Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
11
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6067212c846df037ee7b23fd/berubah-lebih-baik-dari-minta-maaf
Kesel ga sih, ada orang minta maaf hari ini tapi besok mengulangi kesalahan yang sama? Artinya dia cuma mengakui kesalahan tapi tidak berpikir untuk memperbaikinya. Kalau minta maaf cuma untuk mengakui kesalahan, artinya dia cuma mau dimaafkan dan diterima kembali. Padahal, kesalahan yang dia buat belum tentu bisa diterima sepenuhnya oleh orang lain. Itulah kenapa gue sampai detik ini masih menjad
Lapor Hansip
02-04-2021 20:50

BERUBAH LEBIH BAIK DARI MINTA MAAF


Kesel ga sih, ada orang minta maaf hari ini tapi besok mengulangi kesalahan yang sama? Artinya dia cuma mengakui kesalahan tapi tidak berpikir untuk memperbaikinya.

Kalau minta maaf cuma untuk mengakui kesalahan, artinya dia cuma mau dimaafkan dan diterima kembali. Padahal, kesalahan yang dia buat belum tentu bisa diterima sepenuhnya oleh orang lain. Itulah kenapa gue sampai detik ini masih menjadi manusia yang menganut paham "Satu tindakan nyata lebih bermakna dari seribu kata-kata". Percuma diumbar seribu kali kata MAAF, tapi kesalahan yang sama masih berulang lagi dan lagi.

Manusia-manusia seperti ini biasanya kalau maafnya ga diterima, bakal blingsatan kayak orang kesurupan. Karena di otak mereka cuma "Gue kan udah ngaku salah, gue udah baik hati minta maaf, kalo ga dimaafin berarti dia yang jahat".

Di sisi lain, ada orang yang kita gak tau gimana perasaan dan keadaannya akibat dampak dari perbuatannya. Pastinya ga ada orang yang pengen jatuh ke lubang yang sama. Dari SD kita udah diajarin yang namanya kesalahan tuh diperbaiki (remedial), bukannya diulang-ulang. Kalau masih melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang, berarti ada 2 kemungkinan..."ANDA GOBLOK ATAU EMANG MALAS BELAJAR". Malas belajar dalam artian tidak ada usaha memperbaiki diri.

Perubahan itu emang cuma bisa lahir dari kesadaran diri sendiri, tapi kadang tamparan dari orang lain juga bisa jadi pecut buat lu lebih maju. Tergantung juga sih..., tergantung kita menyerap kritik dari orang lain itu seperti apa. Kalau dimasukin hati ya sakit, tapi kalo dimasukin kepala dan direnungi baik-baik, barulah bisa jadi bahan bakar buat memperbaiki diri.

Jadi, pilih MAAF atau BERUBAH?
Kata MAAF cuma memuaskan satu orang, sedangkan BERUBAH menjadi lebih baik memuaskan lebih banyak orang.

Masih berpikir kata MAAF tanpa perubahan bisa memperbaiki keadaan? Sana balik ke SD!!!
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
BERUBAH LEBIH BAIK DARI MINTA MAAF
02-04-2021 22:12
Sejauh ane hidup..
Ane belajar..

Bahwa lebih mudah mengubah diri sendiri ketimbang mengubah orang lain...
0 0
0
BERUBAH LEBIH BAIK DARI MINTA MAAF
02-04-2021 23:54
setuju sama tsemoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
sadewa3082 dan delia.adel memberi reputasi
2 0
2
BERUBAH LEBIH BAIK DARI MINTA MAAF
03-04-2021 01:44
Kesel gak sich?
Jawabannya ya kembali lagi ke diri kamu sendiri.
Kamu masih mau bersabar ato mengikuti ego untuk emosi ngegas.
Yg repot itu klo nemu orang yg dablek.
Dikasihtauin baik2 tetep aja gitu, dikasih contoh yg baik tetep gitu, didiamkan tetep gitu, diomelin tetep gitu, bahkan dimarahin tetep gitu.
Syukur2 masih sadar, klo orangnya gak sadar2 udah diingetin masih gitu.
Pilihan di kamu.
Mau sabar lagi, mau ngegas, mau nyuekin.
Begitu terus sampai akhirnya kamu di fase bodoh amat dengan dia.
Begitu orang tsb melakukan kesalahan, bakal mudah terpancing ( entah nyinyir, komplain, emosi).

Maaf/sorry itu cuma kata doank.
Gw juga masih banyak salah/mistake, bahkan sering dikritik/diomelin.
Cara paling aman supaya gak semakin runyam ya minta maaf.
Sambil gw introspeksi diri, mikir n learning.
Jangan gini/gitu lagi.
Tapi atleast ada perubahan.
Meski bertahap.
Tapi kalo kamu sering ngelakuin kesalahan yg sama berulang ulang, kata maaf mu hanya akan menjadi kata tanpa makna.

Emang mengubah orang lain itu lebih sulit daripDa ngubah diri sendiri.
Dan Pada prakteknya, gw lebih memilih menghindari orang2 yg gw anggap gak cocok dgn gw.
Sebatas teman ok, sebatas say hi ok,sebatas kerjaan ok, tapi tidak dalam jangka waktu yg lama.
Palagi pas gw lagi sensi.
Masalah sepele bisa jadi gw seriusin.

Ya itu intermezzo aja ya.
Anggap aja itu cobaan kesabaran dari tuhan buat gw.
Ketika lu ketemu makhluk yg annoying, gimana respon lu.
Apa lu langsung emosi, sabar, ngindar, cuek, nyantet, kirimin alfatihah.
Gw punya mantan bos, dan dia ini annoyying banget.
Tiap hari marah2 melulu.
Tiap hari ngomel2 melulu.
Tiap hari ngegas2 melulu.
Dan itu tanpa alasan yg jelas.
Pernah gak ngingetin?
Pernah, dengan baik2.
Alias absurb.
Sampai di titik kesabaran gw udah habis, gw cari dukun santet.
9 bulan ngomel2 gak jelas.
Tapi gak gw santet sich.
Tapi gw pilih resign.

Orang sabar itu cobaanya berat.
Makanya jangan jadi orang sabar.
Nahan kesal itu gak bagus juga vuat kesehatan mental.
ApLGi sampai bertahun2.
Entar bawaannya cepat sensitif.
0 0
0
BERUBAH LEBIH BAIK DARI MINTA MAAF
03-04-2021 04:53
Dapat saling maaf memaafkan, tidaklah dapat memperbaiki ataupun merubah apa yang menjadi kesalahan dalam diri kita masing masing.

Selama kita tidak pernah dapat menyadari/mengetahui apa yang telah menjadi kesalahan dalam diri kita masing masing.

Dan selama kita kita tak pernah dapat memperbaikinya ataupun merubahnya.

Karena kesalahan yang ada dalam diri kita hanya diri kita sendirilah yang dapat memperbaikinya ataupun merubahnya bukan orang lain atau hanya dengan sekedar kata maaf.

Belumlah diri itu berubah sebelum dia dapat memperbaiki ataupun merubah apa yang menjadi kesalahannya.

Sejauh mana kita dapat mengenali diri kita sendiri (mengenali kesalahan yang ada dalam diri kita sendiri dan segera memperbaikinya/merubahnya kepada yang baik), maka sejauh itulah keberhasilan kita.
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan delia.adel memberi reputasi
2 0
2
BERUBAH LEBIH BAIK DARI MINTA MAAF
03-04-2021 06:32
Quote:Original Posted By enam.kehendak
Kesel gak sich?
Jawabannya ya kembali lagi ke diri kamu sendiri.
Kamu masih mau bersabar ato mengikuti ego untuk emosi ngegas.
Yg repot itu klo nemu orang yg dablek.
Dikasihtauin baik2 tetep aja gitu, dikasih contoh yg baik tetep gitu, didiamkan tetep gitu, diomelin tetep gitu, bahkan dimarahin tetep gitu.
Syukur2 masih sadar, klo orangnya gak sadar2 udah diingetin masih gitu.
Pilihan di kamu.
Mau sabar lagi, mau ngegas, mau nyuekin.
Begitu terus sampai akhirnya kamu di fase bodoh amat dengan dia.
Begitu orang tsb melakukan kesalahan, bakal mudah terpancing ( entah nyinyir, komplain, emosi).

Maaf/sorry itu cuma kata doank.
Gw juga masih banyak salah/mistake, bahkan sering dikritik/diomelin.
Cara paling aman supaya gak semakin runyam ya minta maaf.
Sambil gw introspeksi diri, mikir n learning.
Jangan gini/gitu lagi.
Tapi atleast ada perubahan.
Meski bertahap.
Tapi kalo kamu sering ngelakuin kesalahan yg sama berulang ulang, kata maaf mu hanya akan menjadi kata tanpa makna.

Emang mengubah orang lain itu lebih sulit daripDa ngubah diri sendiri.
Dan Pada prakteknya, gw lebih memilih menghindari orang2 yg gw anggap gak cocok dgn gw.
Sebatas teman ok, sebatas say hi ok,sebatas kerjaan ok, tapi tidak dalam jangka waktu yg lama.
Palagi pas gw lagi sensi.
Masalah sepele bisa jadi gw seriusin.

Ya itu intermezzo aja ya.
Anggap aja itu cobaan kesabaran dari tuhan buat gw.
Ketika lu ketemu makhluk yg annoying, gimana respon lu.
Apa lu langsung emosi, sabar, ngindar, cuek, nyantet, kirimin alfatihah.
Gw punya mantan bos, dan dia ini annoyying banget.
Tiap hari marah2 melulu.
Tiap hari ngomel2 melulu.
Tiap hari ngegas2 melulu.
Dan itu tanpa alasan yg jelas.
Pernah gak ngingetin?
Pernah, dengan baik2.
Alias absurb.
Sampai di titik kesabaran gw udah habis, gw cari dukun santet.
9 bulan ngomel2 gak jelas.
Tapi gak gw santet sich.
Tapi gw pilih resign.

Orang sabar itu cobaanya berat.
Makanya jangan jadi orang sabar.
Nahan kesal itu gak bagus juga vuat kesehatan mental.
ApLGi sampai bertahun2.
Entar bawaannya cepat sensitif.

setuju.
lebih baik hindari aja lah orang2 kek gitu
0 0
0
BERUBAH LEBIH BAIK DARI MINTA MAAF
03-04-2021 07:33
Maap, ga sengaja pakemoticon-Mewek
BERUBAH LEBIH BAIK DARI MINTA MAAF
0 0
0
BERUBAH LEBIH BAIK DARI MINTA MAAF
04-04-2021 03:14
Kejadian dengan pengalaman hidup ane waktu terpapar covid tahun lalu, yg kebayang wajah wife ane ga byk bicara cuma 1 kalimat, tolong sebelum terlambat berubahlah utk diri sendiri, ane takut sekali saat itu maut sangat dekat dan ane ga sempat minta maaf. Tapi ya itulah manusia, setelah sembuh, ane tergoda kembali melakukan kesalahan yg sama krn ada rasa belum rela kalau menjauh dari hal itu. Intinya niat kencang kuat dan ikhlas buat berubah utk sesuatu yg lebih baik. Umur ga ada yg tahu
0 0
0
BERUBAH LEBIH BAIK DARI MINTA MAAF
23-04-2021 06:56
Ga cukup dengan maaf, harus membayar ganti rugi

Jika sebatas permintaan maaf itu hanya omong kosong
0 0
0
BERUBAH LEBIH BAIK DARI MINTA MAAF
23-04-2021 08:49
Minta maaf itu berat buat orang2 yg dikuasai egonya.
0 0
0
BERUBAH LEBIH BAIK DARI MINTA MAAF
23-04-2021 12:10
kalo kesalahan itu enak sengaja atau gak sengaja pasti diulangi lagi

*batal lagi puasa gue emoticon-Mewek:
0 0
0
BERUBAH LEBIH BAIK DARI MINTA MAAF
23-04-2021 12:27
Lebih baik minta maaf daripada minta izin.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
tak-punya-hati
Stories from the Heart
lebih-dari-sekedar-no-absen
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Heart to Heart
rindu
B-Log Personal
aldebaran
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia