News
Batal
KATEGORI
link has been copied
140
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6045a7ca3c5c1a0f6d3d51de/buntut-biker-vs-paspampres-ratusan-motor-terjaring-razia-di-monas
Kepolisian mulai ketat menjaga kawasan Monas dan areaIstana Negara di Jakarta Pusat, dari kendaraan bermotor yang mengganggu ketertiban berlalu lintas. Hal ini merupakan buntut dari peristiwa pengendara sepeda motor yang ditendang oleh anggota Pasukan Pengaman Presiden ( Paspampres) yang videonya viral belum lama ini.
Lapor Hansip
08-03-2021 11:27

Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas

Past Hot Thread
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepolisian mulai ketat menjaga kawasan Monas dan areaIstana Negara di Jakarta Pusat, dari kendaraan bermotor yang mengganggu ketertiban berlalu lintas.

Hal ini merupakan buntut dari peristiwa pengendara sepeda motor yang ditendang oleh anggota Pasukan Pengaman Presiden ( Paspampres) yang videonya viral belum lama ini.

Menindaklanjuti peristiwa tersebut, beragam jenis sepeda motor pun diamankan petugas Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat saat menggelar razia di sekitar lingkar luar Monas, Minggu (7/3/2021).

Dalam razia itu, petugas tak hanya menemukan sepeda motor yang sudah dimodifikasi, tapi banyaknya motor yang menggunakan knalpot bising alias racing.

Menghindari aksi kabur-kaburan para pemotor, razia sengaja digelar petugas secara dadakan dengan mengawasi kendaraan roda dua yang melintas di sekitaran Monas dan Istana.

Iptu Sri Ngamini, KBO Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat, mengatakan, pihaknya berhasil mengamankan 278 unit sepeda motor yang berknalpot bising serta tidak dilengkapi surat kendaraan.

"Selain demi menjaga kepatuhan berlalulintas, razia juga sengaja digelar demi mencegah aksi balap liar yang biasa dilakukan komunitas motor di sekitaran Istana dan Monas,” ujar Sri Ngamini, dilansir dari laman NTMC Polri(7/3/2021).

Menurutnya, walaupun sadar jika kendaraan yang mereka gunakan menyalahi aturan, namun sejumlah pelanggar ini mengaku tak mengetahui adanya razia di jalur yang mereka lalui.

Seluruh kendaraan yang terjaring langsung dibawa ke kantor Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat di Lapangan Banteng untuk diproses lebih lanjut.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan, pihaknya akan rutin melakukan penyekatan bagi mobil dan motor yang melintas di kawasan sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat.

Penyekatan kendaraan ini dilakukan setiap Sabtu dan Minggu. Hari Sabtu mulai pukul 06.00-10.00 WIB dan sedangkan hari Minggu pukul 00.00-10.00 WIB.

“Tujuannya untuk demi kenyamanan, keamanan masyarakat yang sedang olahraga, agar tak terganggu oleh knalpot dan konvoi yang biasanya suka ngebut,” ucap Sambodo.

Ring 1

Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto menegaskan, Paspampres berhak melumpuhkan kendaraan yang menerobos kawasan Ring 1 Istana Kepresidenan, termasuk jalan disekitar Istana Negara.

“Pengendara motor tersebut terpaksa harus dilumpuhkan oleh anggota Paspampres karena penerobosan tersebut merupakan tindakan pelanggaran batas ring 1 dengan menggunakan alat berupa sepeda motor,” ujar Agus dikutip dari Kompas.com, Minggu (28/2/2021).

Agus memastikan, anggota Paspampres yang menendang pengendara motor itu tidak menyalahi prosedur.

“Tindakan anggota Paspampres tersebut merupakan bentuk kewaspadaan dalam melaksanakan tugas terhadap segala bentuk hakikat ancaman terhadap instalasi VVIP,” kata Agus.

Jika dilihat dari kacamata defensive driving, sikap arogansi pesepeda motor seperti itu bisa muncul dari berbagai macam faktor, namun ada dua hal yang menjadi sorotan belakangan ini, yakni jenis motor dan berkendara berkelompok.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, seseorang yang dalam sisi kehidupan lainnya sangat menjungjung tinggi etika bisa berubah sikap saat menunggangi motor tertentu.

“Motor bisa memberikan aura dan karakter yang bisa memengaruhi biker. Apalagi yang menggunakan atribut atau sesuatu maka bisa memunculkan eksklusivitas sampai arogansi,” ujar Jusri saat dihubungi Kompas.com.

Tidak hanya itu, menurut Jusri, ketika 2-3 orang berkendara bersama, maka rasa kebersamaan muncul sampai bisa menimbulkan ekslusivitas.

Namun Jusri menegaskan, bikers yang berperilaku tersebut hanya oknum dan tidak mewakili seluruh bikers atau kelompoknya.

“Ini hanya oknum dan tidak mewakili seluruh bikers. Yang perlu diimbau adalah kesadaran masing-masing melalui komunitas untuk menyadarkan dan mengingatkannya,” kata Jusri.

Agar kejadian tersebut tidak terulang, sebaiknya pengguna jalan memperhatikan wilayah mana saja yang termasuk dalam klasifikasi Ring 1.

Mengutip Peraturan Menteri Sekretariat Negara (Permensesneg) Nomor 14 tahun 2016, berikut sembilan wilayah atau objek yang masuk klasifikasi Ring 1:

1. Halaman kompleks Istana Kepresidenan Jakarta
2. Istana Merdeka
3. Istana Negara
4. Gedung Kantor Presiden
5. Gedung Kantor Staf Presiden
6. Wisma Negara
7. Gedung Kantor Sekretariat Presiden
8. Istana Wakil Presiden
9. Gedung Kantor Sekretariat Wakil Presiden.




Tidak peduli bapakmu pejabat atau jenderal sekalipun, kalau mengganggu Ring 1 siap-siap saja ditinju. Selain itu, gara2 kedunguan mereka akhirnya jadi susah mau sunmoril di sekitaran monas.
Diubah oleh pandawa5arjuna
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MabokMushroom dan 36 lainnya memberi reputasi
37
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 11:33
Wah kalau ane jadi biker, udah ane sumpah serapahin, dan gebugin biker sampah yang viral songong di Ring 1.

Bikin trigger aja! emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 11:34
iyalah itu kasus jadi cerminan ternyata selama ini penjagaan kawasan ring 1 standarnya ikutin satpam di komplek emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agungkumara dan 8 lainnya memberi reputasi
7 2
5
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 11:41
Jangan cuma di monas saja, lakukan razia di tempat tempat lain secara massif, terstruktur
kenakan denda yang tinggi 10juta, dalam seminggu tidak di lunasi motor di hancurkan


yang punya kuping bukan cuma yang di monas doang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 18 lainnya memberi reputasi
19 0
19
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 11:42
Seperti biasa, selalu reaktif, entar sebulan lagi aja dah pada lupa, balik lagi tu motor knalpot bersuara anjing berkeliaran emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
braaivlees dan ev103 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 11:43
hajar pak...bumi hanguskan semua knalpot nuklir

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
pilotugal2an541 memberi reputasi
1 0
1
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 11:44
PIRALLLLLL


makan tuh piral



emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 11:50
278bijik dilelang aja buat mesih ting2 nelayan
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
1 0
1
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 11:52
Sunmori tapi kebat kebut gebar geber
emoticon-Ngakak
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
1 0
1
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 11:55
terobos ring 1 ya wajar disikat
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
1 0
1
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 12:00
Tadi berangkat dompet gw ketinggalan, masih bagus ga kena razia sepanjang jalan...

Bangcyattt bikin deg degan aja....

Polkis biar ga razia resmi sekrang matanya pada ngeliatin bikers, keliatan salah dikit aja langsung Priittt...

emoticon-Belgia
profile-picture
sukakuda memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 12:19
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monasemoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 12:24
PELLLEERRR EH PIRAAAAL maksudnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 12:35
Tapi kalo malem buat trek trekan masih aman
Urusan duit tarohan kalo ini
0 0
0
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 12:57
yah batal ngetrek deh
0 0
0
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 13:30
YANG PENTING

Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
profile-picture
EriksaRizkiM memberi reputasi
1 0
1
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 14:34
Pampempers dongo..
Isilop tolol
Dikira cuman ring 1 yg boleh enak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
karikai04 dan 15 lainnya memberi reputasi
0 16
-16
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 14:36
Mampus loh....diberita kemaren kebanyakan kagak sda stnknya.
profile-picture
profile-picture
ableseaman dan secer memberi reputasi
1 1
0
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 14:37
Mampus ga bisa sunmorian
0 0
0
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 14:38
Mampus jingan
0 0
0
Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas
08-03-2021 14:39
Jgn di monas saja pak

Kalo bisa diseluruh jalan di indonesia

Paling kesal sm biker yg sok jagoan
Mau nyalip saja geber2 gas


emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2pic memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia