others
Batal
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6045786520d18b088725f423/organisasi-lgbtq-korea-kenang-prajurit-transgender-pertama-byun-hui-su
Diketahui pada awal Maret 2021 lalu tentara transgender pertama Korea yang bernama sersan Byun Hui Su ditemukan tewas di kediamannya. Sgt. Byun mendaftar sebagai perwira pria pada Maret 2017. Kemudian pada November 2019, ia menjalani transisi dengan menjalani operasi penggantian kelamin dari pria menjadi wanita, operasi tersebut ia lakukan di negara Thailand saat dirinya cuti dari militer. Hanya d
Lapor Hansip
08-03-2021 08:05

Organisasi LGBTQ+ Korea Kenang Prajurit Transgender Pertama, Byun Hui Su


Organisasi LGBTQ+ Korea Kenang Prajurit Transgender Pertama, Byun Hui SuDiketahui pada awal Maret 2021 lalu tentara transgender pertama Korea yang bernama sersan Byun Hui Su ditemukan tewas di kediamannya.

Sgt. Byun mendaftar sebagai perwira pria pada Maret 2017. Kemudian pada November 2019, ia menjalani transisi dengan menjalani operasi penggantian kelamin dari pria menjadi wanita, operasi tersebut ia lakukan di negara Thailand saat dirinya cuti dari militer. Hanya dua bulan setelah melakukan operasi, sersan Byun lalu diberhentikan dari militer, dengan Angkatan Darat Korea Selatan mengklaim bahwa dirinya memiliki cacat mental dan fisik yang membuatnya 'tidak layak untuk memenuhi tugasnya'.

Banyak orang yang berduka atas meninggalnya sersan Byun yang turut berupaya memerangi diskriminasi LGBTQ+ yang masih merajalela di Korea. Para organisasi aktivis bangsa, seperti Jogakbo, berkumpul di Sinchon, Seoul untuk 'aksi peringatan'. Jogakbo mengibarkan bendera kebanggaan transgender di tengah sebuah alun-alun besar.

Organisasi LGBTQ+ Korea Kenang Prajurit Transgender Pertama, Byun Hui Su

Aksi memorial tersebut berlangsung di pusat alun-alun U-Plex di Sinchon, Seoul.

Melalui aksi ini, Jogakbo menyampaikan bahwa tujuannya adalah untuk menyampaikan 'harapan komunitas LGBTQ+ akan dunia dapat diterima tanpa kebencian dan diskriminasi terhadap transgender'.

Organisasi LGBTQ+ Korea Kenang Prajurit Transgender Pertama, Byun Hui Su

Saat itu terdapat pesan untuk mendiang sersan Byun yang ditulis oleh salah satu pendukungnya. Pesan tersebut berbunyi sebagai berikut.

Quote:
"Kamu melakukannya dengan sangat baik, menanggung segalanya. Kamu telah mencoba yang terbaik dan untuk itu, kami ingin memberitahu bahwa Anda selalu luar biasa. Terima kasih, kami terus melangkah maju untuk menciptakan dunia yang setara."

Dari Another Shadow of Yours

- Anonim


Organisasi LGBTQ+ Korea Kenang Prajurit Transgender Pertama, Byun Hui SuSelain Jogakbo, ada juga beberapa organisasi aktivis lainnya seperti Aksi Pelangi dan Aksi Kesetaraan, juga terlihat ikut berkumpul di alun-alun tersebut untuk memberikan belasungkawa atas kematian sersan Byun.

Sebagai bagian dari gerakan untuk mendorong persamaan hak bagi transgender, warga Korea mengirimkan dukungan online dengan tagar trending #힘 을 _ 보태어 _ 이 _ 변화 에 (#AddingFuelToThisChange), #변 희수 _ 하사 를 _ 기억 합니다 (#RememberingSergeantByunHuiSu), dan #TransRightsAreHumanRights di Twitter juga.

Kementerian Pertahanan Nasional juga turut memberi ucapan belasungkawa yang tulus atas meninggalnya sersa Byun Hui Su. Namun,mereka saat itu tidak membahas terkait perubahan apapun yang akan dilakukan pada peraturan Tentara Korea Selatan terkait layanan bagi transgender.

Kita sih cuma bisa mendoakan dan turut berbelasungkawa ya atas meninggalnya sersan Byun Hui Su.


foto : @tg_jogakbo/Twitter
sumber
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia