News
Batal
KATEGORI
link has been copied
125
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60598b37201973133c4fe13c/cara-antisipasi-hoaks-lowongan-kerja-lewat-whatsapp-sms
Biasanya, hoaks iklan loker Whatsapp dan loker SMS tidak secara spesifik menyebutkan sebuah posisi pekerjaan yang diiklankan. Hal ini perlu diwaspadai oleh calon pekerja agar tidak gampang tergiur dengan tawaran palsu tersebut.
Lapor Hansip
23-03-2021 13:31

Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS

Past Hot Thread
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS



Belakangan ini banyak sekali beredar informasi mengenai hoaks lowongan kerja (loker) yang banyak ditemukan melalui pesan singkat. Biasanya, informasi tersebut kerap ditemui lewat loker SMS palsu yang disebarkan oleh nomor yang tak dikenal. Tak hanya itu, kini hoaks yang mengatasnamakan perusahaan juga sering dijumpai melalui loker Whatsapp yang tidak jelas kebenarannya.

Informasi hoaks yang menargetkan para pencari kerja kini semakin marak terjadi karena diakibatkan adanya pemutusan hubungan kerja yang terjadi selama pandemi Covid-19. Melihat fenomena tersebut, pelaku kejahatan pun mencari celah untuk keuntungan pribadinya dengan menyebarkan hoaks lowongan kerja melalui SMS dan Whatsapp.

Umumnya, para pelaku kejahatan yang menyebarkan iklan hoaks lowongan kerja akan memeras sejumlah uang korban dengan embel-embel nantinya akan diproses dan dimasukkan sebagai calon karyawan dari sebuah perusahaan.

Demi menghindari jeratan pelaku kejahatan penyebar hoaks lowongan kerja, tentunya Agan perlu meningkatkan kewaspadaan agar tidak menjadi salah satu korbannya. Berikut ini, Hansip Hoax akan memberikan panduan untuk mengantisipasi hoaks iklan lowongan kerja yang biasanya ditemukan melalui SMS atau Whatsapp. Simak terus thread ini sampai selesai, ya!

emoticon-Hansip



Quote:1. Perhatikan posisi lowongan kerja secara spesifik

Biasanya, hoaks iklan loker Whatsapp dan loker SMS tidak secara spesifik menyebutkan sebuah posisi pekerjaan yang diiklankan. Hal ini perlu diwaspadai oleh calon pekerja agar tidak gampang tergiur dengan tawaran palsu tersebut.



Quote:2. Jangan gampang senang jika terdapat nama Agan

Pelaku kejahatan yang menyebarkan iklan hoaks lowongan kerja umumnya akan memberikan nama-nama pelamar dalam sebuah dokumen. Hal tersebut dilakukannya agar meyakinkan calon pekerja bahwa dirinya menjadi salah satu yang lolos untuk menjalani tahap tes wawancara. Oleh karena itu, jangan gampang senang jika ada nama Agan didalamnya. Pastikan Agan mengecek kembali secara detail informasi mengenai perusahaan yang dimuat dalam dokumen tersebut.



Quote:3. Periksa situs resmi atau media sosial perusahaan

Para korban iklan hoaks loker Whatsapp dan loker SMS biasanya tidak memeriksa kembali situs resmi atau media sosial mengenai perusahaan terkait. Padahal, dari berbagai channel resmi yang dikelola sebuah perusahaan dapat memberikan jawaban apakah iklan lowongan kerja yang diterima apakah asli atau palsu. Oleh karena itu, jangan malas untuk memantau situs dan media sosial resmi sebuah perusahaan terkait ya, Gan!



Quote:4. Jangan membayar atau mentransfer uang ke pihak yang tak jelas

Umumnya, hoaks iklan lowongan kerja akan mengatasnamakan perusahaan besar agar para korbannya tergiur untuk melanjutkan prosesnya. Nah, perlu Agan pahami jika perusahaan besar dengan reputasi tinggi tidak akan meminta uang selama proses rekrutmen berlangsung. Jadi, jangan sampai Agan membayar dan mentransfer uang ke pihak yang tak jelas tersebut, ya.



Quote:5. Jaga dan rahasiakan data diri dari pihak tak dikenal

Kunci utama untuk meminimalisir kejahatan penyebar hoaks lowongan kerja adalah dengan menjaga dan merahasiakan data diri Agan. Jangan sampai Agan dengan mudahnya memberikan data diri sensitif kepada pihak yang reputasinya tidak jelas dan tidak kredibel. Hal tersebut perlu dilakukan agar data diri Agan tidak dijual kepada penipu-penipu lainnya. Beberapa data diri yang perlu Agan jaga baik-baik kerahasiaannya adalah nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga (KK), nomor rekening, nomor kartu kredit termasuk tiga angka di belakang kartu kredit, nama gadis ibu kandung, dan nomor ponsel.


Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS


Itulah beberapa tips dari Hansip Hoax tentang cara mengantisipasi hoaks lowongan kerja lewat Whatsapp atau SMS. Semoga dengan informasi tersebut dapat membuat Agan dapat lebih waspada lagi apabila mendapatkan iklan loker Whatsapp dan loker SMS palsu yang semakin marak beredar.

emoticon-Hansip
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tantarareview dan 37 lainnya memberi reputasi
36
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 16:51
Iya nih... Kemarin banyak yang Dm saya tentang kerja di kebun strawberry di Estonia... Padahal di Estonia tidak menerima gembel.. Kalau kerja disini harus memiliki kemampuan tinggi, soalnya gajinya juga 2x UMR lokal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
life.saver dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 16:54
kalo nulis data dri pada lin*edin.com yg ada data dirikita full itu bagus ga c sebenernya, ?
profile-picture
life.saver memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 16:58
Intinya masuk kerja itu jangan mau bayar sepeserpun. Logikanya kita yang perlu uang. Perusahaan punya uang buat tenaga / pikiran kita. Jadi yang harusnya keluar uang ya perusahaan. Kita yang terima duit. Jangan kebalik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yeez dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 16 balasan
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 16:58
Nah bener tuh mentang mentang lagi banyak yang nyari kerja ada aja yang memanfaatkannya, gak kasian apa ya, orang lagi susah malah mau nipu dia hadeh
emoticon-Marah
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:00
Lowongan kerja yang resmi aja lewat website. Sekarang banyak penipuan via online media sosial
profile-picture
Frankline memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:00
Bae2 bnyak kang tepu
0 0
0
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:00
Nyari kerja dari infoloker whatsapp ? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan qoentoel69 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:02
Memang harus beneran hati2 bang.
Lagian kalau share loker jenis seperti itu via WA juga kayak kurang menyakinkan.

Jangan lupa pulan untuk cek keberadaan penyedia lowongan di internet. Sama liat review2 ttg kantor tersebut juga.
profile-picture
rtrn memberi reputasi
1 0
1
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:04
Gak ada lowongan pekerjaan beneran yg minta duit banyak sblm hire karyawan.. nyogok jd cpns juga belum tentu diterima, yg ada ditipu oknum...

Kita kerja aja belom, udah dimintain duit..


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rtrn dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:04
Semoga jangan lagi ada korban penipuan lagi, kasihan para pencari kerja
0 0
0
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:07
ane blm pernah dapet sms loker ginian tuh.. seringnya pinjeman online malah wkwkwk
0 0
0
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:16
jangankan lewat wa
di linkedin juga banyak aja
0 0
0
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:16
Yg ngeselin cari karyawan banyak bidang.ujung2 nya disuruh nyari nasabah yg mau investasi 100juta
Diubah oleh meimeiput
profile-picture
setiapmenit memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:19
jaman nye wa maah banyak broadcast yg gak jelas
0 0
0
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:26
kalau antisipasi Loker dari "Orang Dalam" gmana guns?emoticon-Ngakak
0 0
0
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:26
Nyimakemoticon-Keep Posting Gan
0 0
0
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:27
Mantul, makasih gan buat tips2 nya
0 0
0
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:31
Kalo setau ane ada koq emang beberapa perusahaan yg modelan begitu, udah jadi rahasia umum kayak gitu apalagi buat yg karyawannya banyak

Ane pernah mau nyoba di salah satu pabrik sepatu besar klo mau lancar bayar dulu yg nominalnya 2x lipat dari gaji itu juga lewat ordal klo gak ya udah untung2an aja, ane milih gak jadi nglamar yg ada ane buntung bukan untung trus rasanya kayak gak berkah aja gitu dapet kerja dr nyogok
profile-picture
life.saver memberi reputasi
0 1
-1
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:35
Gk pernah, lebih sering pinjol yg nongol di sms.
0 0
0
Cara Antisipasi Hoaks Lowongan Kerja Lewat Whatsapp/SMS
23-03-2021 17:57
bener nih jangan sampe langsung percaya informasi dijaman begini m ah, kudu cari tau lebih dalam dengan cara googling lagi atau nanya nanya ke temen. kudu kritis.
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
HANSIP HOAX
hansip-hoax
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia