Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
20
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60672400c5492d16d43e35e0/orang-tua-wajib-mengetahui-7-rahasia-ini-benarkah-yang-ke-5-susah
Hanya saja, menjadi orang tua harus siap menjadi pembelajar sejati. Mengapa demikian? Karena mendidik anak pada setiap generasi itu tidak hanya berbeda, tetapi tantangan dan ujiannya juga semakin komplek. Apapun itu, tetaplah semangat di dalam mendidik putra-putri, karena di tangan merekalah berlangsungnya kehidupan ini. Berikut beberapa hal yang dapat kita terapkan kepada putra-putri kita:
Lapor Hansip
02-04-2021 21:02

Orang Tua Wajib Mengetahui 7 Rahasia ini, Benarkah yang ke-5 Susah?

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Rahasia Orang Tua, Bahagialah Anak


Assalamu'alaykum warahmatullahi wa barakatuh


Kebahagiaan menjadi orang tua, tentu nikmat yang tidak ternilai harganya. Tidak dapat diuangkan dan tidak pula dapat tergantikan dengan apapun.

Hanya saja, menjadi orang tua harus siap menjadi pembelajar sejati. Mengapa demikian? Karena mendidik anak pada setiap generasi itu tidak hanya berbeda, tetapi tantangan dan ujiannya juga semakin komplek.

Apapun itu, tetaplah semangat di dalam mendidik putra-putri, karena di tangan merekalah berlangsungnya kehidupan ini.

Berikut beberapa hal yang dapat kita terapkan kepada putra-putri kita:

1. Selalu Mendo'akan


Berdo'a adalah senjata ampuh diantara beragam senjata dalam kehidupan. Untuk itu, jangan pernah sedikit pun alpa berdo'a dan bermohon kepada sang pencipta, supaya putra-putri kita kelak menjadi perhiasan yang menyenangkan, baik ketika masih di dunia maupun di akhirat kelak.

Hanya Allah-lah yang maha kuasa atas segala sesuatu, termasuk dalam membolak-balik hati putra-putri kita. Berdo'alah agar putra-putri menjadi penerus amal salih kita.


2. Bermain dan Nikmati Kebersamaan


Bermain bersama anak, tertawa, bercanda bersama mereka, itulah yang diharapkan oleh mereka. Belajarlah untuk menikmati masa kecil anak-anak kita. Karena kepolosan, keluguan juga kekanak-kanakan mereka tidak akan berulang.

Masa-masa itu akan segera berlalu dengan cepat dan tidak terasa. Tiba-tiba saja, mereka beranjak dewasa, lalu kelucuan mereka tinggallah kenangan.

Apa sih yang dapat membuat mereka bahagia? Sebenarnya sangat sederhana. Diantaranya yaitu, ketika bersama mereka, cobalah berpura-pura menjadi anak kecil. In syaallah mereka akan tersenyum bahagia.

Kemudian, saat ingin mengajarkan sesuatu kepada anak-anak, jangan lupa berusahalah saat mengajari mereka dengan cara yang menyenangkan sambil bermain.


3. Alihkan Perhatian Saat Menangis.


Umumnya, psikologis manusia saat bersedih atau menangis yaitu menunduk. Untuk itu, saat mereka tengah menangis, jangan habiskan waktu dengan cara menenangkan atau mendiamkannya.

Namun, gantilah cara mendiamkan itu dengan cara mengalihkan. Saat mereka menangis, coba ajak mereka keluar rumah, tunjukkan langit, awan atau burung yang terbang di atas langit. In syaallah dengan izin-Nya Allah akan tenangkan mereka.


4. Ajak Diskusi dan Beri Tawaran.


Apabila anda ingin menghentikan anak-anak bermain. Jangan katakan kepada mereka kata-kata stop atau berhentilah. Karena tentu mereka tidak menyukai dan tidak terima dengan larangan tiba-tiba.

Lalu apa solusinya? Yaitu dengan mengatakan, "Mainnya tujuh menit lagi ya?" Lalu, saat tujuh menit telah berlalu, maka katakan kepada mereka bahwa waktu bermain telah habis. Nanti bisa bermain di waktu yang lain.


5. Tinggalkan HP


Saat ini, godaan terbesar kehidupan adalah HP. Segala sesuatu dilakukan melalui HP.

Saat bersama anak, kemudian ada yang menelepon, maka katakan kepada si penelepon bahwa engkau sedang sibuk. Semacam ini tidak akan menjatuhkan harga diri dan wibawamu.

Jika anak mengetahui hal ini, tentu ia akan merasa bahwa dirinya adalah istimewa bagi orang tuanya dibanding yang lain.

Orang yang mampu menyeimbangkan segala sesuatu, tentu ia akan lakukan hal ini. Karena ia akan mengutamakan pendidikan anak.


6. Beri Iming-iming Positif


Ketika di siatu tempat, berkumpul anak-anak yang berisik dan gaduh, lalu anda ingin mengingatkan mereka supaya tidak gaduh, jangan larang dengan tiba-tiba, tetapi berikan tawaran kepada mereka.

Tawarkan kepada mereka, siapa yang ingin mendengarkan cerita kita. Tentu akan ada satu atau dua orang yang mau, lalu pasti yang lain akan mau dan mengikuti dengan senang hati.


7. Selalu Ingatkan Ibadah dan Akhirat

Orang Tua Wajib Mengetahui 7 Rahasia ini, Benarkah yang ke-5 Susah?

Sebelum tidur, kata-kata yang kita dengungkan supaya mereka segera tidur adalah supaya bisa bangun pagi. Bangun pagi untuk menunaikan salat subuh.

Jadi, mereka akan selalu merekam bahwa salat itu lebih penting dan utama dari apapun. Karena salatlah amalan pertama yang akan ditanya.


Semoga bisa menjadi pencerahan para orang tua. Sampai jumpa di thread berikutnya.

Wassalamualaykum

Penulis : NovellaHikmiHas
Narasi : Oppri
Sumber gbr. : Google, pinterest, shutterstock, dokpri, idntimes




profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Orang Tua Wajib Mengetahui 7 Rahasia ini, Benarkah yang ke-5 Susah?
02-04-2021 22:28
klo no 5 mah balik lg ke orangnya masing2 emoticon-Matabelo

bisa ngegunain hp dengan bijak aja si intinya emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Orang Tua Wajib Mengetahui 7 Rahasia ini, Benarkah yang ke-5 Susah?
02-04-2021 23:23
Semuanya terasa mudah

Jika itu anak orang emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Orang Tua Wajib Mengetahui 7 Rahasia ini, Benarkah yang ke-5 Susah?
04-04-2021 09:06
Aku di perantauan hampir 14jam menggunakan hp ,tapi ketika aku sampai kampung halaman ku letak kan,karena putriku sudah besabar menunggu berbulan bulan lamanya utk waktu 24 jamku brsama nya,jadi apakah layak aku menyepelekan kesabaran putriku hanya demi sebuah hp??
Diubah oleh njun77
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalledalminto dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Orang Tua Wajib Mengetahui 7 Rahasia ini, Benarkah yang ke-5 Susah?
04-04-2021 10:07
no 2 itu pintu pertama, skrg org tua pd asyik nyari duit, tau2 ngeh anak udh tk lah, sd lah..br deh pd mikir kok cpt bgt anak udh gede?

padahal anak balita itu lg seneng2nya ikut kita, kalo udh sd/smp lebih seneng ikut temennya emoticon-Ngakak (S)

profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Orang Tua Wajib Mengetahui 7 Rahasia ini, Benarkah yang ke-5 Susah?
04-04-2021 11:22
Nomor 5 susah tapi kalo anak dikasih kegiatan lain bakal lebih mudah


Diubah oleh ushirota
0 0
0
Orang Tua Wajib Mengetahui 7 Rahasia ini, Benarkah yang ke-5 Susah?
04-04-2021 12:27
Mantul tipsnya...
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Orang Tua Wajib Mengetahui 7 Rahasia ini, Benarkah yang ke-5 Susah?
04-04-2021 14:32
No 5 memang susah
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Orang Tua Wajib Mengetahui 7 Rahasia ini, Benarkah yang ke-5 Susah?
04-04-2021 14:38
Thanks for sharing
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Orang Tua Wajib Mengetahui 7 Rahasia ini, Benarkah yang ke-5 Susah?
04-04-2021 15:10
HP adalah solusi instan buat bkin anak diem
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Orang Tua Wajib Mengetahui 7 Rahasia ini, Benarkah yang ke-5 Susah?
04-04-2021 16:32
Kalau ane liat sekeliling, emang banyak anak anak kecil yang udah dipegangin hp sih ya, jadi ya gimana dah
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Orang Tua Wajib Mengetahui 7 Rahasia ini, Benarkah yang ke-5 Susah?
05-04-2021 20:43
Tanpa kita mintapun doa tulus dari orang tua terutama ibu sll beliau lakukan.. Seberapa besàr kesalahan yg di lakukan anak seorang ibu ttp mendoakan yg terbaik untuk anak anaknya. Kadang suka sedih klu suatu saat nanti ibu gak ada.. gak ada lg orang yg berdoa begitu tulus spt doa seorang ibu 😢
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Orang Tua Wajib Mengetahui 7 Rahasia ini, Benarkah yang ke-5 Susah?
05-04-2021 20:46
Menjadi orang tua memang tidak mudah.. harus banyak belajar
profile-picture
NovellaHikmiHas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Orang Tua Wajib Mengetahui 7 Rahasia ini, Benarkah yang ke-5 Susah?
28-04-2021 00:59
no. 5 memang agak susah maka dari iru banyak2 ajak si kecil bermain games bersama atau melakukan permainan lainnya tanpa menggunakan gadget
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia