News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
266
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60697368c15fb34a2c35cbee/ekonom-nilai-milennial-mulai-ogah-nabung-di-bank
Ekonom Senior Indef Aviliani menilai ada pergeseran perilaku kaum millennial yang mulai enggan menabung uang di perbankan.(CNN Indonesia/Elisa Valenta Sari). Ekonom Senior Indef Aviliani menilai tantangan perbankan ke depan adalah mencari sumber dana. Pasalnya, riset yang pihaknya lakukan menunjukkan pergeseran perilaku kaum milennial yang mulai enggan menabung uang di perbankan. Aviliani mengu
Lapor Hansip
04-04-2021 15:06

Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank

Past Hot Thread
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank

Ekonom Senior Indef Aviliani menilai ada pergeseran perilaku kaum millennial yang mulai enggan menabung uang di perbankan.(CNN Indonesia/Elisa Valenta Sari).

Ekonom Senior Indef Aviliani menilai tantangan perbankan ke depan adalah mencari sumber dana. Pasalnya, riset yang pihaknya lakukan menunjukkan pergeseran perilaku kaum milennial yang mulai enggan menabung uang di perbankan.
Aviliani mengungkap kaum muda mulai melirik produk investasi seperti reksa dana, saham, obligasi, dan lainnya. Sehingga, bank tidak lagi menjadi satu-satunya produk utama di sektor keuangan.

Dia menilai perubahan perilaku ini bisa berdampak pada likuiditas atau bantalan dana perbankan yang kian menipis. Aviliani menyebut ada kecenderungan dana millennial disimpan di perbankan bukan untuk menabung tapi untuk dibelanjakan instrumen keuangan lain.

"Bank harus siap-siap, sumber pendanaan memang uangnya di bank tapi bukan di tabungan atau deposito. Tapi menyimpan di bank untuk beli saham, beli obligasi. Ini tantangan bank ke depan sumber dana karena sumber dana semakin sulit," terang dia pada diskusi Akurat.com, Kamis (1/4).

Lebih lanjut, Aviliani menyebut transaksi bank yang sebelumnya berkisar 80 persen dari total kegiatan di sektor keuangan, kini sudah turun menjadi 72 persen.

Meski tak merinci kapan, dia menilai ada potensi transaksi bank merosot menjadi 55 persen. Sisanya sebanyak 45 persen lari ke transaksi non-bank seperti reksa dana, asuransi, obligasi, dan lainnya.

Selain itu, ia menyebut tantangan perbankan lain adalah semakin pendeknya interval waktu antar krisis keuangan. Sejak 2008-2020 saja, ia menghitung telah terjadi delapan krisis keuangan. Ini mengharuskan perbankan untuk melakukan konsolidasi guna memperkuat sistem permodalan.

Pasalnya, setiap krisis bisa berimbas pada lonjakan kredit macet atau non performing loans (NPL). Artinya, bank yang tidak memiliki bantalan tebal sementara nasabah tidak bisa membayar kredit.

"Ini salah satu hal yang harus dipikirkan perbankan karena tanpa permodalan kuat bank tidak bisa ekspansi ke depan," tuturnya.


https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2...nabung-di-bank

Dunia mulai berubah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 6
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
12-04-2021 12:31
setuju, banyak jg skrg yg coba2 main peer to peer lending, salah satunya AKSELERAN. atuh gmn gan tawaran bunganya mulai dari 11% sampe 20% pertahun masa ga ke goda?

Sekalian dong promo, cobain deh daftar AKELERAN pake kode referral NOORA1OO, nanti ada free saldo 100ribunyaaa.
Bingung? tanya2 langsung ajaa" 087875065902
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
08-04-2021 08:43
Karena buat mereka bank itu hanya sebagai tempat buat transit duit sama minjem duit doang......, kalo buat nabung di bank mah, jangankan mereka gue juga masih ogahemoticon-Big Grin
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
07-04-2021 19:39
milenial sekarang memang bukan orang bodoh, bebas memilih
milenial sekarang sudah ditawari banyak pilihan, jadi ya bebas dong
milenial sekarang mencari duit dengan berbagai cara jadi menabungnya boleh dong dengan berbagai cara
profile-picture
pangeran2013 memberi reputasi
1 0
1
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
07-04-2021 07:06
Ane banget nih... Rekening buat numpang lewat doang, duit masuk ke reksadana emoticon-Ngakak
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
06-04-2021 21:33
Iyaas mulai ribet tau skrg bank..
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
06-04-2021 18:21
Misalnya ane bisa nabung 5jt sebulan, mending separonya dibeliin emas ya gan?
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
06-04-2021 12:40
anak2 jaman now lebih suka habiskan duit dg traveling dan makan mahal...
rumah aja numpang ortu...
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
06-04-2021 08:17
bunganya kecil si, udah tau milenial maunya yang gede dengan waktu yang cepat
emoticon-Hammer2
(meski akhirnya milenial yang ikut-ikutan kena boncos)
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
06-04-2021 07:15
ane kira pas ditaruh bank, uang bakal bertambah krn bunga. ternyata malah tambah hbs. kec klo uangnya diatas 15 jt baru nambah dikit.

ane lbh milih app uang online klo utk bayar/beli sehari2 biar gk kena biaya transfer yg gede, trus jmh uangnya jg gk berkurang meski tinggal dikit
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
06-04-2021 03:49
Milenial emg beda.. klo ane paling inves di deposito ama properti. Ga ngerti yg namanya saham gt emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 17:13
Milenial ogah nabung, tapi rajin utang.
Mengikuti jejak junjungan nya
emoticon-Big Grin
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 16:48
Coba benerin dulu itu definisi "milenial". Istilah yang rancu, generalis,
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 15:50
invest ke logam mulia atau saham kayaknya lebih menguntungkan buat ke depannya ya?
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 15:49
Jadi intinya, kalo gw punya duit, gw taro mana duit gw? Mending inves/saham?
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 14:50
nyimpenya di aplikasi dompet elektronik
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 14:01
beralih ke digital kali...
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 13:33
Namanya juga kaum muds milenial yg ounya fkiran smkin maju dan cerdas. Jadi tidak mau mnabung di bank.
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 13:14
Jaman sekarang emang nabung bagusnya bukan di bank. Kalo mau lindung nilai uang ya simpan di logam mulia. Kl ada lebih ya invest di tanah rumah atau saham. Terserah mana yg sreg yg jelas uang dibank hanya utk kebutuhan sehari, bayar2 kewajiban bulanan, dan dana darurat.
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 12:43
Bank cuman buat naroh duit receh

Buat main kompetisi poker
0 0
0
Ekonom Nilai Milennial Mulai Ogah Nabung di Bank
05-04-2021 12:30
Daripada simpen di bank ane prefer beli LM
0 0
0
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia