Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
24
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60456e1e1122d2383d17e718/resep-es-cendol-segar-cepat-dan-anti-ribet
Resep cendol mudah dan cepat Assalamualaikum sahabat Kaskus .... Tak terasa sudah masuk lagi di awal pekan. Sudah saatnya kembali beraktivitas dengan segudang pekerjaan. Untuk istirahat siang saya akan mengajak Agan Sista untuk memilih menu kuliner yang satu ini. Kuliner segar dan manis. Cocok untuk istirahat siang yang panas. Ya, kali ini saya merekomendasikan Cendol. Kuliner tradisional yang tak
Lapor Hansip
08-03-2021 07:21

Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet

Resep cendol mudah dan cepat

Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet


Assalamualaikum sahabat Kaskus ....

Tak terasa sudah masuk lagi di awal pekan. Sudah saatnya kembali beraktivitas dengan segudang pekerjaan. Untuk istirahat siang saya akan mengajak Agan Sista untuk memilih menu kuliner yang satu ini. Kuliner segar dan manis. Cocok untuk istirahat siang yang panas.

Ya, kali ini saya merekomendasikan Cendol. Kuliner tradisional yang tak pernah kehabisan peminatnya dari masa ke masa. Cendol paling sering diburu untuk takjil di bulan ramadhan. Kuah manis dan gurih santan membuat tubuh yang lelah seketika mendapatkan energi.

Quote:Cendol sebagai minuman tradisional khas Indonesia ini dulunya terbuat dari tepung hunkwe, tetapi kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Di daerah Sunda Jawa Barat, minuman ini dikenal dengan nama cendol, sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet, khususnya Kabupaten Banjarnegara dengan minuman khasnya es dawet "ayu". Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda dan Jawa hal ini merujuk pada sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala meminum es cendol.


Cendol ternyata dikenal hampir di seluruh asia tenggara dengan nama yang berbeda-beda.

Nah, kita kembali ke resep cendol. Untuk yang penasaran dengan cendol anti ribet yang saya buat, yuk pantengin threadnya.


Quote:Bahan-bahan:
Tepung beras: 120 gram
Tapioka: 50 gram
Air: 4 gelas
Garam: 1 sdt
Pasta pandan: secukupnya sampai warnanya hijau



KUAH SANTAN :
1 gelas santan kental ditambah air 1/2 gelas

KUAH GULA :
Gula merah: 250 gram
Gula pasir: 50 gram
Air: 1 gelas
1 lembar daun pandan

Langkah-langkah:

Pertama, siapkan panci atau wajan masukan tepung beras dan tapioca, pasta pandan dan air campur sampai merata alias tidak ada menggerindil, sebaiknya kocok dengan wisk. Lalu nyalakan kompornya.

Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
Dokpri

Masak dengan api kecil. Sambil terus diaduk supaya adonan tidak lengket dan hangus bagian bawahnya.

Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
Dokpri

Setelah adonan kalis dan matang matikan kompor.

Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
Dokpri

Siapkan baskom lalu isi air dan masukan es batu kemudian siapkan plastik. Saya memakai cetakan yang mudah. Yakni plastik putih untuk kemasan es batu atau plastik sayur. Bisa juga memakai piping bag. Lubangi bagian bawahnya. Jangan terlalu besar ya.

Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
Dokpri

Masukan adonan hingga setengah plastik kemudian pencet sampai adonan keluar ke baskom berisi air dan es tadi
Lakukan sampai habis.

Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
Dokpri

Setelah itu, di tempat lain:
Siapkan panci rebus gula merah iris, gula pasir, air, daun pandan aduk hingga mendidih.

Untuk santan: masukan santan ke dalam panci tambahkan air aduk-aduk dengan api kecil. Angkat jiga sudah mengental.

Sajikan cendol dalam gelas bersama kuah gula dan santan. Tambahkan es serut atau es batu.

Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
Dokpri

Es cendol siap dinikmati dan memanjakan perut anda. Rasanya lembut dan manis.

Cendol memang kuliner yang bisa dinikmati ragam usia. Dan bagus untuk pencernaan juga Gansis.

Bagaimana? Mudah bukan membuat cendol praktis dengan langkah-langkah di atas? Silakan dicoba di rumah. emoticon-Big Kiss

Sampai jumpa di thread kuliner berikutnya. Jangan lupa kunjungi thread kuliner lainnya ada di kumpulan thread saya.🙏❤️

Opini pribadi
Gambar: dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukabidazahra dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
08-03-2021 07:22
Es cendol
profile-picture
detyry memberi reputasi
1 0
1
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
08-03-2021 07:22
Enak dan gak ribet
profile-picture
detyry memberi reputasi
1 0
1
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
08-03-2021 07:22
Bisa langsung praktek
profile-picture
detyry memberi reputasi
1 0
1
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
08-03-2021 11:02
Awas jgn sampai tumpah ke tvnya loh mak
profile-picture
profile-picture
zatilmutie dan detyry memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
08-03-2021 11:03
kannn .. ni ts slaen ulet, keknya pinter masakk nihh emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
08-03-2021 12:18
Seger banget itu. Kalo aku biasanya pake nutrijel, tapi rasanya emang ager banget 🤣 save ah, buat coba nanti
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
08-03-2021 20:04
My favorite🤓
0 0
0
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
08-03-2021 20:26
Owalah, gitu to bikinnya kalo tanpa cetakan dari kaleng itu. Apa nggak panas tuh plastiknya?
0 0
0
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
08-03-2021 20:31
Jadi pengen es cendol yang dipasarr deh, udha lama ane ngak minum es cendol ini seger banget diminum pas siang siang cuaca panass
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
09-03-2021 05:19
Qnice inloh nih sis ternyta midah gk ribeg eibet amat. Selain itu bnyak yg suka ya,, selmat mencoba
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1 0
1
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
09-03-2021 14:12
Memang emak kreatif banget dahemoticon-Sundul Up
0 0
0
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
09-03-2021 23:12
wah telaten sekali bikinnya.. kalo ane mau bikin udah keburu haus duluan dah emoticon-Ngakak
0 0
0
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
09-03-2021 23:16
Cendol dawet
Cendol cendol
Dawet dawet
Cendol cendol
Dawet dawet
Cendol dawet seger
Piro
Lima ratusan
Ga pake ketan
Ji
Ro
Lu
Pat
Limo
Enem
Pitu
Wolu
Tak gindang gindang
E
Tak gindang gindang
E
Lo lo lo lo
Jossssss
0 0
0
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
10-03-2021 19:13
Syegernya
0 0
0
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
10-03-2021 21:19
Liat yang ijo ijo kaya gini emang bkin mata segerr deh ane aja tertarik untuk membuat cendolnya. Mksh ya sis untuk resepnya
0 0
0
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
29-03-2021 23:16
Ternyta praktis sekali ya sis cara buat cendolnya pun juga mudah. Bisa rekomendasi nih buat mninuman buka puasa nanti
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
31-03-2021 20:21
Waahhh manteb banget kayaknya segerr nih buat buka puasa
0 0
0
Resep Es Cendol Segar, Cepat dan Anti Ribet
31-03-2021 23:34
dari semasa kecil ane suka banget nih minum es cendol tapi baru skarang ane tau resepnya wkwk langsung ane buat dah di rumah
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
The Rest of the World (International Food)
menggoda-5-macam-jajanan-pinggir-jalan-di-dunia
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia