Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
34
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60576937184ee046ca7641ee/baru-punya-cupang-inilah-tips-merawat-ikan-cupang-yang-benar
meskipun mampu hidup dalam jangka waktu lama, sebagian orang justru tidak merawatnya dengan benar. Oleh karenanya, ikan tersebut akan lebih mudah mati jika tidak ditangani dengan baik. Maka dari itu, ada beberapa tips merawat ikan cupang dengan benar.
Lapor Hansip
21-03-2021 22:41

Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar

Past Hot Thread
#AmdarGanteng

Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar


emoticon-Jempolemoticon-Jempol emoticon-Jempol
Halo agan dan sista,
Dilansir dari Bobobox, ikan cupang merupakan salah satu ikan hias yang menjadi favorit banyak orang. Kepopulerannya sendiri cukup meningkat tajam saat diterapkannya PSBB di berbagai kota beberapa bulan yang lalu.

Harganya yang relatif murah menjadi alasan mengapa banyak orang yang senang memelihara hewan satu ini. Tak hanya itu, ikan ini pun mampu menjadi hiasan interior di dalam rumah karena mampu hidup lama.

Nah, meskipun mampu hidup dalam jangka waktu lama, sebagian orang justru tidak merawatnya dengan benar. Oleh karenanya, ikan tersebut akan lebih mudah mati jika tidak ditangani dengan baik. Maka dari itu, ada beberapa tips merawat ikan cupang dengan benar.


Memilih Ukuran Wadah yang Tepat
Quote:
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
sumber
Tips merawat ikan cupang pertama adalah memilih wadah yang tepat untuk menjadi tempat hidup ikan cupang. Sebenarnya, kamu bisa memakan wadah apa saja untuk ikan cupangmu.

Namun, jika kamu punya uang berlebih, alangkah baiknya untuk membeli akuarium. Akuariumnya sendiri memiliki dimensi tak kurang dari dimensi 20 x 15 x 15 centimeter. Ukuran yang cukup pas dengan ukuran cupang yang relatif kecil.


Memerhatikan Air yang Digunakan
Quote:
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
sumber
Air menjadi hal kruasial yang perlu diperhatikan dengan baik saat memelihara ikan cupang. Tips merawat ikan cupang selanjutnya adalah menyediakan air tawar misalkan air sumur untuk ikan cupang.

Kamu bisa mengganti airnya dengan air minum isi ulang jika air sumurmu tak terlalu jernih. Jangan lupa juga untuk menganti air tempat tinggal ikan cupangmu nantinya secara rutin minimal tiga hari sekali.


Cek Volume Air
Quote:
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
sumber
Setelah sebelumnya Bob singgung soal wadah ikan cupang, tips merawat ikan cupang berikutnya adalah mengecek volume air wadah ikan jika akuarium tersebut menggunakan wadah tanpa penutup.

Untuk wadah tanpa penutup seperti ini, jangan mengisi air untuk hidup ikan cupang benar-benar penuh. Sangat disarankan untuk hanya mengisi air pada wadah tersebut kurang lebih 40 persen saja.

Tips merawat ikan cupang ini bukannya tanpa alasan. Mengisi hanya 40 persen dari dimensi wadah secara keseluruhan dapat menghindarkan ikan cupangmu melompat keluar dari wadahnya.


Membersihkan Wadah secara Rutin
Quote:
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
sumber
Memelihara ikan cupang berarti harus bertanggungjawab dalam membersihkan wadahnya secara rutin. Wadah yang kotor justru meningkatkan risiko ikan cupang terkena penyakit bahkan hingga mati.

Membersihkan wadah secara rutin ada baiknya tiga hari sekali. Jika kamu termasuk orang yang super sibuk, setidaknya kamu harus membersihkan wadah ikan cupan tersebut seminggu sekali untuk tips merawat ikan cupang ini.


Memilih Makanan Ikan yang Tepat
Quote:
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
sumber
Makanan merupakan salah satu hal esensial agar ikan cupangmu tetap terawat dengan baik. Makanan yang biasa dimakan ikan cupang antara lain kutu air, udang daun jati, daun ketapang, dan tanaman spirulin.

Tips merawat ikan cupang lainnya adalah berilah makan cupang sedikit demi sedikit. Jika terlihat sudah habis, tambahlah sedikit untuk melihat apakah ikan cupangmu hanya membutuhkan makanan yang relatif sedikit.

Penerapan tips merawat ikan cupang ini demi menjaga kemungkinan wadah ikan cupangmu kotor akibat makanan yang tidak habis. Risiko ikan terkena penyakit jadi lebih besar jika kondisi wadahnya tidak bersih.


Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
Mudah-mudahan berguna yaa.
Thanks and see you next thread GanSist.


Diubah oleh amdar07
profile-picture
profile-picture
profile-picture
X3N0NX dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
21-03-2021 22:43
reserved
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
24-03-2021 19:51
Jangan asal punya ya.. Klo niat melihara ya harus dirawat bener2.. Banyak yang harus diperhatiin
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
24-03-2021 23:40
Dulu waktu belum viras, suka bgt melihara cupang sampai gue ternak.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
24-03-2021 23:46
Ane jadi kepengen beli cupang, kayaknyaa bisa bikin seneng gitu kan soalnya cupang indah indah banget warnanya dan juga renangnya kaya tenang gituuu
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
24-03-2021 23:46
Info yg bermanfaat
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
25-03-2021 15:35
Wahhh keren banget nih informasi yang bagus mengenai cara merawat cupang yang baik dan benar
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
25-03-2021 16:48
cupang saya mabok aer ketapang
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
25-03-2021 16:51
Biasanya adalah emang ikut2an teman, padahal temannya belum tentu benar
0 0
0
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
26-03-2021 21:51
Banyak ini gan cupang cupang yang unik sekarang
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
26-03-2021 21:52
Warnanyaa pun jugaa keren keren gannn
0 0
0
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
31-03-2021 11:50
naaah ini nih biar cupangnya awet pun makin cuantik
0 0
0
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
31-03-2021 17:45
Semakin banyak yang pelihara cupang belakangan ini, berbarengan juga dengan meningkatnya kesadaran akan perawatan cupang yang baik.
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
31-03-2021 18:12
widihh bagus bagus banget indah banget ikan cupang nyaa ane jadi pengen melihara juga deh
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
31-03-2021 20:59
ternyata yang memelihara cupang juga nggak bisa sembarangan ya jadi mending kalau emang serius melihara harus bener-bener sih
0 0
0
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
31-03-2021 20:59
semenjak pandemi covid-19 ini jadi banyak banget yang memelihara cupang, sampe bisnis cupang juga rame lagi
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
Baru Punya Cupang? Inilah Tips Merawat Ikan Cupang yang Benar
30-04-2021 20:40
Mantap gan thanks infonya
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia