News
Batal
KATEGORI
link has been copied
53
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6045c04e8467344db74578cd/analis-mustahil-moeldoko-berani-tanpa-garansi-kemenkumham-mau-bunuh-diri
Suara.com - Analis Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menganggap Moeldoko tidak bakal nekat apabila sudah yakin bakal mengantongi surat keputusan (SK) dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) soal jabatannya selaku Ketua Umum Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) Sumut. Meskipun KLB Sumut dianggap abal-abal, namun Moeldoko
Lapor Hansip
08-03-2021 13:12

Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?

Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?Suara.com - Analis Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menganggap Moeldoko tidak bakal nekat apabila sudah yakin bakal mengantongi surat keputusan (SK) dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) soal jabatannya selaku Ketua Umum Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) Sumut.

Meskipun KLB Sumut dianggap abal-abal, namun Moeldoko sudah memperhitungkan langkahnya merebut kepemimpinan partai berlambang mercy itu.

Pangi menilai Moeldoko tidak bakal gentar mendengar pernyataan dari sejumlah pihak kalau KLB sebagai agenda partai yang bodong. Menurutnya, kepala staf kepresidenan (KSP) itu sudah menghitung langkahnya hingga menjadi orang nomor satu di Partai Demokrat yang sah di mata hukum.

"Saya hakul yakin Moeldoko sudah menghitung, mengkalkulasi daya tahan KLB abal-abal, mau disebut KLB bodong, abal-abalah namanya, inkonstitusional, dia tak peduli, nekat, tak bermoral," kata Pangi melalui akun Twitternya @@pangisyarwi1 pada Minggu (7/3/2021).

"Bagaimana mungkin seberani itu Moeldoko tanpa ada garansi SK Kemenkumham? Moeldoko mau bunuh diri?," sambungnya.

Baik kubu KLB Sumut maupun kubu Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sama-sama bakal menyambangi kantor Kemenkumham untuk mempertahankan klaimnya masing-masing. Apabila Kemenkumham mengesahkan kepengurusan hasil KLB Sumut, maka menurut Pangi hal tersebut bisa menjadi bencana besar bagi partai politik.

Budaya merebut kekuasaan partai politik dengan cara 'ugal-ugalan' itu dinilai Pangi harus dihentikan. Itu disampaikannya agar tidak menular kepada partai politik lainnya.

"Candu berkuasa take over partai via KLB, bersekongkol dengan garansi SK Kemenkumham bodong penguasa. Candu ini harus dihentikan."

https://www.suara.com/news/2021/03/0...mau-bunuh-diri

Jelaslah muldoko sudah berhitung peluang lolosnya demokrat di kemenkumham.emoticon-Cool

Namun lucu juga kalo pertanyaannya kenapa jkw tidak melarang muldoko.
Hak apa yg di miliki jkw sebagai presiden melarang muldoko tuk berpolitik.
Karna itu hak pribadi muldoko.
Tidak etis iyaa sebagai pejabat negara namun tidak ada UU yg melarangnya.
Lalu kudu piye ...marah2in muldoko gitu...come on
Cuman PNS saja yg dilarang berpolitik jadi pahami UU nya.
Masalah take over via KLB,lha banyak tuh partai yg mengalami dualisme tapi kenapa cuman di bemo aja kalian berteriak2 ini merusak demokrasi.
Bukannya KLB ada di aturan semua partai.
Masalah yg jadi ketum pihak luar dan kebetulan staff presiden itu hanya kebetulan saja dan sekali lagi mank tak elok,harusnya muldoko udah resign saat fix di angkat ketum di partai yg mengalami dua kubu.
Bukannya Gatot pernah di tawarin juga oleh pihak kubu kontra AHY.
Jadi peran orang luar di sini tidaklah begitu signifikan terhadap KLB yg di lakukan oleh kader kontra AHY.
Bila muldoko menolak maka mereka akan mencari figur lain dari pihak luar.
Kata kuncinya ini konflik internal tanpa bantuan internal kagak bakal ada yg namanya KLB Medan.
Pihak internal yg memilih muldoko bkn pemerintah.
Jangan pamer kebodohan melihat masalah bemo.
Ini hanya konflik Internal bemo itu sendiri.emoticon-Traveller


Quote:Praktisi Hukum Saiful Huda Ems menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara hukum.
Sehingga, jika terjadi persoalan dualisme partai politik seperti yang saat ini terjadi dalam tubuh Partai Demokrat sudah seharusnya diselesaikan secara hukum.

"Indonesia ini negara hukum, maka jika persoalan dualisme Parpol haruslah diselesaikan secara hukum, hingga enggak perlu ngambek dan ngamuk," kata Saiful Huda melalui keterangan tertulis, Minggu (7/3/2021).

Caranya, kata Saiful, pihak pengurus dari hasil KLB Partai Demokrat Deli Serdang mendaftarkannya ke Kementerian Hukum dan HAM untuk mendapatkan pengesahan kepengurusan barunya yang merupakan hasil dari KLB tersebut. Sementara itu pengurus PD versi Cikeas haruslah menunggu dulu keputusan Kementerian Hukum dan HAM.

"Jadi tidak perlu ngambek dan ngamuk-ngamuk, apalagi SBY melalui orangnya mengancam mau memimpin demo ke istana segala," kata Saiful.

Dikatakan, apabila nantinya Kementrian Hukum dan HAM mengesahkan Kepengurusan PD hasil KLB Deli Serdang, maka barulah Kepengurusan PD versi Cikeas menggugatnya ke PTUN. Kalau kemudian Kepengurusan PD versi Cikeas kalah, maka mereka harus membubarkan diri, atau membentuk partai lain dengan nama dan lambang yang berbeda.

"Jika tak mau maka mereka bisa bergabung ke PD hasil KLB Deli Serdang. Itupun jika diperbolehkan bergabung, kalau tidak ya harus legowo cari mainan baru saja," kata Saiful Huda.

Ia mengatakan, AD/ART Parpol harus mengacu pada UU Parpol dan Konstitusi, kalau tidak maka AD/ART Parpolnya yang bermasalah atau kepengurusan sebelumnya yang bermasalah, dan bukan KLB-nya yang bermasalah. Sebab AD/ART bukan hanya masalah internal partai, namun juga masalah eksternal partai.

"Semua AD/ART Parpol harus tunduk pada hukum negara. Berbeda dengan urusan KLB atau sengketa Kepengurusan Parpol, itu merupakan persoalan internal Parpol, dan Kementrian Hukum dan HAM serta PTUN hanya bertindak sebagai wasit dan juri saja, jika itu diumpamakan sebuah pertandingan olah raga," kata Saiful.

Mantan pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Jerman itu mengungkapkan, jika KLB PD Deli Serdang merupakan upaya untuk merivisi AD/ART PD dan untuk mengoreksi manajemen serta mengganti kepengurusan PD sebelumnya yang lebih sesuai dengan UU Parpol dan Konstitusi, maka hasil KLB Deli Serdang haruslah dianggap sebagai yang sah atau legal.

Dikatakan, apabila nantinya Kemenhukam mensahkan Kepengurusan Partai Demokrat dari hasil Kongres Deli Serdang, maka kepengurusan Partai Demokrat versi Cikeas bisa menggugat putusan Kementerian Hukum dan HAM ke PTUN.

"Sebelum memberikan putusan soal pengesahan, Kemenhukham biasanya akan memediasi kedua belah pihak yang bersengketa, pun demikian dengan PTUN. Namun jika sudah ditetapkan Kepengurusan PD hasil KLB Deli Serdang misalnya, sebagai pihak yang menang, maka Kepengurusan PD versi Cikeas harus membubarkan diri atau membentuk partai dengan nama lain dan lambang lain," kata Saiful.
Diubah oleh extreme78
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 13:15
Halah gini aja antum bilangnya kebetulan.
Dibalik Kemenkumham ada siapa? Di balika siapa itu ada partai apa?
Udah segerombolan semua itu klo beneran disahkan. lol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan 4 lainnya memberi reputasi
1 4
-3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 13:18
pembantu presiden kudeta partai politik.

yang tukang verifikasi dan legalisasi pembantu presiden juga.

emoticon-Ngakak

satwa liar be like : aku tidak melihat adanya konflik kepentingan, aku melihat ini hanya masalah internal partai politik

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

emang lupa pentingnya citra publik ???

liat noh staf milineal yang mundur XD, ga langgar UU tuh dia.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

fyi play victimenya sby 1-2 hari trending no 1 emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 13:18
Udaaah.. Lapor polisi aja buat kadrun di pertamax.

Paling ntar alasannya di balik polisi ada siapa..
Di balik siapa, ada si anu.
Lama-lama.. Di balik hijabmu ada aurat yang mesti kau jaga untuk melindungi ayah dan keluargamu dari api neraka.

Syukron. emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jims.bon007 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 13:21
Masalah bemo ini bisa diluaskan jika oposisi nimbrung
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 13:24
Sepakat dengan komen agan TS...

Bicara kejadian selanjutnya, setelah laporan KLB masuk ke pemerintah, pemerintah harus memutuskan versi mana yg sah dan apapun keputusan pemerintah ujung2nya saling tuntut di meja hijau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 13:25
Ane titip tagar aja.. emoticon-Malu (S)

#anieskeren

Emang d kira kalo moeldoko ato ahy yg jadi ketum demokrat trus bisa jadi capres gitu??.. emoticon-Malu (S)

TS itu cuma pengalihan isu korupsi BUMD dki supaya tidak menggerus erektabilitas pak anies.. emoticon-Ngacir


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 13:30
Quote:Original Posted By o@s!s
Halah gini aja antum bilangnya kebetulan.
Dibalik Kemenkumham ada siapa? Di balika siapa itu ada partai apa?
Udah segerombolan semua itu klo beneran disahkan. lol


Quote:Original Posted By KuwuRT
pembantu presiden kudeta partai politik.

yang tukang verifikasi dan legalisasi pembantu presiden juga.

emoticon-Ngakak

satwa liar be like : aku tidak melihat adanya konflik kepentingan, aku melihat ini hanya masalah internal partai politik

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

emang lupa pentingnya citra publik ???

liat noh staf milineal yang mundur XD, ga langgar UU tuh dia.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

fyi play victimenya sby 1-2 hari trending no 1 emoticon-Big Grin


lha trus kudu siapa yg mensahkan klo gitu...

Camat di papua atau di aceh...emoticon-Leh Uga

Masalah ada konflik kepentingan pdip atau istana sekalipun belum ada bukti valid.
Yg sekarang ada masalah legalitas AD ART kedua kubu yg akan berhadapan di kemenkumham.
Ane hanya melihat sisi di permukaan saja karna tidak tau soal di dalamnya.
Hanya sebatas dugaan akan menjadi fitnah bila salah.
Baca saja berita tambahan ane,bisa nambah wawasan dari sudut pandang lain.emoticon-Traveller
Diubah oleh extreme78
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 13:38
Seharusnya moeldoko dan para aktivis ex Demokrat yg gak puas dgn Demokrat pimpinan AHY mendirikan partai baru.
Ngapain gila-gilaan pake nama Demokrat dan membajak. Demokrat suka gak suka memang partai dan hidup dari SBY.
Emang gaji nya berapa ni jadi laskar Demokrat dan emang gara-gara AHY gaji member dipotong. Maka
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 13:47
Quote:Original Posted By extreme78

"Bagaimana mungkin seberani itu Moeldoko tanpa ada garansi SK Kemenkumham? Moeldoko mau bunuh diri?," sambungnya.

harus hati2 pangi, bisa menjurus ke fitnah ini kalo tanpa bukti.
tapi heran juga lihat moeldoko begitu menggebu2 pengen jadi ketum pd. apa ada dendam pribadi dengan sby? kan bagaimanapun juga sby itu seniornya.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 13:53
Serahkan semua pada mekanisme hukum aja, kagak usah mewek terkaing2 getohhh

GIF
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 13:54
kalau misalnya kemenkumham menolak, biar seolah-olah jokowi jadi penyelamat gimana?
emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 13:55
Kayaknya moel ini Impostor deh 🥺🥺
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 13:55
menurut gua sih gpp demokrat ancur kudeta bagaimana, kalau akhirny join mereka
berarti tinggal partai kadrun donk oposisiny?
udah gk ada halangan urus negara?
amasih mau kambing hitamkan kadrun? atau congorna 19?

tinggal 3 tahun ni, gantian sama tuan putri
harus meninggalkan jejak emas, biar tinggal lenggak lenggok aja naikny ntar
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 13:56
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Ya itu kalo tujuannya Moeldoko memang mau menguasai demokrat
tapi siapa tau tujuannya bukan itu.

emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 13:56
Quote:Original Posted By ralphhin
harus hati2 pangi, bisa menjurus ke fitnah ini kalo tanpa bukti.
tapi heran juga lihat moeldoko begitu menggebu2 pengen jadi ketum pd. apa ada dendam pribadi dengan sby? kan bagaimanapun juga sby itu seniornya.


entahlah gan klo buat nyapres pun,bemo cuman punya 7 % dan muldoko poling survey pun tidak menjanjikan.
Klo memecah belah bemo buat apa...?
Bemo dan pakees mending pakees yg di pecah belah karna potensi nya lebih berbahaya karna punya militan dan para mabok agama emoticon-Cool
Diubah oleh extreme78
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ralphhin dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 14:03
udah buat laporan klb belom ?

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 14:06
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 14:34
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pejuang17 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 14:35
Makin banyak yg memperkeruh suasana emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Analis: Mustahil Moeldoko Berani Tanpa Garansi Kemenkumham, Mau Bunuh Diri?
08-03-2021 14:40
analisis ane justru demokrat berbahaya karena AHY masih bawa2 nama SBY

banyak rakyat yg ga suka jokowi dan kecewa sama prabowo yg gabung koalisi bakalan lari ke demokrat di 2024

jd demokrat jd oposisi sangat menguntungkan lah karena oposisi satu lg yaitu PKS pangsa pasar nya terbatas kalangan islam konservatif

jd moeldoko ini pion penguasa utk melemahkan oposisi agar 2024 cikeas ga punya kendaraan politik
profile-picture
profile-picture
botolchivas dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia