News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
266
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60697368c15fb34a2c35cbee/ekonom-nilai-milennial-mulai-ogah-nabung-di-bank
Ekonom Senior Indef Aviliani menilai ada pergeseran perilaku kaum millennial yang mulai enggan menabung uang di perbankan.(CNN Indonesia/Elisa Valenta Sari). Ekonom Senior Indef Aviliani menilai tantangan perbankan ke depan adalah mencari sumber dana. Pasalnya, riset yang pihaknya lakukan menunjukkan pergeseran perilaku kaum milennial yang mulai enggan menabung uang di perbankan. Aviliani mengu
Lapor Hansip
04-04-2021 15:06

Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank

Past Hot Thread
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank

Ekonom Senior Indef Aviliani menilai ada pergeseran perilaku kaum millennial yang mulai enggan menabung uang di perbankan.(CNN Indonesia/Elisa Valenta Sari).

Ekonom Senior Indef Aviliani menilai tantangan perbankan ke depan adalah mencari sumber dana. Pasalnya, riset yang pihaknya lakukan menunjukkan pergeseran perilaku kaum milennial yang mulai enggan menabung uang di perbankan.
Aviliani mengungkap kaum muda mulai melirik produk investasi seperti reksa dana, saham, obligasi, dan lainnya. Sehingga, bank tidak lagi menjadi satu-satunya produk utama di sektor keuangan.

Dia menilai perubahan perilaku ini bisa berdampak pada likuiditas atau bantalan dana perbankan yang kian menipis. Aviliani menyebut ada kecenderungan dana millennial disimpan di perbankan bukan untuk menabung tapi untuk dibelanjakan instrumen keuangan lain.

"Bank harus siap-siap, sumber pendanaan memang uangnya di bank tapi bukan di tabungan atau deposito. Tapi menyimpan di bank untuk beli saham, beli obligasi. Ini tantangan bank ke depan sumber dana karena sumber dana semakin sulit," terang dia pada diskusi Akurat.com, Kamis (1/4).

Lebih lanjut, Aviliani menyebut transaksi bank yang sebelumnya berkisar 80 persen dari total kegiatan di sektor keuangan, kini sudah turun menjadi 72 persen.

Meski tak merinci kapan, dia menilai ada potensi transaksi bank merosot menjadi 55 persen. Sisanya sebanyak 45 persen lari ke transaksi non-bank seperti reksa dana, asuransi, obligasi, dan lainnya.

Selain itu, ia menyebut tantangan perbankan lain adalah semakin pendeknya interval waktu antar krisis keuangan. Sejak 2008-2020 saja, ia menghitung telah terjadi delapan krisis keuangan. Ini mengharuskan perbankan untuk melakukan konsolidasi guna memperkuat sistem permodalan.

Pasalnya, setiap krisis bisa berimbas pada lonjakan kredit macet atau non performing loans (NPL). Artinya, bank yang tidak memiliki bantalan tebal sementara nasabah tidak bisa membayar kredit.

"Ini salah satu hal yang harus dipikirkan perbankan karena tanpa permodalan kuat bank tidak bisa ekspansi ke depan," tuturnya.


https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...nabung-di-bank

Dunia mulai berubah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
04-04-2021 15:59
Bank emang masuk riba , tapi bukan kaya renterir yg menjerat para kreditur karena perjanjian nya sangat jelas dan kreditur juga menyanggupi.
beda sperti lintah darat yg sifatnya jebakan dan menjerat .
Saat bank meminjamkan uang ,misalnya memberikan KPR Ato kredit Mobil sebenarnya bank punya resiko yaitu gagal bayar .
emang bank masih bisa melakukan penyitaan , tp sebenarnya bank ga mau aset tp uang buat memutar lagi bisnisnya .
gw termasuk orang yg ga setuju klo bank d sebut lintah darat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
04-04-2021 15:09
jaman dah crypto masa nabung di bank.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
04-04-2021 15:07
bener jg...

mnding taro di deposito..reksadana..saham2 bluechip...


elite global smakin kelabakan trnyata manusia semakin pinter..

emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
17 1
16
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 23 balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
04-04-2021 15:51
Ketika kamu punya senjata kamu bisa merampok bank, ketika kamu punya bank kamu bisa merampok dunia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
04-04-2021 15:29
bangke gw pernah minjam 100juta dapat nya 90 juta

ngembaliin nya 110 juta emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeenanju18 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
04-04-2021 15:14
Gara2 ini

Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank

Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 22 lainnya memberi reputasi
21 2
19
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
04-04-2021 16:05
Inflasinya kenceng banget. Gak bakal kekejar. Kerja kerja kerja lalu tipes, hasilnya cuma buat mereka2 yang udah kaya dari dulu.
Diubah oleh kaiserwalzer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sirajuddinhakim dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
04-04-2021 16:38
Gimana orang enggak ogah mau nabung di Bank?

Nyimpen uang bukannya bertambah karena berbunga malah berkurang karena kena biaya admin ini itu kecuali kalau saldo tabungannya milyaran. Belum lagi kl nyimpen di deposito bunga keuntungannya masih dipajakin.... 😭

Sementara itu nilai uang semakin lama semakin derdepresiasi, jadi kalau nyimpen uang banyak2 di bank bukannya untung malah zonk....

Istilah jadul banyak nabung uang di bank dapet untung sekarang mah malahan buntung....

Kalau perbankan masih dengan zona nyamannya yg hanya memperkaya bankir2nya saja tanpa berinovasi dan merubah system perbankan ya tinggal tunggu waktu keruntuhannya saja....

emoticon-Ngakak
Diubah oleh W4TCH3R
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
04-04-2021 16:03
kalo banyak duit ya ditabung sendiri..
tapi kalau bisa dibuat investasi/modal usaha.. jgn ikut²tan deposito,dll..

yaelah mau seprofessional apapun bank'nya, bisa saja mereka menghianati kita...
jangan terlalu percaya dengan bank

semisal kita dihianati,mau nuntut kejalur hukum juga percuma,kecuali ente orng berduit & punya power dipemerintahan,.

kalo orng biasa mah siap² aja nangis duitnya ilang dimakan bank ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeenanju18 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
04-04-2021 15:30
Deposito 4%

Bunga kredit 8%

dari sini aja udah males naro duit di bank

mending ke saham, dividen 20% setahun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antikhilafah dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia