72 persen.

Meski tak merinci kapan, dia menilai ada potensi transaksi bank merosot menjadi 55 persen. Sisanya sebanyak 45 persen lari ke transaksi non-bank seperti reksa dana, asuransi, obligasi, dan lainnya.

Selain itu, ia menyebut tantangan perbankan lain adalah semakin pendeknya interval waktu antar krisis keuangan. Sejak 2008-2020 saja, ia menghitung telah terjadi delapan krisis keuangan. Ini mengharuskan perbankan untuk melakukan konsolidasi guna memperkuat sistem permodalan.

Pasalnya, setiap krisis bisa berimbas pada lonjakan kredit macet atau non performing loans (NPL). Artinya, bank yang tidak memiliki bantalan tebal sementara nasabah tidak bisa membayar kredit.

"Ini salah satu hal yang harus dipikirkan perbankan karena tanpa permodalan kuat bank tidak bisa ekspansi ke depan," tuturnya.


https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...nabung-di-bank

Dunia mulai berubah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 09:01
Millenial mulai stop nabung di bank gara gara riba gan. Kan haram.

Daripada nyimpen di bank mending duit nya disimpen bawah bantal aja .. kali aja bisa nambah sendiri 😂😂😂
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 09:11
skarang masih aman gk simpen di bank bre emoticon-Bingung (S)
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 09:18

Nilai waktu dari uang dan inflasi ,....apalagi Rp masuk kategori junk currency.emoticon-Peace

Skrng , klu deposito 1M perblnnya cuman terima 2,3 jt.emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan kaiserwalzer memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 09:25
Dia menilai perubahan perilaku ini bisa berdampak pada likuiditas atau bantalan dana perbankan yang kian menipis. Aviliani menyebut ada kecenderungan dana millennial disimpan di perbankan bukan untuk menabung tapi untuk dibelanjakan instrumen keuangan lain.

emoticon-Wakaka terus salah milenial?? Mereka hanya menggunakan fasilitas perbankan bisa untuk transaksi keuangan, tantangannya itu buat diversifikasi produk keuangan yg lebih menggiurkan nasabah, contohnya....... (hire ane dulu) emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan kaiserwalzer memberi reputasi
2 0
2
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 09:27
nabung di ovo atau di gopay kalo kata temen ane
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 09:50
Nabung di bank,bukannya nambah malah dipotong biaya dll tiap bulan,mlh tekoremoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan wen12691 memberi reputasi
2 0
2
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 10:08
dan byk juga yg all in ke saham gorengan wkwkwkwk
teros bundir gara2 longsor, jadi mainan bandar
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 10:24
Bunga dikit
Biaya admin bikin bunga abis

Gimana mau nabung di bank
Ortu gw aja punya duit d bank cuma buat numpang diem doang abis itu digolangin lagi
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 10:45
Bener jg si..

Di BL beli emas dpt cashback emas 75rb... Nabung reksadana 40rb cashback... Mikir2 nggak ada potongan... Ya wajar juga ya byk usaha bergerak jadi broker reksadana n emas... Hm....
profile-picture
DoDoLanDoDoL memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 10:51
disimpen didalem kasur spt tuan krab.
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 10:52
abis kena biaya admin kalau nabung di bank emoticon-Embarrassment
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 11:12
Belom kelakuan bank ono yg bikin resah nasabah
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 11:14
betul, udah mulai ogah nabung di bank...tapi yg sedih itu, ga nabung di bank, karena gaada yg bisa ditabungemoticon-Turut Berduka
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 11:28
Nabung di bank?
Ga kapok biaya admin, biaya dll dll?

Bank cmn buat tt + sdb doank

0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 11:36
Milenial yang mana emoticon-Leh Uga

Milenial yang gatel liat duit nganggur emoticon-Wkwkwk


Nabung di bank buat yang punya duit atau persiapan buat sesuatu
Diubah oleh buatbarulagi
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 11:53
Hahaha nabung di bank emoticon-Cape deeehh
Cukup buat operasional sehari hari aja di bank mah emoticon-Ngakak
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 12:05
Sebenernya mau aja sih nabung di bank, kalo ada duitnya emoticon-Ngakak
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 12:18
haha.. anak muda jaman sekarang udah tau pentingnya cari cuan sedini mungkin.. jadi dah mulai gak tertarik hanya sekedar nabung uang biasa aja.. jelas jadi tantangan banget sih ini buat perbankan.. ane sendiri pun juga udah kepikiran buat invest, cuma belum ada dananya aja.. hehe
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 12:30
Daripada simpen di bank ane prefer beli LM
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 12:43
Bank cuman buat naroh duit receh

Buat main kompetisi poker
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia