News
Batal
KATEGORI
link has been copied
123
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6058177eb5e8df6e661cffe2/polemik-vaksin-astrazeneca-biar-publik-gak-panik-inilah-pendapat-ahli
Keamanan untuk Vaksin Astrazeneca masih menjadi hal yang dipertanyakan oleh masyarakat Indonesia. Ketidakyakinan tersebut datang dikarenakan terdapat kabar bahwa sebanyak 2 orang di Denmark, mengalami pembekuan darah dan pendarahan di otak setelah menerima vaksin tersebut.
Lapor Hansip
22-03-2021 11:05

Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli

Past Hot Thread


Quote:
Keamanan untuk Vaksin Astrazeneca masih menjadi hal yang dipertanyakan oleh masyarakat Indonesia. Ketidakyakinan tersebut datang dikarenakan terdapat kabar bahwa sebanyak 2 orang di Denmark, mengalami pembekuan darah dan pendarahan di otak setelah menerima vaksin tersebut.


Covid 19 merupakan salah satu penyakit yang sangat banyak dibicarakan pada masa sekarang ini. Pandemi Covid 19 sudah berlangsung lebih dari setahun lamanya dan tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di dunia. Di Indonesia, jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 743.198 dengan total sembuh 611.097 jiwa. Hanya terdapat beberapa negara yang minim penyebaran Covid 19, seperti New Zealand dan Jerman. Tetapi, hal tersebut tidak menjadikan mereka bersih dari Covid 19. Hal ini membuktikan bahwa penyebaran Covid 19 sudah sampai tahap merata di seluruh dunia dan sekarang mayoritas negara menginginkan vaksin untuk mencegah terus bertambahnya kasus Covid 19.



Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli

Photo By Detik.com



Terdapat berbagai macam vaksin yang sudah dibuat untuk pencegahan Covid 19 di dunia, seperti Vaksin Sinopharm, Vaksin Moderna, Vaksin Astrazeneca, Vaksin Pzifer-BioNTech, Vaksin Sinovac, Vaksin Novavax, Vaksin yang diproduksi oleh PT. Bio Farma. Astrazeneca menjadi salah satu vaksin yang diterima oleh masyarakat Indonesia. Vaksin tersebut tiba di Indonesia pada Senin, 8 April 2021 sebanyak 1,1 juta. Vaksin ini sudah mendapatkan persetujuan penggunaan  dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam keadaan darurat, pada 22 Februari 2021. Menurut data nyata dari Inggris baru-baru ini menyatakan bahwa, Astrazeneca mungkin lebih baik dari Vaksin Pzifer untuk mencegah penyakit serius dan rawat inap. 

Keamanan untuk Vaksin Astrazeneca masih menjadi hal yang dipertanyakan oleh masyarakat Indonesia. Ketidakyakinan tersebut datang dikarenakan terdapat kabar bahwa sebanyak 2 orang di Denmark, mengalami pembekuan darah dan pendarahan di otak setelah menerima vaksin tersebut. WHO mengklaim bahwa Astrazeneca aman dan kedua penyakit di atas bukan menjadi efek samping yang dihasilkannya. Untuk efek samping dari vaksin ini sebenarnya adalah nyeri di area injeksi, panas, meriang, sakit kepala, pembengkakan, dan rasa lelah.  Berikut ini adalah pendapat para ahli mengenai Vaksin Astrazeneca:



Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli

Photo By Bisnis.com



"Kejadian yang tidak diharapkan bisa saja terjadi. Yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar manfaat keseluruhan untuk masyarakat. Tunggulah kata ahlinya seperti WHO terkait efektivitas dan keamanan vaksin. Jangan kita mengambil kesimpulan sendiri dan langsung menolak karena menolak vaksin efeknya bisa membahayakan orang lain. WHO mengatakan AstraZeneca bisa diteruskan. Manfaatnya jauh lebih besar. Kejadian itu juga belum terbukti efek dari vaksin. " Hasbunallah (Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia) cnnindonesia.com

"Ketentuan hukum yang pertama, vaksin AstraZenecahukumnya haram karena dalam proses tahap produksinya memanfaatkan enzim yang berasal dari babi. Walau demikian, yang kedua, penggunaan vaksin COVID-19 Produk AstraZeneca pada saat ini hukumnya dibolehkan." Asrorun NIam Sholeh (Ketua Bidang Fatwa MUI) detik.com

“Hanya karena dilaporkan setelah vaksinasi, bukan berarti itu karena vaksinasi. Itu bisa sama sekali tidak berhubungan. Laporan pembekuan darah yang diterima sejauh ini tidak lebih besar dari jumlah yang akan terjadi secara alami pada populasi yang divaksinasi. Keamanan masyarakat akan selalu diutamakan. Kami sedang meninjau masalah ini dengan cermat tetapi bukti yang tersedia tidak mengkonfirmasi bahwa vaksin adalah penyebabnya. Orang harus tetap bepergian dan mendapatkan vaksin Covid-19 ketika diminta.” Dr. Phil Bryan (Kepala Keamanan Vaksin di Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan Inggris) cnbcindonesia.com


Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli

Photo by Ketut Subiyantofrom Pexels



"Kesimpulan ilmiah yang jelas adalah bahwa vaksin Covid-19 itu aman dan efektif. “ Emer Cooke (Direktur eksekutif regulator UE EMA) suara.com

“Vaksin Astrazeneca sudah bagus dapat EUA, bukan saja dari BPOM, tapi di luar negeri juga sudah lulus uji. Ya, karena efikasi dan keamanannya sudah memenuhi syarat. Rentang efikasi vaksin AstraZenecaantara 60-90 persen. Hasil ini menurut uji klinis di beberapa negara. Tetapi angka efikasi tersebut tak perlu khawatir, sudah memenuhi rekomendasi WHO. WHO rekomendasinya, kalau efikasi di atas 50 persen sudah memenuhi kriteria." Dr. Erlina Burhan (Spesialis Pulmonologi dan Respirasi Paru) liputan6.com

"Berdasarkan evaluasi terhadap data khasiat keamanan dan mutu vaksin maka Badan POM telah menerbitkan persetujuan penggunaan pada masa darurat atau EUA pada tanggal 22 Februari 2021. Kejadian efek samping yang dilaporkan dalam studi klinik umumnya ringan dan sedang atau clean 1 dan 2 dan yang paling sering dilaporkan yaitu reaksi lokal seperti nyeri pada saat ditekan, panas, kemerahan dan gatal dan pembengkakan serta reaksi sistemik seperti kelelahan, sakit kepala, panas meriang dan nyeri sendi. “ Lucia Rizka (Juru Bicara Vaksin Covid-19 BPOM) Kompas.com

Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli

Photo by Anna Shvetsfrom Pexels

Nah, itulah para pendapat ahli tentang Vaksin Astrazeneca. Jika terjadi efek selain efek samping yang sudah disebutkan di atas setelah vaksinasi, mungkin Agan dan Sista bisa langsung mengkonsultasikan ke ahlinya ya! 

Terlepas apapun efeknya, jangan lupa untuk tetap menjaga diri dengan menggunakan masker, berjaga jarak, dan membatasi kegiatan di luar rumah ya.



Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 11:08
Mana nih suaranya kang stempelan ?

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
juniorjack dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 11:10
lalu intinya apa ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
windearth dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 11:12
Thanks penjelasannya.
profile-picture
meooong memberi reputasi
1 0
1
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 11:30
Berarti siap diberikan yah, udah lampu ijo.
profile-picture
meooong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 11:34
Astra Zeneca kasih aja ke non muslim semua, nanti kalau habis ya pesen lagi yang gak ada babinya, pasti laris
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sedotninja dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 17 balasan
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 11:36
Liat ini
Kira kira ini dokter agamanya apa ya?

Btw ketua LPPOM itu lembaga itu insinyur ternyata emoticon-Leh Uga

Dipikir ini bahan bangunan kali ya



profile-picture
profile-picture
profile-picture
itcresearch dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 11:44
sebenernya ane mendukung vaksin merah putih. Tapi sepertinya banyak dijegal oleh pendukung vaksin yang pakai babik




profile-picture
profile-picture
profile-picture
private13 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 12:13
Padahal kalo dilihat dari tingkat kemiripan DNA manusia dan babi, seharusnya ya menajiskan diri sendiri juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coffeelogic dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 12:21
BTW, sudah aa berita investigasinya nggak, soal penyebab pembekuan darah mendadak ini?
Kurasa akan tenang sama sekali kalau sudah jelas mengapa, mungkin karena faktor di luar vaksinasi.
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan meooong memberi reputasi
2 0
2
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 14:16
Lanjutkan
profile-picture
meooong memberi reputasi
1 0
1
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 14:18
Ntar digoreng terus
profile-picture
meooong memberi reputasi
1 0
1
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 14:19
Jadi ramee
0 0
0
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 14:20
Siapa dimari yg mau divaksin pake vaksin terawan???? emoticon-Leh Uga
0 0
0
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 14:25
no stempel = haram emoticon-Leh Uga
0 0
0
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 14:26
masih dipantau terus perkembangan efek samping vaksin astrazeneca emoticon-Traveller
0 0
0
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 14:28
Semua vaksin aman dan gak apa2
Asal udh keburu dibeli emoticon-Leh Uga
0 0
0
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 14:33
ngevaksin
ape ngevaksain emoticon-Ngakak
0 0
0
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 14:34
Semoga aman terkendali..
Dah gitu aja
0 0
0
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 14:35
Kenyang bego , lapar galak
profile-picture
coffeelogic memberi reputasi
1 0
1
Polemik Vaksin AstraZeneca: Biar Publik Gak Panik, Inilah Pendapat Ahli
22-03-2021 14:38
Baiknya divaksin yg mana?
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
HANSIP HOAX
hansip-hoax
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia